Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

S ISTEM O PERASI Fachry Khusaini (09650137) Nur Yaqin (09650146) Hamim Aizzaty Khoirina (09650170) Proses.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "S ISTEM O PERASI Fachry Khusaini (09650137) Nur Yaqin (09650146) Hamim Aizzaty Khoirina (09650170) Proses."— Transcript presentasi:

1 S ISTEM O PERASI Fachry Khusaini ( ) Nur Yaqin ( ) Hamim Aizzaty Khoirina ( ) Proses

2 P ROSES Konsep Dasar dan Definisi Proses Penjadwalan Proses Operasi – operasi Proses Hubungan Antar Proses

3 K ONSEP D ASAR & D EFINISI PROSES - Sistem operasi mengeksekusi berbagai program :  Sistem batch = job  Time Sharing Center = program user/task - Textbook/buku teks sering menggunakan istilah job dan task - Proses adalah program yang sedang dieksekusi. - Eksekusi proses dilakukan secara berurutan. - Dalam suatu proses terdapat  program counter  Stack  daerah data.

4 S TATUS P ROSES Pada saat proses dieksekusi, akan terjadi perubahan status : New : Proses sedang dikerjakan/ dibuat. Running : Instruksi sedang dikerjakan. Waiting : Proses sedang menunggu sejumlah kejadian untuk terjadi (seperti sebuah penyelesaian I/O atau penerimaan sebuah tanda/ signal). Ready : Proses sedang menunggu untuk ditugaskan pada sebuah prosesor. Terminated : Proses telah selesai melaksanakan tugasnya/ mengeksekusi.

5 D IAGRAM PERUBAHAN STATUS PROSES

6 P ROCESS C ONTROL B LOCK (PCB)  Alat untuk merepresentasikan proses oleh OS Informasi yang terdapat pada setiap proses meliputi : a. Status Proses. New, ready, running, waiting dan terminated. b. Program Counter. Menunjukkan alamat berikutnya yang akan dieksekusi oleh proses tersebut. c. CPU Registers. Register bervariasi tipe dan jumlahnya tergantung arsitektur komputer yang bersangkutan.  Accumulator  index register  stack pointer  register serbaguna  beberapa informasi tentang kode kondisi. Selama Program Counter berjalan, status informasi harus disimpan pada saat terjadi interrupt.

7 Informasi Penjadwalan CPU. Informasi tersebut berisi prioritas dari suatu proses, pointer ke antrian penjadwalan, dan beberapa parameter penjadwalan yang lainnya. Informasi Manajemen Memori. Informasi tersebut berisi nilai (basis) dan limit register, page table, atau segment table tergantung pada sistem memory yang digunakan oleh SO. Informasi Accounting. Informasi tersebut berisi jumlah CPU dan real time yang digunakan, time limits, account numbers, jumlah job atau proses Informasi Status I/O. Informasi tersebut berisi deretan I/O device (seperti tape driver) yang dialokasikan untuk proses tersebut, deretan file yang dibuka, Process Control Block (PCB)

8 PENJADWALAN PROSES 1. Antrian penjadwalan Jenis antrian penjadwalan a. Job Queue = tempat masuknya proses pada suatu sistem b. Ready Queue = proses yang ada di memori utama dan mengantri untuk di eksekusi c. Device Queue = deretan proses yang menunggu I/O tertentu 2. Penjadwalan a. Longterm-Scheduler ( job scheduler ) = seleksi proses  ready queue b. Short-term Scheduler ( CPU scheduler ) = pilih proses  eksekusi + mengalokasikan ke CPU

9 P ENJADWALAN Short-term scheduler terjadi sangat sering (dalam milidetik), jadi setiap proses dijadwal dengan cepat long-term scheduler terjadi sangat jarang (dalam detik atau menit), sehingga setiap proses dijadwal dengan lambat Long-term scheduler digunakan untuk mengontrol tingkat multiprogramming

10 PENJADWALAN proses dapat digambarkan sebagai berikut :  I/O bound process proses yang butuh banyak waktu untuk eksekusi I/O daripada komputasi. CPU burst lebih singkat  CPU bound process proses yang butuh banyak waktu untuk eksekusi komputasi daripada I/O. CPU burst lebih lama

11 C ONTEXT S WITCH Adalah  Proses penyimpanan status proses  Mengambil status proses yang baru pada saat terjadi switching  Pada saat terjadi perpindahan proses, sistem tidak bekerja  Waktu context switch tergantung pada perangkat keras yang digunakan

12 OPERASI PADA PROSES Ada 2 jenis operasi pada proses 1. Pembuatan proses 2. Penghentian proses

13 1. Pembuatan proses Selama eksekusi, suatu proses akan membuat suatu proses yang baru  Proses tersebut dinamakan parent  Proses yang dibuat dinamakan child  Proses pembuatan proses anak membentuk pohon proses Pembagian sumber daya a. Parent dan child membagi semua sumber daya yang ada b. Child menggunakan sebagian dari sumber daya yang digunakan parent c. Parent dan child tidak membagi sumber daya OPERASI PADA PROSES

14 Bentuk eksekusi : a. Parent melanjutkan eksekusi beriringan dengan children b. Parent menunggu hingga beberapa atau seluruh children selesai Bentuk ruang alamat : a. Child adalah duplikat dari proses parent b. Child mempunyai program yang diambil dari dirinya Di UNIX - Parent akan membentuk child dengan menggunakan system call fork - Sistem call exec digunakan setelah system call fork mengganti alamat memori proses dengan program baru OPERASI PADA PROSES

15 Penghentian proses a. Berhenti jika pernyataan terakhir selesai b. Lalu meminta pada OS untuk menghapus dengan system call exit c. Proses kembalikan output ke parent proses dengan system call wait d. Proses dihapus dari list e. Menghapus PCB OPERASI PADA PROSES

16 Parent dapat menghentikan eksekusi proses dengan system call abort, alasannya : a. Child mengalokasikan sumber daya melampaui batas b. Tugas child tidak dibutuhkan lebih lanjut c. System operasi tidak mengijinkan child untuk melanjutkan jika parent berhenti dan terminasi dilanjutkan OPERASI PADA PROSES

17 Independent Proses yang tidak berakibat atau diakibatkan oleh eksekusi dari proses lain Cooperating Proses yang dapat berakibat atau diakibatkan oleh eksekusi dari proses lain PROSES YANG SALING BEKERJA SAMA (COOPERATING PROCESS)

18 Keuntungan Cooperating a. Terjadi pembagian informasi b. Meningkatkan kecepatan komputasi c. Proses dapat dibagi dalam modul-modul d. Memberikan kenyamanan pada programmer PROSES YANG SALING BEKERJA SAMA (COOPERATING PROCESS)

19 Untuk mengilustrasikan proses-proses yang saling bekerjasama ini digunakan producer-consumer problem  Unbounded-buffer producer - consumer problem tidak menggunakan batasan ukuran di buffer  bounded-buffer producer-consumer dimana buffer yang digunakan mempunyai ukuran tertentu PROSES YANG SALING BEKERJA SAMA (COOPERATING PROCESS)

20 ialah mekanisme proses-proses untuk berkomunikasi dan melakukan sinkronisasi aksinya Fasilitas interprocess communication (IPC) terdiri dari dua operasi : send ( pesan ) receive ( pesan ) KOMUNIKASI ANTAR PROSES (INTERPROCESS COMMUNICATION)

21 Komunikasi Langsung Properti yang harus terdapat pada saluran komunikasi terdiri dari :  Terdapat sambungan yang dapat bekerja secara otomatis antara tiap pasangan proses yang ingin berkomunikasi.  Sambungan tersebut menghubungkan tepat satu pasangan proses yang akan berkomunikasi.  Antar tiap-tiap pasangan proses terdapat tepat satu saluran.  Sambungan tersebut mungkin bersifat unidirectional, namun biasanya bidirectional. KOMUNIKASI ANTAR PROSES (INTERPROCESS COMMUNICATION)

22 Komunikasi Tak Langsung Properti yang harus disediakan pada saluran komunikasi adalah : a. Sambungan antara 2 proses diberikan jika antara kedua proses tersebut saling menggunakan mailbox secara bersama-sama. b. Sambungan tersebut dihubungkan dengan beberapa proses. c. Antar tiap-tiap pasangan proses yang saling berkomunikasi, ada sejumlah sambungan yang berbeda, tiap-tiap link berhubungan dengan satu mailbox. d. Sambungan tersebut mungkin bersifat unidirectional, namun biasanya bidirectional. KOMUNIKASI ANTAR PROSES (INTERPROCESS COMMUNICATION)

23 Primitif yang terdapat pada komunikasi tak langsung : send (A,pesan); mengirim pesan ke mailbox A. receive (A,pesan); menerima pesan dari mailbox A. KOMUNIKASI ANTAR PROSES (INTERPROCESS COMMUNICATION)

24 Contoh kasus P 1, P 2,P 3 = mailbox A P1  mailbox A P2. P3  mailbox A Ada salah satu solusi yang digunakan : 1. Mengijinkan 1 sambungan  max 2 proses 2. Mengijinkan hanya 1 proses pada saat eksekusi operasi receive 3. Mengijinkan sistem memilih penerima KOMUNIKASI ANTAR PROSES (INTERPROCESS COMMUNICATION)

25 Sambungan terdapat kapasitas jumlah pesan yang di tampung sementara dan berupa antrian pesan. Ada 3 cara implementasi antrian tersebut : 1. Zero Capacity - panjang = max 0 - kedua proses berjalan secara sinkron - sinkronisasi disebut dengan istilah rendezvous 2. Bounded Capacity - panjang = (n) - if antrian ≠ penuh  ada pesan, antrian paling terakhir - if antrian = penuh  menunggu hingga ada yang kosong KOMUNIKASI ANTAR PROSES (INTERPROCESS COMMUNICATION)

26 3. Unbounded Capacity - panjang = tidak tentu - pengiriman tidak pernah menunda pekerjaan Contoh komunikasi antar proses pada client server - Socket - RPC (remote procedure call) - RMI (remote method invocation) KOMUNIKASI ANTAR PROSES (INTERPROCESS COMMUNICATION)

27 Socket  gabungan IP Adress dan port RPC   Pemanggilan antar proses – proses pada sistem jaringan  Stub = Proxy pada client untuk procedure ke server  Stub sisi client menghubungi server & melewati parameter  Stub sisi server menerima pesan, parameter, dan membentuk procedur untuk proses server RMI   Mekanisme untuk komunikasi pada jaringan  Program java dapat mengirim dan menerima dari objek secara remote KOMUNIKASI ANTAR PROSES (INTERPROCESS COMMUNICATION)


Download ppt "S ISTEM O PERASI Fachry Khusaini (09650137) Nur Yaqin (09650146) Hamim Aizzaty Khoirina (09650170) Proses."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google