Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BY:Theo,Mitha,Priesta,Patty.  Menurut KBBI berdoa adalah suatu permohonan (pengharapan,permintaan,pujian)kepada Tuhan  Menurut Xavier Leon – Dufour,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BY:Theo,Mitha,Priesta,Patty.  Menurut KBBI berdoa adalah suatu permohonan (pengharapan,permintaan,pujian)kepada Tuhan  Menurut Xavier Leon – Dufour,"— Transcript presentasi:

1 BY:Theo,Mitha,Priesta,Patty

2  Menurut KBBI berdoa adalah suatu permohonan (pengharapan,permintaan,pujian)kepada Tuhan  Menurut Xavier Leon – Dufour, dalam bukunya ensiklopedi perjanjian baru doa dalam bahasa Yunani mempunyai beberapa arti diantaranya adalah aiteo yang berarti meminta.  Sedangkan menurut J.G.S.S Thomson dalam artikelnya di ensiklopedia aklkitab masa kini jilid I, menuliskan bahwa doa merupaklan kebaktian yang mencakup segala sikap roh manusia dalam pendekatannya kepada Allah.  Sedangkan jika didefinisikan oleh kita,berdoa adalah ungkapan perasaan(dimana ketika kita berdoa kita tidak selalu meminta),memohon bantuan serta pertolongan kepada Tuhan.

3 Isi dari Doa yang Baik Pembukaan:Ucapan Syukur dan puji-pujian kepada Tuhan Isi:Ungkapan dan permohonan kta kepada Tuhan Penutup:Tambahan kata-kata permohonan kepada orang tertentu(orang kudus),dan diakhiri dengan amin.

4 (Mat 6:6)”Tetapi jika engkau berdoa,masuklah ke dalam kamarmu,tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapa mu yang tersembunyi,maka bapamu yang melihat tersembunyi akan membalasnya kepadamu. Pribadi:Berkelompok:  Berdoalah secara diam-diam-Berdoalah dengan khidmat tanpa dan hanya Tuhan yang tahu kebisingan  Tidak perlu bertele-tele-Berdoa tidak perlu bertele-tele  Bersikap sopan baik dalam-Tidak perlu pamer kepada teman perbuatan dan perkataan.-Berdoa jangan hanya sekedar berdoa tetapi diresapi maknanya.

5 S IKAP D OA DAN P ENJELASANNYA Sikap doa yaitu: Berdiri:Berdiri menyatakan keyakinan dan perasaan yang utuh, jiwa yang siaga di hadapan Allah, siap bertemu dan berdialog dengan yang Ilahi. Duduk:Sikap duduk bisa menggambarkan saat orang mengharapkan sesuatu; ia sedang mendengarkan atau mencerna suatu pesan. Keadaan batin tertentu juga bisa digambarkan dengan duduk. Berlutut:Berlutut bisa menandakan “kegagalan, kekalahan”. Kita pasrah dan mengakui kelemahan kita di hadapan Allah. Sikap tubuh ini menunjukkan semangat kerendahan diri yang menguasai hati dan jiwa kita. Menengadahkan tangan:Menengadahkan tangan biasanya dilakukan saat menyanyikan doa Bapa Kami dan ini tidak wajib hukumnya.

6 Berdoa itu tidak diatur kapan dilakukan.Itu menurut kita saja.Kapan dan dimana saja kita bisa berdoa.Dalam keadaaan genting,suka,dan duka kita dapat berdoa. Contoh: Dalam suka:Mengucap syukur karena sudah diberi sukacita. Dalam duka:Pada saat ada yang wafat berdoalah agar ia diterima di sisi-Nya Dalam genting:Ketika kita tersesat kita dapat minta bantuan Tuhan agar menemukan jalan. “Berdoalah selagi masih bisa berdoa!!!”

7 Jenis-jenis doa  Doa pribadi Doa pribadi adalah doa yang dilakukan oleh seorang dan mungkin juga berisi hal-hal pribadi/hal lainnya,misalnya(doa sebelum tidur,doa rosario,novena,dll)  Doa bersama Doa bersama adalah doa yang dilakukan oleh sekelompok orang dan biasanya disebut perkumpulan doa.Doa bersama contohnya(doa lingkungan,doa rosario,novena,dll)

8 Teladan Yesus dalam berdoa Sifat Yesus yang rajin berdoa dan berpasrah kepada Bapa-Nya wajib kita tiru sebagai murid dan anak- anaknya.Yesus selalu mengkaitkan Bapa dalam setiap karyanya,kita pun sebagai muridnya harus meneladaninya. Sikap Yesus yang rajin berdoa dapat kita lihat dalam(Mat 14:32-42)dalam keadaan genting pun Ia tetap berdoa. Bahkan saat Ia wafat di kayu salib Ia masih bisa berdoa kepada para pembunuhnya: “Ya Bapa ampunilah mereka sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat”

9  Bapa Kami menurut Mat 6:9-13: Bapa kami yang ada di surga di kuduskanlah nama-Mu,datanglah Kerajaan-Mu,jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga Berikanlah makanan kami pada hari ini makanan kami secukupnyadan ampunilah kesalahan kami,seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;dan janganlah masukkan ke dalam pencobaan,tetapi bebeaskan kami dari pada yang jahat.[Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya.Amin]

10  Bapa Kami menurut Lukas 11:2-4 Bapa dikuduskanlah nama-Mu;datanglah kerajaan-Mu.Berikanlah kami setiap hari makanan kami secukupnya dan ampunilah kami akan dosakami,sebab kami pun mengampuni setiap orang yang bersalah kepada kami;dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan.

11  Bapa Kami menurut Khatolik Bapa Kami versi Khatolik merangkum kata- kata(berilah kami makanan kami secukupnya pada hari ini)dengan kata berilah kami rezeki pada hari yang lebih mereangkum ke semua aspek. Bapa Kami yang ada di surga dimuliakanlah nama-Mu;datanglah kerajaan-Mu.Jadilah kehendak-Mu di atas bumi seperti di dalam surga.Beerilah kami rezeki pada hari ini dan ampunilah kesalah kami seperti kami pun mengampuni yang bersalah kepada kami,dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan,tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.

12 Terima Kasih GOD WITH US ALWAYS RECOMENDATED BY SACI


Download ppt "BY:Theo,Mitha,Priesta,Patty.  Menurut KBBI berdoa adalah suatu permohonan (pengharapan,permintaan,pujian)kepada Tuhan  Menurut Xavier Leon – Dufour,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google