Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dewi Kusumaningsih, M.Kom.  Komposisi Penilaian :  Absen: 10 %  Tugas : 20 %  UTS: 30 %  UAS: 40 %

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dewi Kusumaningsih, M.Kom.  Komposisi Penilaian :  Absen: 10 %  Tugas : 20 %  UTS: 30 %  UAS: 40 %"— Transcript presentasi:

1 Dewi Kusumaningsih, M.Kom

2  Komposisi Penilaian :  Absen: 10 %  Tugas : 20 %  UTS: 30 %  UAS: 40 %

3  Contact :  Ruangan : Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK)  YM : 

4  Matakuliah rekayasa web memberikan pengetahuan kepada mahasiswa tentang bagaimana mengenal, menggunakan dan merekayasa web dengan menggunakan aplikasi CMS (Content Management System) yang tersedia.

5  Pengenalan CMS  Membuat Blog Engine secara Online  Menginstal dan menggunakan Blog Engine  Menginstal dan menggunakan Portal CMS (Content Management System)  Menginstal dan menggunakan Forum  Menginstal dan menggunakan E-Commerce  Menginstal dan menggunakan LMS (Learning Management System)

6  Pertemuan 1  Pengenalan CMS  Pengenalan Blog Engine  Mendaftar di Blog Engine Online  Pertemuan 2  Manajement Blog Engine Online  Pertemuan 3  Instalasi Blog Engine Offline  Manajemen Blog Engine Offline  Pertemuan 4  Manajemen Blog Engine Offline  Pertemuan 5  Pengenalan Portal Engine  Instalasi Portal Engine Offline  Manajemen Portal Engine Offline (1)

7  Pertemuan 6  Manajemen Portal Engine Offline (2)  Pertemuan 7  Manajemen Portal Engine Offline (2)  Pertemuan 8  Manajemen Portal Engine Offline (3)  Pertemuan 9  Presentasi Portal Engine ( 1 )  Pertemuan 10  Presentasi Portal Engine (2)

8  Pertemuan 11  Pengenalan Ecommerce Engine  Instalasi Ecommerce Engine  Manajemen Ecommerce Engine(1)  Pertemuan 12  Manajemen Ecommerce Engine(2)  Pertemuan 13  Manajemen Ecommerce Engine(2)  Pertemuan 14  Pengenalan dan penggunaan Forum Engine  Pertemuan 15  Pengenalan dan penggunaan Learning Engine

9 Apa rekayasa web ??? proses  sistem aplikasi  web  ilmu rekayasa + prinsip-prinsip manajemen + pendekatan sistematis sistem dan aplikasi web kualitas tinggi. Tujuannya :  mengendalikan pengembangan  minimalisasi resiko  meningkatkan kualitas sistem berbasis web.

10  Pengertian CMS Content = Isi Management = pengaturan System = Sistem  Aplikasi berbasis web yang tersedia untuk memudahkan membuat dan mengatur isi dari website tanpa harus membuatnya

11 Pengertian CMS : Adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan pembaharuan dan duplikasi konten secara bersama. Konten mengacu pada informasi dalam bentuk teks, grafik, gambar maupun format- format lain yg perlu dikelola.

12  CMS adalah Sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada para penggunanya dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa sebelumnya dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis. Dengan demikian, setiap orang, penulis maupun editor, setiap saat dapat menggunakannya secara leluasa untuk membuat, menghapus atau bahkan memperbaharui isi website tanpa campur tangan langsung dari pihak webmaster. (ilmukomputer.com)

13  Tujuan adalah untuk memudahkan proses pembuatan, pembaruan distribusi pencarian, analisis dan menigkatkan fleksibilitas untk ditransformasikan dalam bentuk lain.

14  Mengelola website pribadi atau lebih dikenal dengan blog  Mengelola website perusahaan/bisnis.  Portal atau website komunitas.  Galeri foto, dan lain sebagainya.  Forum.  Aplikasi E-Commerce.

15 1. Portal CMS Jenis ini memudahkan kita dalam mengatur potingan seperti berita, artikel, tulisan, mengumpulkan pendapat (polling). Contoh sebuah portal adalah okezone.com, detik.com. COntoh CMS jenis ini adalah BitWeaver, CivicSpace, Clever Copy,, Dragonfly CMS, Drupal, Joomla, Jupiter, Mambo, MDPro, MODx, Netious, OneCMS, Ovidentia, Papoo, PHP- Fusion, PHP-Nuke, phpComasy, phpSlash, phpWebSite, PHPX, PLUME CMS, Postnuke, Props, SPIP, Tiki CMS/Groupware, toendaCMS, Typo3, Website Baker, Xaraya, XOOPS, dan YACS!.

16 2. Blogs  Sebuah blog adalah situs web yang mudah di gunakan  dapat dengan cepat memposting pemikiran, berinteraksi dengan orang lain  Blog kependekan dari weblog  Blog juga kelompok webSite pridadi yang diupdate secara berkelanjutan, cukup populer khususnya untuk diary virtual seseorang.

17  Fungsi : mengemukakan pendapat, menceritakan pengalaman, mengemukakan sebuah pemikiran.  Yang menarik dari blog, memungkinkan untuk saling link atau saling mendukung satu sama lain hingga akhirnya dapat menjadi alternatif sumber informasi di Internet yang sifatnya sangat perorangan & bebas.  Contohnya adalah, WordPress, Blogger, Multiplay, boastMachine, Dotclear, Loudblog, Nucleus CMS, Pixelpost, sBlog, Serendipity, Simplog, Textpattern, TruBlog, Wheatblog, dan

18 3. Forum Adalah tempat diskusi, dimana kita dapat berdiskusi melalui Web. Aplikasi yang ada antara lain adalah FUDForum, miniBB, MyBB, Phorum, phpBB, PunBB, SMF, UNB, UseBB, Vanilla, W-Agora, dan XMB.

19 4. E-Learning Merupakan jenis CMS yang digunakan untuk memfasilitasi proses belajar mengajar di sekolah / kampus melalui Web, contohnya yaitu ATutor, Dokeos, Interact, Moodle, dan Software favorit untuk e-learning adalah Moodle

20 5. Image Galleries adalah aplikasi web yang berupa album foto di Web, seperti Coppermine, DAlbum, Gallery, Gallery 2, LinPHA, MG2, Plogger, Singapore, Snipe Gallery, SPGM, WEBalbum, dan yappa-ng.

21 6. Wikies adalah tool untuk membangun naskah secara kolaboratif, hingga dapat menjadi ensiklopedia di Internet. Aplikasi yang ada antara lain adalah DokuWiki, ErfurtWiki, MediaWiki, phpWiki, PmWiki, QwikiWiki, UniWakka, WackoWiki, Wikepage, WikkaWiki, dan WikkiTikkiTavi.

22 7. E-Commerce Yaitu sarana bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis di Internet, aplikasi dalam kategori Beberapa diantaranya adalah Prestashop, osc2nuke, osCommerce, phpShop, dan Zen Cart

23  Pengenalan Blog  Blog Engine Online  Mendaftar di Blogspot  Mendaftar di Wordpress

24  Sebuah blog adalah situs web Anda yang mudah-di- gunakan, di mana Anda dapat dengan cepat memposting pemikiran Anda, berinteraksi dengan orang lain, dan banyak lagi.  Kependekan dari weblog  Kelompok WebSite pridadi yang diupdate secara kontinyu

25  WebBlog --> halaman What’s New --> Mosaic -->Marc Andersen -->1993  Januari >Justin Hall -->Justin’s Home Page --> berubah menjadi blog  Desember > John Bagger --> Blog

26 ?? Media Blog pertama kali di populerkan oleh Blogger (http://www.blogger.com), yang awalnya dimiliki oleh PyraLab yang pada akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi- aplikasi yang bersifat Open Source yang diperuntukan kepada perkembangan para Blogger tersebut.

27 MENDAFTAR PADA BLOG ENGINE ONLINE

28 Buat account jika belum memiliki account gmail

29 Daftar jika sudah punya account gmail

30

31

32

33

34

35 Jika selesai mem posting, terbitkan dengan tombol ini

36 Lihat Tampilan postingan

37

38 Pilih TAB ini untuk mengatur tampilan Pilih tombol edit untuk merubah

39

40

41 Simpan perubahan

42 Pilih widget yang akan ditamba hkan

43

44  Buka browser IE/ Mozilla  Masuk ke URL  Kita dapat membuat blog secara gratis.  Gratis??? Jadii -> terbatas.  Themes nya.... Tersedia tidak dapat kita upload  Fungsi-fungsi utama dari blog, seperti halnya posting, comment system, page, tersedia dengan baik.

45 Silahkan tekan tombol ini

46

47


Download ppt "Dewi Kusumaningsih, M.Kom.  Komposisi Penilaian :  Absen: 10 %  Tugas : 20 %  UTS: 30 %  UAS: 40 %"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google