Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DRS PARIHADI,M.Pd SMA NEGERI 1 SRAGEN

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DRS PARIHADI,M.Pd SMA NEGERI 1 SRAGEN"— Transcript presentasi:

1 DRS PARIHADI,M.Pd SMA NEGERI 1 SRAGEN
MENU UTAMA SK/KD SOAL EVALUASI TUGAS MATERI DRS PARIHADI,M.Pd SMA NEGERI 1 SRAGEN

2 Standar Kompetensi 2. Memahami konsep ekonomi. dalam kaitannya dengan
Standar Kompetensi 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen Kompetensi Dasar 2.2 . Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram ( arus lingkar kegiatan ekonomi )

3 MATERI Pelaku-pelaku Ekonomi Diagram interaksi pelaku ekonomi
Manfaat interaksi pelaku ekonomi

4 Pelaku-pelaku Ekonomi
Rumah Tangga Konsumsi ( RTK ) Rumah Tangga Konsumsi juga disebut Konsumen. Konsumen adalah rumah tangga yang melakukan kegiatan konsumsi untuk memenuhi kebutuhan

5 Peran Rumah Tangga Konsumsi dalam kegiatan ekonomi :
Konsumen. Sebagai konsumen, rumah tangga konsumsi berperan mengkonsumsi barang dan jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga produksi, dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup

6 Pemasok atau Pemilik Faktor Produksi
Rumah tangga konsumsi adalah pemilik dan pemasok faktor produksi (tenaga kerja, SDA, modal, keahlian) yang dibutuhkan oleh rumah tangga produksi atau perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa.

7 Rumah Tangga Produksi( RTP )
Rumah Tangga Produksi juga disebut Perusahaan atau Produsen. Perusahaan adalah kelompok anggota masyarakat yang tugasnya memproduksi barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

8 Peran Rumah Tangga Produksi dalam kegiatan ekonomi :
Produsen Sebagai produsen, rumah tangga produksi menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan oleh rumah tangga konsumsi

9 Pengguna Faktor Produksi
Perusahaan memerlukan faktor produksi berupa SDA, Modal,Tenaga Kerja dan Keahlian. Biaya yang dikeluarkan produsen untuk mendapatkan faktor produksi disebut “ Biaya Produksi “

10 Agen Pembangunan Sebagai agen pembangunan artinya RTP berperan membantu pemerintah dalam kegiatan-kegiatan pembangunan. RTP juga diharapkan untuk mampu berkembang seiring dengan perkembangan jaman.

11 Rumah Tangga Negara( RTN )
Peran Rumah Tangga Negara dalam kegiatan ekonomi : Pengatur Pemerintah harus mengatur lalu lintas perekonomian dalam negeri untuk menjaga kestabilan ekonomi dan mencegah kekacauan yang merugikan rakyat banyak dengan cara membuat undang-undang atau peraturan-peraturan, pengawasan, kebijakan fiskal, moneter, dan lain sebaginya.

12 Konsumen Pemerintah juga memerlukan barang dan jasa untuk berbagai kepentingan misalnya untuk kantor dan instansi-instansi pemerintah. Pemerintah juga membutuhkan tenaga kerja untuk bekerja dikantor dari berbagai instansi.

13 Sebagai Produsen Pemerintah bertindak sebagai produsen dengan menjalankan berbagai perusahaan milik negara yang khusus produksi barang dan jasa yang vital bagi kepentingan negara dan kesejahteraan masyarakat.

14 Masyarakat Ekonomi Luar Negeri
Adalah pelaku ekonomi yang penting. Berbagai kerja sama dalam bidang ekonomi dapat dilakukan dengan masyarakat luar negeri. Bentuk hubungan dengan masyarakat luar negeri antara lain:

15 Perdagangan Perdagangan LN dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Produk DN diekspor akan menghasilkan devisa. Devisa dapat digunakan untuk mengimpor barang dan jasa yang dibutuhkan dari negara lain

16 Pertukaran Tenaga Kerja
Ada kelebihan tenaga kerja dapat mengiirimkan TK ke negara lain yang membutuhkan, juga mendatangkan devisa. Sebaliknya juga masih membutuhkan tenaga ahli dari negara lain.

17 Penanaman Modal Suatu negara dapat menanamkan modalnya di negara lain untuk mengelola usaha. Dapat menambah kegiatan ekonomi dan membuka lapangan kerja Pinjaman Pinjaman LN sangat berguna secara cepat dapat mengatasi masalah perekonomian DN yang mendesak.

18 Bantuan Bantuan sangat dibutuhkan oleh negara bila negara sewaktu-waktu terjadi situasi yang sangat mendesak, misalnya bencana alam, dan tidak akan dikembalikan seperti pinjaman.

19 CIRCULAIR FLOW DIAGRAM ( ARUS LINGKARAN KEGIATAN EKONOMI )
Gambaran yang menunjukkan interaksi antara pelaku ekonomi. Interaksi dapat terjadi dalam perekonomian: 2 sektor ( RT Konsumsi dan RT Produksi ) 3 sektor ( RT Konsumsi, RT Produksi dan RT Negara) 4 sektor ( RT Konsumsi, RT Produksi, RT Negara dan Masyarakat Luar Negeri )

20 Perekonomian 2 sektor Melibatkan sektor : Rumah Tangga Konsumsi( RTK ) Rumah Tangga Produksi( RTP ) Menggambarkan arus perputaran barang dan jasa dalam suatu perekonomian. Pasar Barang Barang & Jasa Barang & Jasa Pengeluaran konsumsi penerimaan RT Konsumen RT Produsen Pasar faktor produksi biaya Pendapatan Faktor produksi Faktor Produksi

21 Konsumen (RTK) menawarkan faktor produksi yang dimiliki ( tenaga kerja, tanah/SDA, modal dan keahlian/skill ) kepada produsen (RTP). Imbalan pendapatan berupa upah, sewa, bunga dan laba. Sedangkan konsumen (RTK) menggunakan barang dan jasa yang dihasilkan produsen ( RTP) dengan membayar berupa pengeluaran konsumsi.

22 Produsen (RTP) melakukan proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Produsen (RTP) menggunakan faktor produksi dengan membayar berupa biaya produksi Hasil produksi ditawarkan konsumen (RTK) dengan mendapatkan imbalan berupa penerimaan.

23 Perekonomian 3 sektor Melibatkan sektor : Rumah Tangga Konsumsi( RTK )
Rumah Tangga Produksi( RTP ) Rumah Tangga Negara/Pemerintah ( RTN )

24 Diagram alur Perekonomian 3 sektor
Barang & Jasa Pasar Barang Barang & Jasa Pengeluaran konsumsi penerimaan RT Konsumsi (RTK) RT Negara PemerintahRTN ) RT Produksi (RTP) Jasa Pem Jasa Pem pajak pajak Jasa Tenaga Kerja Produksi Br dan Jasa Pasar faktor produksi Pendapatan biaya Faktor produksi Faktor Produksi Diagram alur Perekonomian 3 sektor

25 Konsumen(RTK) menawarkan faktor produksi yang dimiliki ( tenaga kerja, tanah/SDA, modal dan keahlian/skill ) kepada produsen (RTP) dan Pemerintah ( RTN ). Imbalan pendapatan berupa upah, sewa, bunga dan laba juga jasa pemerintah. Konsumen (RTK) juga harus membayar pajak ke pemerintah (RTN). Sedangkan konsumen (RTK) yang menggunakan barang dan jasa dari produsen (RTP) dengan membayar berupa pengeluaran konsumsi.

26 Produsen (RTP) melakukan proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Hasil produksi ditawarkan ke konsumen (RTP) juga ke pemerintah (RTN) dengan mendapatkan imbalan berupa penerimaan dan jasa pemerintah. Produsen(RTP) yang menggunakan faktor produksi dari konsumen (RTK) harus mengeluarkan berupa biaya produksi, juga harus membayar pajak ke RTN.

27 Pemerintah (RTN) menggunakan jasa tenaga kerja dari RTK dan menggunakan barang dan jasa dari RTP. Untuk itu Pemerintah ( RTN) memberikan jasa pemerintah baik untuk RTK maupun RTP. Pemerintah (RTN) menerima pajak baik dari RTK maupun RTP

28 Perekonomian 4 sektor Melibatkan sektor : Rumah Tangga Konsumsi( RTK )
Rumah Tangga Produksi( RTP ) Rumah Tangga Negara/Pemerintah ( RTN ) Masyarakat Ekonomi Luar Negeri

29 Diagram alurPerekonomian 4 sektor
Pasar Barang Barang & Jasa Barang & Jasa Pengeluaran konsumsi penerimaan RT Konsumsi (RTK) Jasa Pem RT Negara PemerintahRTN ) Jasa Pem RT Produksi (RTP) Luar Negeri pajak pajak Luar Negeri Jasa Tenaga Kerja Produksi Br dan Jasa Pasar faktor produksi Pendapatan biaya Faktor Produksi Faktor produksi Diagram alurPerekonomian 4 sektor

30 Konsumen(RTK) menawarkan faktor produksi yang dimiliki ( tenaga kerja, tanah/SDA, modal dan keahlian/skill ) kepada produsen (RTP) dan Pemerintah ( RTN ). Imbalan pendapatan berupa upah, sewa, bunga dan laba juga jasa pemerintah. Konsumen (RTK) juga harus membayar pajak ke pemerintah (RTN). Sedangkan konsumen (RTK) yang menggunakan barang dan jasa dari produsen (RTP) dengan membayar berupa pengeluaran konsumsi.

31 Produsen (RTP) melakukan proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Hasil produksi ditawarkan ke konsumen (RTP) juga ke pemerintah (RTN) dengan mendapatkan imbalan berupa penerimaan dan jasa pemerintah. Produsen(RTP) yang menggunakan faktor produksi dari konsumen (RTK) harus mengeluarkan berupa biaya produksi, juga harus membayar pajak ke RTN.

32 Pemerintah (RTN) menerima pajak baik dari RTK maupun RTP
Pemerintah (RTN) menggunakan jasa tenaga kerja dari RTK dan menggunakan barang dan jasa dari RTP. Untuk itu Pemerintah ( RTN) memberikan jasa pemerintah baik untuk RTK maupun RTP. Pemerintah (RTN) menerima pajak baik dari RTK maupun RTP

33 Terkait dengan Masyarakat Ekonomi Luar Negeri terhadap:
Konsumen (RTK) adanya pengiriman tenaga kerja ke LN sebagai TKI(legal ) juga ada barang dan jasa dari LN (import) yang masuk memenuhi kebutuhan konsumen (RTK).

34 Produsen(RTP) adanya pengiriman barang dan jasa ke LN (eksport) juga adanya kebutuhan tenaga ahli dari LN untuk peningkatan teknologi dalam pembuatan barang.

35 MANFAAT INTERAKSI PELAKU EKONOMI
Hubungan RTP dan RTK akan berjalan secara terus menerus yang semakin lama semakin meningkat. Majunya RTP akan meningkatkan kemakmuran bagi RTK RTP yang semakin berkembang berarti RTP akan membutuhkan faktor-faktor produksi alam, tenaga kerja, modal dan skill/keahlian yang semakin meningkat. Makin meningkat interaksi antara RTP dan RTK akan meningkatkan pendapatan dan kemakmuran masyarakat.

36 SOAL EVALUASI Jelaskan peran konsumen sebagai produsen dalam kegiatan ekonomi Jelaskan peran produsen sebagai konsumen dalam kegiatan ekonomi Jelaskan peran pemerintah baik sebagai konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi Apa saja peran Masyarakat Ekonomi LN dalam kegiatan ekonomi

37 TUGAS 4 sektor pelaku ekonomi menurut kreasi anda
Buat CIRCULAIR FLOW DIAGRAM ( ARUS LINGKARAN KEGIATAN EKONOMI ) 3 sektor pelaku ekonomi 4 sektor pelaku ekonomi menurut kreasi anda


Download ppt "DRS PARIHADI,M.Pd SMA NEGERI 1 SRAGEN"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google