Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENGENAL METEOROLOGI Oleh : ANUR FAJAR ASTUTI. Jl. Wates KM.8 Dsn. Jitengan Balecatur Gamping-D.I YOGYAKARTA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENGENAL METEOROLOGI Oleh : ANUR FAJAR ASTUTI. Jl. Wates KM.8 Dsn. Jitengan Balecatur Gamping-D.I YOGYAKARTA."— Transcript presentasi:

1 MENGENAL METEOROLOGI Oleh : ANUR FAJAR ASTUTI. Jl. Wates KM.8 Dsn. Jitengan Balecatur Gamping-D.I YOGYAKARTA

2 PEMAHAMAN CUACA DAN IKLIM • Pengertian Cuaca dan Iklim • Pengamatan Unsur Cuaca • Proses Dasar Pembentukan Hujan • Pengertian Informasi Iklim

3 CUACA, IKLIM, DAN MUSIM Cuaca : Keadaan fisik atmosfer pada suatu saat (waktu tertentu) di suatu tempat, yang dalam waktu singkat (pendek) berubah keadaannya, seperti panasnya, kelembabannya, atau gerak udaranya Iklim : Peluang statistik keadaan cuaca rata-rata atau keadaan cuaca jangka panjang pada suatu daerah, meliputi kurun waktu beberapa bulan atau beberapa tahun Musim : Rentang waktu yang mengandung fenomena (nilai sesuatu unsur cuaca) yang dominan atau mencolok

4 METEOROLOGI DAN KLIMATOLOGI Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, dikemukakan bahwa meteorologi adalah ilmu yang mempelajari tentang cuaca, dan klimatologi adalah ilmu yang mempelajari tentang iklim Skala Ruang dan Waktu : Meteorologi Mikro dan Meteorologi Meso Definisi & Klasifikasi Iklim, Studi Iklim Meliputi : Konsep, Waktu, Skala, Wilayah dan Jenis Klimatologi (Secara Luas) : Segala kegiatan yang ada hubungannya dengan iklim, yang bisa berupa penelitian, hubungan-hubungan, analisa pengolahan dan pelayanan, bahkan analisis prakiraan iklim atau musim

5 ASIA MONSOON PATTERN ( OCT – MAR ) AUSTRALIA MONSOON PATTERN ( APR – SEPT ) KLIMATOLOGI DINAMIK

6 UNSUR-UNSUR CUACA SUHU UDARA TEKANAN UDARA ARAH / KECEPATAN ANGIN KELEMBABAN A W A N HUJAN JARAK PANDANG DLL

7 LAND BREEZE

8 SEA BREEZE

9 Radiasi Bumi Penguapan dan Transfer energi Pembentukan Awan Radiasi Atmosfer H u j a n L a u t Radiasi Matahari

10 MENGENAL PERALATAN METEOROLOGI

11 Gbr1.Taman alat Klimatologi

12 Funsi alat: Tempat meletakan peralatan Meteorologi Satuan: - Keterangan: Berventilasi, Double Jaruci guna untuk mengalirkan udara masuk- keluar. Dicat putih agar memantulkan cahaya (merupakan konversi dari WMO) Dicat putih agar memantulkan cahaya (merupakan konversi dari WMO)

13 Terdiri dari 4 buah thermometer 1. Thermometer Bola Kering (BK) 2.Thermometer Bola Basah (BB) 3.Thermometer Maximum 4.Thermometer Minimum 5.Piche Evaporimeter Fungsi alat Pengukur Suhu Udara dan Kelembaban Udara Satuan : Suhu Derajat Celcius Kelembaban dalam Persen ( %). * Thermometer BK menunjukan suhu * Thermometer BK menunjukan suhu udara udara * Thermometer BB digunakan mencara * Thermometer BB digunakan mencara kelembaban udara dengan bantuan kelembaban udara dengan bantuan Table. Table. * Thermometer BB, bola air raksa harus * Thermometer BB, bola air raksa harus selalu basah dengan menggunakan selalu basah dengan menggunakan Kain muslin yang selalu basah oleh air Kain muslin yang selalu basah oleh air murni murni

14 Fungsi alat: Pencatat Instensitas Curahhujan / tingkat kelebattannya Satuan: Milimeter ( mm ). Keterangan: * Setiap hari pias diganti (pias Harian atau Pias Mingguan). Hujan dengan Instensitas lebat bentuk grafik terjal hujan dengan dengan Instensitas lebat bentuk grafik terjal hujan dengan intensitas Ringan bentuk grafik landai. intensitas Ringan bentuk grafik landai. * Waktu terjadi dan berakhirnya hujan dapat diketahui. * Waktu terjadi dan berakhirnya hujan dapat diketahui.

15 Funsi alat: Pengukur Curah Hujan Satuan: Milimeter ( mm ). Keterangan: * Curah hujan di ukur dengan gelas penakar setiap pagi jam 07.00WS. Atau 1 milimeter hujan yang ditakar sama volumenya dengan 10 cc. Atau 1 milimeter hujan yang ditakar sama volumenya dengan 10 cc.

16 Funsi alat: Pengukur Penguapan air langsung Satuan: Milimeter (mm). Keterangan: * Alat ini dilengkapi dengan thermometer air Six Bellani (Thermometer Apumg serta Cup Counter anemometer tinggi 05 meter. Apumg serta Cup Counter anemometer tinggi 05 meter. Pada Evaorimeter permukaan yang luas (waduk, danau). Pada Evaorimeter permukaan yang luas (waduk, danau). Data penguapan ini dikalikan factor alat 0.7 – 0.8. Data penguapan ini dikalikan factor alat 0.7 – 0.8.

17 Fungsi alat : Pengukur Kecepatan Angin Rata-rata harian Satuan : Km / Jam Keterangan : Prinsip kerja seperti garakan Spedometer sepeda motor dalam satuan km/jam Kecapatan angina rata-rata harian selisih pembacaan angka dibagi 24 jam. Kecapatan angina rata-rata harian selisih pembacaan angka dibagi 24 jam.

18 Fungsi alat: Pencatat Arah dan Kecepatan Angin Sesaat Satuan: Arah Angin ( 8 mata angin ) Kecepatan Angin : Knots. ( 1 Knots = 1.8 Km/Jam ) Keterangan: Yang dimaksud arah angin yaitu Arah dari mana angin berhembus.

19 Fungsi alat: Pengukur Suhu tanah Gundul. Fungsi alat: Pengukur Suhu tanah Gundul. Satuan: Derajat Celcius Satuan: Derajat Celcius Keterangan: * Kedalaman 0 cm, 5 Cm. 10 Cm, 20 Cm, 50 Cm, 100 cm. Keterangan: * Kedalaman 0 cm, 5 Cm. 10 Cm, 20 Cm, 50 Cm, 100 cm. Benda kuning pada thermometer 50 cm dan 100 cm adalah parapin yang Benda kuning pada thermometer 50 cm dan 100 cm adalah parapin yang Berfungsi agar ketika alat tersebut dibaca maka suhu tidak berubah. Berfungsi agar ketika alat tersebut dibaca maka suhu tidak berubah. Data suhu tanah ini digunakan dalam kegiatan pemupukan tanah. Data suhu tanah ini digunakan dalam kegiatan pemupukan tanah.

20 Funsi alat: Pengukur Suhu tanah Gundul. Funsi alat: Pengukur Suhu tanah Gundul. Satuan: Derajat Celcius Satuan: Derajat Celcius Keterangan: * Kedalaman 0 cm, 5 Cm. 10 Cm, 20 Cm, 50 Cm, 100 cm. Keterangan: * Kedalaman 0 cm, 5 Cm. 10 Cm, 20 Cm, 50 Cm, 100 cm. Benda kuning pada thermometer 50 cm dan 100 cm adalah parapin yang Benda kuning pada thermometer 50 cm dan 100 cm adalah parapin yang Berfungsi agar ketika alat tersebut dibaca maka suhu tidak berubah. Berfungsi agar ketika alat tersebut dibaca maka suhu tidak berubah. Data suhu tanah ini digunakan dalam kegiatan pemupukan tanah. Data suhu tanah ini digunakan dalam kegiatan pemupukan tanah.

21 Fungsi alat: Pencatat Suhu udara dan Kelembaban Udara (Nisbi) Fungsi alat: Pencatat Suhu udara dan Kelembaban Udara (Nisbi) Satuan: Derajat Calcius & Prosentase (%). Satuan: Derajat Calcius & Prosentase (%). Keterangan: Pias harian, atau Mingguan. Keterangan: Pias harian, atau Mingguan. * Sensor Suhu terbuat dari logam, bila udara panas logam memuai dan * Sensor Suhu terbuat dari logam, bila udara panas logam memuai dan menggerakan pena keatas, bila udara dingin mengkerut gerakan pena turun menggerakan pena keatas, bila udara dingin mengkerut gerakan pena turun * Sensor Kelembaban udara terbuat dari rambut manusia, bila udara basah * Sensor Kelembaban udara terbuat dari rambut manusia, bila udara basah Rambut memanjang dan bila udara kering rambut memendek. Rambut memanjang dan bila udara kering rambut memendek.

22 Fungsi alat : Sensor Pengukur Suhu udara, Kelembaban, Tekanan Udara, Arah angin, kecepatan angin, curah hujan, Penyinaran, suhu tanah. Satuan: Suhu udara =Derajat celcius,Tekanan = milibar, Curah hujan = Milimeter (mm). Penyinaran matahari = Langley, Kecepatan angin = Knots, Km/Jam. Arah angin = derajat. Keterangan: dari sensor tersebut data disimpan didata loger dan disambung melalui kabel ke Komputer yang ada diruangan Observasi untuk melihat tampilan alat tersebut.

23 Alat pencatat tekanan udara Alat pencatat tekanan udara secara automatis. secara automatis. Satuan Milibar.(mb). Satuan Milibar.(mb). Sensor menggunakan ta- Sensor menggunakan ta- bung hampa udara / kotak bung hampa udara / kotak logam yang hampa udara yg logam yang hampa udara yg terbuat dari logam yang sa- terbuat dari logam yang sa- ngat lenting. Bila tekanan ngat lenting. Bila tekanan Atmosfer berubah volume Atmosfer berubah volume kotak berubah. Perubahan kotak berubah. Perubahan volume kotak di hubungkan volume kotak di hubungkan dengan tangkai pena dan dengan tangkai pena dan menggores di pias. menggores di pias.

24 Alat untuk mengukur takanan udara. Satuan Milibar (mb). Tabung berisi air raksa. Dilengkapi thermome- ter untuk mengetahui sauhu udara dalam ruangan. Alat ini tidak boleh terkena sinar Ma- tahari & angin langsung dipasang tegak lurus pada dinding yang kuat. Tingggi bejan 1 meter dari lantai. baca termometer yang menempel pada baro- meter kemudian stel nonius sehingga me- nyinggung permukaan air raksa, baca skala barometer.

25 Pencatat Intensitas Cahaya Matahari Satuan : Calori/Cm2 (Langley). Intensitas Cahaya Matahari = Selisih pembacaan skala dikalikan konstanta dibagi 21 Cara kerja alat : Sewaktu memasang alat dipagi hari, alat dibalik dan dikembalikan sehingga permukaan air dalam tabung mendekati nol. Air dlm alat volumenya konstan dan bila kena cahaya matahari akan menguap dan berkondensasi shg air turun kebawah.

26 Pencatat lama penyinaran matahari Satuan : Jam/ Prosentase ( % ) Pias harian. Jenis pias 3 macam : 1. Lengkung panjang (11 Okt- 28 Feb) 2. Lurus (11 Sep – 10 Okt) (1 Maret – 10 April) 3. Lengkung pendek (11 Aprl – 10 Agst) Bola Kaca dari kaca Masip. Gbr.5 Cambelstock

27 Alat pengukur/pencatat secara automatis Intensitas Radiasi Matahari. Satuan K Cal/cm 2 (Langley). Keterangan : Kertas pias diganti setiap hari. setiap kotak kecil = 12 kalori, perhitungan total 1 hari dihitung jumlah kotak kecil. Alat ini menggunakan sensor Bimetal. Gbr.4 Actinograf

28


Download ppt "MENGENAL METEOROLOGI Oleh : ANUR FAJAR ASTUTI. Jl. Wates KM.8 Dsn. Jitengan Balecatur Gamping-D.I YOGYAKARTA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google