Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT"— Transcript presentasi:

1 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT
Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 Model Mengajar : Hp: SIAGA!

2 Pedoman Pendalaman Alkitab
Oktober • Nopember • Desember 2012 Rumah Produksi: ®WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Bertumbuh Dalam Kristus
Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Format .pptx Kwabena Donkor Bertumbuh Dalam Kristus Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh 2012

4 Bertumbuh Dalam Kristus
Pendahuluan Umum Meskipun kita percaya bahwa semua 28 doktrin itu sangat mendasar bagi identitas kita sebagai umat MAHK, kita tidak dapat mempelajari semuanya dalam satu triwulan...pelajaran triwulan ini akan dibingkai dalam konteks perjuangan antara Kristus dan kuasa-kuasa kejahatan...yang kita sebut dengan "pertentangan besar."

5 Bertumbuh Dalam Kristus
Pendahuluan Umum ...doktrin bukanlah tujuan akhir.  Doktrin adalah sarana untuk mencapai tujuan akhir, dan tujuan akhir itu adalah Yesus dan mengenal Yesus untuk diri kita sendiri dan bertumbuh di dalam Dia.

6 PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA
Sebuah ajakan……… Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang,  menyesuaikan ukuran font, dll.  Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan.

7 TUJUAN PELAJARAN SEKOLAH SABAT TRIWULAN INI
Untuk membantu kita agar tidak hanya percaya kepada kebenaran (Yohanes 14:6), namun agar dapat mengasihi Dia lebih sungguh-sungguh lagi dan bertumbuh dalam kasih karunia-Nya.

8 Bertumbuh Dalam Kristus
Daftar Isi 1. Pertentangan Besar: Sebagai Dasar 2. Wahyu, dan Allah yang Dinyatakan di Dalamnya 3. Manusia: Karya Agung Tuhan 4. Keselamatan: Solusi Satu-satunya 5. Bertumbuh Dalam Kristus 6. Kemenangan Atas Kuasa-kuasa Jahat 7. Diperlengkapi Untuk kemenangan 8. Gereja: Dalam Pelayanan Kemanusiaan 9. Gereja: Berbagai Upacara dan Ritual 10. Hukum dan Injil 11. Kehidupan Kristen 12. Yang Terakhir: Yesus dan Umat Tebusan 13. Ketika Semuanya Menjadi Baru

9 Pelajaran 10 Hukum & Injil

10 Kata-kata Pembuka Biasanya seseorang tidak menghubungkan kata “hukum” dan “penurutan” dengan kasih dan kepemilikan. Namun kata “hati” membawa semuanya itu bersama-sama sebagai tempat di mana Allah dan anak bertemu dalam ungkapan yang sepenuhnya dari semua kata ini.

11 Pokok Pikiran Seluruh hukum moral Allah menyatakan dosa kita, dan juga kebutuhan kita akan Juruselamat. Dengan demikian hukum dan Injil tidak dapat dipisahkan

12 Ayat Hafalan Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya. Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran Yohanes 2:3,4

13 PENGANTAR Hukum dan tabiat Allah merupakan pusat dari pertentangan besar Pada saat pertentangan besar itu berakhir nantinya, maka hukum dan tabiat Allah akan dibuktikan benar dihadapan alam semesta yang menyaksikanya.

14 PENGANTAR Pada akhirnya, sebagai seorang manusia kita akhirnya berada pada satu sisi atau sisi yang lainnya. Sisi atau pihak yang kita pilih menentukan siapa yang menjadi tuan kita.

15 PENGANTAR Bob Dylan berkata:
“Engkau harus melayani seseorang. Ya, mungkin Iblis atau mungkin Tuhan. Tetapi engkau harus melayani seseorang.”

16 PENGANTAR Orang yang memilih untuk melayani Tuhan melakukannya karena kasih dan penghargaan atas apa yang telah dilakukan bagi mereka melalui Kristus Mereka tidak perlu lagi untuk melayani mantan tuan mereka, yaitu dosa.

17 PENGANTAR Jika dipahami dengan benar, hukum Allah menolong untuk menyatakan apa yang ditawarkan oleh kasih karunia Allah kepada kita dalam Kristus.

18 Hukum dan Injil Selayang Pandang
1. Sifat Hukum (Roma 7:12) Tujuan Hukum (Roma 7:7) 3. Hubungan Hukum dengan Rahmat (Galatia 3:23-25)

19 Hukum dan Injil a 1. Sifat Hukum (Roma 7:12)

20 Roma 7:12 Jadi hukum Taurat adalah kudus, dan perintah itu juga adalah kudus, benar dan baik.

21 1. Sifat Hukum Mengungkapkan Tuhan
“Hukum,” adalah merupakan terjemahan dari kata “Torah” (Ibrani) dalam PL dan kata “Nomos” (Grika) dalam PB. Torah berarti “petunjuk” atau “bimbingan” Dalam Alkitab, istilah “Hukum” umumnya mengacu pada semua instruksi Tuhan kepada umat-Nya.

22 1. Sifat Hukum Mengungkapkan Tuhan
Karena Allah adalah Allah yang baik dan benar, dan Ia selalu memimpin dan menginstruksikan umat-umat-Nya dalam kebaikan dan kebenaran, maka kita dapat katakan bahwa hukum-Nya mengungkapkan kebaikan dan kebenaran-Nya. Dengan kata lain, Hukum Allah adalah merupakan refleksi dari karakter atau tabiat Allah.

23 1. Sifat Hukum Umum, Terbatas
Alkitab (Firman Allah) termasuk di dalamnya “Hukum,” adalah merupakan petunjuk atau instruksi yang mencakup banyak aspek kehidupan manusia seperti: moralitas, etika, kesehatan, seksualitas, makanan, pekerjaan, dan sebagainya. Instruksi-instruksi itu ada yang bersifat umum, dan ada juga yang sifatnya terbatas untuk tempat dan waktu tertentu saja. Oleh karena semuanya firman itu merupakan petunjuk Tuhan (Torah), perhatian besar diperlukan dalam pengembangan prinsip-prinsip yang dapat membantu kita untuk memahami apa yang umum dan apa yang terbatas.

24 1. Sifat Hukum Umum, Terbatas
Gereja MAHK membagi Hukum itu kepada 3 jenis: (1) Hukum Upacara (Kitab Imamat) - peraturan yang mengajarkan rencana keselamatan oleh lambang-lambang dan praktek ritual (2) Hukum Sipil (mis:Keluaran 23:1-9) - instruksi mengenai kehidupan komunitas bangsa Israel kuno (3) Hukum Moral (Kel 20) - instruksi tentang pola perilaku yang diberikan Allah untuk manusia.

25 Hukum Moral Sekarang ini
1. Sifat Hukum Hukum Moral Sekarang ini Umunya orang-orang Kristen mengklaim bahwa 10 Hukum Tuhan merupakan aturan moral yang bersifat umum (universal) Dalam benak banyak orang, 10 Hukum Allah, sangat jauh kemungkinannya untuk tidak diberlakukan saat ini. Hal itu masih tetap menjadi standar hukum Allah untuk moralitas

26 1. Sifat Hukum Hukum Moral Sekarang ini Meskipun 10 Hukum Allah itu dituliskan di Sinai, tetapi kitab Kejadian menunjukkan bahwa sebagian besar perintah-perintah Allah yang terdapat dalam Torah itu sudah ada sebelumnya.

27 10 Hukum Masih Berlaku Sekarang Ini
1. Sifat Hukum 10 Hukum Masih Berlaku Sekarang Ini Berdasarkan logika saja, bahwa tidak masuk akal bila kita katakan bahwa 10 hukum itu hanya untuk orang Yahudi saja. Kita tidak boleh mengatakan bahwa 10 hukum itu adalah merupakan hukum yang ditujukan untuk orang tertentu pada masa tertentu. Sebab, persoalan moral seperti: mencuri, membunuh, berzina, penyembahan berhala (yang didapati dalam 10 hukum itu) adalah merupakan tindakan yang salah secara umum, tanpa memandang budaya, maka itu berarti bahwa 10 hukum itu ditujukan untuk semua umat manusia secara umum atau universal.

28 1. Sifat Hukum 10 Hukum Masih Berlaku Sekarang Ini Gagasan yang mengatakan bahwa 10 Hukum Tuhan telah dibatalkan atau diganti adalah, suatu posisi yang sangat bertolak belakang bagi setiap orang Kristen yang mempercayai Alkitab

29 DISKUSIKAN Jelaskanlah pendapat anda, mengapa Alkitab mengatakan bahwa “penurutan terhadap hukum Allah adalah merupakan pernyataan kasih kepada Allah.” (1 Yohanes 5:3 dan Yohanes 14:14)

30 Hukum dan Injil a 2. Tujuan Hukum (Roma 7:7)

31 Roma 7:7 Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Apakah hukum Taurat itu dosa? Sekali-kali tidak! Sebaliknya, justru oleh hukum Taurat aku telah mengenal dosa. Karena aku juga tidak tahu apa itu keinginan, kalau hukum Taurat tidak mengatakan: "Jangan mengingini!"

32 Apakah Hukum Sebuah Sarana Keselamatan?
2. Tujuan Hukum Apakah Hukum Sebuah Sarana Keselamatan? Hukum tidak pernah dirancang untuk menjadi sarana keselamatan. Hukum menuntun kita kepada kebutuhan akan Injil, kebutuhan rahmat Fungsi Hukum, adalah untuk menunjukkan pada kita kebutuhan akan keselamatan; itu tidak pernah menjadi suatu cara untuk menyediakan keselamatan bagi kita.

33 Apakah Hukum Sebuah Sarana Keselamatan?
2. Tujuan Hukum Apakah Hukum Sebuah Sarana Keselamatan? Dengan membaca ayat-ayat berikut ini: Mazmur 119:5,6; Roma 3:19,20; Roma 7:7, dapatlah kita menarik kesimpulan bahwa: Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru tidak pernah menegaskan, tidak pernah menyiratkan atau bahkan mengisyaratkan bahwa “hukum itu dapat menyelamatkan.”

34 DISKUSIKAN Jika 10 Hukum itu bukanlah merupakan sarana dimana kita mendapatkan keselamatan, mengapa kita harus memeliharanya? Menurut anda apakah akibatnya bagi kita jika kita melanggar hukum atau dengan sengaja tidak menurutinya?

35 Hukum dan Injil a 3. Hubungan Hukum dengan Rahmat (Galatia 3:23-25)

36 Galatia 3:23-25 Sebelum iman itu datang kita berada di bawah pengawalan hukum Taurat, dan dikurung sampai iman itu telah dinyatakan. Jadi hukum Taurat adalah penuntun bagi kita sampai Kristus datang, supaya kita dibenarkan karena iman. Sekarang iman itu telah datang, karena itu kita tidak berada lagi di bawah pengawasan penuntun.

37 3. Hubungan Hukum dan Rahmat Sabat dan Hukum
Seluruh kewajiban umat Kristen untuk menuruti Hukum tiba-tiba menjadi sangat keruh ketika pertanyaan tentang ketaatan kepada hukum yang keempat muncul, khususnya dalam ha; hari ketujuh Keluaran 20:9,10 menunjukkan dengan sangat cermat kapan Sabat (hari ketujuh) itu terjadi, dan bagaimana hal itu harus dipelihara oleh semua orang...agar kesuciannya dapat dijaga.

38 3. Hubungan Hukum dan Rahmat Sabat dan Injil
Hari Sabat mengarahkan kita kepada 2 ide, yakni: Penciptaan dan Penebusan. “Sebab Hukum Ilahi sama sucinya dengan Tuhan itu sendiri, hanya oknum yang sama dengan Allah saja yang dapat membuat penebusan untuk pelanggaran hukkum tersebut. Tidak ada yang lain kecuali Kristus yang dapat menebus manusia yang telah jatuh dibawah kutuk hukum Taurat, dan membawanya kembali kedalam hubungan yang harmonis dengan Surga. Ellen G. White, God’s Amazing Grace, hlm. 42

39 3. Hubungan Hukum dan Rahmat Sabat dan Injil
Dengan mengarahkan kita kepada Kristus sebagai Pencipta dan Penebus, hari Sabat menjadi lambang yang berkuasa dari Injil kasih karunia. Pada kenyataannya, dengan beristirahatnya kita pada hari Sabat mengungkapkan bahwa kita, memang, tidak diselamatkan oleh Hukum Taurat melainkan oleh apa yang Kristus telah lakukan bagi kita. Jadi, istirahat Sabat menjadi simbol dari peristirahatan yang kita miliki dalam Yesus. (lihat Ibrani 4:3-9)

40 3. Hubungan Hukum dan Rahmat
Sabat dan Injil Penciptaan dan Penebusan saling terkait dan kedua kebenaran penting ini diwujudkan dalamnperintah Sabat, salah satu dari sepuluh perintah Allah

41 Diskusikan Menurut anda mengapa serangan yang ditujukan oleh Setan kepada hukum Allah itu lebih khusus kepada hukum Sabat?

42 KUTIPAN ROH NUBUAT Allah ingin agar kita menyadari bahwa Dia memiliki hak atas pikiran, jiwa, tubuh, dan roh bahkan semua yang kita miliki. Kita adalah milik-Nya melalui penciptaan dan penebusan. Sebagai Pencipta kita, Dia menuntut seluruh pelayanan kita. Sebagai Penebus kita, Dia menuntut dan juga berhak atas kasih yang tiada bandingnya...Tubuh kit, jiwa kita, hidup kita, adalah, milik-Nya bukan hanya karena semuanya itu merupakan pemberian-Nya, tetapi karena Dia terus menerus membenahi kita dengan kebaikan-Nya, dan memberi kita kekuatan untuk menggunakan kecakapan kita...” Ellen G. White, God’s Amazing Grace, hlm. 245

43 RANGKUMAN Hukum mengajarkan kebutuhan akan seorang Juruselamat, karena tidak mungkin bagi kita untuk memenuhi tuntutan persyaratan hukum dengan tepat untuk keselamatan

44 PENERAPAN Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? Pelajaran Aplikasi Masalah Keputusan Hukum adalah merupakan refleksi dari tabiat Allah dan merupakan pusat dari pertentangan besar antara Kritus dan Setan. Hukum dan Injil merupakan hal yang tidak terpisahkan satu sama lain. Sebagai seorang yang sudah mati bersama Kristus melalui upacara baptisan, kita wajib mengikuti perintah atau Hukum Allah, khususnya yang tergolong kepada 10 Hukum yakni hukum moral yang merupakan refleksi dari tabiat Allaj Saya terlalu sibuk dan tidak menyedari hal ini. Minggu depan ini dengan pertolongan Tuhan melalui belajar Alkitab dan berdoa saya akan berusaha dengan perttolongan Tuhan untuk setia menuruti hukum Allah. Saya akan memelihara Sabat dan melakukan perintah Allah lainnya dengan semampu saya dan saya percaya Tuhan akana memampukan saya untuk itu.

45 Efektif untuk Kelompok Kecil
SIAGA! SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Teac Model Mengajar “SIAGA”istry Efektif untuk Kelompok Kecil


Download ppt "PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google