Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 4.  IP address adalah alamat yang diberikan pada jaringan komputer dan peralatan jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP. IP address terdiri.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 4.  IP address adalah alamat yang diberikan pada jaringan komputer dan peralatan jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP. IP address terdiri."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 4

2  IP address adalah alamat yang diberikan pada jaringan komputer dan peralatan jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP. IP address terdiri atas 32 bit angka biner yang dapat dituliskan sebagai empat kelompok angka desimal yang dipisahkan oleh tanda titik seperti

3 Sebuah subnetwork, atau subnet, adalah pembagian logis terlihat dari jaringan IP. Praktek membagi jaringan menjadi dua atau lebih jaringan disebut subnetting. Awalan routing dinyatakan dalam notasi CIDR. Hal ini ditulis sebagai alamat pertama dari jaringan, diikuti oleh karakter slash (/), dan berakhir dengan panjang bit-dari awalan. Sebagai contoh, /24 adalah awalan dari Internet Protocol Version 4 jaringan mulai dari alamat yang diberikan, memiliki 24 bit yang dialokasikan untuk awalan jaringan, dan sisanya 8 bit dicadangkan untuk host mengatasi. Spesifikasi alamat IPv6 2001: DB8 :: / 32 adalah jaringan besar dengan 296 alamat, memiliki prefix routing 32-bit. Dalam IPv4 prefix routing juga ditentukan dalam bentuk subnet mask, yang dinyatakan dalam quad-representasi desimal bertitik seperti alamat. Misalnya, adalah topeng jaringan untuk awalan /24.

4 Network address mempresentasikan porsi jaringan dari alamat IP. Misalnya host di jaringan kelas A memimiliki network address host jaringan yang menggunakan IP pribadi seperti akan menggunakan network Address seperti Network address tersebut menjelaskan bahwa jaringan termasuk dibagian kelas C network.

5 Broadcast Address merupakan alamat IP yang memungkinkan data jaringan dikirim secara simultan ke semua host di subnetwork. Broadcast Address standar untuk jaringan IP adalah Namun alamat broadcast ini tidak bisa digunakan untuk mem-broadcast pesan ke semua host diinternet karena adanya blok oleh router.

6  Gateway Address alamat IP yang harus dilewati oleh semua komputer dijaringan ingin berkomunikasi dengan jaringan lain. Jika sebuah host di jaringan ingin berkomunikasi dengan host dijaringan lain makla perlu adanya network gatewai.

7 Nameserver Address adalah menunjuk IP address dari Domain Name Service (DNS) yang bertujuan menerjemahkan nama hostname ke alamat IP. Ada tiga lapis Nameserever yaitu :  Primary Nameserver Address  Secondary Nameserver Address  Tertiary Nameserver Address

8 IP Routing merupakan kegiatan menentrukan path di jaringan TCP/ IP diamana data akan dikirim. Kegiatan routing menggunakan tabelo routing untuk mengarahkan Fordwrding dari jaringan sehingga data bisa dikirim dari sumber ke tujuan.

9  Minimum Routing  Static Routing  Dynamic Routing

10 TCP/ IP merupakan sekumpulan protokol yang didukung oleh Ubuntru untuk melakukan fungsi- fungsi komunikasi data pada jaringan komputer dimana masing-masing protokol memiliki tanggung jawab atas bagian-bagian tertentu dari sebuah komunikasi data.

11 Konfigurasi paling cepat dan ringkas untuk TCP/IP adalaha melalui terminal, bahkan tidak hanya pada konfiigurasi TCP/IP saj, konfigursai untuk semua atribut jaringan dilinux adalah melalui terminal. Mengkonfigurasi TCP?IP di Ubuntu adalah mengedit file dalam direktori/etc/network/interfaces. Didalam file ini terdapat TCP/IP komputer.

12 File tersebut hanya bernama interfaces tanpa memiliki extansi. Apabila dibuka menggunakan sofware editor, seperti gedit atau pico maka terlihat teks-teks didalam.nya

13 1. Klik menu aplication  accessories  terminal 2. dalam jendela terminal, ketikkan perintah gedit yang ditujukan ke dalam direktori interface. 3. Tambahkan pengaturan konfigurasi ethernet bernama eth0 seperti printah berikut :

14  auto Io  iface Io net loopback  Auto eth0  Iface eth0 inrt static  Address  Network  Netmask  Broadcast  Gateway

15 1. Klik menu System  Preferances  Network Connections

16 2. Pada jendela Network Connection, pilih dan klik tab Wizerd. Lalu klik tombol Add. 3. Karena menggunakan jenis jaringan DHCP maka pada jendela Editing Auto eth0, klik tab IPv4 Settings

17

18

19 Untuk mengaktifkan koneksi Network melalui konsole dengan menggunakan perintah : Sudo ifconfig eth0 up Perintah untuk mematikan yaitu : Sudo ifconfig eth0 down

20


Download ppt "Pertemuan 4.  IP address adalah alamat yang diberikan pada jaringan komputer dan peralatan jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP. IP address terdiri."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google