Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

APA DAN BAGAIMANA INTERNET ? JARINGAN INTERNET.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "APA DAN BAGAIMANA INTERNET ? JARINGAN INTERNET."— Transcript presentasi:

1

2

3 APA DAN BAGAIMANA INTERNET ? JARINGAN INTERNET

4

5 Apa dan Bagaimana Internet ? Pengertian Internet Aplikasi Internet Manfaat Internet Penggunaan Internet

6 Pengertian Internet Internet adalah sebuah jaringan komputer dunia yang disambungkan dengan jaringan yang lebih kecil dan bergerak lebih perlahan. Menu

7 Aplikasi Internet 1.Word Wide Web (WWW) Dalam aplikasi ini banyak kemudahan yang dapat dilakukan antara lain memesan atau membeli suatu barang secara online, mendaftar secara online, mencapai multimedia. Informasi yang diletakkan di WWW disebut homepage dan setiap homepage mempunyai alamatnya masing-masing.

8 2.Electronic Mail ( ) Dengan Anda dapat mengirim surat, file-file seperti program, gambar, grafik dan sebagainya, dan dapat mengirim ke lebih dari satu orang sekaligus dalam satu waktu dengan biaya relatif terjangkau.

9 3.Mailing List (Milis) Mailing list aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui .

10 4.Newsgroup Newsgroup adalah forum perbincangan, atau tempat di mana terdapat ruangan-ruangan yang mempunyai topik perbincangan yang berbeda. Di setiap ruangan itu biasanya terdapat lebih dari satu orang yang saling bertukar pendapat atau pikiran.

11 5.Internet Relay Chat (IRC) Internet Relay Chat (IRC) adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet atau lebih dikenal dengan istilah chatting. Melalui chating Anda dapat berkenalan dan bercerita dengan orang lain di belahan dunia lain.

12 6.File Transfer Protocol (FTP) File transfer protocol (FTP) adalah aplikasi internet yang di gunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain. FTP memungkinkan transfer data lebih cepat.

13 7.Telnet Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh.

14 8.Gopher Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun informasi yang dicari hanya terbatas pada teks.

15 9.Ping Ping singkatan dari paket internet gopher. Ping digunakan untuk mengetahui komputer yang di gunakan mempunyai sambungan (terkoneksi) dengan komputer lain di internet. Menu

16 Manfaat Internet a.Sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi yang cepat dan murah. b.Sebagai media promosi. c.Sarana komunikasi interaktif. d.Sebagai alat Research and Development. e.Sarana untuk bertukar data. Menu

17 Penggunaan Internet 1.E-Commerce Electronic commerce (e-commerce) atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi terutama internet.

18 2.Internet Banking Internet banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet.

19 3.Belajar Jarak Jauh Internet merupakan alat komunikasi yang memungkinkan terjadinya dialog seseorang dengan orang lain (one-to-one communication) dan dialog seseorang dengan banyak orang (one-to-many communication).

20

21 Jaringan Internet Sistem Jaringan Komputer Sistem Jaringan Komputer Internet Service Provider (ISP) Internet Service Provider (ISP) Komponen yang Menentukan Kecepatan Transfer Data di Internet Komponen yang Menentukan Kecepatan Transfer Data di Internet

22 Sistem Jaringan Komputer 1.Local Area Network ( LAN ) Jaringan jenis LAN biasanya digunakan untuk area atau wilayah yang kecil. Fungsi LAN sebagai satu jaringan yang menghubungkan sejumlah komputer yang berada dalam kawasan tertentu. LAN seringkali dihubungkan dengan minikomputer.

23 2.Metropolitan Area Network (MAN) Jaringan kawasan metropolitan (metropolitan area network/MAN) meliputi kawasan yang lebih luas dibanding dengan LAN. Dengan menjalankan suatu jaringan keterhubungan yang besar, informasi dapat disebarkan dengan lebih meluas, cepat dan bermakna.

24 3.Wide Area Network (WAN) Jaringan kawasan luas (wide area network/WAN) menghubungkan komputer pada suatu kawasan yang lebih luas secara geografi. Menu

25 Internet Service Provider (ISP) Internet Service Provider (ISP) adalah perusaan jasa layanan Internet. Jika Anda ingin menghubungkan komputer Anda ke internet, maka Anda harus menghubungkan komputer Anda ke sebuah ISP tertentu. Kemudian Anda akan dikenakan biaya sebagai bayaran atas jasa layanan yang diberikan oleh ISP yang Anda gunakan. Menu

26 Komponen yang Menentukan Kecepatan Transfer Data di Internet a.Bandwidth Bandwidth adalah lebar saluran data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang di transfer.

27 b.Server proxy Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. c.Backbone Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet.

28 d.Keamanan Data Anda perlu mengetahui apakah sebuah ISP menggunakan firewall untuk keamanan transaksi online atau tidak. e.Layanan yang Diberikan Anda perlu mengetahui layanan apa saja yang disediakan oleh sebuah ISP.

29 f.Biaya Anda perlu mengetahui bagaimana sistem pembayaran yang dikenakan oleh sebuah ISP, dan pilihlah ISP yang hemat biaya. g.Teknologi yang Digunakan Anda perlu mengetahui teknologi apa saja yang dimiliki oleh ISP untuk meningkatkan kinerjanya.

30 h.Hardware Anda juga perlu mengetahui berapa banyak modem yang dimiliki oleh sebuah ISP, kecepatan modem yang digunakan, dan rasio pelanggan tiap modem.


Download ppt "APA DAN BAGAIMANA INTERNET ? JARINGAN INTERNET."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google