Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Setiap hari kamu menyimak berbagai informasi. Ada yang berupa berita, pertanyaan, ataupun perintah. Informasi tersebut ada yang diungkapkan secara langsung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Setiap hari kamu menyimak berbagai informasi. Ada yang berupa berita, pertanyaan, ataupun perintah. Informasi tersebut ada yang diungkapkan secara langsung."— Transcript presentasi:

1 Setiap hari kamu menyimak berbagai informasi. Ada yang berupa berita, pertanyaan, ataupun perintah. Informasi tersebut ada yang diungkapkan secara langsung ada juga yang tidak. Khusus informasi yang berbentuk perintah dapat dinyatakan dengan kalimat perintah langsung atau dapat pula tersirat dalam bentuk kalimat tanya atau berita. Untuk itu kamu diharapkan mampu merumuskan kembali perintah lisan/tulisan dengan menggunakan kiat mengenali perintah

2 Merumuskan perintah lisan/tulisan dapat dilakukan dengan memahami kalimat perintah Kalimar perintah dalam Kosasi (2002;138), dijelaskan sebagai kalimat imperatif, yaitu kalimat yang tujuannya memberikan perintah untuk melakukan sesuatu. Dalam bentuk tulis kalimat perintah ditulis dengan diakhiri tanda seru, sedangkan dalam bentuk lisan ditandai dengan nada naik pada akhir kalimat.

3 Ciri-ciri kalimat perintah 1.Menggunakan kata kerja taktransitif, biasanya disertai partikel-lah pada predikatnya. contoh: Berilah rumah tua itu! 2.Menggunakan kata tolong, coba, dan silakan untuk memberikan kesan halus/sopan pada kalimat perintah. contoh: tolong kirimkan bingkisan ini pada orangtuamu ! 3.Didahului kata jangan untuk menyatakan larangan. contoh: Jangan membuang sampah sembarangan ! Menurut ramlan (1986:42), kalimat perintah disebut kalimat suruh.

4 Jenis kalimat suruh 1). Kalimat suruh yang sebenarnya bisa ditandai dengan pola intonasi suruh. Kalimat perintah jenis ini dapat dijabarkan hanya dengan sebuah verbal intransitif. Namun adapula yang menggunakan struktur kalimat lengkap, menggunakan verbal transitif disertai objeknya. Sebagai pengukuh perintah, kalimat ini biasanya menggunakan partikel-lah dan kata tolong.

5 Misalnya  Beristirahatlah !  Datanglah engkau ke rumahku!  Carilah buku baru itu ke perpustakaan!  Pakailah baju yang bersih!  Tolong ambilkan miniman saya!  Tolong tuliskan surat!

6 2). Kaliamat persilahan ditandai kata silakan atau dipersilakan yang terletak diawal kalimat. Subjek dapat dihilangkan dapat pula tidak. Misal:  Silakan Bapak duduk di sini!  Dipersilakan Tuan mengambil buku sendiri!  Silakan datang ke rumahku!  Dipersilakan berangkat dahulu!

7 3). Kalimat ajakan adalah kalimat yang mengharapkan tanggapan yang berupa tindakan dari orang yang diajak bicara. Selain ditandai pola intonasi suruh, kalimat ajakan juga ditandai dengan kata-kata ajakan, seperti mari, marilah, ayo, dan ayolah Misalnya:  Marim kita berangkat sekarang!  Marilah belajar ke perpustakaan sekolah!  Ayo kita bermain sepak bola!  Ayolah duduk di depan!

8 3). Kalimat larangan ditandai dengan pola intonasi suruh dan kata jangan. Partikel- lah dapat ditambahkan pada kalimat tersebut untuk memperhalus laragan. Subjek harus dapat dihilangkan. Misal: o Jangan engkau membaca buku itu! o Janganlah engkau berangkat sendiri! o Jangan suka menyakiti hati orang!

9


Download ppt "Setiap hari kamu menyimak berbagai informasi. Ada yang berupa berita, pertanyaan, ataupun perintah. Informasi tersebut ada yang diungkapkan secara langsung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google