Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Prinsip-prinsip Dasar Grafik Komputer & Multimedia Interaktif R0312 – Grafik Komputer.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Prinsip-prinsip Dasar Grafik Komputer & Multimedia Interaktif R0312 – Grafik Komputer."— Transcript presentasi:

1 Prinsip-prinsip Dasar Grafik Komputer & Multimedia Interaktif R0312 – Grafik Komputer

2 Pengertian Grafik Komputer  Komputer Grafik (Graphics Computer) adalah bidang dari komputasi visual, dimana orang menggunakan komputer untuk menghasilkan gambar visual secara sintetis dan untuk mengintegrasikan atau mengubah informasi mengenai ruang dan visual yang ada di dunia nyata.

3 Sejarah  Kemajuan grafik komputer berawal dari pengembangan program Sketchpad oleh Ivan Sutherland pada tahun 1962  Sketchpad adalah suatu program revolusioner yang ditulis oleh Ivan Sutherland pada tahun 1963 untuk disertasi Phd-nya. Program tersebut membantu merubah cara orang berinteraksi dengan komputer. Sketchpad dianggap sebagai nenek moyang dari program Computer Aided Drafting (CAD) dan menjadi suatu terobosan utama di dalam pengembangan grafik komputer secara umum. Ivan Sutherland mempertunjukkan grafik komputer dapat digunakan untuk tujuan teknis dan artistik.

4 Bidang-bidang Grafik Komputer  Real-time 3D rendering (often used in video games),  Video capture and video creation rendering,  Special effects editing (often used for movies and television),  Image editing, and  Modeling (often used for engineering and medical purposes).

5 Grafik Komputer 2D  2D computer graphics is the computer-based generation of digital images—mostly from two- dimensional models (such as 2D geometric models, text, and digital images) and by techniques specific to them. The word may stand for the branch of computer science that comprises such techniques, or for the models themselves  The first advance in computer graphics was in the use of CRTs. There are two approaches to 2D graphics: vector and raster graphics.

6 Grafik Komputer 3D  3D computer graphics are works of graphic art that were created with the aid of digital computers and specialized 3D software. In general, the term may also refer to the process of creating such graphics, or the field of study of 3D computer graphic techniques and its related technology  With the birth of the workstation computers (like LISP machines, paintbox computers, and Silicon Graphics workstations) came tne 3D computer graphics, based on vector or “wire frame” represantation of virtual objects

7 Pengertian Multimedia  Gabungan video, audio, grafik dan teks dalam suatu produksi bertingkat berbasis komputer yang dapat dialami secara interaktif. (IBM)  Penggunaan komputer untuk menampilkan teks, grafik, video, animasi, dan suara dalam bentuk terpadu. (PC Webopædia)  Integrasi nirbatas dari teks, suara, segala jenis citra (grafik, animasi, video) dan perangkat lunak pengendali dalam lingkungan informasi digital tunggal (Tony Feldman)

8 Multimedia Interaktif  Interaktif – Menerima masukan dari manusia (PC Webopædia) – Dialog sensorik yang terjadi antara manusia dan program komputer (whatis.com)  Multimedia Interaktif – Sistem yang menggunakan lebih dari satu media presentasi (teks, suara, citra, animasi, video) secara bersamaan dan melibatkan keikutsertaan pemakai untuk memberi perintah, mengendalikan, dan memanipulasi

9 Elemen Multimedia  Teks – Dasar penyampaian informasi – Media paling sederhana – Tempat penyimpanan paling kecil – Dipresentasikan dengan typeface (jenis huruf) yang beragam agar harmonis dengan elemen media lainnya.

10 Elemen Multimedia (lanjutan)  Citra diam (gambar) bitmap / raster – Representasi spasial dari objek – Disusun sebagai matriks nilai numerik yang merepresentasikan setiap titik / pixel – Diciptakan dengan program paint / image editing – Baik untuk menyimpan foto dan gambar – gambar rumit yang membutuhkan rincian halus

11 Elemen Multimedia (lanjutan)  Grafik vektor – Juga representasi spasial dari objek – Disusun dari bangun-bangun grafis seperti garis, persegipanjang, elips, segi banyak, dsb. yang ditempatkan secara matematis dengan koordinat, ukuran, ketebalan sisi dan pola pengisian pada bidang. – Diciptakan dengan program draw. – Baik untuk menyimpan kartun dan gambar-gambar yang tidak fotorealistik.

12 Elemen Multimedia (lanjutan)  Suara atau audio – Fenomena fisik yang dihasilkan oleh pergetaran materi. – Kategori:  Ucapan (speech): suara orang berbicara.  Musik (music): hasil perdengaran alat musik.  Efek suara (sound effect): suara lainnya, seperti tembakan, gelas pecah, halilintar, dll.  Animasi – “Gambar hidup”. – Penayangan frame – frame gambar secara cepat untuk menghasilkan kesan gerakan.

13 Elemen Multimedia (lanjutan)  Video – Seperti animasi, tetapi disimpan dalam format khusus yang dapat menyimpan adegan dunia nyata atau rekaan dengan komputer. – Paling kompleks dan paling memerlukan persyaratan hardware yang tinggi.  Istilah-istilah elemen media – Grafik = gambar = citra = image – Citra diam = still image – Citra bergerak = animasi – CGI = Computer Generated Image

14 Kekuatan Multimedia  Meningkatkan aliran gagasan dan informasi.  Merupakan cara yang kaya untuk mengomunikasikan sesuatu.  Mendorong partisipasi, keterlibatan, dan eksplorasi pemakai.  Menstimulasi panca indera.  Memberikan kemudahan pemakaian, terutama bagi pemakai awam.

15 Bidang Aplikasi Sistem Multimedia Interaktif  Pendidikan – Salah satu bidang utama yang mendapat manfaat dari teknologi multimedia. – Perubahan Computer Aided Learning (CAL) dari yang dahulu hanya deskripsi yang serupa dengan teks tertulis menjadi lingkungan belajar yang lebih kaya. – CD-ROM membantu menjadi media penyebaran alat bantu pendidikan seperti ensiklopedia dan paket multimedia enhanced distance learning. – World Wide Web memunculkan Web-based multimedia learning (E-Learning)

16 Bidang Aplikasi Sistem Multimedia Interaktif (lanjutan)  Pelatihan – Studi Departemen Pertahanan AS menunjukkan pelatihan multimedia 40% lebih efektif daripada pelatihan tradisional, tingkat retensi 30% lebih besar dan kurva belajar 30% lebih singkat. – Pelatihan multimedia lebih fleksibel dan mendukung pelatihan terdistribusi just-in-time yang disesuaikan dengan kebutuhan perorangan. – Pelatihan pribadi di Internet/intranet disebut E-Training. – Penggunaan peralatan canggih dapat disimulasikan.

17 Bidang Aplikasi Sistem Multimedia Interaktif (lanjutan)  Informasi Point of Sales – Contoh awal aplikasi multimedia untuk informasi penjualan: proyek promosi real estate di Kanada oleh Lawrence Marshall Production (1987). – Kios informasi multimedia dengan piranti masukan berupa touch screen dapat dignakan untuk memberi informasi penjualan, jasa atau mengarahkan pengunjung di kompleks yang besar.

18 Bidang Aplikasi Sistem Multimedia Interaktif (lanjutan)  Penyampaian Berita, Penyiaran dan Iklan – Penggunaan televisi interaktif dan kemampuan WWW yang terus meningkat (termasuk Web TV dan webcasting) untuk menayangkan informasi kaya media telah menambah dimensi baru yang menarik kepada pendekatan tradisional. – Sifat interaktif Web dapat membantu penyedia berita memperkaya isi tradisional yang umumnya berbasis teks dengan menyediakan laporan langsung dan video clip, pencarian canggih dan teknologi “push”. – Berita tersedia 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

19 Bidang Aplikasi Sistem Multimedia Interaktif (lanjutan)  Aplikasi Komersial dan Bisnis – Web telah mengubah sikap pasar yang sebelumnya mengabaikan teknologi multimedia menjadi kesadaran atas efektivitas teknologi ini dan apa yang dapat ditawarkan pada bisnis dewasa ini. – Dampak teknologi multimedia khususnya di WWW terhadap bisnis dan pemasaran adalah meruntuhkan batasan waktu dan lokasi pada perdagangan tradisional. – E-Commerce dan M-Commerce.

20 Bidang Aplikasi Sistem Multimedia Interaktif (lanjutan)  Aplikasi Hiburan – Teknologi multimedia interaktif dapat menghasilkan permainan (game) yang lebih menarik. – Multimedia juga digunakan untuk pembuatan film, baik film animasi 3D dan 2D, maupun memperkaya film live shooting dengan karakter- karakter, lingkungan, efek spesial dan suara yang dihasilkan dan dimanipulasi dengan komputer.

21 Aplikasi Software Multimedia  Aplikasi Software Bitmap/Raster: Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Paint Brush  Aplikasi Software Vektor: Macromedia Freehand, Adobe Illustrator, Corel Draw  Aplikasi Software Audio: Sound Forge, Cakewalk, Audio Grabber  Aplikasi Software Video: Adobe Premier, Adobe After Effect  Aplikasi Software Animasi: Macromedia Flash, Macromedia Director, Gif ANimator  Aplikasi Software 3D: 3D Max, Light Wave, Maya


Download ppt "Prinsip-prinsip Dasar Grafik Komputer & Multimedia Interaktif R0312 – Grafik Komputer."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google