Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WINDOWS EXPLORER STRUKTUR DIREKTORI & FILE Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WINDOWS EXPLORER STRUKTUR DIREKTORI & FILE Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom."— Transcript presentasi:

1 WINDOWS EXPLORER STRUKTUR DIREKTORI & FILE Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom.

2 W INDOWS E XPLORER Adalah fasilitas yang berfungsi untuk mengelola file dan folder dalam sistem operasi windows. Dengan Windows Explorer kita dapat mengatur penggunaan drive yang aktif atau menggunakan file yang aktif pada floppy disk, local drive, sistem jaringan, dan sistem koneksi internet. Perintah lain dari Windows Explorer adalah melihat, menyalin, menghapus, dan memindahkan file dan folder dari floppy disk / local disk drive yang satu ke yang lainnya.

3 M ENJALANKAN W INDOWS E XPLORER Cara 1 :  Klik tombol Start,  Pilih menu All Programs,  Pilih menu Accessories,  Klik menu Windows Explorer. Cara 2 :  Tekan tombol Start (tombol windows dari keyboard) dan tombol huruf E secara bersamaan.

4 Cara 3 :  Klik tombol Start,  Klik menu Run,  Ketikkan “explorer”  Lalu tekan tombol enter atau klik OK Cara 4 :  Buka menu My Computer (Klik Start, klik menu My Computer)  Pada menu bar, klik menu Folders, maka akan muncul tampilan Windows Explorer. Cara 5 :  Klik kanan pada tombol Start,  Klik menu Explore.

5 T AMPILAN W INDOWS E XPLORER

6 Nama ToolbarPenjelasan Back digunakan untuk kembali ke tampilan sebelumnya. Forward digunakan untuk menuju ke tampilan berikutnya. Up digunakan untuk berpindah ke bagian atas (ke parent directory). Search digunakan untuk pencarian folder atau file dengan cepat. Folders digunakan untuk menampilkan atau menyembunyikan jendela explorer. View digunakan untuk mengubah tampilan nama isi dari folder.

7 M ENGUBAH B ENTUK T AMPILAN F OLDER Keadaan default Windows Explorer akan menampilkan informasi singkat dari setiap folder atau posisi drive yang dipilih. Informasi tersebut diantaranya berisi nama program, nama dokumen, kapasitas berikut nama file, dan sebagainya. Langkah-langkahnya :  Klik menu View  Disediakan beberapa pilihan tampilan folder dan file pada Windows XP, yaitu Thumbnails, Icons, Tiles, List, dan Details.

8 Thumbnails : untuk menampilkan folder dan file dalam bentuk icon yang besar, diikuti nama folder atau file itu, untuk tampilan thumbnails dari folder dapat terlihat isi folder tersebut. Icons : untuk menampilkan folder, nama file yang berbentuk icon kecil. Tiles : untuk menampilkan folder, nama file dan ukuran file serta keterangan program. List : untuk menampilkan folder dan file dengan bentuk tampilan namanya saja. Details : untuk menampilkan folder dan nama file, ukuran, jenis file, dan tanggal.

9 M ENGUBAH U RUTAN T AMPILAN F OLDER Jika urutan isi dari folder tidak beraturan, kita dapat mengubah tampilan tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan. Langkah – langkahnya :  Klik menu View,  Klik dan pilih Arrange Icons By,  Disediakan beberapa pilihan untuk mengatur urutan tampilan folder dan file yang diinginkan : Names, Size, Type, Modified, Auto Arrange, Show in Groups, Align to Grid.

10 Names : untuk menampilkan isi folder berdasarkan urutan nama. Size : untuk menampilkan isi folder berdasarkan urutan dan kapasitas file. Type : untuk menampilkan isi folder berdasarkan urutan jenis folder. Modified : untuk menampilkan isi folder berdasarkan urutan tanggal terakhir dimodifikasi. Auto Arrange : untuk menata tampilan isi folder secara otomatis. Show in Groups : untuk menata tampilan isi folder per kelompok alphabetis dari nama file nya. Align to Grid : untuk menata tampilan isi folder sesuai keinginan dimana ingin diletakan, dengan syarat fungsi Auto Arrange tidak aktif.

11 P ERINTAH P ADA P ENGATURAN F OLDER Membuat Folder  Klik menu File pada menu bar,  Pilih menu New, kemudian Klik Folder.  Ketikkan nama folder yang diinginkan pada folder baru yang dibuat, lalu klik disembarang tempat. Atau  Klik kanan mouse di tempat kosong pada windows explorer, pilih New, klik Folder.  Ketikkan nama folder yang diinginkan pada folder baru yang dibuat, lalu klik disembarang tempat.

12 Mengganti Nama Folder  Klik kanan pada nama folder yang akan diubah,  Klik pilihan Rename,  Ketikkan nama folder baru yang diinginkan, lalu klik di sembarang tempat. Atau  Klik pada folder yang akan diubah, klik lagi pada nama folder tersebut,  Ketikkan nama folder baru yang diinginkan, lalu klik di sembarang tempat.

13 Menyalin (copy) Folder  Klik kanan pada folder yang akan disalin,  Klik pilihan Copy,  Pergi ke folder / local disk drive lain yang diinginkan, lalu klik kanan pada tempat kosong, pilih menu Paste. Memindahkan (move) Folder  Klik kanan pada folder yang akan dipindahkan,  Klik pilihan Cut,  Pergi ke folder / local disk drive lain yang diinginkan, lalu klik kanan pada tempat kosong, pilih menu Paste.

14 Menghapus (delete) Folder  Klik kanan pada folder yang akan dihapus,  Klik menu Delete, lalu akan muncul message box dengan pertanyaan, “Are you sure you want to send this to the Recycle Bin?”  Klik Yes, maka folder tersebut akan berpindah ke Recycle Bin, untuk benar-benar menghapus suatu folder maka masuk ke Recycle Bin lalu lakukan kembali langkah-langkah di atas, atau pilih folder yang akan dihapus lalu tekan tombol Shift + Del pada keyboard, kemudian klik Yes.

15 M ENGOLAH F ILE Menyeleksi File  Click : untuk menyeleksi dan memilih sebuah file.  Shift + Click : untuk menyeleksi beberapa file.  Ctrl + Click : untuk menyeleksi file secara bebas.  Ctrl + A : untuk menyeleksi secara keseluruhan. Mengubah Nama File  Klik kanan pada file yang akan diubah,  Klik pilihan Rename,  Ketikkan nama file baru yang diinginkan, lalu klik di sembarang tempat. Atau  Klik pada file yang akan diubah, klik lagi pada nama file,  Ketikkan nama file baru yang diinginkan, lalu klik di sembarang tempat.

16 Menghapus (delete) File  Klik kanan pada file yang akan dihapus,  Klik menu Delete, lalu akan muncul message box dengan pertanyaan, “Are you sure you want to send this to the Recycle Bin?”  Klik Yes, maka file tersebut akan berpindah ke Recycle Bin, untuk benar-benar menghapus suatu file maka masuk ke Recycle Bin lalu lakukan kembali langkah-langkah di atas, atau pilih file yang akan dihapus lalu tekan tombol Shift + Del pada keyboard, kemudian klik Yes.

17 Menyalin (copy) File :  Klik kanan pada file yang akan disalin,  Klik pilihan Copy,  Pergi ke folder / local disk drive lain yang diinginkan, lalu klik kanan pada tempat kosong, pilih menu Paste. Memindahkan (move) File :  Klik kanan pada file yang akan dipindahkan,  Klik pilihan Cut,  Pergi ke folder / local disk drive lain yang diinginkan, lalu klik kanan pada tempat kosong, pilih menu Paste.

18 Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom.


Download ppt "WINDOWS EXPLORER STRUKTUR DIREKTORI & FILE Dasar Komputer Renni Angreni, S.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google