Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Komunikasi Data Pararel Port Pararel atau port printer sebenarnya terdiri dari tiga bagian yang masing-masing diberi nama sesuai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Komunikasi Data Pararel Port Pararel atau port printer sebenarnya terdiri dari tiga bagian yang masing-masing diberi nama sesuai."— Transcript presentasi:

1 Komunikasi Data Pararel Port Pararel atau port printer sebenarnya terdiri dari tiga bagian yang masing-masing diberi nama sesuai dengan tugasnya dalam melaksanakan pencetakan pada printer. Tiga bagian tersebut adalah Data Port (DP), Printer Control (PC), dan Printer Status (PS). DP digunakan untuk mengirim data yang harus dicetak oleh printer, PC digunakan untuk mengirimkan kode-kode control dari computer ke printer, dan PS digunakan untuk mengirimkan kode-kode status printer ke computer. DP,PC, dan PS sebenarnya adalah port-port 8 bit, namun hanya DP yang benar- benar 8 bit. Untuk PC dan PS, hanya beberapa bit saja yang dipakai yang berarti hanya beberapa bit saja dari port-port ini yang dapat kita manfaatkan untuk keperluan interfacing. Port PC adalah port baca/tulis (read/write), PS adalah port baca saja (read only), sedangkan port DP adalah port baca/tulis juga. Akan tetapi, kemampuan ini hanya dimiliki oleh Enhanced Pararel Port (EPP), sedangkan port pararel standart hanya memiliki kemampuan tulis saja. Pada EPP, pengaturan arah jalur data DP dilakukan lewat bit 5 PC. Jika bit 5 PC bernilai 0, maka jalur data dwi-arah DP menjadi output dari port pararel, sebaliknya jika bit 5 PC bernilai 1, maka jalur data dwi-arah DP menjadi input dari port pararel. Selengkapnya, konfigurasi slot DB-25 female yang terdapat pada belakang komputer, dapat dilihat pada gambar 2.9 dan konfigurasi dari DP, PC, dan PS dapat dilihat pada Tabel 2.2. pin-pin dengan keterangan komplemen akan berlogika tinggi pada keadaan awal.

2 Strobe Data 0 Data 1 Data 2 Data 3 Data 4 Data 5 Data 6 Data 7 Ack Busy Paper- In/Out Out In Control bit 0 Data bit 0 Data bit 1 Control bit 2 Control bit 3 Control bit 4 Control bit Control bit 6 Control bit 7 Status bit 6 Status bit 7 Status bit 5 Ya Out/Paper -End 13SelectInStatus bit 4 14Auto-In/OutControl bit 1Ya Linefeed 15Error /InStatus bit 5 Fault 16InitializeIn/OutControl bit 2 17Select-In/OutControl bit 3Ya Printer/ Select-in 18-25GroundGnd Untuk dapat menggunakan port pararel, kita harus mengetahui alamatnya. Base Address LPT1 biasanya adalah 888 (378h) dan LPT2 biasanya 632 (278h). Alamat tersebut adalah alamat yang umumnya digunakan, tergantung dari jenis computer. Tepatnya kita bias melihat pada peta memori tempat menyimpan alamat

3 PutaranPutar ke kananPutar ke kiri Lilitan1 Lilitan 2 Lilitan 3 Lilitan 1 Lilitan 2 Lilitan 3 Step Step Step Step 4Kembali seperti step 1Kembali seperti Jika lilitan 1 dilewati oleh arus, sementara lilitan 2 dan lilitan 3 tidak dialiri arus, maka kumparan 1 akan menghasilkan gaya tolakan kepada rotor dan rotor o akan berputar sejauh 30 searah jarum jam sehingga kutub rotor dengan label Y sejajar dengan kutub dengan label 2. Jika kemudian lilitan 2 dilewati arus, selanjutnya lilitan 3, dan akhirnya kembali ke lilitan 1 lagi berulang terus menerus secara berurutan, maka motor akan berputar secara terus-menerus. Urutan pemberian arus pada lilitan da arah putaran yang dikehendaki ditunjukkan pada Tabel 2.4. ‘1’ pada Tabel 2.4 diartikan bahwa lilitan yang bersangkutan dilewati arus sehingga menghasilkan gaya tolak untuk rotor, sedangkan ‘0’ diartikan lilitan dalam kondisi off, yakni tidak mendapatkan arus. Pada Tabel 2.4 juga ditunjukkan, untuk membalik urutan pemberian arus pada lilitan. Tabel 2.3 Urutan pemberian arus


Download ppt "Komunikasi Data Pararel Port Pararel atau port printer sebenarnya terdiri dari tiga bagian yang masing-masing diberi nama sesuai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google