Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pelatihan Komputer dan Internet Bandung, 19 Juni 2008 PKK dan Dharma Wanita Kota Bandung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pelatihan Komputer dan Internet Bandung, 19 Juni 2008 PKK dan Dharma Wanita Kota Bandung."— Transcript presentasi:

1 Pelatihan Komputer dan Internet Bandung, 19 Juni 2008 PKK dan Dharma Wanita Kota Bandung

2 INTERNET Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya. Secara fisik dianalogikan sebagai jaring laba-laba ( the web ) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri dari titik-titik ( node ) yang saling berhubungan. Node bisa berupa komputer, jaringan lokal atau peralatan komunikasi, sedangkan garis penghubung antar simpul disebut sebagai tulang punggung ( backbone ) yaitu media komunikasi terestrial (kabel, serat optik, microwave, radio link ) maupun satelit. Node terdiri dari pusat informasi dan database, peralatan komputer dan perangkat interkoneksi jaringan serta peralatan yang dipakai pengguna untuk mencari, menempatkan dan atau bertukar informasi di Internet.

3 FUNGSI MEDIA INTERNET •Mencari data/informasi •Publikasi •Hubungan dengan Media ( Media Relations ) Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan melalui media internet antara lain :

4 (Electronic Mail)  adalah singkatan dari electronic mail atau surat elektronik, yaitu sebuah metode untuk membuat, mengirim dan menerima pesan melalui sistem komunikasi elektronik  Electronic Mail adalah salah satu fasilitas atau aplikasi yang paling banyak digunakan di Internet. Hal ini karena merupakan alat komunikasi yang paling murah dan cepat. Dengan kita dapat berhubungan dengan siapa saja yang terhubung ke Internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal Di bawah ini beberapa contoh gratis yang di sediakan di internet : SitusAlamat SitusContoh alamat

5 FUNGSI 1. Sebagai alat komunikasi untuk pribadi maupun perusahaan 2. Sebagai media untuk membangun komunitas online 3. Untuk membangun loyalitas konsumen atau klien. 4. Sebagai media untuk membangun hubungan baik dengan publik internal maupun publik eksternal. 5. Sebagai media untuk mempromosikan produk atau jasa. 6. Sebagai sarana untuk membangun merek dan reputasi perusahaan. 7. Sebagai media umpan balik sebagai dasar evaluasi perusahaan. 8. Memberikan respon cepat atas pertanyaan klien atau konsumen. 9. Sebagai costumer service perusahaan.

6 MEMBUAT GRATIS DI  Yahoo adalah salah satu web yang memberikan fasilitas gratis. Yahoo yang biasa digunakan adalah Yahoo.com dan yahoo.co.id. Pada bagian ini akan diuraikan bagaimana membuat alamat di Yahoo Indonesia.

7 LANGKAH 1 Aktifkan Web Site yahoo Indonesia dengan menuliskan : di adressbar • Masuk : Tombol ini dipergunakan jika anda telah memiliki Identitas Yahoo dan akan mengaktifkannya. • Daftar : Tombol pilihan jika anda akan mendaftarkan diri untuk memiliki identitas Yahoo. Untuk selanjutnya klik tomol ini.

8 LANGKAH 2 Setelah Anda meng-klik daftar, maka akan ditampilkan Form Isian yahoo sebagai berikut :

9 LANGKAH 3 Di langkah ke 3 ini anda akan diminta untuk mengisi form pada kotak- kotak yang telah disediakan

10 LANGKAH 4 Isi nama user (user id) dan sandi (password) anda. Yahoo! Juga memberikan saran untuk ID yang bisa anda gunakan. Saran ini diberikan berdasarkan identitas yang anda berikan pada bagian pertama formulir isian

11 Isi ID yang diinginkan, kemudian periksa apakah ID yang anda pilih sudah dipergunakan oleh pihak lain atau belum. Apabila ID yang dipilih telah digunakan oleh pihak lain, maka muncul peringatan ID ini tidak tersedia. Anda dapat mencoba lagi dengan memasukan pilihan yang lain atau tambahkan kata atau angka untuk membuatnya unik.

12 Jika ID yang dipilih tersedia, lanjutkan dengan mengisi Sandi dan mengulang isiannya pada kotak di bawahnya. Untuk keamanan sandi anda : – Gunakan huruf dan angka – Gunakan karakter khusus (misal: ) – Campurkan huruf kecil dan besar

13 LANGKAH 5 Memasukan Kata kunci (Keycode) • Dengan mengisi alternatif, pertanyaan keamanan dan jawabannya, kode untuk mencegah spam dan pendaftaran palsu. • Kemudian tanda checklist untuk menyatakan bahwa anda setuju dengan ketentuan dan kebijakan layanan Yahoo!. • Setelah lengkap, klik tombol Buat Akun Saya

14 LANGKAH 6 Pada bagian akhir, anda akan mendapatkan pesan bahwa anda telah berhasil membuat ID Yahoo! Dan siap untuk Dipergunakan

15 MENGGUNAKAN MESIN PENCARI (SEARCH ENGINE) GOOGLE Tips menggunakan seArch engine  Pergunakan search engine tidak hanya satu, sebagai perbandingan bisa menggunakan search engine yang lain, supaya pencarian yang didapatkan lebih beragam. Beberapa serach engine memiliki kekhasan, misalnya : Yahoo, mencari informasi tentang deksripsi dari sebuah web, Google dapat membaca sampai nama file dan kata, Point Survey hanya mencari informasi dari website terbaik, Lycos membuat summary lalu mendeskripsikannya, Altavista mencari tiap kata pada halaman web.  Pilihan kata kunci yang dimasukan bisa yang bersifat umum ataupun khusus. Jika tidak mengetahui secara spesifik data yang ingin diperoleh gunakanlah terlebih dahulu kata kunci yang sifatnya umum kemudian lanjutkan dengan kata kunci yang lebih khusus.  Pelajari bentuk penulisan kata kunci sehingga data yang diperoleh sesuai dengan yang kita harapkan.

16 CONTOH WEB SEARCH ENGINE Search Engine Alamat Web Google & Yahoo MSN Excite Lycos Altavista Wisenut Alltheweb www. Altheweb.com

17 SEARCH ENGINE GOOGLE Untuk mengaktifkan Search Engine Google, Anda tinggal menuliskan atau pada Address Browser Anda. Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut :

18 KATA KUNCI (KEYWORD) DI GOOGLE  AND : Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang dicari. Bisa menggunakan salah satu bentuk penulisan kata kunci seperti di bawah ini : public relations public AND relations public+relations  OR : Mencari informasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. Penulisan kata kuncinya : radio OR televisi radio | televisi  FRASE : Mencari informasi yang mengandung frase yang dicari dengan menggunakan tanda (“”). “public relations”  NOT : Hasil pencarian mengandung kata yang di depan, tetapi tidak kata yang selanjutnya, dengan menggunakan tanda minus (-). Media –internet (mencari informasi yang mengandung kata media tapi bukan internet).  SINONIM (~) : Mencari kata beserta sinonim-sinonimnya. ~radio (melakukan pencarian untuk radio dan sinonim-sinonimnya)  ASTERIK (*) : Karakter pengganti kata.

19 MEMASUKAN KATA KUNCI (KEYWORD) TERPISAH Anda akan mencari data dengan kata kunci Public Relation, dengan penulisan public relation yang terpisah, : Maka Google akan mencari halaman web yang mengandung kata ilmu dan halaman web yang mengandung kata komunikasi. Artinya, kata ilmu dan kata komunikasi dalam dokumen yang ditemukan oleh Google itu tidak mesti beriringan, bisa saja diantarai dengan kata-kata lain. Bahkan termasuk di dalamnya halaman web yang mengandung kata ilmu tapi tidak mengandung kata komunikasi atau sebaliknya.

20 MEMASUKAN KATA KUNCI DENGAN TANDA KUTIP DUA (“) Penggunaan tanda kutip (”) yang mengapit frasa (kata majemuk) atau susunan kata tertentu dilakukan untuk memaksa Google mencari halaman web yang mengandung susunan kata yang sama tanpa diselingi oleh kata-kata yang lain. Misalnya: “public relation”. Teknik ini sangat efektif untuk mendapatkan hasil pencarian yang benar-benar relevan dan terfokus pada maksud yang kita cari

21 MELAKUKAN PENCARIAN UNTUK FORMATI FILE TERTENTU Anda bisa melakukan pencarian untuk dokumen atau data dengan format tertentu (misalnya, doc, pdf atau ppt), caranya adalah dengan mengetikan kata kunci filetype:format file, Misalkan:

22 MELAKUKAN PENCARIAN UNTUK SEMUA KATA KUNCI (KEYWORD) Gunakan tanda plus (+) untuk mewajibkan Google mencari hanya halaman web yang mengandung semua kata kunci yang kita masukkan. Misalnya: +humas+perusahaan+indonesia Jika Anda memasukan kata kunci ini, maka akan ditampilkan halaman-halaman web yang mengandung ketiga unsur kata kunci tersebut. Dengan teknik ini, pencarian Google akan makin tajam dan terarah.

23 Bila kita ingin agar suatu kata kunci tidak termasuk dalam situs yang ditemukan Google, kita menggunakan tanda minus (-). Misalnya: bila kita ingin mencari informasi mengenai pariwisat domestic seperti di atas, kecuali Bali, maka cara penulisan kata kuncinya sebagai berikut: +pariwisata+domestic-bali. Teknik ini bisa digunakan untuk mempersempit hasilpencarian.

24 MELAKUKAN PENCARIAN PADA SITUS TERTENTU Misalkan, Anda ingin mencari informasi mengenai humas di situs e-rilis, maka Anda dapat menuliskannya sebagai berikut : humas site:e-rilis.com Humas di situs pikiran rakyat Humas di situs pendidikan Indonesia

25 MELAKUKAN PENCARIAN GAMBAR Google juga memberikan fasilitas pencarian gambar.

26 HASIL PENCARIAN GAMBAR DENGAN KATA KUNCI (KEYWORD) PUBLIC RELATIONS

27 Terima Kasih


Download ppt "Pelatihan Komputer dan Internet Bandung, 19 Juni 2008 PKK dan Dharma Wanita Kota Bandung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google