Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok 6 Tri Susanto21022/02 Adining Satyo W22604/13 Ika Eva Mariana23363/

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok 6 Tri Susanto21022/02 Adining Satyo W22604/13 Ika Eva Mariana23363/"— Transcript presentasi:

1 Kelompok 6 Tri Susanto21022/02 Adining Satyo W22604/13 Ika Eva Mariana23363/

2 Media penyimpanan (storage) merupakan media yang digunakan sebagai tempat penyimpanan data atau informasi dalam bentuk informasi binary. Media penyimpanan dapat dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu: 1. Primary Memory : Primary Storage atau Internal Storage 2. Secondary Memory: Secondary Storage atau External Storage

3 Penyimpanan primer (primary storage) merupakan perangkat penyimpanan data pada RAM dimana data dan instruksi sementara digunakan oleh mikroprosesor komputer. Penyimpanan primer dianggap sebagai bentuk penyimpanan volatile yang berarti bahwa data dan instruksi hilang saat komputer dimatikan.

4 Penyimpanan sekunder (secondary storage) merupakan perangkat penyimpanan yang dirancang untuk menyimpan data dan instruksi (program) dalam bentuk yang relatif permanen. Penyimpanan sekunder dianggap sebagai bentuk non-volatile yang berarti bahwa data yang disimpan dan instruksi tetap tersimpan saat komputer dimatikan.

5 Bit adalah ukuran terkecil data dalam sebuah komputer. Bit biasanya hanya merupakan pilihan antara 0 dan 1. Dimana 0 biasanya berarti ‘Off’ dan 1 berarti ‘On’. Pada akhirnya komputer akan mengkombinasikan kedua pilihan tersebut menjadi format digital yang lebih kompleks untuk merepresentasikan data. Byte adalah kumpulan beberapa bit (1 Byte = 8 bit ). Byte biasanya merepresentasikan sebuah karakter. Karakter ini bisa berupa huruf, angka ataupun simbol tertentu, seperti A, ?, -, dll.

6 File adalah kumpulan informasi yang diperlakukan sebagai sebuah unit. Ada banyak jenis file, tapi jenis utamanya, yaitu: 1. Program files, yaitu file yang berisi mengenai instruksi software. Dalam program pengolah kata, misalnya INSTALL.EXE yang menjalankan fungsi tertentu yang berhubungan dengan pengolahan kata. File-file ini merupakan bagian dari paket software. 2. Data files, yaitu file yang berisi data. Biasanya kita akan membuat nama file sendiri, seperti DOCUMENT.1 atau PSYCH.RPT (untuk "Psikologi Report").

7 Sedangkan jenis file data yang sering digunakan dalam bisnis dan organisasi, yaitu file master dan file transaksi. 1.Master file, yaitu data file yang berisi catatan yang relatif permanen yang umumnya diperbarui secara berkala. Contoh: file alamat untuk semua siswa yang saat ini terdaftar di suatu kampus. 2.Transaction file, yaitu file sementara yang dapat diubah untuk membuat file master, seperti menambah, menghapusan, dan merevisi. Contoh: dalam file alamat, file transaksi dapat menambah nama dan alamat baru karena adanya siswa baru serta menghapus nama dan alamat karena siswa telah lulus.

8 Batch processing adalah proses pengolahan data yang dikumpulkan terlebih dahulu selama beberapa periode. Setelah data-data tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu, data-data tersebut akan langsung diproses. Contoh : penggunaan , pengecekan balance accounts. Real-Time processing adalah proses merekam informasi dengan segera dan merespon permintaan pengguna pada saat terjadi transaksi. Contoh : saat menggunakan kartu ATM, sistem secara otomatis akan menghitung saldo account saat itu juga.

9 1. Tape 2. Diskette 3. Hard disk 4. Optical disk 5. Data storage dan retrieval methods 6. Data compression dan decompression

10 Magnetic tape merupakan plastik tipis yang dilapisi magnet pada permukaannya yang dapat merepresentasikan data. Dalam komputer besar, tape digunakan dalam magnetic-tape units. Sedangkan dalam mikrokomputer, tape digunakan dalam cartridge tape units. Walaupun media magnetic tape memiliki harga yang jauh lebih murah dibanding media lainnya, tetapi media magnetic tape biasanya hanya digunakan sebagai media back-up dan bukan sebagai media penyimpan data yang utama. Hal itu karena media magnetic tape hanya bisa digunakan untuk menyimpan dan membaca data secara berurutan. Sehingga untuk melakukan penyimpanan dan pembacaan data jauh lebih lambat dibanding dengan penulisan/pembacaan data secara random (acak).

11  Magnetic-tape Units (drives) terdiri dari read/write head dan spindel dalam 2 kumparan tape. Dalam perusahaan besar, magnetic-tape digunakan untuk menyimpan backup data-data yang penting.  Catridge Tape Units (tape streamers) adalah kaset atau cartridge yang dapat digunakan untuk melakukan back up data dari hard disk ke tape cartridge. Data yang ada di sini disimpan dalam bentuk kode-kode tertentu seperti halnya yang terdapat dalam pita magnetic ukuran standar. Kaset ataupun cartridge banyak digunakan pada jenis personal komputer.

12 Magnetic Tape Catridge Tape Unit

13 Disket merupakan media penyimpanan yang sangat populer bagi personal komputer. Secara fisik, disket terbuat dari lempengan plastik yang berbentuk bundar dimana permukaannya dilapisi oleh magnet sebagai tempat untuk menyimpan guratan-guratan data. Untuk menjaga agar data ataupun program yang tersimpan di dalam disket tetap terjaga, disket perlu dibungkus dengan karton yang berbentuk segiempat. Disket Storage

14

15 Untuk dapat menggunakan disket, kita perlu disk drive.  Read, berarti data direpresentasikan oleh magnet- magnet dalam disk yang diubah menjadi signal elekronik, lalu disalurkan ke tempat penyimpanan utama dalam komputer.  Write, berarti informasi elektronik diproses oleh komputer dengan merekam secara magnetik ke dalam disk.

16 Pertama, sebuah disket dimasukkan ke dalam slot disebut juga dengan drive gate/drive door yang ada di bagian depan floppy drive. Disket ditempatkan di atas kumparan mekanisme drive sehingga drive dapat bekerja. Access light akan menyala saat disket sedang bekerja. Setelah selesai menggunakan disket, kita dapat mengambilnya, baik dengan menekan sebuah tombol eject di samping drive atau dengan membuka drive gate. Perangkat pada disk yang dapat memindahkan data dari disk ke komputer dan sebaliknya disebut dengan read/write head. Disket akan berputar di dalam plastik pembungkus dan read/write head bergerak bolak-balik di access data area. Access data area adalah tempat data bisa dibaca atau ditulis dari disk.

17 1. Tracks dan sectors. Data disimpan dalam lingkaran terpusat yang disebut track. Setiap track dibagi menjadi delapan atau sembilan sector. Sector adalah bagian tak terlihat yang digunakan untuk tempat penyimpanan saat kita menyimpan data dari komputer ke sebuah disket. Track dan sector inilah yang bertugas mendistribusikan data pada disk. 2. Unformatted dan formatted disk. Unformatted disk merupakan disk tanpa track dan sector di dalamnya. Sedangkan formatted disk merupakan disk yang sudah dilengkapi dengan track dan sector. 3.Data capacity. Awalnya, disket hanya memiliki single-sided yang hanya bisa menyimpan data di satu sisi saja. Akan tetapi, sekarang semua disket memiliki double-sided yang mampu menyimpan data di kedua sisi. Ada tiga jenis density, yaitu single-density, double-density, dan high density.  5 ¼ inch Double-sided, double density (DS, DD)360 kilobytes Double-sided, high density (DS, HD)1.2 megabytes  3 ½ inch Double-sided, double density (DS, DD)720 kilobytes Double-sided, high density (DS, HD)1.44 megabytes

18 2. 4.Write-protect features. Perangkat ini memungkinkan untuk melindungi data yang disimpan dalam disket.

19 1.Jangan menyentuh permukaan disk. Jangan menyentuh apa pun yang terlihat melalui jaket pelindung, seperti access data area. 2.Rawat disket 5 ¼ inch dengan hati-hati. Jangan pernah membengkokkan, meletakkan beban berat, mencoret- coret, atau menempeli dengan kertas di atasnya. 3.Jauhkan dari benda-benda yang beresiko. Disk tidak bisa bekerja dengan baik di bawah sinar matahari atau panas, seperti di laci atau di atas radiator uap. Tidak boleh ditempatkan di dekat medan magnet, seperti telepon atau motor listrik. Tidak boleh terkena bahan kimia, seperti larutan pembersih, kopi, atau alkohol.

20 Backup adalah proses menduplikat atau menyalin dari satu tempat penyimpanan ke tempat penyimpanan lainnya. Backup dapat dilakukan dengan menyalin isi disk ke dalam media lain, seperti floppy disc, magnetic tape, optical disk, external hardisk, dll. Back up ini bertujuan untuk mengantisipasi ketidakonsistenan data dan terhapusya data dari disk.

21 Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Biasanya hard disk dalam mikrokomputer tersusun dalam unit sistem, sedangkan hard disk eksternal tersedia dalam removable hard disk cartridge. Komputer besar menggunakan removable hard disk pack, fixed disk drive, atau RAID system storage. Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar.

22 Di dalam mikrokomputer, hard disk adalah satu atau lebih piringan di dalam hard disk drive yang tersusun dalam unit sistem dan tidak dapat dihapus. Drive diinstal di drive bay, slot, atau pembuka dalam sistem kabinet. Di luar mikrokomputer, hard disk drive tidak terlihat, hanya terlihat seperti bagian dari panel depan dalam sistem kabinet.

23  Kelebihan Hard Disk 1.Hard disk memiliki kapasitas penyimpanan data yang lebih besar daripada disket. Hard disk drive memiliki kapasitas data megabytes dan yang terbaru bisa sampai 1-3 gigabytes. 2.Hard disk memiliki akses data lebih cepat daripada disket.  Kelemahan Hard Disk Hard disk mungkin bisa mengalami head crash. Pada prinsipnya hard disk merupakan perangkat yang cukup sensitif. Head crash terjadi saat permukaan read/write head atau partikel di dalamnya bersentuhan dengan permukaan disk yang menyebabkan hilangnya sebagian atau seluruh data pada disk.

24 1. Miniaturization. Ukuran hard disk yang terbaru kurang dari setengah tinggi drive yang sebelumnya sehingga disebut half height drive. Sehingga kita dapat memasukkan dua disk drive ke dalam sistem kabinet yang sebelumnya hanya bisa ditempati satu. 2. External hard disk drive. Jika kita tidak memiliki ruang dalam unit sistem untuk hard disk internal, tetapi masih membutuhkan tambahan tempat penyimpanan, kita bisa menggunakan external hard disk drive. Beberapa external hard disk drive memiliki power supply sendiri dan dapat menyimpan data sampai gigabytes.

25

26 3.Hard disk cartridges. Salah satu kelemahan hard disk adalah kesulitan dalam menghapusnya. Hard disk cartridges terdiri dari satu atau dua piringan tertutup dan read/write head dalam bahan plastik keras. Cartridge dapat menghapus dan memindahkan data dengan mudah sampai 1,2 gigabyte data. Selain itu, cartridge dapat digunakan untuk membuat cadangan data.

27 Sebagai pengguna komputer, kita mungkin menganggap teknologi penyimpanan sekunder untuk sistem komputer besar hanya sebatas untuk kepentingan umum. Namun, teknologi ini merupakan tulang punggung revolusi dalam tersedianya informasi bagi kita melalui saluran komunikasi.

28 1. Removable packs, terdiri dari 6-20 hard disk, 10 ½ - atau diameter 14 inch, satu sama lain selaras dalam unit tertutup. Kapasitasnya bervariasi dengan beberapa paket yang berkisar sampai gigabyte. Removable pack hard disk system menyerupai piringan hitam, bedanya ada ruang antara lengan disk yang memungkinkan akses untuk bergerak masuk dan keluar. Beberapa hard disk pada sistem penyimpanan sekunder tidak menggunakan metode sektor, tetapi dengan metode cylinder. 2.Fixed disk drives, memiliki kecepatan dan kapasitas tinggi. Meskipun tidak dapat dilepas, pada umumnya memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dan lebih dapat diandalkan dibandingkan removable packs. Sebuah komputer mainframe singel mungkin memiliki 20 sampai 100 fixed disk drives yang melekat didalamnya.

29 3. RAID storage system (redudandant array of inexpensive disk), terdiri lebih dari ¼ inci drive drisk dalam kabinet singel yang mengirimkan data ke komputer dalam beberapa paralel secara bersamaan. Keuntungan sistem RAID adalah dapat menyimpan data lebih dibanding fixed disk drives dengan ruang yang sama dan lebih handal karena jika satu drive gagal, drive lain dapat mengambil alih.

30 Optical disk adalah removable disc yang datanya dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan teknologi laser. Ada 4 jenis optical disc, yaitu: 1. CD- ROM Disk 2. CD-R Disk 3. WORM Disk 4. Erasable Optical Disk

31 Untuk pengguna komputer, tipe yang paling dikenal dari optical disk adalah CD-ROM. CD- ROM (compact disk-read-only memory) adalah format optikal disk yang digunakan untuk menyimpan teks, grafik, dan suara. Read-only adalah disk yang tidak dapat di tulis atau dihapus oleh pengguna.

32 1. Penyimpan data, CD-ROM dapat menjadi tempat penyimpanan yang baik untuk database, dokumen, perintah, dan informasi lainnya yang tidak ingin diubah. 2. Ensiklopedia, setiap pack dari teks ensiklopedia terdapat dalam satu disk yang berisikan gambar, peta, animasi, dan sebagian informasi yang berupa audio dan video. 3. Katalog, CD-ROM dapat digunakan sebagai elektronik katalog bahkan megalog.

33 4. Games, CD-ROM telah menjadi sangat sukses dalam bidang permainan. 5. Edutainment, software edutainment terdiri dari program yang mirip games, tetapi lebih mendidik dengan cara yang menyenangkan. 6. Magazines dan books, beberapa majalah telah mempublikasikan berita multimedia. Penerbit buku juga telah menerbitkan beberapa tema CD- ROM. 7. Movies, dengan menggunakan CD-ROM, menonton film menjadi tidak terbatasi.

34  CD-R (compact disk recordable) adalah format CD yang memungkinkan untuk menulis data ke disk dan dapat dibaca oleh drive CD-ROM standar. Salah satu contoh yang paling menarik dari teknologi CD-R adalah photo CD system.  Photo CD system adalah teknologi yang memungkinkan foto yang diambil dengan kamera 35- milimeter untuk disimpan secara digital pada disk optik. Photo CD system ini dapat memanipulasi foto.

35 WORM (write once, read many), yang berarti bahwa WORM disk ini dapat ditulis atau direkam hanya sekali dan tidak bisa dihapus, tetapi bisa dibaca berkali-kali. Teknologi WORM berguna untuk menyimpan data yang tidak ingin diubah, seperti yang digunakan untuk keperluan arsip. WORM disk mampu menyimpan sampai megabyte data.

36 Erasable optical disk memungkinkan pengguna untuk menghapus data sehingga disk dapat digunakan berulang-ulang. Disk ini dapat menyimpan megabyte data. Tipe terbaru erasable dan rewriteable optical disk adalah magneto-optical disk yang menggunakan teknologi magnetik dan optik disk.

37 Interaktif berarti bahwa pengguna yang mengendalikan arah program atau presentasi dalam media penyimpanan. Media penyimpanan interaktif terbaik adalah media berkapasitas tinggi, seperti CD-ROM. Multimedia mengacu pada teknologi yang menampilkan informasi di media yang lebih dari satu, termasuk teks, grafik, animasi, video, dan suara.

38 1. Game CD-ROMs, Sega dan 3DO menawarkan mesin video game yang memainkan jenis CD-ROM mereka sendiri. 2. CD-I (compact disk-interaktive) adalah format disk yang menyimpan data, audio, gambar video, dan animasi grafis, Biasanya CD-I digunakan untuk hiburan rumah, seperti permainan interaktif, pendidikan, dan referensi. CD-I drive bisa dihubungkan ke TV dan remote control yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan program. CD-I disk tidak bisa digunakan dalam CD-ROM player. 3. CDTV (compact disk television) adalah sistem hiburan rumah yang terhubung langsung ke TV. Keunggulan CD-I dapat dihubungkan ke sistem komputer rumah. Sebuah Philips CD-I disk tidak dapat digunakan dalam unit CDTV atau sebaliknya. 4. MPC adalah hardware atau software untuk menghubungkan CD-ROM drive ke IBM-kompatibel dan mendukung multimedia input, proses, penyimpanan, dan output. Mesin MPC adalah multimedia personal komputer yang memenuhi standar yang ditetapkan oleh Multimedia PC (MPC).

39 Pada IBM-style, disk drive dilambangkan dengan huruf. Disket drive pertama adalah drive A, disket drive kedua adalah drive B, hard disk drive adalah drive C, dan CD-ROM drive mungkin D atau E. Program disk adalah disket yang menyimpan program software, seperti program spreadsheet. Program disk terletak di drive A. Data disk adalah disket yang menyimpan data yang bisa diubah-ubah, seperti nomer spreadsheet. Data disk ini terletak di drive B.

40 Ada 3 metode dalam file organisasi, yaitu: 1. Sequential storage adalah data yang disimpan secara berurutan, misalnya secara alphabet. 2. Direct access storage berarti bahwa komputer dapat bekerja secara langsung terhadap informasi yang diinginkan. 3. Indexed-sequential, memiliki keunggulan dari metode sequential storage dan direct access storage

41 Ada 3 metode dalam file tempat penyimpanan sekunder, yaitu: 1. Sequential file organization adalah file yang disimpan secara berurutan satu demi satu. Data dapat diambil hanya dalam urutan di mana ia disimpan. Metode ini dapat digunakan dengan magnetic tape dan disc. 2. Direct file organization/random file organization adalah file yang disimpan secara tidak berurutan. Data dapat diambil menurut key field. Metode ini dapat digunakan dengan hard disk dan jenis disc lainnya. 3. Indexed-sequential file organization adalah file yang disimpan secara berurutan, tetapi data terdiri dari indeks atau daftar data oleh key field agar dapat mengidentifikasi lokasi pada disk. Metode ini dapat digunakan dengan magnetik atau optikal disk.

42 Compression adalah metode menghapus elemen yang berlebihan dari file komputer sehingga hanya memerlukan sedikit ruang penyimpanan. Decompression adalah ketika data hasil compression disimpan, lalu digunakan kembali. Teknik compression dan decompression disebut teknik codec.

43 Ada 2 metode dasar yang digunakan dalam compression, yaitu: 1. Teknik loseless adalah teknik compression yang menghindari pengulangan dan tetap menjaga setiap bit yang masuk. Setiap bit data yang keluar sama dengan data yang masuk, tetapi hanya dikemas ulang untuk tujuan penyimpanan. 2. Teknik lossy adalah teknik compression yang jauh lebih mudah untuk mengompres teks daripada suara, gambar, atau video. Teknik ini bisa membuang data secara permanen selama proses kompres.

44 1. Flash memory atau flash RAM card Flash memory adalah sejenis perangkat yang mengizinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam suatu operasi pemrograman. Flash memory terdiri dari sirkuit-sirkuit kartu yang dapat dimasukkan ke dalam slot yang terhubung ke motherboard. Flash memory merupakan salah satu pilihan yang tersedia dengan slot PCMCIA yang dirancang untuk komputer portabel kecil. Selain itu, flash memory ini bisa digunakan dalam memory card, USB flash, pemutar mp3, handphone, dan kemera digital.

45 2. Bubble Memory Meskipun lebih mahal dibandingkan jenis penyimpanan sekunder lainnya, tetapi bubble memory mampu bertahan dalam kondisi ekstrim. Bubble memory terdiri dari gelembung elektromagnetik yang bergerak melingkar sejalan dengan read/write head. 3. Advanced Storage Technology IBM mengumumkan pengembangan sistem pencatatan optik yang mampu menyimpan 350 juta bit per inch persegi. NEC Corp di Tokyo mengatakan telah menggunakan alat canggih yang disebut scanning tunneling microscope (STM) untuk menghapus garis- garis kecil yang tebalnya sekitar 20 atom. Para ilmuwan terus mengembangkan perangkat yang mampu menyimpan kapasitas ultra untuk data komputer.


Download ppt "Kelompok 6 Tri Susanto21022/02 Adining Satyo W22604/13 Ika Eva Mariana23363/"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google