Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SUSANTI, 3352402088 ANALISIS PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP OMZET PENJUALAN PADA PT.SAMPURNA KUNINGAN JUWANA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SUSANTI, 3352402088 ANALISIS PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP OMZET PENJUALAN PADA PT.SAMPURNA KUNINGAN JUWANA."— Transcript presentasi:

1 SUSANTI, ANALISIS PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP OMZET PENJUALAN PADA PT.SAMPURNA KUNINGAN JUWANA

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : SUSANTI - NIM : PRODI : Manajemen (Manajemen Keuangan) - JURUSAN : Manajemen - FAKULTAS : Ekonomi - santi_capoenk pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Fachrurrozie, M.Si - PEMBIMBING 2 : Drs.Sugiharto, M,Si - TGL UJIAN :

3 Judul ANALISIS PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP OMZET PENJUALAN PADA PT.SAMPURNA KUNINGAN JUWANA

4 Abstrak Sistem biaya kualitas dipakai oleh perusahaan sebagai pengukur keberhasilan program perbaikan kualitas. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan perusahaan yang harus selalu memantau dan melaporkan kemajuan dari program perbaikan tersebut. Biaya kualitas dapat dibandingkan dengan nilai penjualan, semakin rendah nilai ini menunjukkan program perbaikan kualitas semakin sukses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya kualitas terhadap omzet penjualan pada PT. Sampurna Kuningan Juwana baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini menggunakan data laporan keuangan PT. Sampurna Kuningan Juwana periode dengan analisis perbulan, sehingga diperoleh sampel sebanyak 24. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis regresi linier berganda dengan tingkat signifikansi α = 0,05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan komponen biaya kualitas yang terdiri dari biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal dan biaya kegagalan eksternal secara signifikan mempengaruhi omzet penjualan dengan kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikatnya sebesar 51,3%. Untuk pengaruh secara parsial menunjukkan bahwa hanya biaya pencegahan, biaya penilaian, dan biaya kegagalan internal yang berpengaruh terhadap omzet penjualan. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah persentase biaya kualitas terhadap omzet penjualan mengalami kenaikan dari tahun , hal ini berarti bahwa telah terjadi perbaikkan kualitas di perusahaan tetapi masih ada masalah dalam pengendalian kualitasnya. Saran yang bisa penulis sampaikan adalah perusahaan perlu meningkatkan lagi biaya kontrol yang terdiri dari biaya pencegahan dan biaya penilaian agar nantinya dapat menekan biaya kegagalannya hal ini dapat ditempuh dengan melakukan investasi dan evaluasi. Dan bagi peneliti selanjutnya hendaknya diharapkan dapat menambah jumlah sampel, sehingga dapat melengkapi keterbatasan yang ada sehingga hasilnya lebih baik. Diharapkan juga bagi peneliti selanjutnya, hendaknya memasukkan faktor lain seperti modal, iklan, strategi pemasaran yang secara teoritis mempengaruhi penjualan peusahaan. Dan hendaknya lebih jeli dalam menganalisa laporan keuangan.

5 Kata Kunci Biaya Kualitas, Omzet Penjualan

6 Referensi Akhyar Adnan, Muhammad Akuntansi Mutu Terpadu. Yogyakarta: UPP AMP YKPN. Algifari Analisis Regresi. Yogyakarta: PT BPFE. Andriasih, Nita ”Analisa Pengaruh Biaya Kualitas terhadap Penjualan pada PT. Industri Sandang Nusantara”. Skripsi UNNES Anissa, Nur, ”Pengaruh Metode arus biaya persediaan Persediaan terhadap market value Perusahaan pada Emiten di Bursa Efek Jakarta”. Jurnal Manajemen Akuntansi dan Sistem Informasi. Vol. 2, Januari : Ariani, Dorothea Wahyu Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif dalam Manajemen Kualitas). Yogyakarta : ANDI Assauri, Sofyan Manajemen Produksi. Jakarta : Lembaga Penerbitan FE UI Aryani, Farida ”Analisis Pengaruh Biaya Kualitas terhadap Produk Rusak pada PT. Masscom Graphy Semarang”. Skripsi UNNES Blocer/Chen/Lin Manajemen Biaya. Jakarta : Salemba Empat. Ciptani, Monika Kussetya ”Pengukuran Biaya Kualitas : Suatu Paradigma Alternatif”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol. 1. No. 1 hal Feigenbaum, A.V Kendali Mutu Terpadu. Jakarta : Erlangga. Fitrianingsih ”Analisis Pengaruh Biaya Kualitas terhadap Penjualan pada PT. Industri Sandang Nusantara.” Skripsi UNNES Gaspersz, Vincent Total Quality Management. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Umum. Ghozali, Imam Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit UNDIP. Hansen dan Mowen Akuntansi Manajemen. Jakarta : Erlangga. _________________2001. Manajemen Biaya Akuntansi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat. Mulyadi Akuntansi Biaya. Yogyakarta : YKPN. Purwaningsih, Isti ”Tinjauan tentang Biaya Mutu dalam Sistem Pengendalian Mutu Terpadu”. Habitat Vol. 10 No.140 Sadeli dan Ukas Pengantar Ilmu Menjual. Jakarta: Bumi Aksara Santoso, Singgih Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Setyorini, Dewi Puji ”Analisa Pengaruh Biaya Kualitas terhadap Penjualan pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Pabriteks Tegal”. Skripsi UNNES Soetanto, Falencia Tessa Vania “ Peningkatan Daya Saing Industri melalui Analisa Biaya Kualitas” Jurnal Teknik Industri Vol. 6 Sudjana Metoda Statistika. Bandung : Tarsito. Supriyono Akuntansi Biaya dan Akuntansi Manajemen untuk Teknologi Maju dan Globalisasi. Yogyakarta : BPFE. Suroso, Analisa Pengaruh Biaya Kualitas terhadap Penjualan pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Patal Secang”. Skripsi UNNES Swasta, Basu Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty. Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana Total Quality Manajemen. Yogyakarta: ANDI. Usman, Husain dan Akbar Setiadi Purnomo Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Widyadana, I Gede Agus ”Peningkatan Efektifitas san Efisiensi Biaya Kualitas melalui Pendekatan Simulasi (Studi Kasus di CV. Sinar Baja Elektric)”. Jurnal Teknik Industri Vol. 5, N0. 1.

7 Terima Kasih


Download ppt "SUSANTI, 3352402088 ANALISIS PENGARUH BIAYA KUALITAS TERHADAP OMZET PENJUALAN PADA PT.SAMPURNA KUNINGAN JUWANA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google