Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pola Keruangan Desa - Kota Nama : Acep M Nawawi Kelas : XII ips 3.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pola Keruangan Desa - Kota Nama : Acep M Nawawi Kelas : XII ips 3."— Transcript presentasi:

1 Pola Keruangan Desa - Kota Nama : Acep M Nawawi Kelas : XII ips 3

2 Definisi Desa  Desa adalah bentuk pemerintahan terkecil yang ada di negeri ini. Luas wilayah desa biasanya tidak terlalu luas dan dihuni oleh sejumlah keluarga. Mayoritas penduduknya bekerja di bidang agraris dan tingkat pendidikannya cenderung rendah. Karena jumlah penduduknya tidak begitu banyak, maka biasanya hubungan kekerabatan antarmasyarakatnya terjalin kuat. Para masyarakatnya juga masih percaya dan memegang teguh adat dan tradisi yang ditinggalkan para leluhur mereka.

3 Struktur Ruang Desa  Struktur ruang di pedesaan biasanya masih bersifat sederhana. Secara umum, struktur ruang desa di bagi menjadi dua bagian, yaitu ruang yang memiliki fungsi ekonomi. Wilaya perkampungan peduduk merupakan ruang yang memiliki fungsi sosial. Interaksi antar anggota keluarga dan masyarakat terjadi di wilayah ini. Wilaya pertanian, merupakan wilayah yang memiliki fungsi ekonomi. Penduduk mengolah lahan pertanian untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri maupun di jual ke daerah lainnya.

4 Potensi desa  Potensi desa dibagi menjadi 2 macam yaitu:  Potensi fisik yang meliputi, tanah air, iklim dan cuaca, flora dan fauna  Potensi non fisik, meliputi; masyarakat desa, lembaga-lembaga sosial desa, dan aparatur desa, jika potensi dimanfaatkan dengan baik, desa akan berkembang dan desa akan memiliki fungsi, bagi daerah lain maupun bagi kota.

5 Definisi Kota  Dalam pengertian kota, ada banyak hal yang dapat menjadi arti dari sebuah kata kota. Menurut Bintarto, kota adalah suatu system jaringan kehidupan manusia yang ditandai dengan kepadatan penduduk yang memiliki tingkat strata social ekonomi yang heterogen dan kehidupan materialistis.

6 Perkembangan kota  Sebagai pusat berbagai macam kegiatan, kota akan selalu berkembangsejalan dengan perkembangan aktivitas di dalamnya. Perkembangankota dengan segala permasalahan yang ditimbulkan tersebut dipengaruhioleh faktor budaya, alam, dan kependudukan.


Download ppt "Pola Keruangan Desa - Kota Nama : Acep M Nawawi Kelas : XII ips 3."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google