Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MERENCANAKAN KEUANGAN DAN INVESTASI RUMAH TANGGA SENDIRI dan NASABAH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MERENCANAKAN KEUANGAN DAN INVESTASI RUMAH TANGGA SENDIRI dan NASABAH."— Transcript presentasi:

1 MERENCANAKAN KEUANGAN DAN INVESTASI RUMAH TANGGA SENDIRI dan NASABAH

2 Pembuka  Mari renungkan! Kalau dipikir-pikir, kita ini lebih percaya pada cita-cita atau menyerah pada keadaan?  Pendapatan pas-pasan (kurang), utang banyak (kebanyakan), maka kita bekerja karena mengejar pendapatan (atau malah dikejar tukang tagih)!?  Pendapatan, utang, dan cita-cita merupakan urusan berbeda yang tidak banyak saling berhubungan!  Kita bekerja bukan mengejar pendapatan atau takut dikejar tukang tagih, tetapi untuk urusan yang lain!

3 Sudah dibahas di sesi pertama Keadaan #1 #2 #3 A: Pendapatan – Tabungan => Konsumsi B: Pendapatan – Konsumsi => Tabungan Cita-cita #1 #2 #3 A: Menjadi  Mendapat  Punya B: Punya  Mendapat  Menjadi

4 Stratejis: Berpikir dari yang Terakhir! Cita-cita Sasaran-sasaran Kebutuhan DanaCicilan/TabunganTarget PendapatanKebutuhan BerutangRencana Tindakan Taktis: Bertindak dari yang Pertama!

5 1. Mari kita bahas dan tetapkan:  sasaran-sasaran masa depan untuk masing-masing rumah tangga!

6 Sasaran masa depan TahapanUsiaSasaran Sekarang (tahun ini) tahun lagi tahun lagi tahun lagi tahun lagi 10. … …

7 2. Mari kita hitung:  Berapa besar kebutuhan dana yang harus dipenuhi di masa depan itu!

8 Kebutuhan dana masa depan SasaranBiayanya sekarang Jarak masa depan FVIFPerkiraan besar biaya tersebut di masa depan TOTAL

9 3. Mari kita hitung:  Berapa “cicilan” (=PMT) yang harus dipenuhi (atau tabungan yang harus dibuat) pada setiap periode untuk menunaikan kebutuhan masa depan di atas apabila dengan menggunakan “kendaraan” deposito.  Catatan: Besarnya tabungan yang harus dibuat ditambah dengan kebutuhan konsumsi merupakan target pendapatan dari kerja atau usaha dan sampingan-sampingannya.

10 Menghitung kebutuhan menabung Perkiraan besar biaya di masa depan Jarak masa depan PVIFPMT = Cicilan = Tabungan yang harus dibuat

11 4. Selanjutnya, mari kita hitung:  Berapa tarjet pendapatan dari sumber pekerjaan, investasi dan atau usaha harus diperoleh.  Sekali lagi:  (Tarjet) Pendapatan = Tabungan (yg harus dibuat) + Konsumsi (yg dibutuhkan)

12 Menghitung tarjet pendapatan Tabungan harus Dibuat Konsumsi Dibutuhkan Tarjet Pendapatan Gaji tetapOmset Usaha

13 5. Untuk latihan yang akan datang, kita akan menghitung:  Berapa pinjaman dari pihak luar dibutuhkan untuk menjalankan usaha yang pendapatannya akan dapat menunaikan kebutuhan masa depan tersebut.  Untuk dapat menghitung kebutuhan utang, dibutuhkan pengetahuan dasar dan ketrampilan menilai kinerja kesehatan usaha.

14 Secara ringkas, kerangka untuk menghitung kebutuhan utang: 1 Omset # Dongkrak 3 Modal 4 Utang 2a Aset tetap 2b Aset lancar #LabaRisiko Produktivitas dan Efisiensi Solvabilitas dan Likuiditas

15 Penutup:  Buatlah ringkasan:  Tujuan (=Cita-cita)  Sasaran kebutuhan dan besarnya biaya yang dibutuhkan  Kombinasi “kendaraan” investasi yang dipilih untuk masing-masing sasaran  Besarnya tabungan per periode yang harus ditanam pada masing-masing “kendaraan” investasi  Rangkuman ini akan menjadi bahan penyusunan rencana tindakan (action plan) pada sesi selanjutnya (kalau ada  )


Download ppt "MERENCANAKAN KEUANGAN DAN INVESTASI RUMAH TANGGA SENDIRI dan NASABAH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google