Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

“DESAIN APLIKASI PENJUALAN DAN PEMESANAN BARANG PADA TOKO DBASE SOUVENIR DENGAN MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0”. MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "“DESAIN APLIKASI PENJUALAN DAN PEMESANAN BARANG PADA TOKO DBASE SOUVENIR DENGAN MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0”. MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI."— Transcript presentasi:

1 “DESAIN APLIKASI PENJUALAN DAN PEMESANAN BARANG PADA TOKO DBASE SOUVENIR DENGAN MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0”. MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI Oleh Siti Huswatun Hasanah Deby Sahria Suriawati Ermi Wijayanti Andhika Ario S Boneventure A STRATA I SISTEM INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI MANAJEMENT INFORMATIKA KOMPUTER PPKIA TARAKANITA RAHMAWATI TARAKAN 2008 / 2009

2 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Perkembangan Teknologi Informasi saat ini 1.2 Permasalahan Mempermudah manajer dalam pengambilan sebuah keputusan yang efektif dan efisien Membantu manajer dalam menentukan strategi-strategi penjualan Penyajian Data Barang dan Penjualan Permasalahan ada pada sistem informasi penjualan yang masih manual 1.3 Batasan Masalah Data yang dikelola adalah yang berkaitan dengan data barang, data penjualan, data pemesanan dan data karyawan. Keluaran yang dihasilkan dari aplikasi ini adalah laporan data barang, data penjualan, data pemesanan, dan data karyawan. 1.4 Metode Penelitian Pengumpulan Data >> Observasi & Studi Pustaka 1.5 Keaslian Penelitian Penelitian mengenai sistem komputerisasi pada sebuah toko yang bergerak dibidang usaha dagang barang-barang souvenir

3 BAB II MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI 2.1 Jenis/ Macam Proyek Proyek Sistem Informasi Merupakan kegiatan merencanakan (planning), mengorganisir (organizing), memimpin, dan mengendalikan sumberdaya perusahaan untuk mencapai sasaran jangka pendek yang telah ditentukan, dengan menggunakan pendekatan sistem secara vertikal maupun horizontal. 2.2 Sasaran dan Kendala Menghasilkan suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk toko penjualan souvenir. Meningkatkan mutu penjualan souvenir yang ada.

4 2.3 Kendala Proyek Sistem Waktu Kegiatan Perencanaan KegiatanWaktu (Hari)Kegiatan Pendahuluan BAB I2- BAB II12BAB I BAB III21BAB I BAB IV2BAB I, II, III Tabel 2.1 Waktu Kegiatan

5 2.3.2 Biaya Kegiatan No.Komponen BiayaJumlah BiayaTotal Biaya 1. Biaya Pengadaan a.Laptop Acer Processor Intel Core Duo 1.73 Ghz -Memory DDR 512 Mb -Harddisk 120 Gb -Display 14” Cristal Bright -VGA Intel GMA -DVDRW, Modem, Lan, WiFi -Camera 1.3 Mp -Os : Dos a.Instalasi Software Rp ,- Rp ,- Rp ,- 2. Tahap Analisa Biaya Pengumpulan Data (Internet)Rp ,- 3. Biaya Operasi dan Perawatan Biaya ListrikRp ,- 4.Biaya TransportasiRp ,- 5.Biaya ATKRp ,- 6.Biaya Lain-lainRp ,- Biaya KeseluruhanRp ,- Tabel 2.2 Rincian Anggaran Biaya Mutu Mutu yang dihasilkan dalam proyek ini sesuai dengan tujuan utama dan sesuai dengan pemesanan

6 2.4 Penjadwalan Tugas Tabel Perencanaan Perencanaan KegiatanWaktu (Hari)Kegiatan Pendahuluan BAB I2- BAB II12BAB I BAB III21BAB I BAB IV2BAB I, II, III Bagan Balok Hari BAB I BAB II BAB III BAB IV Gambar 2.1Bagan Balok Tabel 2.3 Perencanaan

7 Perencanaan KegiatanMulai KegiatanWaktu (hari)Kegiatan Pendahuluan BAB I BAB II BAB III BAB IV Tepat Waktu Lambat 1 hari Tepat waktu I BAB I, II, III Tabel Pelaksanaan Tabel 2.4 Pelaksanaan Hari BAB I BAB II BAB III BAB IV Gambar 2.2 Bagan Balok Keterangan Balok Perencanan Garis Pelaksanana Bagan Balok

8 BAB III PROYRK SISTEM INFORMASI 3.1Desain Database Desain Table Souvenir NoFieldTipe DataLebarKeterangan 1kodesvnText5Kode 2namasvnText30Nama 3satuanText15Satuan 4stokNumberIntegerStok 5tgltrbaruDateShortTanggal Update 6tglstokawalDateShortTanggal Awal Stok 7stokawalNumberIntegerJumlah Stok Awal 8hargasvnNumberLong IntegerHarga 9bahanText 15 Bahan 10kemasanText 30 Kemasan 11ukuranText 30 Ukuran 12minorderNumberIntegerMinimal Order 13isiNumberIntegerIsi 14ketText30Keterangan 15niksvnText7NIK Operator Tabel 3.1 Desain tabel souvenir

9 NoFieldTipe DataLebarKeterangan 1nikText7Nomor Induk Karyawan 2namaText30Nama Karyawan 3tgllhrDateShortTanggal Lahir 4tempatlhrText30Tempat Lahir 5tglmskDateShortTanggal Masuk Kerja 6jabatanText30Jabatan 7jkelYes/NoJenis Kelamin 8almText50Alamat 9tlpText 15 Telpon 10hp1Text 15 No Handphone 11hp2Text 15 No Handphone 12statusYes/NoStatus Aktif 13agamaText1Agama 14pendText3Pendidikan Terakhir 15nikahText1Status Nikah 3.1.2Desain Table Karyawan Tabel 3.2 Desain tabel karyawan

10 NoFieldTipe DataLebarKeterangan 1kodepsnText5Kode Transaksi 2namapsnText30Nama 3almpsnText50Alamat 4tlppsnText15Telp 5hppsnText15No Handphone 6jaminanpsnNumberLong IntegerJaminan 7jkelpsnYes/NoJenis Kelamin 8tglpsnDateShortTanggal Pesan 9tglambilDateShortTanggal Ambil 10statuspsnText 1 Status Pesan 11totalpsnNumber Long Integer Total 3.1.3Desain Table HPesan Tabel 3.3 Desain tabel hpesan

11 3.1.4Desain Table HJual NoFieldTipe DataLebarKeterangan 1kodejualText5Kode Transaksi 2nikjualText7NIK Karyawan 3tgljualDateShortTanggal 4discNumberIntegerDiskon 5totalNumberLong IntegerTotal 3.1.5Desain Table DJual Tabel 3.4 Desain tabel hjual NoFieldTipe DataLebarKeterangan 1kodejualText5Kode Transaksi 2kodesvnText5Kode Souvenir 3jmljualNumberIntegerJumlah 4hargajualNumberLong IntegerHarga 5jmlhargajualNumberLong IntegerJumlah Harga Tabel 3.5 Desain tabel djual

12 3.1.6Desain Table Barang Masuk NoFieldTipe DataLebarKeterangan 1kodemskText4Kode Transaksi 2kodesvnText5Kode Souvenir 3nikmskText7NIK Karyawan 4jmlmskNumberIntegerJumlah 5tglmskDateShortTanggal Tabel 3.6 Desain tabel barangmasuk 3.1.7Desain Table DPesan NoFieldTipe DataLebarKeterangan 1kodepsnText5Kode Transaksi 2kodesvnText5Kode Souvenir 3jmlpsnNumberIntegerJumlah 4hargapsnNumberLong IntegerHarga 5jmlhargapsnNumberLong IntegerJumlah Harga Tabel 3.7 Desain tabel dpesan

13 3.2 Desain Form Menu Utama “Desain Aplikasi Penjualan dan Pemesanan Barang pada Toko Dbase Souvenir dengan Menggunakan Program Visual Basic 6.0” Gambar 3.1 Form Menu Utama

14 Gambar 3.2 Form Souvenir 3.2.2Souvenir Gambar 3.3 Laporan Data Souvenir

15 3.2.3Barang Masuk Gambar 3.4 Form Barang Masuk

16 Gambar 3.5 Form Data Karyawan Karyawan

17 3.2.5Pemesanan Gambar 3.6 Form Pemesanan

18 Gambar 3.7 Form Penjualan Langsung 3.2.6Penjualan Langsung

19 Gambar 3.8 Form Penjualan Lewat Pemesanan Penjualan Lewat Pemesanan

20 Gambar 3.9 Form Laporan Penjualan 3.2.8Laporan Penjualan

21 Gambar 3.10 Laporan Penjualan 3.3 Listing Program

22 BAB IV PENUTUP Desain Aplikasi Penjualan dan Pemesanan Barang ini dapat menyediakan informasi tentang data ouvenir, data pemesanan dan penjualan serta data karyawan Toko Souvenir Dbase 4.1 Kesimpulan 4.2 Saran Adanya sistem yang baik akan meningkatkan kinerja dan produktivitas penjualan pada Toko Dbase Souvenir Penambahan fitur keamanan data, seperti sistem login Penambahan fitur laporan data keuangan.


Download ppt "“DESAIN APLIKASI PENJUALAN DAN PEMESANAN BARANG PADA TOKO DBASE SOUVENIR DENGAN MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0”. MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google