Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Desember 2013 Sabda Kehidupan “Kiranya Tuhan menjadikan kamu bertambah- tambah dan berkelimpahan dalam kasih seorang terhadap yang lain dan terhadap.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Desember 2013 Sabda Kehidupan “Kiranya Tuhan menjadikan kamu bertambah- tambah dan berkelimpahan dalam kasih seorang terhadap yang lain dan terhadap."— Transcript presentasi:

1

2 Desember 2013 Sabda Kehidupan

3 “Kiranya Tuhan menjadikan kamu bertambah- tambah dan berkelimpahan dalam kasih seorang terhadap yang lain dan terhadap semua orang” (1Tes 3:12)

4 Santo Paulus sering memakai ungkapan seperti ini untuk menyapa komunitas-komunitasnya, dan juga untuk memohonkan rahmat khusus dari Tuhan bagi mereka (bdk. Ef 3:28; Fil 1:9 dll).

5 Pada kesempatan ini, dia memohon bagi jemaat di Tesalonika agar kiranya mereka semakin saling mengasihi, dengan kasih yang berkelimpahan.

6 Ini bukanlah sebuah teguran, seolah-olah mereka tidak saling mengasihi, melainkan suatu ajakan agar semakin berkembang, sebagaimana ciri dari cinta kasih itu sendiri.

7 “Kiranya Tuhan menjadikan kamu bertambah- tambah dan berkelimpahan dalam kasih seorang terhadap yang lain dan terhadap semua orang”

8 Mengingat bahwa cinta kasih merupakan pusat dari kehidupan Kristiani, jika kasih itu tidak berkembang, maka seluruh hidup seorang Kristiani ikut terpengaruh, melemah dan bahkan bisa lenyap.

9 Tidak cukup memahami dengan baik perintah kasih terhadap sesama, juga tidak cukup bila kita pernah mengalami semangat dorongannya pada awal pertobatan kita untuk hidup menurut Injil.

10 Kita perlu mengembangkan dan memeliharanya agar tetap hidup, aktif dan berbuah.

11 Dan ini bisa terjadi bila kita tahu memanfaatkan setiap kesempatan yang ada di sepanjang hari untuk menghidupinya dengan kesiapan dan kemurahan hati.

12 “Kiranya Tuhan menjadikan kamu bertambah- tambah dan berkelimpahan dalam kasih seorang terhadap yang lain dan terhadap semua orang”

13 Bagi Santo Paulus, komunitas Kristiani seharusnya memiliki kesegaran dan kehangatan seperti dalam sebuah keluarga sejati.

14 Oleh karena itu, dapat dimengerti niat sang Rasul untuk memperingatkan mereka akan bahaya yang sering mengancam: yaitu individualisme, kedangkalan dan sikap setengah hati.

15 Namun Santo Paulus juga ingin menghindari sebuah bahaya lain yang berkaitan dengan bahaya di atas: yakni merasa aman dengan sebuah pola hidup yang teratur dan tenteram, namun tertutup.

16 Dia menghendaki jemaat-jemaat yang terbuka, sebab ciri khas cinta kasih adalah mengasihi sesama orang beriman, dan sekaligus menjangkau setiap orang, peka terhadap masalah dan kebutuhan semua orang.

17 Cinta kasih mampu membuka diri untuk menerima siapa saja, membangun hubungan, mencari sisi positif dan mempersatukan niat dan usaha baik kita dengan semua orang yang berkehendak baik.

18 “Kiranya Tuhan menjadikan kamu bertambah- tambah dan berkelimpahan dalam kasih seorang terhadap yang lain dan terhadap semua orang”

19 Bagaimana kita dapat menghidupi Sabda Kehidupan bulan ini?

20 Dengan berusaha mengembangkan kasih timbal balik di dalam keluarga, tempat kerja, komunitas atau lembaga gerejani, paroki, dll.

21 Sabda Kehidupan ini menuntut dari kita cinta kasih yang berkelimpahan, yakni cinta kasih yang melampaui ukuran yang biasa-biasa saja dan hambatan-hambatan yang berasal dari sikap egoistis kita yang tersembunyi.

22 Cukup mengingat beberapa aspek cinta kasih (toleransi, pengertian, menerima satu sama lain, kesabaran, kesediaan untuk melayani, belaskasih terhadap kekurangan yang nyata ataupun yang mungkin saja terdapat dalam diri sesama, pembagian harta benda, dll.), guna menemukan banyak kesempatan untuk menghayatinya.

23 Jika dalam komunitas kita ada suasana kasih timbal balik seperti ini maka kehangatannya pasti akan terpancar dan menjangkau setiap orang.

24 Juga mereka yang belum mengenal hidup Kristiani akan merasa tertarik dan dengan mudah, nyaris tanpa disadari, mereka juga akan terlibat hingga merasa menjadi anggota dari keluarga yang sama.

25 Teks oleh: Chiara Lubich, 1994 Grafik Anna Lollo dan p. Placido D’Omina (Sisilia, Italia) * * * Uraian Sabda Kehidupan diterjemahkan ke dalam 96 bahasa dan berbagai dialek, serta mencapai jutaan orang melalui media cetak, radio, televisi dan Internet WEBpage Focolare: * * * Download Sabda Kehidupan versi PPT dalam berbagai bahasa di: Teks oleh: Chiara Lubich, 1994 Grafik Anna Lollo dan p. Placido D’Omina (Sisilia, Italia) * * * Uraian Sabda Kehidupan diterjemahkan ke dalam 96 bahasa dan berbagai dialek, serta mencapai jutaan orang melalui media cetak, radio, televisi dan Internet WEBpage Focolare: * * * Download Sabda Kehidupan versi PPT dalam berbagai bahasa di: “Kiranya Tuhan menjadikan kamu bertambah-tambah dan berkelimpahan dalam kasih seorang terhadap yang lain dan terhadap semua orang” (1 Tes 3:12)


Download ppt "Desember 2013 Sabda Kehidupan “Kiranya Tuhan menjadikan kamu bertambah- tambah dan berkelimpahan dalam kasih seorang terhadap yang lain dan terhadap."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google