Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISIS VARIANS (ANOVA)  Analisis ragam atau ANOVA adalah suatu metode untuk menguraikan keragaman total data menjadi komponen-komponen yang mengukur.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISIS VARIANS (ANOVA)  Analisis ragam atau ANOVA adalah suatu metode untuk menguraikan keragaman total data menjadi komponen-komponen yang mengukur."— Transcript presentasi:

1

2

3 ANALISIS VARIANS (ANOVA)

4  Analisis ragam atau ANOVA adalah suatu metode untuk menguraikan keragaman total data menjadi komponen-komponen yang mengukur berbagai sumber keragaman.  Secara aplikatif,ANOVA digunakan untuk menguji rata-rata sampel yang berjumlah banyak (lebih dari dua sampel) memiliki perbedaan yang signifikan atau tidak. Penggunaan ANOVA ini memakai distribusi F.

5 ANOVA dibagi menjadi 2 macam yaitu: ONE WAY TWO WAY

6 One Way ANOVA ( Analisis Varians Satu Arah) adalah pengujian klasifikasi satu arah merupakan pengujian hipotesis beda tiga rata- rata atau lebih dengan satu faktor yang berpengaruh.

7 Two Way ANOVA (Analisis Varians) adalah pengujian klasifikasi dua arah merupakan pengujian rata-rata dengan 2 faktor pengaruh yang berbeda.

8 CONTOH Kelompok toko dibagi menjadi 3 yaitu Kelas A yaitu toko dengan jumlah pramuniaga lebih dari 25 orang.Kelas B dengan jumlah pramuniaga antara orang, dan Kelas C dengan jumlah pramuniaga kurang dari 10 orang. Ingin diketahui apakah terdapat perbedaan rata-rata jumlah pembeli pada tiga kelompok toko di Purwokerto? SOLUSI

9 KASUS ONE WAY ANOVA  HIPOTESIS  H0: Tidak terdapat perbedaan jumlah pembeli pada toko kelas A, B, C  H1: Terdapat perbedaan jumlah pembeli pada toko kelas A, B, C  Secara statistik, dapat dituliskan sbb:  H0: µ a = µ b = µ c  H1: Paling tidak satu tanda sama dengan tidak berlaku

10 Dari output 1 dapat dilihat bahwa toko dengan Kelas A berjumlah 12, Kelas B berjumlah 15, dan Kelas C berjumlah 13 toko. Rata-rata jumlah pembeli pada toko Kelas A=19,58, Kelas B=18,87, dan Kelas C=13,69.

11 Didapatkan nilai F = 6,858

12 Dasar pengambilan keputusan:  Jika nilai F Hitung > F tabel, maka H0 ditolak  Jika nilai F Hitung< F tabel, maka H0 diterima Terlihat bahwa nilai F Hitung = 6,858 dan F tabel dengan dk penyebut 37 dan dk pembilang 2 yaitu 3,25. Ternyata nilai F Hitung lebih besar dari F tabel, maka H0 ditolak. Kesimpulan : Terdapat perbedaan yang signifikan antara jumlah pembeli pada toko kelas A, B, dan C. Perbedaan bisa jadi hanya antar dua kelompok, atau mungkin ketiga-tiganya.

13 Aldila Agvia Hardiani/


Download ppt "ANALISIS VARIANS (ANOVA)  Analisis ragam atau ANOVA adalah suatu metode untuk menguraikan keragaman total data menjadi komponen-komponen yang mengukur."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google