Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jenis Jaringan Berdasarkan Luas Area. Luas Area Jaringan Berdasarkan luas area jaringan maka jenis jaringan dapat di golongkan dalam 4 kelompok, yaitu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jenis Jaringan Berdasarkan Luas Area. Luas Area Jaringan Berdasarkan luas area jaringan maka jenis jaringan dapat di golongkan dalam 4 kelompok, yaitu."— Transcript presentasi:

1 Jenis Jaringan Berdasarkan Luas Area

2 Luas Area Jaringan Berdasarkan luas area jaringan maka jenis jaringan dapat di golongkan dalam 4 kelompok, yaitu Jaringan Komputer Lokal (Lokal Area Network-LAN), Inter Jaringan (Interconnection Network-Inter Network), Jaringan Komputer Metropolitan (Metropolitan Area Network-MAN), dan Jaringan Komputer Skala Luas (Wide Area Network-WAN).  Jaringan Komputer Lokal (LAN)

3 LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan, seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi. Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya di jadikan sebuah komputer server, yang digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer komputer yang terhubung ke dalam network. Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya.

4 Keuntungan jaringan LAN a. File Sharing b. Printer Sharing c. File-file data dapat disimpan pada server, sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan, yang dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin d. File data yang keluar/masuk dari/ke server dapat di kontrol e. Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat f. Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi sangat kecil sekali g. Bila salah satu client/server terhubung dengan modem, maka semua atau sebagian komputer pada jaringan LAN dapat mengakses ke jaringan Internet atau mengirimkan fax melalui 1 modem

5 LAN tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware : Komponen Fisik (Hardware)  Personal Computer (PC).

6  Network Interface Card (NIC) NIC atau sering disebut lan card merupakan komponen kunci pada terminal jaringan. Fungsi utamanya adalah mengirim dan menerima data. NIC juga berfungsi menterjemahkan data yang diterima kedalam bit yang dimengerti oleh computer. NIC dapat dibeli sesuai kebutuhan, jika menggunakan kabel UTP maka diperlukan NIC dengan port connector RJ-45 yang sudah terintegrasi, begitu pula jika menggunaka kabel Coaxial maka dibutuhkan NIC dengan interface connector BNC yang sudah terintegrasi.

7  Repeater Repeater adalah suatu peralatan jaringan yang berfungsi untuk memperkuat sinyal yang akan dikirim agar dapat diteruskan ke komputer lain pada jarak yang jauh. Seperti umumnya suatu sinyal listrik yang dikirim lewat suatu media perantar, semakin jauh dari pemancar akan makin melemah sehingga suatu saat tempat tertentu sinyal tersebut tidak dapat diterima dengan baik.

8  Hub Seperti juga repeater, hub hanya berfungsi untuk memperkuat sinyal dan tidak memiliki kecerdasan untuk menentukan tujuan akhir informasi yang dikirim. Perbedaannya dengan repeater, hub memiliki sejumlah port sehingga sering disebut juga multi-port repeater. Pada hub, sinyal yang diterima pada suatu port akan diteruskan ke semua port yang dimiliki nya

9  Bridge Bridge adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet. Bridge akan membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tapi tidak melakukan konversi terhadap protokol, sehingga agar dua segmen jaringan yang dikoneksikan ke bridge tersebut harus terdapat protokol jaringan yang Sama

10  Switch Switch adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC).

11  Router Router adalah Alat yang bertugas untuk mengantarkan paket data dalam jaringan. router dapat digunakan jika tersambung paling tidak dengan dua jaringan yang berbeda sehingga pengaturan tersebut membutuhkan sebuah router.Router berada di sisi gateway sebuah tempat dimana dua jaringan LAN atau lebih untuk disambungkan.

12  Media Kabel \ Media Non Kabel ( akan dibicarakan lebih lanjut  Kenektor ( akan dibicarakan lebih lanjut)

13 Dengan memperhatikan kecepatan transmisi data, maka LAN dapat digolongkan dalam 4 kelompok, yaitu : a. Low Speed PC Network Kecepatan transmisi data pada Low Speed PC Network kurang dari 1 Mbps dan biasanya diterapkan untuk personal computer. Contoh dari jenis ini adalah Omninet oleh Corvus Systems (network bus), Constalation oleh Corvus Systems (star network), Apple talk oleh Apple Corporation. b. Medium Speed Network Kecepatan transmisi data pada Medium Speed Network berkisar antara 1 – 20 Mbps dan biasnya diterapkan untuk mini computer. Contoh dari jenis ini adalah Ethernet oleh Xerox, ARC Net oleh Datapoint Corporation, Wangnet oleh Wang Laboratories. c. High Speed Network Kecepatan transmisi data pada Hig Speed Network lebih dari 20 Mbps dan biasanya diterapkan untuk mainframe computer. Contoh dari jenis ini adalah Loosely Coupled Network oleh Control Data Corporation, Hyper Channel oleh Network System Corporation.

14 d. Super High Speed Network Kecepatan transmisi data pada super high spedd network mencapai 1 GBps. Teknologi ini digunakan untuk mendukung transmisi data dilingkungan perkantoran berskala besar dan data yang ditransmisi data grafis, audio,dan video. Teknologi ini dikembangkan berdasarkan standar protokol CSMA/CD dengan format Ethernet sehingga kompatibel dengan teknologi 100 Base dan 10 Base T. Adapun teknologi jaringan komputer lokal untuk katagori ini, antara lain Ethernet.

15 Jenis Transmisi Sinyal Data Jenis transmisi sinyal data atau informasi dalam suatu media komunikasi dapat dikelompokkan menjadi 2 model, yaitu transmisi pararel dan transmisi serial.Masing masing model memiliki pola transmisi yang berbeda. Disamping itu, masing masing model juga menawarkan manfaat dan memiliki keterbatasan masing masing. Suatu jaringan juga dapat dibedakan berdasarkan metode transmisi yang digunakan dalam proses pengiriman data. Secara umum, metode transmisi yang sering digunakan adalah teknik pengiriman Baseband dan Broadband. a. Baseband Keuntungan dari teknik transmisi Baseband ini adalah • Biaya murah, karena dalam sistem ini tidak diperlukan modem. • Bentuk teknologinya sederhana • Mudah dalam instalasi dan pemeliharaan

16 Kekurangan dari teknik transmisi Baseband, yaitu • Kapasitas pengiriman data sangat terbatas kerena hanya terdapat satu lalu lintas data sehingga hanya satu pasang komputer yang dapat berkomunikasi pada saat yang sama. • Jarak perjalanan sinyal listriknya terbatas • Sambungan kabel graund agak sukar • Untuk area yang luas dibutuhkan biaya instalasi yang mahal b. Broadband Keuntungan dari teknik transmisi Broadband • Kapasitas pengiriman data cukup tinggi, karena memiliki beberapa jalur transmisi • Untuk teknik Broad non kabel (Wireles Networking),daerah jangkauan lebih luas dengan biaya relatif murah Kekurangan dari teknik transmisi Broadband • Harga model yang diperlukan relatif mahal • Waktu tunda perjalanan sinyal dua kali lipat dibandingkan dengan waktu tunda perjalanan sinyal pada sistem Baseband, karena harus dilakukan modulasi dan demodulasi sinyal terlebih dahulu • Proses instalasi dan maintenance cukup sukar

17  Inter-Jaringan

18 Inter-Jaringan Adalah penggabungan dua atau lebih sistem jaringan lokal. Proses penggabungan ini biasanya membutuhkan peralatan peripheral seperti Repeater, Bridge, Router, atau Gateway yang berfungsi untuk memperpanjang atau menjembatani antarsegmen jaringan lokal yang akan dihubungkan satu sama lain. Kesulitan implementasi inter-jaringan ini akan mencul bilamana dalam penggabungan jaringan lokal sebelumnya tidak dirancang untuk dilakukan penggabungan dan membentuk sebuah jaringan terpadu dengan skala yang besar. Kesulitan yang paling sering terjadi, antara lain adalah standar dari NIC tidak sama, jenis kabel, topologi,dan sistem operasi yang saling berbeda antar jaringan lokal yang dimiliki unit atau dapartemen.

19  Jaringan komputer Metropolitan (MAN) Jaringan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antara 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya • Meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi • Menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar • Teknologi: jaringan TV kabel

20

21  Jaringan Komputer Skala Luas (WAN)

22 • Jaringan komputer yang cakupannya lebih luas dari LAN, yaitu dari negara sampai benua • Teknologi : VSAT dan ISDN a. Very Small Aperture Terminal (VSAT) Very Small Aperture Terminal (VSAT ) adalah sebuah terminal penerima/pengirim sinyal satelit, atau yang juga dikenal dengan nama stasiun bumi. Dalam jaringan VSAT, satelit melakukan fungsi relay, yaitu menerima sinyal dari groud segment, memperkuatnya, dan mengirimkannya lagi ke ground segment yang lain. Satelit yang digunakan dalam system jaringan VSAT ialah satelit GEO (Geosynchronous Earth Orbit), yaitu satelit yang mengorbit pada ketinggian km ~ km di atas permukaan bumi. Geosynchonous artinya satelit itu mengorbit sesuai dengan rotasi bumi, sehingga kalau dilihat dari suatu titik di bumi, satelit itu akan terlihat diam. Penggunaan satelit GEO ini menguntungkan karena terminal VSAT dapat dibuat tetap menghadap ke satelit dan tidak perlu diubah-ubah arahnya karena posisi satelitnya akan tetap terhadap terminal VSAT di bumi.

23

24 Keuntungan 1) Hubungan langsung antara dua daerah atau lebih malaui satelit 2) Service memuaskan karena tidak akan mengalami penurunan kecepatan bila jalur sibuk sekali dan rute yang kompleks 3) Mengurangi waktu tunda pada saat transmisi berlangsung 4) Ekonomis; dikatakan ekonomis, sebab perangkat VSAT relatif sederhana sehingga mudah dipasang dan dipelihara 5) Tingkat keamanan tinggi 6) Secara umum komunikasi antara satelit dengan VSAT tidak pernah mengalami kegagalan 7) Tidak rentan pada gangguan fisik (awet) 8) Dapat menjangkau daerah yang luas Kekurangan 1) Jarak satelit dan bumi yang relative jauh mengakibatkan adanya delay propagasi yang signifikan 2) Rentan tehadap kondisi cuaca dan atmosper bumi 3) Biaya setup awal sebuah system satelit sangat mahal

25 PES

26 2. Integrated Service Digital Network (ISDN) ISDN merupakan pengembangan dari jaringan telepon IDN (Integrated Digital Network) yang menyediakan hubungan digital dari ujung satu pelanggan ke ujung pelanggan lain secara digital untuk proses transformasi informasi dalam bentuk suara, data dan gambar. Keuntungan ISDN bagi pemakai adalah dengan menyewa satu saluran sewa (interface). Dengan cara ini, pemakai dapat menikmati berbagai fasilitas pelayanan transmisi data suara maupun data digital, seperti ; 1) Telex: peralatan komunikasi untuk pengirim naskah atau pesan yang telah diketik melalui mesin telex dengan kecepatan 9,6 Kbps 2) Teletex: peralatan yang memberikan layanan informasi satu arah yang disiarkan melalui channel TV 3) Facsimile: peralatan yang digunakan untuk transmisi data reproduksi grafis, naskah, barang cetakan melalui saluran telepon (phone line) dengan kecepatan 64 Kbps 4) Videotex: peralatan untuk transmisi data gambar melalui terminal khusus dengan kecepatan 9,6 Kbps

27

28


Download ppt "Jenis Jaringan Berdasarkan Luas Area. Luas Area Jaringan Berdasarkan luas area jaringan maka jenis jaringan dapat di golongkan dalam 4 kelompok, yaitu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google