Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Research Methodology 2. Tahapan Penelitian Romi Satria Wahono WA/SMS: +6281586220090 1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Research Methodology 2. Tahapan Penelitian Romi Satria Wahono WA/SMS: +6281586220090 1."— Transcript presentasi:

1 Research Methodology 2. Tahapan Penelitian Romi Satria Wahono WA/SMS:

2 Romi Satria Wahono 2 • SD Sompok Semarang (1987) • SMPN 8 Semarang (1990) • SMA Taruna Nusantara Magelang (1993) • B.Eng, M.Eng and Dr.Eng (on-leave) Department of Computer Science Saitama University, Japan ( ) • Research Interests: Software Engineering and Intelligent Systems • Founder IlmuKomputer.Com • LIPI Researcher ( ) • Founder and CEO PT Brainmatics Cipta Informatika

3 Course Outline 1.Pengantar Penelitian 2.Tahapan Penelitian 3.Masalah Penelitian 4.Literature Review 5.Struktur Penulisan Tesis 6.Kesalahan Penulisan Tesis 7.Metode Eksperimen 8.Pengujian Tesis 9.Publikasi Penelitian 3

4 2. Tahapan Penelitian 4

5 2.1 Tahapan Penelitian Dasar 5

6 Tahapan Penelitian Dasar 1. Identifikasi Masalah 2. Perumusan Hipotesis 3. Pengujian Hipotesis dan Analisis 4. Kesimpulan 6

7 Tahapan Penelitian Dasar vs Tesis Susunan TesisTahapan Penelitian 1. Pendahuluan: - Latar Belakang - Rumusan Masalah - Tujuan Penelitian - Manfaat Penelitian Identifikasi Masalah 2. Landasan Teori: - Penelitian yang Berhubungan - Landasan Teori - Kerangka Pemikiran Perumusan Hipotesis 3.Metodologi Penelitian: - Metode Penelitian - Metode Pengumpulan Data - Metode Analisis Data - Metode Pengukuran Penelitian Pengujian Hipotesis dan Analisis Hasil 4. Analisis Hasil dan Pembahasan 5. Kesimpulan dan Saran Kesimpulan 7

8 2.2 Tahapan Penelitian Computing 8

9 Tahapan Penelitian Computing* 1. Tentukan Bidang dan Topik Penelitian 2. Tentukan Masalah Penelitian 3. Pahami Metode yang Ada untuk Memecahkan Masalah Penelitian 4. Pilih Metode dan Lakukan Perbaikan Metode 5. Evaluasi Perbaikan Metode *http://romisatriawahono.net/2013/01/23/tahapan-memulai-penelitian-untuk-mahasiswa-galau/ 9

10 2.3 Bidang dan Topik Penelitian 10

11 Bidang Penelitian Computing • Ingat kembali seluruh mata kuliah yang kita pelajari di S1 dan S2: • Data mining, Machine Learning, Sofware Engineering, Image Processing, Computer Vision, Information Retrieval, dsb • Secara umum nama mata kuliah itu menunjukkan satu bidang ilmu (field) computing 11

12 Bidang Penelitian Computing • Software Engineering • Data Mining (Knowledge Discovery in Database) • Image Processing • Information Retrieval • Networking • Human Computer Interaction • Soft Computing • etc 12

13 Method/Teori Itu Makhluk Apa? • Bila mata kuliah itu menunjukkan satu bidang ilmu (field) computing Maka computing methods adalah teori, model, atau metode yang terdapat di dalam mata kuliah • Computing methods berisi tahapan/urutan yang sistematis untuk menyelesaikan masalah (algoritmik) 13

14 Method Itu Bukan... • Disiplin ilmu atau nama mata kuliah • Terminologi computing yang sifatnya terlalu global • Sistem berbasis web/internet (web/internet bukan approach) • Bahasa pemrograman (kecuali research kita tentang optimisasi bahasa pemrograman) • Jenis database (kecuali research kita tentang optimisasi database) 14

15 Data Mining 1.Estimasi (Estimation) • Neural Network, Multiple Linear Regression, dsb 2.Prediksi (Prediction): • Neural Network, Multiple Linear Regression, SVM, dsb 3.Klasifikasi (Classification): • CART, K-NN, ID3, C4.5, dsb 4.Pengelompokan (Clustering): • K-Means, Fuzzy C-Means, SOM, K-Medoids, dsb 5.Asosiasi (Association): • Apriori, FP-Growth, dsb 15

16 Soft Computing 1.Fuzzy Logic 2.Fuzzy Inference System 3.Neural Network 4.Neuro-Fuzzy 5.Genetic Algorithm 16

17 Image Processing 1.Image Restoration 2.Image Compression 3.Biometrics: • Face/Fingerprint/Iris Identification 4.Real Application: 1.Car Plate Identification 2.Vehicle Motion Detection 17

18 Software Engineering • Software Process Improvement • Software Quality Prediction • Service Oriented Architecture • Autonomic Computing • Soft Computing and its Applications in Software Engineering 18

19 The State-of-the-Art Method • The highest level of development, as of a device, technique, or scientific field, achieved at a particular time • The level of development (as of a device, procedure, process, technique, or science) reached at any particular time usually as a result of modern methods (Merriam Webster Dictionary) • This machine is an example of state-of-the-art technology • The state of the art in this field is mostly related to the ABC technology • A concept used in the process of assessing and asserting novelty and inventive step (European Patent Convention (EPC)) 19

20 Tugas Menentukan Bidang Penelitian 1.Analisis kembali berbagai mata kuliah yang telah diajarkan, serta paper dan buku yang telah dibaca 2.Tentukan bidang dan sub bidang (field dan subfield) penelitian yang kita tertarik untuk melakukannya 3.Baca artikel tentang tahapan memulai penelitian utk mahasiswa galau di 20

21 Tugas Menentukan Topik Penelitian 1.Tentukan topik penelitian dari bidang penelitian 2.Studi literatur tentang topik tersebut (state- of-the-art, research direction/challenge) dari paper journal (review paper) 3.Rangkumkan topic penelitian yang kita pilih secara mendetail dalam bentuk mindmap dengan software XMind 4.Ikuti artikel di penelitian/ 21

22 Contoh Mindmap untuk Topik “Software Defect Prediction” 22

23 Contoh Mindmap untuk Topik “Software Defect Prediction” 23

24 Contoh Mindmap untuk Topik “Software Defect Prediction” 24

25 Contoh Mindmap untuk Topik “Software Defect Prediction” 25

26 Referensi 1.Christian W. Dawson, Project in Computing and Information System a Student Guide 2nd Edition, Addison-Wesley, Mikael Berndtsson, Jörgen Hansson, Björn Olsson, Björn Lundell, Thesis Projects - A Guide for Students in Computer Science and Information System 2nd Edition, Springer-Verlag London Limited, C.R. Kothari, Research Methodology, New Age International, David E Gray, Doing Research in the Real World Second Edition, Sage Publications, Mary Shaw, Writing Good Software Engineering Research Papers, Proceedings of the 25th International Conference on Software Engineering, Geoffrey Marczyk, David DeMatteo, David Festinger, Essentials of Research Design and Methodology, John Wiley & Sons, Inc.,


Download ppt "Research Methodology 2. Tahapan Penelitian Romi Satria Wahono WA/SMS: +6281586220090 1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google