Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: HERMAN TOLLE, ST., MT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: HERMAN TOLLE, ST., MT."— Transcript presentasi:

1 Oleh: HERMAN TOLLE, ST., MT.
APLIKASI MULTIMEDIA Oleh: HERMAN TOLLE, ST., MT.

2 Kategori Aplikasi Multimedia
Berdasarkan jalannya aplikasi: Linear Non-linear

3 Linear Content aplikasi ditampilkan tanpa ada kontrol navigasi dari pengguna / penonton Contoh: presentasi dalam bentuk video (cinema presentation)

4 Non-Linear Content Non-linear content menyediakan interaktifitas bagi pengguna untuk mengendalikan progress dari jalannya aplikasi. Non-linear content disebut juga: konten Hypermedia (media yang terkoneksi/link dengan media yang lain) Contoh: Game Komputer, Computer Based Training, Web Site

5 Delivering Multimedia
Compact Disc Online Kiosk

6 Delivering: Compact Disc
Murah Mudah direproduksi Mudah didistribusi Kapasitas cukup besar (~700 MB) CD-ROM player mudah didapatkan Sekarang dalam bentuk DVD (~4 GB)

7 Delivery: Kiosk Sistem komputer stand-alone maupun terkoneksi jaringan, untuk: Akses informasi, Melakukan transaksi, atau bermain game Cocok untuk diseminasi informasi pada area padat pengunjung, seperti: Kompleks pertokoan / mall Universitas Bandar Udara / Stasiun Kereta / Terminal Bank, dll Disadvantage: Investasi perangkat kiosk relatif mahal dan konten harus selalu diupdate secara berkala

8 Delivery: Online Metode penyampaian aplikasi multimedia melalui internet dalam bentuk website (www) maupun aplikasi online Metode yang paling populer saat ini Contoh penggunaan: Online Multimedia courseware Online Training Online Product Catalog Online Entertainment: TV-Live broadcast, Music Live Concert Karakteristik: akses konten sangat tergantung pada koneksi internet (bandwidth) pengguna

9 Klasifikasi Aplikasi Multimedia
Berdasarkan market atau penggunaan: home, business, government and school Berdasarkan pengguna (user): child, adult, teacher and student Berdasarkan kategori: education, entertainment, and reference.

10 KLASIFIKASI APLIKASI MULTIMEDIA
Menurut Jim Strain (Deakin University): Reference Education Business Training Entertainment Presentation Interactive Games

11 Reference Misalnya: Ensiklopedia, Yellow Pages, Atlas Digital, Direktori Jalan, Museum Virtual Tour, dll Tantangan bagi developer: Bagaimana membuat user mudah untuk menemukan informasi yang diinginkan dan Penggunaan elemen media yang efektif

12 Reference: GROLIER Multimedia Encyclopedia

13 Reference Reference: Virtual Tour of Saga Castle

14 Education Untuk membantu siswa memahami suatu pengetahuan, ketrampilan maupun dalam kehidupan bermasyarakat Media Edukasi berbasis multimedia dapat mengakomodasi berbagai cara belajar (association, experimental, visually oriented atau auditory) Dapat dibuat dalam bentuk konten non-linear dan Interaktif Dapat menyediakan feedback dan evaluasi

15 Education Information Access Teaching Tools Interactive Teaching
Distance Learning Materi Kuliah Animatif (Flash/PowerPoint) Online Tutorial CD Interaktif Edukasi

16

17

18 Business E-Commerce Application Electronics Catalog
Interactive Product Simulation Showing and forecasting trends Advertising mixed with entertainment Contoh: Pabrik mobil Nissan menyediakan aplikasi interaktif untuk test drive produk kendaraan terbaru yang dibuat berbasis web maupun dengan CD. Macromedia now present their annual report, vision statement and product overview in print, on the Internet, and in CD ROM form.

19 Nissan interactive test drives

20 Training Sejumlah perusahaan memberikan training pada pegawainya dengan materi training berbasis multimedia dalam bentuk simulasi. Misalnya: Boeing menyediakan sistem simulasi pilot NASA menggunakan multimedia untuk training flight control bagi calon astronot

21 Training: Simulation

22 Entertainment Multimedia membuat edukasi menjadi lebih menarik  edutainment Multimedia sebagai pendukung kegiatan entertainment  animasi dan laser show yang terintegrasi pada konser musik Video/music Player

23 Entertainment:LASER SHOW as Live Entertainment Performance

24 Interaktif Games Multimedia adalah interaksi, dan interactive entertainment adalah GAMES Pengembang games adalah pionir dalam penggunaan multimedia Untuk menarik perhatian pengguna, multimedia menyediakan: fast action, vivid colours, 3D animations dan elaborate sound effects Dan juga menyediakan rewards, recognition and sense of accomplishment sebagai bagian dari entertainment Banyak games telah memindahkan aspek fisik (koordinasi tangan dan mata) ke aspek mental (penyelesaian misteri, kemampuan manajerial, analisis dan strategi)

25 APLIKASI MULTIMEDIA Computer based/assisted instruction Commerce
Scientic Data Analysis Visualization of scientic data for help in analysis Simulation of complex electronic circuits before building them Interactive building of machinery 3D models of objects such as molecules and dna sequences Imagining the future (building space station) Instruction Computer-based training Computer-assisted training Encyclopedia Standardized testing

26 Business applications
Internal training and presentations Showing and forecasting trends Advertising mixed with entertainment Entertainment Nintendo games Simulation games Movie games and alternate endings on dvd Enabling technologies Text to speech readers Large font makers Train learning-disabled adults to become independent Fine arts and humanities Multimedia and virtual tours of museums

27 Aplikasi Mendatang Foreseeable future multimedia systems
Virtual reality Interactive television Wearable computing

28 Virtual Reality: Virtual Roller Coaster (Media Edu Center Japan) Click to Play

29 Area of Multimedia Applications
Health Care Consumer Electronics Geographical IS Navigational Systems Business and Finance High Quality Communications Digital Libraries Entertainment Telecommunication Publishing Commercial Electronics Cooperation

30 Health Care Biomedical data acquisition, transmission, storage, interpretation Diagnosis aids Tele medicine

31 Collaboration Environment

32 Media Processing and Integration
Text and Graph Compression Speech, audio, image, and video processing and coding Joint audio visual coding Hypermedia, 3D, VR processing

33 Multimedia System Design and Implementation
Parallel DSP architecture ASIC design DSP Software and hardware design Sound and Display devices and peripherals Storage technology System integration

34 Application Developers
Design houses Software developers Applications market systems Multimedia House

35 Inappropriate use of multimedia
Multimedia tidak selamanya harus digunakan, pada kondisi tertentu kita tidak perlu menggunakan aplikasi multimedia. Pertimbangan tidak perlu menggunakan multimedia interaktif, jika: Text intensive content:konten yang banyak berisi teks, misalnya buku. Linear content: video digital dari awal hingga akhir tanpa ada interaktifitas bukanlan multimedia Cost effective alternatives: mempertimbangkan aspek ketersediaan biaya, waktu dan tenaga ahli


Download ppt "Oleh: HERMAN TOLLE, ST., MT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google