Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Interaksi Manusia dan Komputer User Interface Design Website.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Interaksi Manusia dan Komputer User Interface Design Website."— Transcript presentasi:

1 Interaksi Manusia dan Komputer User Interface Design Website

2 Interaksi Manusia dan Komputer Apakah Browsing = Searching ? Searching : mencari item tertentu, fakta atau sepotong informasi. Browsing : meninjau item menarik, fakta, atau potongan informasi

3 Interaksi Manusia dan Komputer Hypertext dan Hypermedia  Dokumen non-sekuensial dan non-linear.  Jaringan simpul (artikel, dokumen, file, kartu, halaman, frame, layar) yang dihubungkan dengan link (acuan silang atau citation)  Hypertext digunakan untuk menyebut aplikasi yang hanya berisi teks.  Hypermedia digunakan untuk menyampaikan keterlibatan media lain : photographs, suara dan video.

4 Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan 4/26 Apakah Site dan Page ?  Site (Situs Web) adalah kumpulan dari halaman-halaman yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya.  Page (Halaman Web) adalah penyusun dari website.

5 Interaksi Manusia dan Komputer

6 Interaksi Manusia dan Komputer Tujuan Page/Site • Menayampaikan/mengakses informasi karyawan, pemegang saham, pelanggan, kolega, masyarakat • Menjual produk /iklan • Perekrutan • Pengumuman/survey • Pendidikan masyarakat • Penyampaian gambar/kesan • Menghubungkan orang • mengumpulkan uang/sumbangan • Hiburan • Promosi diri • Mengajarkan orang tentang suatu topik • Menceritakan sebuah kisah

7 Interaksi Manusia dan Komputer Pengembangan Site Hal penting untuk memulai site yang baik Model Proses 1.Identifikasi objek 2.Buat daftar topik 3.Mengatur konten 4.Menyediakan struktur 5.Pengubahan bentuk konten

8 Interaksi Manusia dan Komputer Identifikasi Objek Mengembangkan pernyataan singkat untuk pertanyaan-pertanyaan berikut : Apa maksud dan sasaran dari situs ? Siapa sasaran ? Teknologi apa yang akan mendukung ? Sayangnya, kebanyakan situs web digunakan untuk menggambarkan administrasi sebuah organisasi, bukan memberiakn apa yang diinginkan pengguna.

9 Interaksi Manusia dan Komputer Daftar Topik Contoh : Komputasi Perguruan Tinggi : Kelas Orang Fakultas Mahasiswa Administrator Staf Penghargaan / piala Keistimewaan Daftar isi Indeks Contact Informasi Map penelitian Fasilitas Petunjuk Program Tingkat Misi Program Pasca Sarjana Program Sarjana Alumni

10 Interaksi Manusia dan Komputer Mengatur Konten Kelompokan item atau materi ke dalam kategori Orang Fakultas Mahasiswa Undergraduates Graduates Staff Akademis Perkuliahan Undergraduate Graduate Degrees...

11 Interaksi Manusia dan Komputer Menyediakan Struktur Materi atau item diuraikan dengan ringkas dengan menempatkannya pada tingkatan-tingkatan mengikuti kategori dalam sebuah organisasi. Orang Fakultas Penelitian Perguruan Tinggi Staff UndergraduateGraduates Akademis PerkuliahanMahasiswaDegrees

12 Interaksi Manusia dan Komputer Pengubahan Bentuk Konten • Dimulai dengan melakukan transisi /perpindahan ke halaman, teks, gambar, interaksi, dll. • Gunakan sketsa / rancangan untuk mendaftar dalam melakukan pekerjaan menggambar dan prosesi storyboard atau rancangan kasar. • Hal ini akan membantu mengorganisir pemikiran / ide dan rencana

13 Interaksi Manusia dan Komputer Contoh Storyboard

14 Interaksi Manusia dan Komputer Permasalahan Usability Web Site ?

15 Interaksi Manusia dan Komputer Tantangan Khusus • WWW, tidak mengetahui platform / SO yang digunakan pengguna dan kemampuannya. • Navigasi user control berlawanan dengan sistem control-nya. • Secara keseluruhan harus cocok dalam web (mendukung perubahan konteks yang cepat dan memenuhi harapan)

16 Interaksi Manusia dan Komputer Web Design StructureDesign Scientist Organization Library Artist Aesthetics Gallery

17 Interaksi Manusia dan Komputer 5 Usability Attributes 1. Konten Tekstual 2. Desain Grafis 3. Navigasi 4. Sruktur 5. Link

18 Interaksi Manusia dan Komputer 1. Konten Tekstual • Desain bukan hal utama untuk konten. • Yang utama adalah memuat suatu informasi yang sesuai dengan tema. • Membaca tulisan di web biasanya lebih lambat daripada tulisan di media catatan/kertas. • Orang cenderung menepis halaman web. hanya membaca header (judul), highlight, dan memilih paragraph. Jadi, tambahkan fasilitas agar user bisa membaca bagian header, highlight, dan memilih paragraph. J. Nielsen column on web writing styles

19 Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan 19/26 2. Desain Grafis • Pembuatan web menerapkan prinsip-prinsip desain grafis seperti : metaphor, kejelasan, konsistensi, alignment, pendekatan, kontras, warna, dan tipografi.

20 Interaksi Manusia dan Komputer * Dimensi * Saran : Ukuran home page 640 x 460 pixel Taruh hal-hal yang penting saja Halaman berikutnya dapat lebih besar. Scrolinng atas / bawah OK, tetapi ke samping tidak begitu baik.

21 Interaksi Manusia dan Komputer * Scroling * Pendapat tentang Scroll : • Gunakan dengan tepat. • Usahakan dapat menyimpan informasi dalam satu layar. • Hindari scroll di halaman navigasi, tidak masalah pada halaman konten (buat fasilitas agar dapat mencetak) • Taruh link ke atas pada bagian bawah halaman yang panjang.

22 Interaksi Manusia dan Komputer * Warna untuk Browser * Kebanyakan monitor dapat manampilkan 2 8 =256 warna, umumnya hanya 216 warna untuk browser. Browser mengubah 40 lainnya. Jika beberapa warna lain muncul, browser “dithers” (mencampur warna pixel) Good book: Coloring Web Graphics by Lynda Weinman Help:

23 Interaksi Manusia dan Komputer * Gambar dan Unduh* Grafis dapat menambah nilai dan dapat membuat lambat. Pengguna tampaknya mentolelir detik ketika mereka sadar akan lambat. Namun, tetap cepat: 1-2 detik adalah yang terbaik.

24 Interaksi Manusia dan Komputer 3. Navigasi Permasalahan yang berkaitan dengan : • User tidak mempunyai pengetahuan tentang situs. • Struktur lokasi tidak ditemukan. • User seharusnya diberi pemahman tentang struktur untuk ruang informasi, seperti : tabel isi web (site map), indeks, navigasi bar, dan fasilitas pencarian (search).

25 Interaksi Manusia dan Komputer 4. Struktur Apa bentuk situs Anda ? Konektivitas, kekompakan, faktor bercabang, halaman panjang, jumlah link. Home page itu penting, tetapi struktur dasar untuk semua halaman lain juga penting.

26 Interaksi Manusia dan Komputer CS/PSY 6750 web or network hierarchy sequence * Contoh Pengorganisasian *

27 Interaksi Manusia dan Komputer CS/PSY 6750 Entry Page Exit Page Home Page Table of Contents FAQ Credits Content Pages Biasanya jauh lebih kompleks Contoh * Situs Real *

28 Interaksi Manusia dan Komputer endahuluan 5. Link Tingkat keberhasilan suatu link berkaitan dengan : • Seberapa baik user dapat memprediksi arah dari link. • Seberapa baik user dapat membedakan antara link yang satu dengan lainnya. • Isi yang yang bermanfaat pada akhir link.

29 Interaksi Manusia dan Komputer Evaluasi Setelah web di buat, langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi yang bertujuan : • Untuk mengumpulkan berbagai masalah yang mungkin ada di tiap halaman website. masalah yang berhubungan dengan komponen desain dalam setiap template maupun masalah pada pemrogramannya. Tahap Pengujian 1.Pengujian oleh pembuat atau tim developper 2.Pengujian oleh beberapa user yang diundang untuk menelusuri seluruh isi website.

30 Interaksi Manusia dan Komputer Desain yang Buruk 1.Semua teks menggunakan huruf kapital. 2.Ukuran teks yang amat kecil, terutama huruf miring. 3.Link yang tidak terhubung. 4.Animasi yang tanpa berhenti 5.Hal yang kelihatan seperti tombol padahal bukan tombol 6.Ada pesan “under construction” 7.Melalaikan tag ALT untuk gambar 8.Tidak menandakan ukuran gambar 9.Tidak terdapat halaman home 10.Tidak ada tombol untuk menuju lokasi sebelumnya atau sesudahnya. 11.Scroll ke samping. 12.Warna link yang tidak standar

31 Interaksi Manusia dan Komputer Desain yang Buruk 13. Waktu download yang terlalu lama. Pemakai kehilangan minat dalam detik.

32 Interaksi Manusia dan Komputer 10 Pedoman Terpenting Usability Homepage • Top Ten Guidelines of Homepage Usability (Jakob Nielsen, 2002)  Buat maksud homepage jelas: Siapa Anda dan apa yang Anda lakukan.  Sertakan tagline satu kalimat.  Tulis judul window dengan ketertampakan yang baik pada search engine dan bookmark.  Kelompokkan informasi perusahaan dalam tempat yang dapat dibedakan.

33 Interaksi Manusia dan Komputer 10 Pedoman Terpenting Usability Homepage (Lanj.)  Bantu pemakai menemukan yang dibutuhkan.  Tegaskan tugas prioritas tertinggi situs.  Sertakan kotak input pencarian.  Singkapkan isi situs.  Tampilkan contoh isi situs.  Awali nama link dengan kata kunci terpenting.  Tawarkan akses yang mudah untuk fitur homepage terbaru.

34 Interaksi Manusia dan Komputer  Gunakan desain visual untuk meningkatkan desain interaksi, bukan mendefinisikan.  Jangan memformat isi kritis secara berlebihan, misalnya area navigasi.  Gunakan gambar yang berarti. 10 Pedoman Terpenting Usability Homepage (Lanj.)

35 Interaksi Manusia dan Komputer

36 Good/Bad Sites Good Creating Killer Web Sites Cool site of the day cool.infi.net Project Cool site of the day High Five Bad Web pages that suck

37 Interaksi Manusia dan Komputer


Download ppt "Interaksi Manusia dan Komputer User Interface Design Website."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google