Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

E-government (Electronic Goverment). Pengertian & 7-an:  Pemanfaatkan ICT secara optimal di semua bidang penyelenggaraan pemerintahan baik di wilayah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "E-government (Electronic Goverment). Pengertian & 7-an:  Pemanfaatkan ICT secara optimal di semua bidang penyelenggaraan pemerintahan baik di wilayah."— Transcript presentasi:

1 e-government (Electronic Goverment)

2 Pengertian & 7-an:  Pemanfaatkan ICT secara optimal di semua bidang penyelenggaraan pemerintahan baik di wilayah kekuasaan legislatif, yudikatif maupun terutama eksekutif  Website  7-an  memberi kemudahan dan kesederhanaan prosedur, sehingga penerapannya memerlukan perubahan struktur organisasi pemerintahan itu sendiri.

3 Elemen”:  Masyarakat  Operator  Pengambil Keputusan

4 Masyarakat:  Mendapatkan informasi potensi wilayah, kependudukan dan pengembangan  Diantaranya:  mendapatkan kartu identitas diri (kependudukan)  pengurusan berbagai perijinan  penghitungan, pembayaran pajak dan retribusi.

5 Operator:  memasukkan data ke dalam sistem dan output segala macam laporan yang diperlukan termasuk berbagai surat yang diperlukan tiap penduduk:  KTP  KK  Akte kelahiran  Kualitas Sistem bergantung pada kualitas kerja input data  sistem akan bekerja dengan baik jika didalamnya terdapat data primer yang lengkap dan akurat.

6 Pengambil Keputusan (PK):  Sistem harus bisa menyajikan data dalam berbagai bentuk yang diperlukan untuk memudahkan dan meningkatkan kualitas PK.  Contoh  perlu tidaknya pangadaan sekolah baru hanya dapat diputuskan dengan benar, apabila disajikan dengan akurat data jumlah penduduk usia sekolah dan jumlah serta jenjang sekolah yang ada.

7 e-Commerce (Electronic Commerce)

8 Pengantar:  system pemasaran dengan media electronic.  Mencakup:  Distribusi  Penjualan  Pembelian  Marketing  Service  sebuah produk yang dilakukan dalam sebuah system elektronika seperti Internet atau bentuk jaringan computer yang lain.  Berupa sebuah aplikasi bisnis yang dipadukan dengan interface web.  Jadi  orang buka toko di sebuah website, pemasaran dilakukan dengan misalnya barter link, banner, & Pembayaran melalui online banking atau via kartu kredit.

9 Pendukung Web Development :  Hosting = tempat / toko itu sendiri  Domain = nama toko di dunia nyata  Website = dekorasi dari toko  Optimasi (Search Engine Optimization) = Marketing

10 Web Hosting:  Jasa penitipan/penempatan file atau halaman web yang umumnya akan tampil online di Website selama 24 jam untuk bisa dilihat ke seluruh dunia.  Layanan:  ISP  webdevcompany  Biaya   Kemampuan hardware  Space  Fitur  servis support  Bandwith yang di miliki

11 Domain:  Sebuah entiti dari sekian banyak entiti domain dunia .com,.net,.edu,.co,.tv,.info  Proses  Nama domain kamu diterjemahkan oleh DNS (Domain Name Server) yang akan mempointing ke alamat hosting kamu  Sehingga setiap permintaan yang datang dari nama domain kamu akan diarahkan ke alamat hosting kamu untuk dilayani  c/ jika kamu memasukkan nama domain kamu ke URL bar Internet Explorer  proses yang terjadi DNS akan mengarahkan permintaan kamu ke alamat hosting kamu, mengambil data yang diperlukan dan menampilkannya di Internet Explorer

12 e-Bussiness

13 HAKI (Hak Kekayaan Intelektual)

14  Hak kekayaan intelektual bidang perangkat lunak komputer menjadi permasalahan  umum. Permasalahan muncul karena kurangnya kesadaran bahwa harga lisensi  perangkat lunak bisa lebih tinggi dari harga perangkat kerasnya. Kekurang pemafahaman  ini menimbulkan persepsi bahwa dana yang tersedia lebih berharga digunakan  untuk pengadaan perangkat keras dibanding perangkat lunak. Kalau kita perhatikan  sebenarnya tidak jarang ditemui proyek-proyek pemerintah yang memberikan porsi  pembiayaan perangkat lunak cukup besar.

15  Agar dapat memahami penghargaan kita pada hak kekayaan intelektual, sudah waktunya  kita coba lakukan penilaian atas kinerja atau nilai produk dari penggunaan sistem  itu sendiri. Namun demikian harus berhati-hati dalam mengambil parameter nilai  suatu produk. Sebagai contoh, layanan masyarakat yang nyaman sering diukur dengan  kekuatan masyarakat membayar layanan tersebut secara langsung. Dalam  banyak hal, pendapatan pemerintah dari kenyamanan pelayanan sering tidak didapat  langsung dari proses pelayanan. Sebagai contoh, biaya untuk pengadaa fasilitas kemudahan  menghitung dan membayar pajak tidak selayaknya dibebankan langsung  pada penggunaan fasilitas itu sendiri namun bisa dibiayai dengan sebagian dari kenaikan  pemasukan pajak.

16  Apabila memang tidak punya potensi produk yang berharga, pengadaan perangkat  keras maupun lunak sudah selayaknya dipertimbangkan untuk ditunda. Apabila nilai  produk kerjanya jelas, tidak perlu ragu-ragu untuk menganggarkan dana pengadaan  lisensi penggunaan perangkat lunak. Apabila masih meragukan, patut dipertimbangkan  untuk menggunakan produk-produk alternatif yang legal dan free seperti sistem  operasi Linux dan sistem perkantoran OpenOffice. Hilangnya biaya pengadaan  sistem dikompensasi dengan melaksanakan pelatihan penggunakan produk opensource.


Download ppt "E-government (Electronic Goverment). Pengertian & 7-an:  Pemanfaatkan ICT secara optimal di semua bidang penyelenggaraan pemerintahan baik di wilayah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google