Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOM 331 3(2-3) – Rekayasa Perangkat Lunak

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOM 331 3(2-3) – Rekayasa Perangkat Lunak"— Transcript presentasi:

1 KOM 331 3(2-3) – Rekayasa Perangkat Lunak
Yani Nurhadryani, Ph.D Sony Hartono Wijaya, MKomp Departemen Ilmu Komputer IPB 2011 updated : 25 Februari 2009

2 Pertemuan 1 – Introduction
Panji Wasmana Sony Hartono Wijaya – Departemen Ilmu Komputer IPB 2009 updated : 25 Februari 2009

3 KENAPA PERLU REKAYASA PERANGKAT LUNAK ?
DEFINISI REKAYASA PERANGKAT LUNAK PRODUK PERANGKAT LUNAK PROSES PERANGKAT LUNAK MATERI KULIAH

4 KENAPA PERLU REKAYASA PERANGKAT LUNAK ?
DEFINISI REKAYASA PERANGKAT LUNAK PRODUK PERANGKAT LUNAK PROSES PERANGKAT LUNAK MATERI KULIAH

5 Materi Kuliah Pendahuluan Analisis Perancangan Metode Berorientasi Obyek Implementasi dan Pengujian Maintenance

6 Tujuan kuliah Menguasai algoritma pemrograman dan perancangan basis data Mengembangkan perangkat lunak secara sistematis dan terukur dengan mengimplementasikan metode-metode pengembangan perangkat lunak yang klasik maupun terkini

7 Referensi Sommerville I & Software Engineering . 7th or 8th Edition, Addison-Wesley, Harlow, Essex,UK Pressman RS Software Engineering. 6th Edition. McGraw-Hill Pilone D. & Miller R Head First Software Development. O’Reilly

8 Referensi Bennett S. et al Object Oriented System Analysis and Design Using UML. McGraw-Hill

9 Materi Kuliah dan Diskusi
Enrollment key : rpl0809 Username dan First Name diisi dengan nomor NRP. Mahasiswa yang tidak memenuhi ketentuan tersebut tidak akan diterima menjadi anggota kuliah online RPL

10

11

12 Penilaian dan Kontrak Perkuliahan
Semester Ganjil 2009/2010 Kuliah : Selasa, – – KOM Baranangsiang Praktikum : Rabu dan Kamis, – Lab. Penilaian : UTS : 30% UAS : 30% Project, Praktikum dan Tugas: 40% (Progress 10%, Presentasi 20%) Ujian perbaikan  menyusul , maksimal 1 minggu setelah jadwal ujian yang telah ditetapkan Toleransi keterlambatan maksimal 15 menit

13 KENAPA PERLU REKAYASA PERANGKAT LUNAK ?
DEFINISI REKAYASA PERANGKAT LUNAK PRODUK PERANGKAT LUNAK PROSES PERANGKAT LUNAK MATERI KULIAH

14 Kenapa perlu RPL ? Pengembangan Perangkat Lunak memerlukan effort yang tinggi ! Membedakan sistem sederhana dan sistem kompleks Problem pada umumnya kompleks

15 Kenapa perlu RPL ? Ukuran Perangkat Lunak yang besar
UNIX mengandung 4 juta baris kode Windows 2000 mengandung 108 baris kode Menghindari error yang disebabkan perangkat lunak

16 Kejadian yang disebabkan error perangkat lunak
Hilangnya pesawat ruang angkasa Voyager Banyak orang terbunuh karena radiasi mesin Beberapa pesawat penumpang (umum) tertembak saat perang teluk

17 Software bug - Famous computer bugs
Software bug - Space exploration NASA Mariner 1 went off-course during launch, due to a missing 'bar' in its FORTRAN software (July 22, 1962).[6] NASA Apollo 11 landing problem (July 20, 1969). NASA Voyager 2 (January 25, 1986). Phobos 1 lost (September 10, 1988). ESA Ariane 5 Flight 501 self-destruction 40 seconds after takeoff (June 4, 1996). NASA Mars Climate Orbiter destroyed due to incorrect orbit insertion (September 23, 1999). Mars Polar Lander lost (December 3, 1999). NASA Mars Rover freezes due to too many open files in flash memory (January 21, 2004). Software bug - Medical The Therac-25 accidents ( ), quite possibly the most serious computer-related failure ever in terms of human life lost. Software bug - Telecommunications AT&T long distance network crash (January 15, 1990). Software bug - Computing Pentium FDIV bug, resulting in inaccuracies in certain floating point division (FDIV) operations. Pentium F0 bug, causing the processor to stop under certain instructions. The year 2000 problem, popularly known as the "Y2K bug", spawned fears of worldwide economic collapse and an industry of consultants providing last-minute fixes. Software bug - Military The MIM-104 Patriot bug, which resulted in the deaths of 28 Americans in Dharan, Saudi Arabia (February 25, 1991). Chinook crash on Mull of Kintyre Software bug - Video games The Missingno. and Glitch City bugs, found in the Pokémon series The Minus world in NES version of Super Mario Brothers

18 KENAPA PERLU REKAYASA PERANGKAT LUNAK
DEFINISI REKAYASA PERANGKAT LUNAK PRODUK PERANGKAT LUNAK PROSES PERANGKAT LUNAK MATERI KULIAH

19 Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Definisi Rekayasa Perangkat Lunak Disiplin ilmu rekayasa yang berhubungan dengan semua aspek yang terkait dengan pembuatan perangkat lunak Harus melakukan pendekatan yang sistematis dan terorganisasi dalam menyelesaikan pembuatan perangkat lunak Harus menggunakan alat bantu dan teknik yang sesuai bergantung dengan problem yang akan dipecahkan dan ketersediaan sumber daya Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Software Engineer Rekayasa (KBBI) : penerapan kaidah-kaidah ilmu dl pelaksanaan (spt perancangan, pembuatan konstruksi, serta pengoperasian kerangka, peralatan, dan sistem yg ekonomis dan efisien)

20 Perbedaan Rekayasa Perangkat Lunak dan Rekayasa Sistem ?
Rekayasa Perangkat Lunak adalah bagian dari Rekayasa Sistem Rekayasa Sistem (mis: Sistem Informasi) terkait dengan semua aspek pengembangan sistem berbasis komputer yang meliputi : Perangkat keras (Hardware), Jaringan (Netware) Perangkat lunak (Software) Data (dataware) Manusia (brainware) System engineers melibatkan kegiatan Spesifikasi sistem, perancangan arsitektur, integrasi dan deployment deployment : menyebarluaskan

21 KENAPA PERLU REKAYASA PERANGKAT LUNAK
DEFINISI REKAYASA PERANGKAT LUNAK PRODUK PERANGKAT LUNAK PROSES PERANGKAT LUNAK MATERI KULIAH

22 Apakah Perangkat Lunak itu ?
Perangkat Lunak adalah suatu kumpulan objek-objek yang membentuk sebuah konfigurasi yang terdiri dari: program dokumen data ...

23 What is Software? Software is engineered, tidak direkayasa dengan metode klasik (1 design to all) Software doesn’t wear out, tidak akan lekang dimakan waktu, kecuali spesifikasi kebutuhan berubah. Software is complex, multidisiplin, multi aspek.

24 Waktu penggunaan vs. Tingkat kegagalan

25 Biaya perubahan

26 Aplikasi Perangkat Lunak
Perangkat Lunak Sistem Perangkat Lunak Real time Perangkat Lunak Bisnis Perangkat Lunak Teknik atau Sains Embedded Software Perangkat Lunak PC Perangkat Lunak AI Aplikasi Web

27 Perangkat Lunak Sistem
Sistem Operasi Kompilator Perangkat Lunak Utilitas Anti Virus

28 Perangkat Lunak Real Time
Perangkat Lunak Pengendali Reaktor Kimia Perangkat Lunak Pengendali Pesawat Terbang Perangkat Lunak untuk Vehicle Tracking System dll

29 Perangkat Lunak Bisnis
Cash Register Sistem Inventory Sistem Informasi Akuntansi Sistem Informasi Eksekutif dll

30 Embedded Software Smart Card Microwave dll

31 Perangkat Lunak PC Pengolah Kata Pengolah Data Presentasi dll

32 Perangkat Lunak AI Sistem Pakar Optimasi Game Robot

33 SE in plain text Serangkaian metode yang diterapkan untuk menghasilkan Software yang berkualitas. Disiplin Ilmu yang mendasari arsitektur sebuah aplikasi Berkualitas memiliki kedekatan arti dengan pemuasan konsumen

34 Tom the adventure Guys…
Studi Kasus Tom the adventure Guys…

35 Siapakah Tom? Seorang cowo macho!!
Memiliki pekerjaan sebagai trail guide Aktif dalam berbagai perkumpulan Pengguna aktif Internet

36

37 Komponen dalam project SE
Pendanaan Waktu Complexity dan kualitas

38 Apa yang biasanya terjadi?

39

40

41

42 Pelajaran dari studi kasus
Mind reader? Tidak ada metode dalam rekayasa? Team? Optimasi kerja? Komunikasi dengan customer?

43

44 Diskusi dan Pertanyaan?

45

46 Tantangan Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Bagaimana kita bisa menjamin kualitas perangkat lunak yang kita bangun ? Bagaimana kita tetap dapat memenuhi permintaan yang meningkat tapi tetap mampu mengontrol budget ? Bagaimana dapat menghindari keterlambatan waktu pengembangan ? Bagaimana kita dapat dengan sukses memperkenalkan teknologi baru ?

47 Jawabannya ???

48 P R O S E S !

49 Minggu Depan : Process Go deep with Tom 
Terima Kasih Minggu Depan : Process Go deep with Tom 


Download ppt "KOM 331 3(2-3) – Rekayasa Perangkat Lunak"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google