Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EPaper Custom Development Project Jakarta, October 2011 ePaper Project Presentation Created By : Wana Sedayu – System Analyst.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EPaper Custom Development Project Jakarta, October 2011 ePaper Project Presentation Created By : Wana Sedayu – System Analyst."— Transcript presentasi:

1 ePaper Custom Development Project Jakarta, October 2011 ePaper Project Presentation Created By : Wana Sedayu – System Analyst

2 Agenda Agenda presentasi pada meeting hari ini antara lain:  Latar Belakang & Tujuan  Pengenalan - Definisi ePaper - Jenis Tampilan ePaper dan Pembuatannya  Demo Bisnis Indonesia ePaper - Master - Ulitilies - ePaper Preview (Image Box & Flipping) - Pengembangan Lanjutan  Q & A

3 Latar Belakang & Tujuan Latar Belakang  Saat ini, hampir semua media cetak khususnya yang sudah memiliki basis media digital menanamkan konsep pemberitaan menggunakan ePaper yang disisipkan dalam portal/ media online mereka menggunakan konsep berbayar/ free dan iklan untuk mendapatkan profit dari bisnis informasi tersebut. Akan tetapi, hampir keseluruhan media tersebut menggunakan vendor/ penyedia layanan ePaper dengan fungsi yang terbatas, biaya yang cukup tinggi serta akses yang cukup lambat. Tujuan  Menciptakan media ePaper secara mandiri dengan konsep yang yang lebih baru, performa yang handal serta fungsionalitas yang beragam dengan fitur-fitur tambahan yang lebih lengkap serta dapat dikembangkan

4 Pengenalan Definisi ePaper Apa itu ePaper??? ePaper atau Electronic Paper adalah sebuah teknologi portabel yang tampilannya hampir sama seperti kertas biasa, namun dapat diakses ribuan kali. Berbeda seperti kertas biasa yang hanya bisa sekali ditulisi, kertas elektronik bisa menerima tulisan dan merefreshnya berkali-kali. ePaper hanya dapat dilihat melalui media dengan layar digital seperti komputer, Notebook, Tablet PC, Smartphone dan sejenisnya

5 Pengenalan Jenis Tampilan ePaper dan Pembuatannya ePaper memiliki berbagai macam bentuk dan tampilan seperti: 1. News Paper View (tampilan gambar berupa seukuran koran aslinya)  memerlukan zoom in (perbesar),zoom out (perkecil) dan pergeseran area untuk menggunakannya 2. Image Box View (tampilan berupa kotak image)  sama seperti tampilan ePaper Bisnis Indonesia saat ini 3. Flipping View (tampilan seperti buku/ majalah dan biasa disebut eMagazine) 4. Flash Animated View (tampilan dengan animasi flash) dan lain-lain. 5. Dan lain-lain. ePaper dengan berbagai macam tampilannya dapat juga dibangun menggunakan software jadi seperti Batch XLST, atau membangun dengan pemrograman mandiri seperti Adobe Flash, ASP.NET, PHP, Javascript dll. Tergantung penggunaan konsep dan blue print yang akan menjadi dasar pembuatan ePaper tersebut.

6 Resource Requirements Berikut ini adalah hal-hal/ File yang perlu dipersiapkan untuk upload ePaper: 1. Halaman koran dalam bentuk file gambar JPEG/ PNG/ BMP 2. Video, Image, File yang akan digunakan sebagai informasi tambahan 3. List berita yang saling berelasi sehingga admin hanya tingal melakukan sinkronisasi artikel yang berelasi 4. List berita dalam bentuk text sehingga hanya tinggal melakukan Copy Paste 5. PDF File per halaman jika diperlukan (optional) 6. PDF File per 1 koran untuk download beberapa user exclusive jika diperlukan (optional)

7 Resource Analysis Berikut ini adalah perhitungan sederhana space disk yang dibutuhkan untuk 1 buah ePaper : Dengan Asumsi Input 1 Halaman Dengan Kualitas Baik sekitar 700Kb/ Halaman Input Resource 1 Halaman (700Kb) * 30 Halaman = 21000Kb Input Video, File, Image Tambahan Dll (10 ePaper) = 10000Kb Other = 10000Kb File PDF Per Halaman 1 MB (1MB * 30 Halaman) = 10000Kb Total Resource Estimation = 51000Kb Total Resource untuk 1 Bulan ePaper adalah 50Mb * 30 Hari = 1500Mb/ 1,5 Gb Ukuran resource sangat dipengaruhi oleh resource Input, sehingga direkomendasikan untuk menggunakan resource input yang berukuran kecil tetapi memiliki kualitas tinggi

8 Time Analysis Berikut ini adalah perhitungan sederhana waktu yang dibutuhkan untuk melakukan input 1 buah ePaper : Dengan Asumsi Input 1 ePaper adalah 30 Halaman Pemilihan 1 Artikel, Cropping, Input PDF = 2 Menit Input Title dan Isi Artikel (dengan Copy Paste) Estimasi dalam 1 Halaman terdapat 5 Artikel maka total keseluruhan waktu yang diperlukan untuk 1 buah ePaper sebanyak 30 Halaman adalah 1 Artikel * 5 * 30 = 150 Menit (2 Jam 30 Menit) Pada dasarnya, untuk waktu pembuatan 1 buah ePaper sangat tergantung pada tingkat kemahiran dan proses persiapan data yang dibutuhkan sebelum ePaper tersusun

9 Perbandingan PerbandinganePaper SoftPressePaper PressMartePaper Bisnis Indonesia Metode Tampilan Layout berupa tampilan Koran secara menyeluruh (Perbesar dan Perkecil) Layout berupa tampilan thumbnail koran yang sudah dipecah dan dibagi per Artikel sehingga pengkategorian berita sudah lebih jelas Layout berupa tampilan thumbnail koran dan metode flipping (seperti majalah) yang sudah dipecah dan dibagi perartikel sehingga pengkategorian berita sudah lebih jelas Modifikasi Close Source karena bersifat penjualan jasa Memungkinkan untuk pengembangan lebih luas Kecepatan Akses Cukup cepat karena hanya load gambar saja Agak lambat karena hosting di luar negeri serta proses di dalamnya terlalu berat Cepat karena dapat dihosting di dalam negeri serta dapat diatur sesuai dengan Resource Input Tata Cara UploadTidak Diketahui Mudah digunakan karena hanya melakukan proses upload, pemilihan area berita dan input text content kemudian penyusunan artikel Support Additional File seperti Video, File (xls, doc, pdf, dll.) NoYes, Only VideoYes, Segala macam bentuk file dan video Waktu Pembuatan/ Upload ePaperTidak Diketahui 2-3 Jam sesuai dengan kerumitan koran dan jumlah halaman yang diinput Sifat ProgramTertutup, Customer hanya memerlukan pengiriman file koran sesuai kebutuhan dan melakukan pembayaran jasa untuk setiap halaman koran Terbuka, Customer dapat melakukan input ePaper sendiri atau melalui jasa pihak ketiga/ Administrator Konten untuk melakukan penginputan

10 Demo Bisnis Indonesia ePaper Struktur Data Master Dari struktur data diatas, maka dapat dilihat bahwa terdapat 2 master data antara lain : 1. Master koran/ majalah/ buku yang akan di publish dalam epaper. 2. Master page/ halaman yang terdapat dalam setiap koran/ majalah/ buku Struktur tersebut dibuat demikian agar ePaper System dapat menampung kebutuhan publikasi epaper dengan berbagai macam jenis dan ukuran.

11 Demo Bisnis Indonesia ePaper Utilities Utilities ePaper yang dibuat saat ini terbatas pada user management sesuai dengan subscription yang dipesan untuk mengakses layanan ePaper tersebut. Pada pembangunan selanjutnya, utilities dapat dikembangkan lagi ke dalam fungsi yang lebih spesifik tergantung dengan kebutuhan.

12 Demo Bisnis Indonesia ePaper Crop & Fill ePaper From editing diatas berfungsi untuk pemilihan area dan penyusunan konten file dan berita text. Setiap halaman memerlukan waktu pengisian sekitar 3-5 menit.

13 Demo Bisnis Indonesia ePaper Preview (Image Box) Salah satu tampilan yang disediakan oleh ePaper Bisnis Indonesia adalah seperti pada gambar diatas. Tampilan dibuat serupa dengan ePaper saat ini namun dengan performa yang lebih baik yaitu lebih cepat dalam proses loading gambar. Fitur lain juga dapat dikembangan sesuai dengan kebutuhan perusahaan dalam penyajian informasi.

14 Demo Bisnis Indonesia ePaper Preview (Flipping) Tampilan berikutnya adalah tampilan Flipping yang menyerupai buku/ majalah. Seperti halnya dengan tampilan Image Box, tampilan dalam bentuk ini tetap memiliki performa kecepatan yang lebih baik pada saat halaman berita ditampilkan di layar.

15 Demo Bisnis Indonesia ePaper Preview Article (Image View) Tampilan diatas adalah tampilan PopUp Artikel yang sudah di klik, di bagian header atas terdapat fungsi untuk melihat dalam bentuk Text View, , Print, Comment, dan Add to Clipping atau menge-tag sebagai berita favorit.

16 Demo Bisnis Indonesia ePaper Preview Article (Text View) Tampilan disamping adalah tampilan PopUp Artikel yang sudah di klik dan ditampilkan dalam bentuk Text View, di bagian header atas terdapat fungsi untuk melihat dalam bentuk Image View, , Print, Comment, dan Add to Clipping atau menge-tag sebagai berita favorit.

17 Demo Bisnis Indonesia ePaper Preview Article (Disertai Dengan Video) Tampilan diatas adalah tampilan PopUp Artikel yang sudah di klik, dan didalamnya terdapat file video sebagai media iklan

18 Live Demo ePaper

19 Q & A

20 THANK YOU… For Your Kind Attention


Download ppt "EPaper Custom Development Project Jakarta, October 2011 ePaper Project Presentation Created By : Wana Sedayu – System Analyst."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google