Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Handout Analisis & Pengukuran Kerja 1 Minggu KePokok Bahasan 1Pendahuluan 2Peta-peta Kerja I. 3Peta-peta Kerja II. 4Peta-peta Kerja III 5Manusia sebagai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Handout Analisis & Pengukuran Kerja 1 Minggu KePokok Bahasan 1Pendahuluan 2Peta-peta Kerja I. 3Peta-peta Kerja II. 4Peta-peta Kerja III 5Manusia sebagai."— Transcript presentasi:

1

2 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 1 Minggu KePokok Bahasan 1Pendahuluan 2Peta-peta Kerja I. 3Peta-peta Kerja II. 4Peta-peta Kerja III 5Manusia sebagai Komponen Sistem Manusia-Mesin 6Produktifitas Kerja Manusia 7Studi Gerakan 8Ujian Tengah Semester 9Studi Pengukuran dan Penetapan Waktu Baku 10Pengukuran Kerja dengan Metode Sampling Kerja 11Penentuan Performance Rating 12Predetermined Time System 13Kompensasi Finansial dan Sistem Pemberian Bonus 14Presentasi & Diskusi 15Presentasi & Diskusi 16Ujian Akhir semester

3 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 2 PETA-PETA KERJA SETEMPAT PETA PEKERJA DAN MESIN Peta pekerja dan mesin merupakan peta yang menggambarkan koordinasi antara waktu bekerja dan waktu menganggur dari interaksi antara pekerja dan mesin. Peta ini merupakan alat yang baik untuk dipakai dalam mengurangi waktu menganggur. Informasi paling penting yang diperoleh melalui Peta pekerja dan mesin adalah hubungan yang jelas antara waktu kerja operator (pekerja) dan waktu kerja mesin yang ditangani. Kegunaan Peta Pekerja dan Mesin antara lain : 1. Dapat untuk mengubah tata letak tempat kerja. 2. Dapat untuk mengatur kembali gerakan-gerakan kerja. 3. Dapat untuk merancang kembali mesin dan peralatan. 4. Dapat untuk memperkirakan adanya penambahan pekerja bagi suatu mesin atau sebaliknya penambahan mesin bagi seorang pekerja.

4 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 3

5 4 PETA TANGAN KIRI DAN TANGAN KANAN Peta ini menggambarkan semua gerakan pada saat bekerja dan waktu menganggur yang dilakukan oleh tangan kiri dan tangan kanan, juga menunjukkan perbandingan antara tugas yang dibebankan pada tangan kiri dan tangan kanan ketika melakukan suatu pekerjaan. Melalui peta ini, dapat dilihat semua operasi secara cukup lengkap, yang berarti mempermudah perbaikan operasi tersebut. Peta ini sangat praktis untuk memperbaiki suatu pekerjaan manual dimana tiap siklus dari pekerjaan terjadi dengan cepat dan terus berulang. Itulah sebabnya, dengan menggunakan peta ini dapat dilihat adanya pola gerakan yang tidak efisien, dan dapat dilihat adanya pelanggaran terhadap prinsip-prinsip ekonomi gerakan yang terjadi pada saat pekerjaan manual tersebut berlangsung. Pada dasarnya, Peta tangan kiri dan Tangan kanan berguna untuk memperbaiki suatu sistem kerja. Kegunaan yang lebih khusus, antara lain : Dapat untuk menyeimbangkan gerakan kedua tangan dan mengurangi kelelahan. Dapat untuk menghilangkan atau mengurangi gerakan-gerakan yang tidak efektif, sehingga tentunya akan mempersingkat waktu kerja. Dapat dipakai sebagai alat untuk menganalisis tata letak stasiun kerja. Dapat dipakai sebagai alat untuk melatih pekerja baru, dengan cara kerja yang ideal.

6 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 5 Analisa terhadap stasiun kerja dengan peta ini akan lancar apabila si penganalisa sudah mengerti mengenai studi gerakan dan prinsip- prinsip ekonomi gerakan, karena perbaikan suatu stasiun kerja bisa dicapai apabila kita melakukan analisa terhadap semua elemen gerakan dalam pekerjaan tersebut secara lengkap dan teliti.

7 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 6 TEKNIK PEMECAHAN MASALAH DENGAN 7 ALAT Gagasan dasar Kendali Mutu Terpadu (Total Quality Control) adalah pemecahan masalah berdasarkan data yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Cara dan alat pemecahan masalah yang digunakan dalam Kendali Mutu Terpadu dikenal sebagai Delapan Langkah dan Tujuh (7) Alat : 1.Menentukan prioritas masalah. 2.Mencari sebab-sebab yang mengakibatkan masalah. 3.Meneliti sebab-sebab yang paling berpengaruh. 4.Menyusun langkah-langkah perbaikan. 5.Melaksanakan kegiatan perbaikan/pemecahan masalah. 6.Meneliti hasil perbaikan yang dilakukan. 7.Mencegah terulangnya kembali masalah yang sama. 8.Menyelesaikan masalah selanjutnya yang belum terpecahkan sesuai dengan katagori skala prioritas berikutnya.

8 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 7 Sedangkan tujuh alat yang akan dipakai untuk memecahkan masalah beserta fungsinya masing-masing adalah sebagai berikut : 1.Check Sheet, Lembar periksa untuk memudahkan dan menyederhanakan pencatatan data. 2.Histogram, Gambar bentuk distribusi (cacah) karakteristik mutu yang dihasilkan oleh data yang dikumpulkan melalui check sheet. 3.Diagram Pareto, Gambaran pemisah unsur penyebab yang paling dominan dari unsur-unsur penyebab lainnya dari suatu masalah. 4.Diagram Sebab dan Akibat, disebut juga Fish-Bone diagram, digunakan untuk mencari semua unsur penyebab yang diduga dapat menimbulkan masalah tersebut. 5.Stratifikasi, Gambaran pengelompokkan sekumpulan data atas dasar karakteristik yang sama. 6.Diagram Tebar/Scatered Diagram, untuk menentukan korelasi antara penyebab yang diduga dengan akibat yang timbul dari suatu masalah. 7.Grafik dan Peta Kendali, untuk menetapkan batas-batas pengambilan keputusan dalam pengendalian mutu statistik.

9 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 8 TUJUH ALAT/TEKNIK PEMECAHAN MASALAH No. ALAT DIPAKAI 1. Diagram Sebab-akibat - Menemukan kemungkinan penyebab persoalan - Persiapan pembuatan lembar periksa

10 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 9 2. Dagram Pareto - Menemukan persoalan - Mempelajari/mencari faktor yang berpengaruh - Memeriksa hasil KBK

11 Handout Analisis & Pengukuran Kerja Stratifikasi 3. Stratifikasi - Menemukan persoalan - Menemukan penyebab persoalan - Penyiapan Diagram PARETO

12 Handout Analisis & Pengukuran Kerja Lembar Periksa/Pengumpulan Data. - Pengumpulan Data - Memudahkan menganalisis data.

13 Handout Analisis & Pengukuran Kerja Histogram Mengetahui distribusi data yang ada. - Menemukan persoalan - Memeriksa Hasil

14 Handout Analisis & Pengukuran Kerja Bagan Kontrol melihat Penyimpangan. - Menemukan persoalan - Memeriksa hasil

15 Handout Analisis & Pengukuran Kerja Diagram pencar melihat hubungan data / faktor. - Mempelajari/mencari faktor-faktor yang berpengaruh

16 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 15 DELAPAN LANGKAH PEMECAHAN MASALAH LANGKAH PROSEDURREFERENSI 1. Tentukan problem utama. Kalau ada banyak problem, selediki problem yang paling penting. Siapkan Pareto Diagram dari problem yang ada. Data-data statistik yang tepat sangat diperlukan. A B C D E Gambar Pareto Diagram Kelihatan A adalah problem yang paling penting (Prioritas)

17 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 16 LANGKAH PROSEDUR REFERENSI 2. Carilah penyebab utama dari problem A tersebut. Siapkan Diagram sebab akibat secara bersama-sama dengan orang- orang yang terlibat dalam forum sumbang saran. Secara sempurna harus ditelusuri sebab-sebabnya sampai ke - temu penyebab yang paling awal. M M L PROBLEM M Buatlah Diagram sebab- akibat dari problem yang terpenting yang ditunjukkan oleh Pareto di atas (A).

18 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 17 LANGKAH PROSEDUR REFERENSI 3. Selidiki penyebab yang mana yang paling berpengaruh. Selidikilah Diagram Sebab- akibat tersebut, penyebab ma- na yang paling mempengaruhi Dalam hal ini, kumpulkan data-data yang benar untuk tiap penyebab utama (terbesar) Kalau pengumpulan data sangat sukar atau membutuhkan waktu lama, maka lakukanlah penye - suaian berdasarkan pengalaman dari orang-orang yang ikut terli- bat dalam menyusun Diagram Sebab-Akibat dengan cara musyawarah untuk mufakat. Jumlah kerusakan Komposisi Jenis kerusakan

19 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 18 LANGKAH PROSEDUR REFERENSI 4. Tentukan tindakan penanggu - langan. Kalau penyebab yang paling penting ke - 1 sudah di - temukan, pikirkan cara penanggu- langan yang efektif. Rencana perbaikan yang baik bisa didapat dengan menggunakan pertanyaan 5 W + 1 H Why - keperluan What - sasaran Where - tempat When - batas waktu Who - yang bertanggung jawab How - cara Periksa tindakan terhadap ke-1 (sesuai Pareto Langkah - 3 menu - rut urutan sebagai berikut : 1. Mengapa tindakan tsb. penting? 2. Apakah maksud tindakan tsb. ? 3. Dimana tindakan tsb. akan di - lakukan ? 4. Bilamana tindakan tsb. akan dilakukan ? 5. Siapa yang akan menerima tindakan tsb. ? 6. Bagaimana cara melakukan tindakan tsb. ?

20 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 19 LANGKAH PROSEDUR REFERENSI 5. Laksanakan sepenuhnya rencana tindakan penanggulangan. Apa - bila tindakan penanggulangan telah disepakati (disesuaikan), laksanakan sepenuhnya, kumpul- kan data yang diperlukan. Apabila tidak dapat melaksanakan rencana tindakan tsb., mintalah saran/petunjuk dari atasan, jangan biarkan terlaksana seadanya saja. Periksalah apakah tindakan pe - nanggulangan telah dilaksanakan sesuai dengan rencana. Pelaksana - an yang tidak sesuai dengan ren - cana, kemungkinan merupakan problem baru. HARAP WASPADA.

21 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 20 LANGKAH PROSEDUR REFERENSI 6. Periksalah hasilnya. Periksalah hasil dan tindakan yang telah diambil berdasarkan data yang dikumpulkan secara cermat Apabila hasilnya tidak memuaskan mulailah lagi dari langkah 1 dan ulang sampai hasil yang memuas - kan dicapai. 1. Apakah aturan sudah ditetapkan ? 2. Bagaimana prosedurnya. 3. Apakah ada standarisasi ? Kalau ketiga hal diatas belum ada, segera dibuatkan. Kalau sebetulnya sudah ada, adakanlah perubahan secara cermat.

22 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 21 LANGKAH PROSEDUR REFERENSI 7. Cegahlah terjadinya problem seru- pa. Jika cara perbaikan diatas cukupefektif (berhasil), maka laku- kanlah hal tersebut bersamaan dengan kita mengerjakan pekerja- an sehari-hari. Jadikanlah hal ter- sebut sebagai standar ; pasti problem serupa akan timbul lagi. Karena itu perlu menetapkan standar baru untuk mencegah problem serupa. 1. Apakah aturan sudah ditetapkan ? 2. Bagaimana prosedurnya ? 3. Apakah ada standarisasi ? Kalau ketiga hal diatas belum ada, segera dibuatkan. Kalau sudah ada, adakanlah perubahan secara cermat.

23 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 22 LANGKAH PROSEDUR REFERENSI 8. Selesaikan problem lain yang masih tertinggal. Pecahkanlah problem yang tertinggal sesuai prosedur. Mulai dari langkah ke - 1

24 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 23 Contoh :

25 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 24

26 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 25 Contoh :

27 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 26 Dapat disimpulkan bahwa fungsi ketujuh alat tersebut adalah : 1.Untuk menentukan masalah. 2.Untuk menilai faktor-faktor penyebab masalah sebagai alat konfirmasi (benar/salah) faktor-faktor penyebab masalah. 3.Untuk mencegah terulang kembalinya kesalahan yang sama. Penggunaan salah satu atau lebih dari tujuh alat di atas, tergantung kepada jenis masalah yang dihadapi dan tujuan pemecahan masalah. Penyelesaian beberapa masalah sekaligus (secara stimulan) seringkali justru menghasilkan suatu masalah baru yang pada akhirnya tidak menyelesaikan masalah yang dihadapi.


Download ppt "Handout Analisis & Pengukuran Kerja 1 Minggu KePokok Bahasan 1Pendahuluan 2Peta-peta Kerja I. 3Peta-peta Kerja II. 4Peta-peta Kerja III 5Manusia sebagai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google