Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

POWER POINT KELOMPOK 8 JUDUL: RUMAH MAKAN PADANG DISUSUN OLEH: 1.SARAH MAULIANA (ERCIB0047) 2.DIKKY ALAM M (ERC1BOO8053) 3.MAILI PUJI ASTUTI (ERC1BOO8120)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "POWER POINT KELOMPOK 8 JUDUL: RUMAH MAKAN PADANG DISUSUN OLEH: 1.SARAH MAULIANA (ERCIB0047) 2.DIKKY ALAM M (ERC1BOO8053) 3.MAILI PUJI ASTUTI (ERC1BOO8120)"— Transcript presentasi:

1 POWER POINT KELOMPOK 8 JUDUL: RUMAH MAKAN PADANG DISUSUN OLEH: 1.SARAH MAULIANA (ERCIB0047) 2.DIKKY ALAM M (ERC1BOO8053) 3.MAILI PUJI ASTUTI (ERC1BOO8120) 4.AHMAD RIZAL NAZORI (ERC1B008005) 5.AULIA PUTRI ANWAR (ERC1B008033) 6.HERUYOSO (ERC1B008001)

2 BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah Semua kota-kota besar ataupun kecil di Indonesia, dengan mudah rumah makan padang bisa kita temui.Bisnis rumah makan padang memang banyak didominasi oleh orang asli padang. Tak heran selain dikenal ahli berdagang,orang padang memiliki tradisi merantau yang kuat. Nah ketika merantau orang padang mencari rizki dari berdagang,tak terkecuali bisnis warung makan. Namun saat ini bisnis rumah makan padang tidak selalu didominasi oleh orang asli padang.Seperti halnya warteg yang banyak penggemarnya,makanan padang pun banyak diminati.Bisa kita lihat pada pukul : siang,para pekerja kantoran banyak memenuhi warung-warung makan Padang.Tak hanya siang,saat jam makan malam pun ramai. Tak hanya soal pedas dan kemantapan dari sambal padang,beragam jenis masakan pun dengan gampang bisa kita dapatkan, seperti rendang, aneka gulai, soto padang, dendeng balado,sambal balado dsb. Banyak rumah makan padang yang masih memasok bahan dari ranah minang.

3 Pengelola rumah makan padang juga mempertahankan keaslian rasa masakan minang dengan menggunakan koki dari Sumatera Barat. Atau setidaknya mereka meminta bantuan orang dari Sumatera Barat untuk mengontrol kualitas masakan.Persiapan dalam memulai bisnis restoran/tempat makan lainnya, adalah tersedianya prasarana dan sarana. Pengertian tersedianya bukan berarti harus menjadi miliknya, tetapi bisa diperoleh dari meminjam atau menyewa terlebih dahulu, kecuali memang tersedia dana yang cukup yang sengaja diinvestasikan ke usaha Anda untuk jangka panjang. Prasarana adalah hal-hal kemudahan bersifat fisik maupun non fisik yang mendukung pengoperasian sarana-sarana atau alat-alat. Sedangkan sarana adalah alat- alat untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu. Dalam usaha rumah makan/restoran, maka yang termasuk prasarana adalah tempat yang strategis, tenaga ahli (juru masak), modal usaha, dan izin usaha, sedangkan meja kursi, peralatan makan, peralatan masak, dan sebagainya adalah sarana

4 Beberapa tips memulai usaha rumah makan yang bisa Anda jalankan: 1. Bukalah usaha ini ditempat yang strategis, banyak orang lalu lalang, dipinggir jalan raya, cukup banyak kendaraan yang lewat. 2. Usaha rumah makan juga sangat sensitif terhadap rasa, karena itu penting sekali ada tukang masak yang betul-betul ahli dibidangnya. 3. Sebaiknya Anda juga mengurus izin usahanya. 4. Mengenai pemilihan nama, sebaiknya bukan hanya mudah dikenal, tetapi juga akrab dan sesuai.

5 Rumusan Masalah Rumusan masalah yang akan dibahas penulis adalah bagaimana cara pendirian bisnis waralaba pengecer RM Sederhana berdasarkan omset, lokasi, perizinan usaha dan sumber daya yang berkualitas.

6 LANDASAN TEORI Dalam ilmu ekonomi bisnis merupakan suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa inggris dari kata bussiness dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, masyarkat ataupun komunitas. Dalam artian sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendapat keuntungan. Bisnis juga dapat didefinisikan sebagai serangkaian usaha yang dilakukan satu orang atau lebih individu atau kelompok dengan menawarkan barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan atau laba. Orang yang mengusahakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis disebut Enterpreneur.

7 Bisnis waralaba atau yang biasa disebut dengan istilah franchise kini sedang mengalami tren positif. Banyak sekali pilihan waralaba yang bisa dijalankan. Misalnya, waralaba pengecer Alfamart, Es Teler 77, McDonald’s, dan sebagainya.Salah satu waralaba pengecer yang dibahas pada makalah ini adalah waralaba pengecer Rumah Makan Sederhana. Rumah makan adalah salah satu bentuk usaha dagang dan jasa,rumah makan menawarkan produk/barang berupa berbagai macam masakan yang diminati konsumen dan juga menawarkan jasa berupa pelayanan bagi konsumen yang ingin makan.Rumah makan padang menawarkan produk/barang berupa makanan yaitu masakan khas minang tepatnya pengecer dengan jenis usahanya adalah restoran.

8 Perlu kita ketahui bahwa banyak pilihan yang serupa dengan waralaba namun sebenarnya lain. Sehingga diperlukan sebuah definisi yang jelas apa itu waralaba. Secara umum, waralaba ialah sebuah kesempatan usaha yang memiliki keunggulan karena sudah terbukti laku di pasaran setidaknya dalam jangka waktu setengah dekade. Sementara itu, banyak jenis lain yang hampir sama dengan waralaba tetapi masih belum teruji tingkat keberhasilan usahanya (hanya diasumsikan memiliki masa depan yang cerah) karena belum mencapai masa lima tahun. Resiko menjalankan waralaba lebih sedikit daripada risiko menjalankan peluang usaha lain.Karena semuanya umumnya sudah dirancang dengan baik oleh pemberi lisensi dan kita juga tidak perlu melakukan eksperimen berisiko untuk meningkatkan usaha kita. Bisnis waralaba sangat cocok untuk para entrepreneur pemula yang ingin mencoba dunia usaha tetapi tidak ingin terlalu mengambil risiko.

9 Langkah-langkah persiapan: 1. Pelajari dengan teliti latar belakang dan pola kerjasama waralaba yang akan dipilih. 2. Jika memungkinkan, bertanyalah kepada orang lain yang sudah menjalin kerjasama dengan bisnis waralaba itu. Anda akan mendapat masukan baik positif dan negatif mengenai bagaimana pengelolaan bisnis waralaba yang sebenarnya. 3. Ketahui celah bisnis apa yang masih bisa dimasuki. 4. Sesuaikan bisnis waralaba dengan ketertarikan dan kemampuan Anda. Jangan memaksakan untuk membeli waralaba yang tidak sesuai dengan kemampuan dan tidak menarik bagi Anda.

10 Langkah realisasi: Setelah membeli lisensi waralaba, kita umumnya diberi panduan mengenai sistem yang telah ada. Hampir semua cara menjalankan bisnis sudah disajikan oleh pemberi lisensi waralaba. Perhitungannya juga sudah ada jadi kita hanya tinggal menjalankan saja. Meskipun begitu kita tidak boleh bermalas- malasan, karena kesuksesan juga bergantung pada kerja keras kita. Bila menghadapi masalah, kita bisa meminta nasihat kepada pemberi lisensi. Langkah pemasaran: Sebagai bagian dari sebuah jaringan waralaba yang besar, kita tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, pikiran, dan waktu hanya untuk membuat orang mengenal usaha baru yang kita sedang jalankan karena semua bisa dilakukan bersama.

11 Tantangan: Dengan menjadi bagian dari suatu jaringan bisnis, berarti kita harus siap untuk menyerahkan sebagian keuntungan kita untuk pemilik lisensi waralaba. Jumlah setoran tersebut bermacam-macam tetapi biasanya disebut royalty fee (biaya royalti), marketing fee (biaya pemasaran), dan sebagainya.

12 Aspek-aspek Bisnis 1. Kegiatan individu dan kelompok 2. Penciptaan Nilai 3. Penciptaan barang dan jasa 4. Keuntungan melalui transaksi

13 Elemen dan Sistem Bisnis 1. Modal Sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan dan bisnis 2. Bahan-bahan/materials Merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. 3. Sumber Daya Manusia Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi 4. Keterampilan Manajemen Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja

14 Manjemen Kewirausahaan dapat dimulai dari suatu perusahaan kecil yang kepemilikannya dapat melalui : 1. Meneruskan usaha orang tua 2. Membeli perusahaan yang telah ada 3. Memulai usaha baru

15 Ada tujuh kunci keberhasilan yang harus diketahui dalam pengelolaan rumah makan padang. Ke tujuh kunci itu antara lain : - modal, - organisasi usaha, - perizinan usaha, - penentuan lokasi yang tepat, - sumber daya yang berkualitas, - strategi pemsaran dan anggaran usaha

16 Modal Kebutuhan setiap rumah makan padang pasti berbeda- beda tergantung pada skala besar kecilnya usaha.Untuk rumah makan Padang berskala besar seperti rumah makan Sederhana modal yang harus dikeluarkan bisa mencapai 2 miliar. Ada tiga modal utama yang harus dimiliki Modal Awal Modal pertama keahlian memasak dan keahlian dalam pengorganisasian usaha. Kedua tentu saja modal yang berupa uang tau finansial. Peran tersebut sama pentingnya dan saling menunjang. Modal Investasi dapat diartikan sebagai modal untuk biaya pembelian harta tetap atau disebut juga sebagai aset. Aset disini berupa benda yang tak bergerak maupun benda yang bergerak. Benda tak bergerak dapat berupa bangunan atau gedung sedangkan benda yang bergerak bisa peralatan masak.

17 Yang termasuk ke dalam biaya investasi antara lain : 1. Biaya pembelian perlatan memasak 2. Pembelian meja dan kursi untuk pembeli 3. Biaya pembangunan/renovasi rumak makan 4. Pembelian/sewa tanah untuk usaha 5. Biaya dekorasi rumah makan 6. Pembelian peralatan masak 7. Pembelian peralatan makan 8. Kendaraan untuk belanja dan layanan antar 9. Komputer,kalkulator/ alat tulis untuk administrasi 10. Papan nama dan biaya promosi lainnya 11. Biaya pengurusan perizinan

18 Organisasi usaha sebuah perusahaan pasti memiliki struktur organisasi. Struktur organisasi dimaksudkan agar setiap orang yang tergabung dalam suatu perusahaan memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing demi kepentingan perusahaan itu sendiri. Setiap orang yang berada dalam struktur organisasi perusahaan memiliki peran dan fungsi masing- masing. Dalam struktur Rumah Makan Padang, struktur ini dibuat sesuai dengan kebutuhan dari RM Padang itu sendiri.

19 Pembagian tugas setiap bagian merupakan hal yang harus diatur sebaik mungkin. Setiap bagian memiliki fungsi,tugas dan tanggung jawab masing-masing. Dibawah ini merupakan tugas dan tanggung jawab yang biasa ada di RM Padang 1. Manager Operasional Bagian ini bertanggung jawab atas segala operasional di RM, mengatur setiap pembelanjaan, anggaran, kebijakan, karyawan, laporan untuk pemilik dan tugas-tugas lain demi kelancaran operasional RM. 2. Bagian Dapur Bagian ini bertanggung jawab untuk pengolahan masakan. Mulai dari bahan baku yang belum jadi sampai menjadi masakan yang siap saji. Dan yang bertanggung jawabuntuk kebersihan semua peralatan makan dan juga perlengkapan masak 3. Bagian Kasir Bertanggung jawab atas semua pembayaran tamu, pemberian laporan hasil pendapatan baik dalam bentuk harian, bulanan dan tahunan. Sekaligus pusat informasi bagi para tamu maupun pengunjung yang datang. Alat-alat yang dipakai untuk menunjang kegiatan dibagi dua yaitu sistem komputerisasi, mesin kasir, menggunakan nota dan cara manual. 4. Bagian Pelayanan dan Penyajian Bagian ini bertanggung jawab memberikan pelayanan yang memuaskan kepada setiap tamu yang datang dan makan di RM. Membentuk komunikasi yang baik, ramah, dan sigap dalam menghadapi setiap pesanan dan juga keluhan dari para tamu. 5. Bagian Pengantaran Bagian ini bertanggung jawab atas segala pengantar pesanan baik dalam bentuk box maupun prasmanan. Bagian ini dituntut agar dalam mengantar pesanan waktu agar lebih diperhatikan. Ini dimaksudkan agar setiap pesanan yang diantar dapat datang tepat waktu dan tidak mengecewakan pelanggan.

20 Penentuan Lokasi tempat Pemilihan lokasi merupakan salah satu hal yang penting bagi kelangsungan sebuah usaha. Sebuah lokasi rumah makanPadang harus mudah dijangkau oleh pengunjung dan akses ke lokasi juga tidak menyulitkan. Namun, kerap kali permasalahan yang muncul dalam menentukan lokasi adalah biaya. Untuk mendapatkan lokasi tempat usaha yang strategis dan mudah diakses tentu butuh biaya yang tidak sedikit dan juga bukan perkara mudah. Oleh karena itu, perlu diadakan survei lokasi terlebih dahulu.

21 Sumber Daya yang Berkualitas Selain modal Sumber Daya Manusia merupakan faktor kedua yang menjadi penentu keberhasilan suatu perusahaan. Sumber Daya Manusia adalah para pelaku utama yang menjalankan tugas dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu, sebuah perusahaan yang berhasil pastilah memiliki SDM yang baik. Dalam hal ini, manajemen SDM dituntu untuk menciptakan SDM yang berkompeten.

22 Strategi Pemasaran Pemasaran bertujuan untuk menarik khalayak ramai membeli makanan yang ditawarkan oleh rumah makan padang. Yang perlu diperhatikan dalam pemasaran adalah bagaimana cara memberi kesan kepada orang banyak sehingga mereka mau datang dan makan lagi di rumah makan padang.Untuk iitu diperlukan strategi dalam pemasaran. Biasanya pemadaran dilakukan melalui media cetak dan ada pula yang melakukannya melalui media elektronik.

23 Pengaturan Anggaran Usaha Sebelum membahas tentang anggaran biaya yang harus diketahui dalam usaha rumah makan, terlebih dahulu akan dibahas tentang model pembukuan yang dipakai untuk mengontrol atau mengatur pengeluaran usaha rumah makan padang

24 Pembukuan usaha yang harus dimiliki adalah sebagai berikut : 1. Buku catatan stok barang Digunakan untuk mencatat transaksi semua barang, baik barang yang masuk maupun yang keluar. 2. Catatan stok barang berfungsi untuk mengetahui jumlah barang yang masih tersedia dan jumlah barang yang sudah habis. 3. Pencatatn dilakukan dengan jumlah satuan. 4. Buku Pemasukan Berguna untuk mencatat seluruh transaksi pemasukan berupa hasil penjualan selama satu hari 5. Buku PengeluaranDigunakan untuk mencatat seluruh biaya pengeluaran, baik yang berupa bahan baku maupun kebutuhan lainnya.

25 TERIMA KASIH

26

27

28

29

30

31


Download ppt "POWER POINT KELOMPOK 8 JUDUL: RUMAH MAKAN PADANG DISUSUN OLEH: 1.SARAH MAULIANA (ERCIB0047) 2.DIKKY ALAM M (ERC1BOO8053) 3.MAILI PUJI ASTUTI (ERC1BOO8120)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google