Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bab 1 Mengenal Menu Dan Ikon Pada Program Microsoft Word.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bab 1 Mengenal Menu Dan Ikon Pada Program Microsoft Word."— Transcript presentasi:

1

2 Bab 1 Mengenal Menu Dan Ikon Pada Program Microsoft Word

3 Peta Konsep

4 Bentuk-Bentuk Tulisan yang Dapat Dikerjakan dengan Program Pengolah Kata •Surat•Pamflet•Laporan ’ •Naskah•Makalah•Tulisan Ilmiah

5 Kelebihan Program Pengolah Kata Berbasis GUI (Graphic User Interface) Menganut sistem WYSWYG (What You See is What You Get) Penyuntingan dan koreksi naskah bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Menyediakan berbagai jenis font untuk menghasilkan cetakan yang baik. Dapat memeriksa ejaan yang salah secara otomatis. Dapat dimodifikasi dengan gaya dan format dokumen yang dikehendaki.

6 Membuka Program Microsoft Word Menjalankan program aplikasi pengolah kata Microsoft Word dari desktop komputer dapat dilakukan dengan langkah-langah sebagai berikut. a. Langkah pertama, klik tombol Start. b. Kemudian pilih menu Program. c. Pilih Microsoft Office lalu pilih dan klik Microsoft Office Word. d. Tunggu hingga tampilan dokumen kosong Microsoft Word muncul.. Menjalankan program aplikasi pengolah kata Microsoft Word dari desktop komputer dapat dilakukan dengan langkah-langah sebagai berikut. a. Langkah pertama, klik tombol Start. b. Kemudian pilih menu Program. c. Pilih Microsoft Office lalu pilih dan klik Microsoft Office Word. d. Tunggu hingga tampilan dokumen kosong Microsoft Word muncul..

7 Menutup Program Microsoft Word Menutup program aplikasi Microsoft Word dilakukan melalui cara sebagai berikut. a. Langkah pertama, klik menu File. b. Pilih dan klik Exit. Secara otomatis, jendela program akan menutup. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengklik tombol Close windows (x) yang berada di sudut kanan atas pada jendela Microsoft Word. Menutup program aplikasi Microsoft Word dilakukan melalui cara sebagai berikut. a. Langkah pertama, klik menu File. b. Pilih dan klik Exit. Secara otomatis, jendela program akan menutup. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengklik tombol Close windows (x) yang berada di sudut kanan atas pada jendela Microsoft Word.

8 Menu dan Ikon Microsoft Word Baris Judul (Title Bar) Baris Menu (Menu Bar) Standard Toolbar Formatting Toolbar Garis Mistar (Ruler) Baris Penggulung (Scroll Box) Baris status (Status Bar)

9 Baris Judul (Title Bar) Baris Judul (Title Bar) adalah tempat di mana dokumen diletakkan. Layar baru Microsoft Word akan ditampilkan dengan nama Document1. Kamu dapat mengganti namanya dengan fasilitas Rename

10 Baris Menu (Menu Bar) Pada baris menu terdapat berbagai menu, yaitu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Windows, dan Help. Semua perintah dalam Word ada di dalam menu utama tersebut. Baris menu tersebut berbentuk menu pull down, maksudnya, jika kita pilih salah satu menu maka isi dari menu tersebut akan tampil di dalam kotak dialog, kemudian kita dapat mengoperasikan dengan bantuan mouse.

11 Menu File Menu File berhubungan dengan operasi terhadap file dokumen dengan sub menu sebagai berikut. 1) New : membuat dokumen baru. 2) Open : membuka file dari peranti atau media penyimpan. 3) Close : menutup jendela dokumen aktif. 4) Save : menyimpan dokumen yang masih aktif. 5) Save As : menyimpan dokumen yang belum mempunyai nama atau mengganti nama file dokumen yang akan disimpan. 6) Save As Web Page : menyimpan dokumen dalam bentuk halaman web. 7) Web Page Preview : melihat contoh tampilan halaman web yang dibuat dan yang akan dicetak. 8) Page Setup : mengatur halaman dokumen yang akan dicetak. 9) Print Preview : melihat contoh hasil dokumen (margins, ukuran kertas) sebelum dicetak melalui printer. 10) Print : mencetak dokumen. 11) Send To : mengirim dokumen. 12) Properties : membuat ringkasan dari dokumen yang aktif. 13) Exit : keluar dari Word sebelum menutup semua dokumen.

12 Menu Edit Menu Edit berhubungan dengan penyuntingan (editing) terhadap file dokumen dengan submenu sebagai berikut. 1) Undo : membatalkan perintah yang terakhir dilakukan. 2) Repeat : mengulangi perintah terakhir yang sebelumnya dibatalkan melalui perintah undo. 3) Cut : memotong sebagian atau seluruh data. 4) Copy : menyalin data. 5) Paste : menyisipkan/meletakkan hasil copy dan cut. 6) Paste Special : fasilitas pendukung perintah cut dan copy terhadap hyperlink pada dokumen. 7) Clear : membersihkan atau menghapus semua data yang ada di dokumen. 8) Select All : memilih (memblok) seluruh isi dari dokumen. 9) Find : mencari data pada dokumen. 10) Replace : menggantikan data pada dokumen dengan data baru. 11) Go to : berpindah ke halaman tertentu dari dokumen bagian-bagian dari dokumen atau footnote. 12) Links : menampilkan atau mengubah setiap link yang ada di file dokumen. 13) Object : mengedit objek yang berasal dari insert yang berhubungan dengan link.

13 Menu View Menu View berhubungan dengan tampilan dari file dokumen dengan sub menu sebagai berikut. 1) Normal : menampilkan dokumen dalam status normal. 2) Web Layout : menampilkan dokumen dalam layouts web. 3) Print Layout : menampilkan dokumen dalam layouts cetak. 4) Outline : menampilkan struktur dokumen. 5) Toolbar : memunculkan toolbar word. 6) Ruler : memunculkan garis mistar dokumen. 7) Document Map : memunculkan bagian dari sub bagian dari dokumen pada jendela tersendiri. 8) Header dan Footer : membuat header dan footer sebagai efek cetakan. 9) Comments : menampilkan toolbar reviewing dan comment pada dokumen. 10) Footnotes : menampilkan catatan kaki dokumen. 11) Full Screen : menampilkan dokumen satu tayangan penuh. 12) Zoom : mengubah ukuran tampilan dokumen words.

14 Menu Insert Menu Insert berhubungan dengan penyisipan pada file dokumen dengan sub menu sebagai berikut. 1) Break : untuk membuat pemutusan halaman, section, kolom atau pun teks dari dokumen word. 2) Page number : menyisipkan nomor halaman. 3) Date and Time : menyisipkan tanggal dan waktu. 4) Auto Text : menyisipkan teks tertentu. 5) Field : menyisipkan field. 6) Symbol : menyisipkan simbol. 7) Comments : memberikan komentar lembar kerja. 8) Cattions : menyisipkan judul tabel grafik atau persamaan dalam tabel. 9) Crossreverence : menyisipkan reverensi silang. 10) Index dan Tables : menyisipkan indeks dokumen, daftar isi, dan daftar gambar. 11) Picture : menyisipkan gambar dari fasilitas clipart, pronfile, autosave organitations cart, dan wordArt. 12) Diagram : menyisipkan diagram dari fasilitas diagram galeri. 13) Text Box : menyisipkan kotak yang dapat diisi teks. 14) File : menyisipkan file dokumen. 15) Object : menyisipkan objek. 16) Bookmark : menyisipkan bookmark. 17) Hyperlink : menyisipkan teks dan gambar hyperlink pada lembar kerja dan membuat shortcut dalam membuka lembar kerja yang tersimpan di piranti penyimpanan.

15 Menu Format Menu Format berhubungan dengan operasi pengaturan terhadap file dokumen dengan submenu sebagai berikut. 1) Font : mengatur tampilan font yang digunakan dalam dokumen. 2) Paragraph : mengatur paragraf. 3) Bullets dan Numbering : mengatur pemberian tanda dan penomoran item. 4) Borders and Shading : mengatur garis-garis batas antarteks dan pembuatan efek bayangan. 5) Columns : mengatur jumlah lajur kolom dalam dokumen. 6) Tabs : mengatur letak tabulasi dokumen. 7) Change Case : mengubah huruf kapital. 8) Background : mengatur warna latar belakang dari dokumen. 9) Theme : mengganti style dokumen. 10) Frames : mengatur frames. 11) Auto Format : mengatur secara otomatis. 12) Style and Formating : mengatur bentuk paragraf.

16 Menu Tools Menu Tools berhubungan dengan pengaturan elemen-elemen yang ada di word dengan submenu sebagai berikut. 1) Spelling and Grammar : memeriksa ejaan pada kata dokumen. 2) Language : mengatur penggunaan bahasa. 3) Wordcount : penghitungan jumlah halaman huruf, kata, dan paragraf. 4) Autocorrect : untuk menggabungkan dokumen. 5) Trackchanges : melihat pengubahan data yang dilakukan berdasarkan waktu, siapa dan dimana pengubahan itu terjadi di dalam jaringan komputer. 6) Protect Document : mengamankan atau memproteksi dokumen online. 7) Collaboration : menyusun dan mengadakan pertemuan beserta dengan jadwalnya, fasilitas ini terdiri dari MeetnNow, Schedule Meeting, dan Web Discussion. 8) Mailmerge : menggunakan fasilitas mailmerge. 9) Envelope and Lables : pembuatan surat dan label. 10) Letter Wizzards : membuat surat dengan fasilitas bantuan dan word. 11) Macro : membuat atau menjalankan program macro, mengedit, atau menghapus macro. 12) Templates and Add Ins : mengaktifkan atau menonaktifkan program Add and Templates Word. 13) AutoCorrect Options : memperbaiki teks secara otomatis. 14) Customize : mengubah toolbar dan menu sesuai dengan keinginan. 15) Options : pilihan dalam pengaturan.

17 Menu Table Menu Table berhubungan dengan pembuatan tabel dalam dokumen dengan submenu sebagai berikut. 1) Draw Table : membuat tabel dengan menggambar. 2) Insert : menyisipkan tabel, kolom, baris, dan sel. 3) Delete : menghapus tabel, kolom, baris, dan sel. 4) Merge Cells : menggabungkan sel-sel dalam tabel. 5) Split Cells : memisahkan sel-sel dalam tabel. 6) Convert : mengkonversi tabel ke dalam teks atau sebaliknya. 7) Sort : mengurutkan data dalam tabel. 8) Table Properties : menampilkan rangkuman dalam tabel. 9) Formula : menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan oleh word.

18 Menu Window Menu Window berhubungan dengan pengaturan terhadap jendela kerja dari dokumen dengan submenu sebagai berikut. 1) New Windows : memperlihatkan dokumen yang sedang disunting pada jendela baru. 2) Arrange All : mengatur jendela dari dokumen. 3) Split : membagi dokumen menjadi dua dokumen agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan

19 Menu Help Menu Help digunakan sebagai fasilitas bantuan dari Microsoft Word, dengan submenu sebagai berikut. 1) Microsoft Word Help : menampilkan menu bantuan Word. 2) What’this? : memberikan penjelasan dan fungsi word dengan menampilkan teks pada toolbars. 3) Office on the Web : koneksi internet pada situs office pada web. 4) Detect Repair : mendeteksi dan memperbaiki kesalahan pada word. 5) About Microsoft : melihat penjelasan tentang Word dan konfigurasi komputer yang digunakan membagi dokumen menjadi beberapa bagian.

20 Standard Toolbar Standard Toolbar berisi seperangkat ikon yang berfungsi menggantikan perintah-perintah yang terdapat pada baris menu (Menu Bar).

21 Formatting Toolbar Dalam Formatting Toolbar terdapat ikon-ikon yang berfungsi untuk mengolah teks ke dalam gaya tulisan yang dikehendaki. Misalnya mengubah naskah untuk menjadi miring, kamu tinggal mengklik ikon Italic atau dengan menekan tombol Ctrl + I pada bagian teks yang diblok.

22 Garis Mistar (Ruler) Ruler atau mistar merupakan ukuran pengatur margin atau batas tepi teks, tabulasi, dan kedalaman paragraf. Ada dua jenis Ruler, yaitu vertikal dan horizontal. Ruler dapat ditampilkan pada layar maupun tidak. Untuk memunculkan Ruler, dilakukan dengan cara sebagai berikut.  a. Klik menu View pada menu bar.  b. Pilih dan klik Ruler.

23 Baris Penggulung (Scroll Box) Scroll Box digunakan untuk menggeser halaman ke atas, ke bawah. ke kanan, atau ke kiri hingga batas halaman pada tampilan layar. Ada dua macam scroll box, yaitu vertikal dan horizontal.

24 Baris Status (Status Bar) Status Bar berada pada bagian bawah layar. Berisikan informasi tentang halaman yang sedang dipakai, nomor seksi, letak baris di mana titik sisip kursor berada.

25 Drawing Toolbar Drawing Toolbar adalah baris ikon yang berisi fasilitas untuk memudahkan dalam menggambar dan pembuatan suatu bentuk.


Download ppt "Bab 1 Mengenal Menu Dan Ikon Pada Program Microsoft Word."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google