Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pola Pengembangan Paragraf Eksposisi  Eksposisi Definisi  Eksposisi Proses  Eksposisi Klasifikasi  Eksposisi Ilustrasi  Eksposisi Perbandingan  Eksposisi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pola Pengembangan Paragraf Eksposisi  Eksposisi Definisi  Eksposisi Proses  Eksposisi Klasifikasi  Eksposisi Ilustrasi  Eksposisi Perbandingan  Eksposisi."— Transcript presentasi:

1 Pola Pengembangan Paragraf Eksposisi  Eksposisi Definisi  Eksposisi Proses  Eksposisi Klasifikasi  Eksposisi Ilustrasi  Eksposisi Perbandingan  Eksposisi Laporan

2 Pola ini menjelaskan informasi tentang definisi suatu istilah. Contoh  Ozone therapy adalah pengobatan suatu penyakit dengan cara memasukkan oksigen murni dan ozon berenergi tinggi ke dalam tubuh melalui darah.  Paragraf adalah kalimat atau rangkaian kalimat yang mengungkapkan satu ide pokok boleh dilengkapi dengan ide penjelas. Ide pokok dituangkan dalam kalimat topik. Ide penjelas dituangkan dalam kalimat penjelas.

3 Pola ini menjelaskan suatu proses. Proses yang berhubungan dengan terjadinya sesuatu atau yang berhubungan dengan cara melakukan sesuatu. Contoh  Terjadinya banjir berawal dari kebiasaan buruk masyarakat yang membuang sampah di saluran air. Banyaknya sampah di saluran air membuat saluran tidak berfungsi. Semakin banyak saluran air yang tidak berfungsi semakin besar potensi terjadinya banjir pada musim penghujan.  Ada lima cara untuk mengatasi rasa takut. Pertama, persipankan diri Anda untuk tidak panik menghadapi situasi apapun. Kedua, pelajari sebaik-baiknya apa yang Anda hadapi. Ketiga, pupuk rasa percaya diri bahwa Anda mampu mengatasinya. Keempat, pertebal keyakinan Anda bahwa setiap kesulitan pasti ada jalan kemudahan. Kelima, belajarlah terus menerus menguasai diri dan mengembangkan kedewasaan berpikir.

4 Pola ini menjelaskan pengklasifikasian sesuatu secara rinci. Contoh  Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawasan dari pihak LSM  Para peserta lomba olimpiade yang diajukan oleh setiap sekolah dikelompokan dalam tiga kategori. Kelompok olimpiade fisika, kimia dan biologi diikuti masing-masing 2 peserta siswa dari kelas XI IPA. Kelompok olimpiade Astronomi dan Ilmu kebumian diikuti oleh masing-masing 2 peserta siswa kelas XI IPS. Kelompok olimpiade komputer dan matematika diikuti masing- masing oleh 2 peserta siswa dari kelas X.

5 Pola ini menjelaskan informasi dengan ilustrasi atau contoh agar informasinya mudah dipahami. Contoh  Sampai hari ke-8, bantuan untuk para korban gempa Yogyakarta belum merata. Hal ini terlihat di beberapa wilayah Bantul dan Jetis. Misalnya, di Desa Piyungan. Sampai saat ini, warga Desa Piyungan hanya makan singkong. Mereka mengambilnya dari beberapa kebun warga. Jika ada warga yang makan nasi, itu adalah sisa-sisa beras yang mereka kumpulkan di balik reruntuhan bangunan. Kondisi seperti ini menunjukkan bahwa bantuan pemerintah kurang merata.  Berbagai upaya dilakukan pemerintah DKI untuk mengatasi kemacetan. Misalnya, dibangun jalur Bus away yang didesain dengan armada khusus yang cepat, aman dan nyaman. Dibangun jalan-jalan tol yang membuka banyak akses jalan. Diberlakukan berbagai kebijakan seperti tri in one (satu mobil minimal berisi tiga penumpang), penertiban parkir di berbagai tempat dan sebagainya. Meskipun demikian, kemacetan masih terus terjadi dan menjadi pemandangan sehari-hari di DKI.

6 Pola ini menjelaskan perbedaan atau persamaan dua hal yang dibandingkan. Contoh Sebenarnya, bukan hanya ITS yang menawarkan rumah instan sehat untuk Aceh atau dikenal dengan Rumah ITS untuk Aceh (RI-A). Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Departemen Pekerjaan Umum juga menawarkan “Risha” alias Rumah Instan Sederhana Sehat. Modelnya hampir sama, gampang dibongkar- pasang, bahkan motonya “Pagi Pesan, Sore Huni”. Bedanya, sistem struktur dan konstruksi Risha memungkinkan rumah ini berbentuk panggung. Harga Risha sedikit lebih mahal, Rp 20 juta untuk tipe 36. akan tetapi, usianya dapat mencapai 50 tahun karena komponen struktur memakai beton bertulang, diperkuat pelat baja di bagian

7 Pola ini melaporkan kronologi peristiwa yang terjadi dengan runtut dan rinci. Contoh Pascagempa dengan kekuatan 5,9 skala richter, sebagian Yogyakarta dan Jawa Tengah luluh lantak. Keadaan ini mengundang perhatian berbagai pihak. Bantuan pun berdatangan dari dalam dan luar negeri. Bantuan berbentuk makanan, obat-obatan, dan pakaian dipusatkan di beberapa tempat. Hal ini dimaksudkan agar pendistribusian bantuan tersebut lebih cepat. Tenaga medis dari daerah- daerah lain pun berdatangan. Mereka memberikan bantuan di beberapa rumah sakit dan tenda – tenda darurat.


Download ppt "Pola Pengembangan Paragraf Eksposisi  Eksposisi Definisi  Eksposisi Proses  Eksposisi Klasifikasi  Eksposisi Ilustrasi  Eksposisi Perbandingan  Eksposisi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google