Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Y. MORSA SAID RAMBE, Ir.,MT. DEFINISI  Rencana penelitian yang memuat strategi dan struktur penelitian yang diatur untuk menjawab masalah penelitian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Y. MORSA SAID RAMBE, Ir.,MT. DEFINISI  Rencana penelitian yang memuat strategi dan struktur penelitian yang diatur untuk menjawab masalah penelitian."— Transcript presentasi:

1 Y. MORSA SAID RAMBE, Ir.,MT

2 DEFINISI  Rencana penelitian yang memuat strategi dan struktur penelitian yang diatur untuk menjawab masalah penelitian  Suatu rencana, struktur dan strategi penelitian untuk menjawab permasalahan yang dihadapi dengan melakukan pengendalian berbagai variabel yang berpengaruh terhadap penelitian

3

4

5 KLASIFIKASI RANCANGAN PENELITIAN dalam ILMU TANAH PERTANIAN Rancangan penelitian JenisContoh • Observasional (non-eksperimen) • Deskriptif di lapangan atau Lahan • Survei tanah dan Evaluasi lahan • Studi kasus (studi kesuburan tanah) • Morfologi dan Klasifikasi tanah • Fisika dan Konservasi Tanah • Eksperimen • Laboratorium • Rumah Kaca • Demplot (petak percobaan) • Pemupukan dan kesuburan tanah • Kimia tanah • Fisika Tanah • Pertumbuhan dan Hasil tan

6 PENELITIAN DESKRIPTIF  Adalah penelitian yang menjelaskan data dan karakteristik populasi atau fenomena yang dipelajari  Menjawab pertanyaan : siapa, apa, kapan, dimana dan bagaimana (who, what, when, where, how).  Data yang disajikan berdasarkan fakta, akurat dan sistematik  namun tidak dapat menjelaskan penyebab (why), tidak dapat menerangkan hubungan sebab akibat (satu variabel mempengaruhi variabel lain)

7 PENELITIAN OBSERVASIONAL DESKRIPTIF  Observasi  Bertujuan melakukan deskripsi thd fenomena tanpa mencoba menganalisis mengapa fenomena tersebut dapat terjadi

8 LANGKAH LANGKAH PENELITIAN DESKRIPTIF 1. Memilih masalah yg akan diteliti 2. Merumuskan dan membatasi masalah  studi pendahuluan 3. Merumuskan hipotesis (tidak harus) 4. Merumuskan dan memilih teknik pengumpulan data 5. Menentukan kriteria untuk klasifikasi data 6. Menentukan alat pengumpulan data 7. Pengolahan data 8. Menarik kesimpulan

9 JENIS PENELITIAN DESKRIFTIF (SERI KASUS)  Deskripsi tentang ciri yang menarik dari sekelompok kasus  Tanpa hipotesis, kontrol, rencana  Tidak memberi konklusi

10  Untuk menilai tanah dan lahan  Hasilnya digunakan untuk perbaikan atau peningkatan kesuburan tanah dan lahan JENIS PENELITIAN DESKRIFTIF (STUDI EVALUASI LAHAN)

11  Survei TANAH (KIMIA, FISIKA dan BIOLOGI)  Survei TANAMAN  Survei HIDROLOGI  Survei LINGKUNGAN JENIS PENELITIAN DESKRIFTIF (SURVEI)

12  Meneliti suatu permasalahan melalui suatu kasus yang terdiri dari unit tunggal  Terhadap kasus unik atau khusus JENIS PENELITIAN DESKRIFTIF (STUDI KASUS)

13  Membandingkan persamaan atau perbedaan sebagai fenomena untuk mencari faktor-faktor apa, atau situasi yang menyebabkan timbulnya peristiwa tertentu  variabelnya masih mandiri tetapi untuk sampel yang lebih dari satu  Contoh :  adakah perbedaan produktivitas kerja antara pegawai Negeri dan Swasta. Pegawai Negri dan Swasta adalah sampel yang berbeda JENIS PENELITIAN DESKRIFTIF (STUDI PERBANDINGAN)

14 Rancangan Pengambilan Sampel (Sampling design)  Pada dasarnya terdiri dari 2 unsur :  1. Populasi yang akan diambil sampelnya (tanah) untuk diteliti  2. Satuan pengambilan sampel (sampling unit), yaitu bagian yang dipilih sebagai wakil dari areal/lahan untuk pendugaan (estimation)  Satuan pengambilan sampel tanah berupa :  1. Areal kecil (poligon)  2. Jalur (traverse)  3. Titik (points)

15 Macam Rancangan  1. Secara Acak (random point)  2. Secara Sistematik (systematic point)  3. Secara Acak dalam stratifikasi (stratified random point)  4. Secara Acak dalam hirarki (hierarchical random point)  5. Secara Jalur Acak (random traverse)  6. Secara Jalur Sistematik (systematic traverse)

16 ● 1. Secara Acak (random point) ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ●

17 ● ● ● ● ● ● ● ● ● ●

18 2. Secara Sistematik (systematic point) ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ● ●

19 ● ● ● ● ● ● ● ● ● ●

20

21 SURVEI GRID KAKU

22 SURVEI GRID BEBAS

23 SURVEI FISIOGRAFI


Download ppt "Y. MORSA SAID RAMBE, Ir.,MT. DEFINISI  Rencana penelitian yang memuat strategi dan struktur penelitian yang diatur untuk menjawab masalah penelitian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google