Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ALEXANDER TEGUH HERWIN. MATERI MATERI PRESENTASI PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI •PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM •MASA DEPAN TEKNOLOGI INFORMASI KELOMPOK.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ALEXANDER TEGUH HERWIN. MATERI MATERI PRESENTASI PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI •PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM •MASA DEPAN TEKNOLOGI INFORMASI KELOMPOK."— Transcript presentasi:

1 ALEXANDER TEGUH HERWIN

2 MATERI MATERI PRESENTASI PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI •PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM •MASA DEPAN TEKNOLOGI INFORMASI KELOMPOK 7

3 FAKTA FAKTA AKAMAI ? INDONESIA Negara yang memiliki Koneksi Internet paling LEMOT dan urutan BUNCIT se- ASEAN Negara di ASEAN yang memiliki kecepetan internet "paling ngebut" ialah SINGAPURA dengan kecepatan koneksi internet rata-rata 5,127 Kbps Thailand 3,376 Kbps (3,3 Mbps), Malaysia 2,173 Kbps (2,1 Mbps), Myanmar 1,944 Kbps (1,9 Mbps), Vietnam 1,594 Kbps (1,5 Mbps), Kamboja 1,376 Kbps (1,3 Mbps), Filipina 1,201 Kbps (1,2 Mbps), Brunei 1,188 Kbps (1,1 Mbps), Laos 1,097 (1 Mbps), Indonesia dengan 770 Kbps. Korea Selatan masih menjadi negara yang "super cepat" koneksi internetnya dengan rata-rata 14, 207 Kbps (14,2 Mbps)

4 PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM Dukungan infrastruktur TI yang baik akan memberikan kontribusi pada percepatan pencapaian tujuan organisasi, sebaliknya jika infrastrukturnya tidak baik justru bisa menghambat pencapaian tujuan

5 Menata dan merencanakan infrastruktur TI yang baik butuh pengetahuan yang meliputi • Perencanaan infrastruktur aplikasi perusahaan : • Identifikasi komponen-komponen infrastruktur TI suatu perusahaan dan pembakuannya. • Memadukan kebutuhan strategis organisasi, tren teknologi, dan standar industri (best practices). • Berorientasi pada arsitektur aplikasi perusahaan

6 Menata dan merencanakan infrastruktur TI yang baik butuh pengetahuan yang meliputi • Pengelolaan tingkat layanan (service level) TI perusahaan: • Fokus pada daur hidup infrastruktur TI perusahaan. • Aspek-aspek tingkat layanan: kapasitas & skalabilitas, ketersediaan & keandalan, dan keamanan. • Perencanaan dan pengukuran kapasitas infrastruktur. • Prosedur-prosedur pengelolaan infrastruktur berdasarkan best practices.

7 INFRASTRUKTUR T.I

8 7 LANGKAH MEMBANGUN SISTEM INFORMASI Dalam membangun sebuah system informasi yang ideal, akurat memang banyak sekali jalan yang dapat di tempuh, ada 7 langkah yang paling umum dan sering dilakukan dalam proses membangun system informasi

9 Perencanaan Perencanaan adalah membuat semua rencana yang berkaitan dengan proyek sistem informasi. Dalam perencanaan, hampir semua pihak yang terlibat dalam proyek sistem informasi harus diikutsertakan, mulai manajer proyek (Project Manager), user, calon pengguna sistem informasi, Busines Process Analyst, Sistem Analyst, Programmer sampai Tester.

10 Point-point penting perencanaan yang perlu dibuat dalam membangun sistem informasi : • Feasility study, yaitu membuat studi kelayakan untuk sistem informasi yang akan dibuat, seperti membuat kajian bagaimana proses bisnis akan berjalan dengan sistem baru dan bagaimana pengaruhnya. • Budget, yaitu membuat alokasi dan pengaturan pembiayaan proyek, termasuk biaya perjalanan dan biaya lembur • Sumber daya, yaitu membuat alokasi sumber daya yang akan dipakai dalam proyek, misalnya jumlah tim, ketersediaan perangkat komputer dan sumber daya yang lain. • Cakupan (Scope), yaitu menentukan batasan ruang lingkup sistem informasi yang akan dibangun. • Alokasi waktu, yaitu membuat alokasi waktu untuk keseluruhan proyek, setiap langkah, setiap tim, dan masing- masing aktifitas, mulai perencanaan sampai saat sistem informasi go live.

11 Analisa Analisa adalah menganalisa workflow sistem informasi yang sedang berjalan dan mengindentifikasi apakah workflow telah efisien dan sesuai standar tertentu. Analisa dilakukan oleh Business Processs Analyst (BPA) yang berpengalaman dan/atau memahami workflow sistem manajemen di area yang sedang dianalisa.

12 Desain Desain adalah langkah yang sangat penting dalam siklus SDLC karena langkah ini menentukan fondasi sistem informasi. kesalahan dalam desain dapat menimbulkan hambatan bahkan kegagalan proyek.

13 2 BAGIAN PENTING DALAM PROSES DESAIN • DESAIN PROSES BISNIS • DESAIN PROSES PEMROGRAMAN

14 DESAIN PROSES BISNIS • Seperti halnya analisa, desain proses bisnis juga dikerjakan oleh BPA. BPA akan mendesain kembali semua workflow agar menjadi lebih efisien dan mengintegrasikannya satu sama lain menjadi satu kesatuan. • Contoh desain proses bisnis adalah Order to Cash, yaitu mendesain bagaimana workflow dari proses penerimaan order reparasi/service mobil, proses pembagian kerja di tim mekanik hingga proses saat pelanggan melakukan pembayaran di kasir.

15 DESAIN PROSES PEMROGRAMAN Desain pemrograman dilakukan oleh Sistem Analis (SA) yaitu membuat desain yang diperlukan untuk pemrograman berdasarkan desain proses bisnis yang telah dibuat oleh BPA. desain ini akan menjadi pedoman bagi programmer untuk menulis source code

16 4 KEGIATAN PADA FASE DESAIN PEMROGRAMAN • Desain database • Desain Screen Layout • Desain Diagram Proses • Desain Report Layout

17 Desain database Desain database, Mendesain database merupakan tantangan terbesar dalam membangun sistem informasi, yaitu bagaimana menyimpan data dan bagaimana mendapatkan kembali dengan mudah. tidak sembarangan orang yang mendesain database harus paham, Database Management System (DBMS), relasi database bagaimana membagi database ke beberapa tabel yang saling berkaitan, Normalisasi database agar database yang dibangun dalam bentuk normal.dsb.

18 Desain Screen Layout Desain Screen Layout, yaitu tampilan depan layar. desain user- friendly, mudah dipahami, mudah digunakan, navigasi nya jelas. pemilihan warna juga berpengaruh pada nyamannya user menggunakan sistem informasi.

19 Desain Diagram Proses Desain Diagram Proses, yaitu flowchart yang menggambarkan algoritma dan logika suatu program.

20 Desain Report Layout Desain Report Layout, yaitu desain laporan yang dihasilkan dari sistem informasi, bagaimana mengatur text saat laporan diprint dsb.

21 Pengembangan Pekerjaan yang dilakukan di tahap pengembangan (development) adalah pemrograman. Pemrograman adalah pekerjaan menulis program komputer dengan bahasa pemrograman berdasarkan algoritma dan logika tertentu Dalam menulis program, programmer akan berpedoman pada desain yang dibuat oleh System Analyst, misalnya desain database, screen layout, report layout dan desain diagram proses.

22 Testing Testing adalah proses yang dibuat sedemikian rupa untuk mengidentifikasi ketidaksesuaian hasil sebuah sistem informasi dengan hasil yang diharapkan. ketidaksesuaian tersebut dapat berupa penyimpangan dari yang seharusnya(discrepancies) atau kesalahan proses (bug). Discrepancies disebabkan oleh perencanaan, analisa, dan desain yang tidak berjalan dengan baik, sedangkan bug disebabkan oleh pengembangan yang tidak benar. semakin besar dan kompleks sebuah sistem informasi, semakin besar pula kemungkinan memiliki discrepancies dan bug.

23 Implementasi Implementasi adalah proses untuk menerapkan sistem informasi yang telah dibangun agar user menggunakannya menggantikan sistem informasi yang lama. Proses Implementasi : 1.Memberi tahu user 2.Melatih user 3.Memasang sistem (install system) 4.Entri/Konversi data 5.Siapkan user ID

24 Pengoperasian dan Pemeliharaan Langkah Paling akhir adalah pengoperasian dan pemeliharaan. Selama sistem informasi beroperasi, terdapat beberapa pekerjaa rutin yang perlu dilakukan terhadap sistem informasi, antara lain : System Maintenance, Backup & Recovery, Data Archive.

25

26 Start Desain Algoritma & Flowchart Desain Algoritma & Flowchart Menulis program Test Kebenaran Program Dokumentasi Arsip

27

28 Input Proses Pengolahan Data Proses Pengolahan Data Output Memory

29 ALGORITMA Penemunya adalah seorang ahli matematika dari uzbekistan yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi ( ). Di literatur barat dia lebih terkenal dengan sebutan Algorizm. Panggilan inilah yang kemudian dipakai untuk menyebut konsep algorithm yang ditemukannya. Dalam bahasa Indonesia kita kemudian menyebutkannya sebagai algoritma. Definisi Algoritma adalah logika, metode dan tahapan (urutan) sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan. Dalam beberapa konteks, algoritma adalah spesifikasi urutan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu.

30 Beda Algoritma dan Program Program adalah kompulan instruksi komputer, sedangkan metode dan tahapan sistematis dalam program adalah algoritma. Program ini ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman. Jadi bisa kita sebut bahwa program adalah suatu implementasi dari bahasa pemrograman. Beberapa pakar memberi formula bahwa : Program = Struktur Data + Algoritma

31 Keuntungan Pembuatan algoritma • Pembuatan atau penulisan algoritma tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun, artinya penulisan algoritma independen dari bahasa pemrograman dan komputer yang mengeksekusinya. • Notasi algoritmik dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman. • Apapun bahasa pemrogramannya, output yang akan dikeluarkan sama karena algoritmanya sama

32

33

34 EVOLUSI TELEKOMUNIKASI

35

36 EVOLUSI PROSESSOR INTEL • 1971: 4004 Microprocessor • 1972: 8008 Microprocessor • 1974: 8080 Microprocessor • 1978: Microprocessor • 1982: 286 Microprocessor • 1985: Intel386™ Microprocessor • 1989: Intel486™ DX CPU Microprocessor • 1993: Intel® Pentium® Processor • 1995: Intel® Pentium® Pro Processor • 1997: Intel® Pentium® II Processor • 1998: Intel® Pentium II Xeon® Processor • 1999: Intel® Celeron® Processor • 1999: Intel® Pentium® III Processor • 1999: Intel® Pentium® III Xeon® Processor • 2000: Intel® Pentium® 4 Processor • 2001: Intel® Xeon® Processor • 2001: Intel® Itanium® Processor • 2002: Intel® Itanium® 2 Processor • 2003: Intel® Pentium® M Processor • 2004: Intel Pentium M 735/745/755 processors • 2004: Intel E7520/E7320 Chipsets • 2005: Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz • 2005: Intel Pentium D 820/830/840 • 2006: Intel Core 2 Quad Q6600 • 2006: Intel Quad-core Xeon X3210/X3220 • 2007: Intel memperkenalkan prosesor core 2 quad di bulan januari. Generasi ke 8 Intel Core 2 duo

37 BENTUK REALITY TEKNOLOGI INFORMASI SAAT INI Satelit buatan anak indonesia dinamakan satelit Lapan A2 yang dirancang khusus dan dibuat sepenuhnya oleh lapan ( Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ) Teknologi mirip dengan Nasa milik amerika, tugas daripada satelit lapan A2 ini adalah untuk mitigasi bencana di indonesia dan mungkin juga untuk menganalisa Tenaga Endogen dan EksogenSatelit Lapan A2 buatan indonesia akan di terbangkan dengan menggunakan roket milik negara india.

38 Generasi Prosesor Intel Terbaru, Rilis Maret 2013 Intel mengumumkan generasi prosesor terbarunya yang diberi kode nama Haswell. Generasi prosesor yang rencananya akan rilis tahun depan tersebut berbasis prosesor Intel Ivy Bridge. Menurut laporan yang diperoleh sebelumnya, Intel akan merilis chip prosesor Haswell secara bertahap. Chip pertama hadir dengan bagian dari lini produk Core i7 dan Core i5. Prosesor Haswell ini menggunakan proses teknologi 22 nanometer yang dikabarkan akan meluncur pada Maret 2013

39


Download ppt "ALEXANDER TEGUH HERWIN. MATERI MATERI PRESENTASI PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI •PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM •MASA DEPAN TEKNOLOGI INFORMASI KELOMPOK."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google