Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TIM PENYUSUN :  Suryana Sidiq permanaC1100044  MeriantiC1100096  Yosika Adriani S.FC1100135  Nova NoviantiC1100153  Euis Aliyanti PermatasariC1100174.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TIM PENYUSUN :  Suryana Sidiq permanaC1100044  MeriantiC1100096  Yosika Adriani S.FC1100135  Nova NoviantiC1100153  Euis Aliyanti PermatasariC1100174."— Transcript presentasi:

1

2 TIM PENYUSUN :  Suryana Sidiq permanaC  MeriantiC  Yosika Adriani S.FC  Nova NoviantiC  Euis Aliyanti PermatasariC  Maya MasitaC  Nudya LissofaE

3 Rencana keuangan/pembelanja an Penggunaan dana yang terbaik Sumber dana yang terbaik Manager Keuangan

4  Managemen keuangan perusahaan adalah aktifitas yang terkait dengan perencanaan dan pengendalian perolehan serta pendistribusian aset-aset keuangan perusahaan.  Sedangkan managemen pembelanjaan yaitu suatu usaha yang menyangkut bagaimana perusahaan harus mengorganisir untuk mendapatkan dana,bagaimana mendapatkan dana,bagaimana menggunakan dana.Dan bagaimana laba perusahaan akan didistribusikan.

5  Salah satu pentingnya managemen keuangan adalah untuk dapat survive baik dalam segi kehidupan,ruang lingkup ekonomi mikro dan makro ataupun kehidupan ekonomi individu(rumah tangga),sebagai contoh penjelas adalah: dalam ruang lingkup makro suatu negara mengalami kesulitan untuk membangun negaranya diantara negara-negara tersebut memiliki banyak bahan tambang,akan tetapi tidak memiliki cukup uang untuk mengelola hasil bumi tersebut.Mereka menggunakan dana pinjaman untuk menggali sumber alam dan kelak hasil penjualan hasil alam dipakai uuntuk membayar hutangnya.

6 UUang menurut william H.Cunningham: ialah sesuatu yangg diterima umum sebagai pembayaran barang dan jasa yang merupakan darah kehidupan ekonomi. FFungsi Uang: a. Sebagai alat tukar. b. Sebagai alat pengukur nilai. c. Sebagai alat penyimpan bernilai.

7  Maksudnya ialah bagaimana usaha dari suatu perusahaan untuk mencari dana atau kekayaan guna kelancaran jalannya perusahaan tersebut.

8  Pembelanjaan Pasif ialah suatu usaha dari perusahaan untuk mendapatkan dana guna membelanjai usahanya.  Pembelanjaan aktif ialah kegiatan perusahaan dalam menggunakan dana.

9  Menurut pedagang modal ialah sejumlah uang.  Menurut mahasiswa jurusan ekonomi : modal ialah suatu alat yang berguna produksi untuk proses selanjutnya.  Harry G.Gutmann dan Harbert E.Dougall mengatakan definisi kapital bisa ditinjau dalam berupa penggunaan : 1. Acoounting usage = accounting view of capital. 2. Bussines usage = business view of capital. 3. Economic usage = economic view of capital 4. Legal usage = legal view of capital.

10 1. Accounting view of capital Modal diartikan sebagai selisih antara total aset dengan total liabilities atau selisih antara harta dengan hutang. (modal sendiri = owner ship capital = equity capital) 2.Bussines usage / view of capital Modal diartikan capital dengan bertitik tolak dari sisi kiri neraca, dan menganggap modal perusahaan sebagai totalitas dari barang –barang,modal,yang dimiliki oleh perusahaan.

11 Dari hal di atas terdapat 3 sanggahan/kepincangan: 1. Bisnis view hanya meneropong sisi kiri neraca seolah-olah tidak adanya sisi kanan neraca yang menggambarkan sumber- sumber dari mana modal perusahaan mengalir.Padahal darimana asal modal sangat penting diketahui,tidak dapat diabaikan. 2. Mengenai pengertian totalitas memberi kesan seolah-olah barang-barang modal perusahaan hanya dijumlahkan saja tanpa menghiraukan apakah barang-barang modal itu masihbermanfaat /tidak bagi perusahaan untuk berproduksi.

12 3. Bertalian dengan yang ke 2 nilai-nilai barang- barang modal pada hakikatnya ditentukanoleh nila-nilai barang-barang jadi yang dihasilkan oleh barang-barang modal secara kompak. 3.Economic View of Capital a. Wealth(kekayaan): Sesuai dengan kebiasaan di negeri Belanda diletakan disisi kanan neraca.Kekayaan sumber-sumber modal (capital resources). b. Kekayaan yang ditarik dari perusahaan digunakan untuk produksi.Produksi membutuhkan alat-alat produksi maka kekayaan yang ditarik perusahaan diinvestasikan ke dalam barang-barang modal yang terletak di sebelah kiri neraca (capital goods atau asets)

13 Dalam menginvestasikan kekayaan itu tentu saja para pengusaha harus hati-hati, agar terdapat suatu hubungan yang baik antara capital goods,baik yang bersifat fix ataupun yang bersifat current capital goods. Dalam istilah lain kita mengenal pengertian permodalan total dan permodalan partiil.

14 permodalan total dilihat dari jumlah keseluruhan investasi yang terdapat dalam sebuah perusahaan yang dibelanjai dengan permodalan jangka panjang. permodalan partiil yaitu permodalan yang dilihat dari investasi pada masing- masing barang modal. c. Produksi diselenggarakan untuk Seterusnya.

15 4. Legal View of Capital Dari segi hukum modal diartikan sebagai modal saham suatu perusahaan, yaang dibentuk dalam suatu perseroan terbatas.

16  Permodalan sendiri = kekayaan sendiri = sumber intern. Sumber modal yang berasal dari dalam perusahaan, misalnya penjualan saham. Simpanan anggota pada bentuk usaha koperasi.  Permodala asing = kekayaan asing = sumber ekstern. berasal dari pihak luar perusahaan, berupa pinjaman jangka panjang atau jangka pendek. Pinjaman jangka pendek waktu maksimum satu tahun, sedangkan pinjaman yang jangka waktunya lebih dari satu tahun disebut kredit jangka panjang seperti obligasi,hipotek,dsb.

17 Perbedaan kekayaan sendiri dengan kekayaan asing yaitu : 1) Kekayaan sendiri berasal dari pemilik, kekayaan asing berasal dari pihak luar perusahaan. 2) Kekayaan sendiri terikat secara permanen, kekayaan asing terikat sementara. 3) Kekayaan sendiri mendapat bagian laba, kekayaan asing mendapat bunga. 4) Kekayaan sendiri memikul resiko secara mutlak jika perusahaan menderita rugi, maka dibebankan pada kekayaan sendiri.

18 Fungsi kekayaan sendiri : 1) Sebagai garansi terhadap kekayaan asing. 2) Sebagai modal sendiri. 3) Sebagai unsur pemikul resiko. 4) Sebagai working capital (modal kerja). 5) Sebagai alat penjaga likuiditas.

19 1. Pasar uang : pasar dimana kita dapat memperoleh kekayaan jangka pendek. 2. Pasar modal : pasar dimana kita dapat memperoleh kekayaan jangka panjang.

20

21 Saham merupakan tanda penyertaan di dalam perusahaan. Saham perusahaan ini dpat di bedakan ke dalam dua golongan,yaitu: 1. Saham Biasa (Common Stock). Saham biasa merupakan bentuk pemilikan tanpa hak istimewa. Artinya,para pemilik akan memperoleh pembagian keuntungan(dalam bentuk dividen) hanya apabila perusahaan memperoleh laba. 2. Saham Preferen (Preferred Stock). Saham preferen atau saham dengan preferensi ini merupakan bentuk pemilikan dengan hak istimewa.Hak-hak istimewa yang ada pada pemegang saham preferen ini adalah:

22 a. Pembagian dividen yang di dahulukan. Pemegang saham preferen mendapat pembagian dividen lebih dahulu daripada pemegang saham biasa. b. Pembagian dividen kumulatif. Pemegang saham preferen ini mendapat hak untuk mendapatkan dividen untuk setiap periode.Apabila ia tidak memperoleh dividen pada suatu periode karena ada sesuatu hal,maka ia akan memperolehnya pada periode yang akan datang secara kumulatif. c. Pembagian kekayaan yang di dahulukan. Pemegang saham preferen mempunyai hak untuk memperoleh pembagian kekayaan perusahaan lebih dahulu daripada pemegang saham biasa pada saat perusahaan di likuidasi/di bubarkan. Di samping hak-hak istimewa tersebut,saham preferen ini juga mempunyai kelemahan.Kelemahannya adalah bahwa para pemegangnya tidak memiliki hak suara di dalam rapat pemegang saham,yang biasanya di adakan paling sedikit sekali setiap tahun.

23 Obligasi merupakan surat perjanjian utang yang sengaja di keluarkanoleh perusahaan sebagai salah satu sumber dana ekstern. Seperti halnya dengan saham biasa. Obligasi ini juga termasuk surat berharga yang dapat di perjualkan belikan. Adapun sifat-sifat dari obligasi ini adalah:  Dapat diperjual-belikan  Terdapat kewajiban untuk mengembalikan pokok pinjamannya  Terdapat kewajiban untuk membayar bunga  Terdapat jangka waktu yang pasti

24 1. Sesuai dengan pihak yang mengeluarkan : a. Obligasi umum, yaitu obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah b. Obligasi perusahaan, yaitu obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan umum, perusahaan jawatan, dan perseroan terbatas. 2. Sesuai dengan karakter jaminan : a. Obligasi tanpa jaminan seperti income bond dan debenture bond. b. Obligasi dengan jaminan Jaminan yang bisa dipakai di sini antara lain : saham, piutang, rumah, tanah, mesin, dan sebagainya. Selain jenis-jenis obligasi tersebut, masih ada jenis yang lain : a. Coupon bond b. Registered bond c. Callabel bond d. Convertible bond

25 Untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan maka pimpinan harus menjaga unsur- unsur sebagai berikut.  Soliditas  Likuiditas  Salvabilitas  Krediet waar dig heid  Rentabilitas

26 Adalah besarnya kepercayaan masyarakat pada perusahaan karena mau & mampu menepati segala kewajibannya. a) Soliditas Finansial (kepercayaan dalam bidang keuangan). b) Soliditas Komersial (kejujuran para pimpinan dalam menempati perjanjian dagang) c) Soliditas Moral(kepercayaan masyarakat terhadap pola pemimpin perusahaan)apakah ada cacat dalam perilakunya untuk mempercayai kepercayaaan bank: 1) Unsur pribadi,dan pimpinan perusahaan. 2) Unsur Yuridis,menyangkut status perusahaan & surat-surat izin usahanya. 3) Unsur materi,menyangkut segi-segi jaminan keselamatan kredit.

27 1. Likuiditas badan usaha: kemampuan badan usaha melunasi utang-utangnya yang jatuh tempo. 2. Likuiditas perusahaan berarti kemampuan perusahaan untuk melakukan pengeluaran/menyediakan alat-alat lancar tepat pada waktunya,guna kelangsungan proses produksinya. 3. Likuiditas suatu aktiva: kemampuan suatu aktiva atau asset untuk di jadikan uang tunai pada waktu tertentu. Ratio Likuiditas = jumlah aktiva lancar x 100% jumlah utang jangka pendek

28  Adalah kermampuan perusahaan untuk membayar semua utang-utangnya pada saat perusahaan di likuidasi/di bubarkan Solvabilitas = Total aktiva Total utang

29 Artinya kemampuan perusahaan untuk memperoleh kredit karena di percaya.jika soliditas & salvabilitas baik maka krediet waar dig held akan baik. 4 Macam variasi hubungan antar likuiditas,salvabilitas. 1. Perusahaan yang likuid & solvabel : merupakan keadaan ideal. untuk perusahaan & krediet waar digheld. 2. Likuid tapi tidak solvabel bisa berjalan terus karena dapat membayar utang-utang jangka pendeknya yang sudah jatuh tempo,dengan gali lobang tutup lobang tapi akan mengalami kesukaran & tidak sanggup membayar utang jangka panjang karenanya aktivanya lebih kecil di bandingkan dengan utang. 3. Perusahaan yang tidak likuid tapi solvabel. perusahaan ini mempunyai aktiva besar,tapi kekurangan alat likuid akibatnya seringkali minta penanggulangan pembayaran utang. 4. Perusahaan yang tidak likuid & tidak solvabel.perusahaan ini merupakan perusahaan yang terburuk kondisinya & harus di reorganisasi.

30 Adalah perbandingan antara hasil dan modal yang mendatangkan hasil tersebut. Rentabilitas mencakup dua hal : 1) Rentabilitas badan usaha ialah perbandingan antara pendapatan dengan kekayaan yang ada. Pendapatan-pendapatan netto-pajak. 2) Rentabilitas perusahaan : perbandingan antara pendapatan perusahaan dengan kekayaan yang dipakai dalam perusahaan. pandangan pertama menimbulkan rentabilitas ekonomis : a) Laba yang diperoleh dalam perusahaan sebelum dikurangi pajak dan bunga modal asing. b) Modal asing bertambah modal sendiri yang terpakai dalam prusahaan.

31  Pandangan kedua menimbulkan pengertian modal sendiri atau return on equity : Perbandingan laba – pajak dan bunga modal asing dengan kekayaan sendiri yang terpakai dalam perusahaan. rentabilitas ekonomis Modal sendiri

32 Debet Kredit Keterangan jumlah Rp dalam ribuan Kas Tanah Gedung Mesin Saham Cbn Saham Gy Modal saham Cadangan % obligasi % Hipotek Laba Jumlah

33 1. Yang diberikan saham adalah kekayaan sendiri. 2. Dalam saldo laba termasuk laba efek Rp 8.000,- 3. Pajak Rp 5.000,- Hitunglah : 1. Rentabilitas Badan usaha. 2. Rentabilitas Ekonomis. 3. Rentabilitas Modal sendiri. Jawab : 1.Rentabilitas badan usaha : – 500 x 100% = x 100% = 5 %

34 2) Rentabilitas Ekonomis – ( 4% x ) x 100 % = 9% ) Rentabilitas Modal sendiri – 8000 – 5000 x 100% = 14 % Rumus perhitungan Rentabilitas oleh : Drs, Lien King Hok 1) Rentabilitas Badan Usaha dengan Rumus : Ld + Li +BA x 100% MS=MA=1/2 (Ld+Li) 2) Rentabilitas Ekonomis / return on investment : Ld + BA 100% MA + Ms + ½ Ld 3) Rentabilitas Modal Sendiri Ld100% MS=1/2 Ld Ket :Ld = Laba perusahaan yg berasal dari akivitas di dlm perusahaan Li = Laba perusahaan yg berasal dari aktivitas di luar perusahaan MS = Modal sendiri MA = Modal Asing

35  1.Alma,Buchari.pengantar bisnis. Bandung :Alfabeta.,2010.  2.Fuad,Muhammad,Christin h,Nurlela sugiono.pengantar bisnis.Jakarta:Gramedia.,2006.  3.Swasta,Basu. pengantar bisnis modern. yogyakarta:Liberty.,1998.


Download ppt "TIM PENYUSUN :  Suryana Sidiq permanaC1100044  MeriantiC1100096  Yosika Adriani S.FC1100135  Nova NoviantiC1100153  Euis Aliyanti PermatasariC1100174."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google