Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jilid 2. Menerangkan pengertian istilah produksi atau operasi. Karena istilah produksi selalu dikaitkan dengan manufaktur, sekarang kita menggunakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jilid 2. Menerangkan pengertian istilah produksi atau operasi. Karena istilah produksi selalu dikaitkan dengan manufaktur, sekarang kita menggunakan."— Transcript presentasi:

1 Jilid 2

2

3 Menerangkan pengertian istilah produksi atau operasi. Karena istilah produksi selalu dikaitkan dengan manufaktur, sekarang kita menggunakan kata operasi untuk menggambarkan produksi barang dan jasa.

4 operasi jasa Memproduksi jasa berwujud maupun tidak berwujud, seperti hiburan, transportasi, dan pendidikan produksi barang Memproduksi produk berwujud, seperti radio, surat kabar, bis, dan buku

5 Pabrik baru yang terletak di pinggiran Bangalore, India ini memasok sistem transmisi untuk pabrik Toyota ke seluruh dunia. Membuat suku cadang kendaraan bermotor merupakan bisnis yang tumbuh pesat di India, dan terdapat sekitar 400 pembuat suku cadang di daerah Bangalore sendiri. Ekspor di industri ini telah meroket hingga 38% dalam satu tahun, mencapai nilai $800 juta. Jumlah itu hanya sepersepuluh dari jumlah devisa yang diberikan industri piranti lunak di India, namun kenaikan industri suku cadang di India berasal dari faktor yang sama: biaya tenaga kerja yang rendah serta angkatan kerja yang memiliki kompetensi teknis yang dapat diandalkan.

6 Pekerjaan dalam Sektor Barang dan Jasa

7 PDB Barang dan Jasa di Amerika Serikat

8 Menjelaskan empat jenis utilitas yang diberikan oleh produksi dan menjelaskan dua klasifikasi proses operasi. Produk memberikan bisnis suatu hasil ekonomi: laba, upah, dan barang yang dibeli dari perusahaan lain. Produk juga memberikan pelanggan nilai utilitas—kemampuan produk untuk memuaskan keinginan manusia.

9 Ada empat jenis utilitas berdasarkan produksi: 1. Utilitas waktu. Produksi membuat produk tersedia ketika pelanggan menginginkannya. 2. Utilitas tempat: Produksi membuat produk tersedia di mana produk-produk itu nyaman bagi pelanggan.

10 3. Utilitas kepemilikan: Produksi membuat produk tersedia untuk dimiliki atau digunakan oleh pelanggan. 4. Utilitas bentuk: Dengan mengubah bahan baku menjadi barang jadi, produksi membuat produk menjadi ada.

11 Yang disebut dengan manajemen operasi (produksi) adalah pengarahan dan pengendalian sistematis terhadap proses pengubahan bahan mentah menjadi produk jadi yang memiliki nilai dan manfaat bagi konsumen.

12 Dalam mengawasi produksi, persediaan, dan kendali mutu, manajer operasi (produksi) bertanggung jawab memastikan bahwa proses operasi dapat menciptakan nilai dan memberikan manfaat.

13 Proses Transformasi Sumber Daya

14 Ada dua jenis proses operasi barang: 1. Proses analisis memecah sumber daya ke dalam komponen-komponen. 2. Proses sintetis mengombinasikan bahan mentah untuk membuat produk jadi. proses operasi Serangkaian metode dan teknologi yang digunakan dalam memproduksi barang atau jasa

15 Kita mengklasifikasikan jasa menurut tingkat kontak dengan pelanggan: 1. Proses kontak-tinggi: Untuk memberikan layanan dalam sistem kontak-tinggi, pelanggan harus menjadi bagian dari sistem. 2. Proses kontak-rendah: Dalam sistem kontak-rendah, pelanggan tidak berhubungan langsung dengan penyedia ketika layanan diberikan.

16 sistem kontak tinggi Tingkat interaksi dengan pelanggan di mana pelanggan menjadi bagian dari sistem selama penyampaian jasa sistem kontak rendah Tingkat interaksi dengan pelanggan di mana pelanggan tidak perlu menjadi bagian dari sistem untuk menerima jasa

17 Mengenali ciri-ciri yang membedakan operasi jasa dari produksi barang dan menjelaskan perbedaan utama dalam fokus jasa. Baik operasi jasa maupun manufaktur mengubah bahan mentah menjadi produk jadi. Dalam produksi jasa, bahan mentahnya adalah orang yang memiliki kebutuhan yang belum terpenuhi ataupun pemilikan yang membutuhkan perawatan atau perbaikan.

18 Atap Miller Park dapat dibuka dan ditutup, sehingga memungkinkan pemain Milwaukee Brewers tetap dapat bermain meskipun hujan turun. Namun untuk memperbaiki atap semacam itu sangat sulit: Akibat rumitnya mesin dan perlengkapan, atap tersebut tidak dapat semudah itu dibawa ke bengkel. Untungnya, sebuah perusahaan Milwaukee lain, In- Place Machining, yang berspesialisasi dalam bidang perbaikan mesin sesuai permintaan pelanggan—tanpa harus menghentikan proses produksi. Dengan 75 orang pegawainya, dan sebuah gudang bengkel dengan peralatan khusus yang lengkap, In-Place mengerjakan proyek tiap tahunnya, dari membetulkan mesin kapal pesiar hingga memoles lensa teleskop observatorium di seluruh dunia.

19 Dengan demikian “produk jadi” adalah orang yang kebutuhannya terpenuhi dan kepemilikannya dilayani. Fokus operasi jasa itu berbeda dengan fokus produksi barang dalam lima hal: 1. Karena barang diproduksi dan jasa dilaksanakan, kinerja yang berorientasi pelanggan adalah penting dalam perusahaan jasa.

20 2. Karena kebanyakan produk jasa adalah kombinasi dari barang dan jasa, jasa berfokus pada transformasi proses maupun hasil akhirnya. 3. Transaksi jasa mencerminkan tiga kualitas kunci dari produk-produk jasa: tak berwujud, dapat disesuaikan, tidak bisa disimpan.

21 3. Karena operasi jasa sering menyertakan pelanggan sebagai bagian dari proses, para pelanggan dapat secara langsung mempengaruhi proses itu. 4. Pemberi jasa tahu bahwa mutu kerja dan mutu jasa tidak selalu merupakan hal yang sama (sebuah mobil yang diperbaiki secara tepat adalah hal yang berbeda dengan mengambilnya kembali tepat pada waktunya.)

22 Perencanaan dan Pengendalian Operasi

23 Mengenali faktor-faktor yang terlibat dalam perencanaan operasi. Perencanaan operasi berfokus pada lima kategori utama: 1. Perencanaan kapasitas: Jumlah produk yang dapat diproduksi perusahaan dalam kondisi kerja normal adalah yang dimaksud dengan kapasitas.

24 Dalam jasa kontak rendah, menjaga tingkat persediaan memungkinkan manajer menetapkan kapasitas pada tingkat rata- rata permintaan. Dalam proses kontak tinggi, manajer merencanakan kapasitas untuk memenuhi permintaan paling tinggi.

25 2. Perencanaan lokasi: Dalam perencanaan lokasi, manajer operasi produksi barang mempertimbangkan faktor-faktor seperti kedekatan dengan bahan baku dan pasar; ketersediaan tenaga kerja; biaya energi dan transportasi; peraturan dan pajak; serta kondisi kehidupan masyarakat.

26 Jasa kontak rendah dapat berlokasi dekat atau jauh dari pasokan, tenaga kerja, atau transportasi. Jasa kontak tinggi harus berlokasi dekat pelanggan yang merupakan bagian dari sistem.

27 3. Perencanaan tata ruang: Tata ruang mesin, peralatan, dan pasokan menentukan seberapa cepat perusahaan dapat menanggapi permintaan pelanggan. Dalam produksi barang, tata ruang dapat direncanakan untuk tiga jenis ruang yang berbeda

28 (i) Fasilitas produktif: bengkel kerja dan peralatan untuk mengubah bahan mentah; (ii) fasilitas nonproduktif: tempat penyimpanan dan pemeliharaan; (iii) fasilitas pendukung: kantor, kamar mandi, tempat parkir, kantin, dan lain-lain.

29 Ada tiga jenis tata ruang untuk fasilitas: 1. tata ruang proses Pengaturan kegiatan produksi yang mengelompokkan peralatan dan orang-orangnya berdasarkan fungsinya

30 2. tata ruang seluler Pengaturan kegiatan produksi yang dirancang untuk memindahkan satu kelompok produk melalui alur yang sejenis 3. tata ruang produk Pengaturan kegiatan produksi yang dirancang khusus untuk membuat satu jenis produk melalui urutan tahapan yang tetap

31 Tata Ruang Proses

32 Tata Ruang Seluler

33 Tata Ruang Produk

34 BMI system, sebuah kios fotokopi di Oklahoma City, dulunya adalah sebuah ruangan kecil tak terpakai di sebuah garasi. Namun hanya dalam kurun beberapa tahun, produktivitasnya meningkat, dan juga retensi pegawainya yang bekerja. Perusahaan saat ini mampu untuk memiliki tenaga penjual berkemampuan tinggi dan klien-klien tingkat atas. Semuanya bermula ketika perusahaan terpaksa pindah dan mempekerjakan arsitek lokal dari Elliot&Associates untuk merancang ulang sebuah tata ruang kontak. Sekarang para pelanggan dapat berkeliling dan mengamati operasi berteknologi tinggi yang dipamerkan di balik dinding kaca, yang dapat dilihat dari sebuah ruang rapat yang nyaman serta efisien.

35 4. Perencanaan mutu: Standar kualitas mesti dikembangkan untuk kedua produk dan metode bekerja, untuk memastikan hasil yang memuaskan dari proses produksi. 5. Perencanaan metode: Bila manajer mengurangi pemborosan dan inefisiensi dengan mengidentifikasi setiap tahap produksi dan metode spesifik pelaksanaannya, para manajer mempraktikkan perbaikan metode.

36 Bagan alur proses dapat mengidentifikasi urutan kegiatan produksi, pergerakan bahan, dan pekerjaan yang dilaksanakan pada setiap tahap. Kemudian alur dapat dianalisis untuk mengidentifikasi kegiatan pemborosan, sumber penundaan, dan inefisiensi lainnya.

37 Untuk sedan XJ-nya yang baru, Jaguar ingin menggunakan konstruksi mobil dari aluminium, karena alasan efi siensi dan bobot jika dibandingkan dengan kontruksi dari baja. Untuk alasan yang sama, aluminium memberikan kesan desain berteknologi tinggi, dan perusahaan menganggap bahwa penggunaan aluminium tersebut sesuai dengan citra elegan berkelas dari mobil Jaguar. Akan tetapi, metode yang biasa digunakan untuk memproduksi mobil dari bahan baja dapat melemahkan konstruksi dari bahan aluminium. Oleh karena itu, pabrik Jaguar di Castle Bromwich di Inggris membangun lini perakitan yang dikerjakan oleh 88 robot yang dilengkapi dengan peralatan yang mampu memasangkan lebih dari 3000 paku kelim pada tiap mobil.

38 Analisis alur jasa membantu manajer memutuskan proses mana yang penting dalam jasa. Analisis alur jasa juga membantu mengenali masalah potensial yang dikenal sebagai titik kegagalan. analisis alur jasa Metode untuk menganalisis suatu jasa dengan cara memperlihatkan alur proses

39 Analisis Alur Jasa

40 Menjelaskan beberapa faktor dalam penjadwalan operasi dan menggambarkan beberapa aktivitas yang tercakup dalam pengendalian operasi, termasuk manajemen material dan penggunaan alat pengendalian operasi tertentu. Begitu mengidentifikasi rencana sumber daya yang dibutuhkan, manajer harus mengembangkan agenda untuk mendapatkan sumber daya tersebut.

41 Aspek operasi ini disebut penjadwalan. Dalam produksi barang, jadwal produksi utama menunjukkan produk mana yang akan diproduksi, kapan produksi akan dilakukan, dan sumber daya apa yang akan dibutuhkan selama periode tertentu. jadwal produksi utama Jadwal yang memperlihatkan produk mana yang akan diproduksi, kapan akan dimulai, dan sumber daya apa yang akan digunakan

42 Untuk membuat penjadwalan proyek khusus, dua alat—bagan Gantt dan bagan PERT— membantu manajer mempertahankan koordinasi dan penentuan waktu yang ketat.

43 bagan Gantt Jadwal produksi yang menggambarkan langkah-langkah dalam sebuah proyek dan waktu yang dibutuhkan untuk setiap langkah bagan PERT Jadwal produksi yang menentukan urutan dan jalur kritis data dalam menjalankan langkah-langkah sebuah proyek

44 Bagan Gantt

45 Bagan PERT

46 Begitu jadwal dibuat, pengendalian operasi menuntut manajer untuk memantau kinerja dengan membandingkan hasil dengan rencana dan jadwal terinci. Jika jadwal atau standar mutu tidak tercapai, manajer mengambil tindakan korektif.

47 Tindak lanjut—pengecekan untuk memastikan bahwa keputusan yang diambil telah dilaksanakan—adalah satu sisi penting dari pengendalian operasi. pengendalian operasi Proses pengawasan kinerja produksi dengan cara membandingkan hasil yang dicapai dengan rencana yang dibuat

48 Pengendalian operasi memuat dua proses yang memastikan bahwa jadwal dan tujuan produksi memang terpenuhi: 1. Manajemen material: Baik perusahaan jasa maupun perusahaan yang memproduksi barang sama-sama menggunakan material.

49 Proses manajemen material tidak hanya mengendalikan, melainkan juga merencanakan dan mengatur aliran material. Manajemen material bisa berfokus pada rancangan produk dengan menekankan standardisasi—penggunaan komponen standar dan seragam.

50 2. Berbagai alat membantu manajer dalam mengendalikan operasi: i. Pelatihan pekerja: Kepuasan pelanggan berhubungan erat dengan karyawan yang menyediakan jasa. Hal ini terutama berlaku dalam sistem jasa, yang para karyawannya merupakan penghasil produk sekaligus tenaga penjual.

51 ii. Lean system dirancang untuk membuat arus produksi yang mulus dengan cara mencegah terjadinya inefisiensi, menghilangkan persediaan yang tidak perlu, dan terus memperbaiki proses produksi.

52 iii. Perencanaan kebutuhan material (MRP) berusaha memberikan jumlah bahan yang tepat pada saat dan tempat yang tepat. MRP menggunakan rancangan material—“resep” yang merincikan bahan-bahan yang diperlukan, urutan kombinasi, dan jumlah yang dibutuhkan untuk membuat sejumlah produk.

53 iv. Pengendalian mutu adalah manajemen proses operasi yang menjamin barang atau jasa yang diproduksi memenuhi standar mutu tertentu.

54 Pada tahun 2002, R.R. Donnelley, perusahaan pembuat buku terbesar di AS, mengubah filosofi operasinya. Alih-alih mencetak atau eksemplar buku dan memberlakukan harga berdasarkan prinsip “sedolar per buku,” perusahaan memutuskan untuk mengikuti permintaan pelanggan—toko buku selalu mengeluhkan terlalu banyak stok, atau tidak ada stok sama sekali. Di pabriknya yang terletak di Roanoke, VA, Donnelley sekarang menerapkan prinsip “mencetak berdasarkan permintaan”: Berkat teknologi baru dan metode yang lebih efisien, percetakan mampu mencetak 50 eksemplar untuk beberapa judul buku, dan jutaan eksemplar untuk buku lainnya. Produktivitas pun meningkat 20% dalam dua tahun.

55

56 Menggambarkan hubungan antara produktivitas dan kualitas. Produktivitas adalah ukuran kinerja perekonomian: Produktivitas membandingkan seberapa banyak yang dapat diproduksi dengan sumber daya yang digunakan untuk memproduksinya.

57 Dengan demikian, semakin banyak output produksi yang menggunakan sumber daya yang lebih sedikit, produktivitas semakin bertumbuh dan semakin banyak orang diuntungkan. Produktivitas juga mengacu pada kuantitas dan kualitas dari apa yang kita produksi.

58 Bila sumber daya digunakan secara lebih efisien, kuantitas hasil tentu saja lebih besar. Namun jika produk yang dihasilkan itu tidak mempunyai kualitas yang memuaskan, konsumen akan menolaknya. Oleh karena itu, memproduksi kualitas berarti menciptakan kesesuaian atas penggunaan—menawarkan keistimewaan yang diinginkan konsumen.

59 Di Bangalore India, orang dipekerjakan untuk membuat piranti lunak, menjalankan sistem komputer, memproses transaksi, dan bekerja di layanan call center (seperti dalam gambar) yang dioperasikan oleh ICICI OneSource, menerima telepon dari pelanggan yang berasal dari perusahaan-perusahaan multinasional yang berkantor pusat di AS dan Eropa. Jaringan yang mengglobal membuat hal tersebut mungkin untuk dilakukan, dan banyak di antara pekerjaan-pekerjaan tersebut ( tersebar di seluruh India) mempekerjakan orang-orang dari India (outsource), dengan memanfaatkan penyalur tenaga kerja dari India; karena para pekerja hanya dibayar 10% hingga 20% dari tingkat pendapatan orang AS dan Eropa. Sekalipun begitu, mereka berpenghasilan 8 kali lebih besar daripada rata-rata pendapatan orang India per tahunnya ($450).

60 Mengukur Produktivitas produktivitas tenaga kerja Rasio produktivitas yang diukur dengan cara membagi total output dengan total input tenaga kerja

61 Perbandingan Produktivitas Internasional

62 Produktivitas dalam Berbagai Industri AS

63 Menjelaskan penurunan dan pemulihan produktivitas AS yang telah terjadi dalam kurun waktu 30 hingga 35 tahun terakhir. Pada tahun 1970-an, produktivitas AS mulai mengalami penurunan yang berlanjut hingga 1980-an. Selanjutnya, perubahan produktivitas terjadi pada tahun-tahun menjelang tahun 1994, ketika bisnis Amerika mendapatkan pangsa pasar yang signifikan dalam beberapa industri besar.

64 Pada tahun 2003, perusahaan-perusahaan AS tetap menjadi eksportir terkemuka di dunia dalam beberapa industri utama. Dewasa ini, banyak perusahaan Asia dan Eropa sekali lagi terdorong untuk mengejar pesaing- pesaing mereka dari AS. Perubahan nasib ini terjadi karena beberapa alasan. Pertama, bisnis AS berkonsentrasi pada pemahaman arti produktivitas yang sebenarnya dan merancang sarana untuk mengukurnya.

65 Setelah mempelajari bahwa kualitas harus didefinisikan dari segi nilai bagi pelanggan, kalangan bisnis merancang ulang organisasi dan usaha pemasaran untuk memfokuskan usaha yang lebih berorientasi-pelanggan. Ketika perbaikan kualitas diimplementasikan, semakin banyak perusahaan menyadari manfaatnya. Keberhasilan ini menyoroti interdependensi antara empat unsur penting: pelanggan, mutu, produktivitas, dan laba.

66 Mengidentifikasikan kegiatan yang melibatkan manajemen kualitas total dan menerangkan enam perangkat yang dapat digunakan perusahaan untuk mencapainya. Manajemen kualitas total/total quality management (TQM) mencakup semua kegiatan yang perlu untuk menempatkan barang dan jasa berkualitas tinggi ke pasar.

67 Kegiatan ini mempertimbangkan semua bagian bisnis, termasuk pelanggan, pemasok, dan karyawan. Pendekatan strategis terhadap TQM dimulai dengan fokus pelanggan, yang meliputi metode untuk menetapkan apa yang diinginkan pelanggan dan kemudian mengarahkan semua sumber daya perusahaan dalam memuaskan keinginan dan kebutuhan pelanggan tersebut.

68 TQM mencakup empat kegiatan manajerial dasar: (1) perencanaan kualitas, (2) penataan kualitas, (3) pengarahan kualitas, dan (4) pengendalian kualitas.

69 Dalam industri otomotif, kunci pengukuran kualitas (atau kelemahannya) adalah jumlah pengembalian produk (recall). Berdasarkan standar ini, masih dimungkinkan untuk meningkatkan total quality management (TQM) di General Motors, yang telah menerima recall yang lebih banyak atas kendaraannya pada kuartal pertama tahun 2004—7.5 juta unit—dibandingkan pada tahun 2003, termasuk produk Cadillac SRX-nya yang terbaru (sebuah kendaraan keluarga hibrida– SUV). GM mengatakan bahwa perusahaan telah proaktif—menangani masalah- masalah potensial untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Para analis berargumen bahwa cacat pada produk GM mulai menurun, terutama karena dua tindakan: bergantung pada pemasok luar untuk komponen-komponen besar dan menggunakan suku cadang yang sama untuk jutaan kendaraannya.

70 Ada enam perangkat yang lazim digunakan untuk TQM: 1. Analisis nilai-tambah adalah evaluasi atas semua aktivitas kerja, aliran bahan baku, dan administrasi untuk menentukan nilai yang ditambahkan bagi pelanggan.

71 2. Kendali proses produksi secara statistik (SPC) mengacu pada metode yang digunakan karyawan untuk mengumpulkan data dan menganalisis variasi dalam kegiatan produksi untuk menentukan kapan penyesuaian dibutuhkan. Bagan kendali dan variasi proses adalah dua contoh dari SPC.

72 variasi proses Variasi produk yang timbul dari perubahan dalam input produksi bagan kendali Metode pengendalian proses yang memetakan hasil pengambilan contoh dalam sebuah diagram untuk menentukan kapan suatu produk mulai menyimpang dari kondisi kerja normal

73 Studi Variasi Proses

74 Bagan Kendali Proses

75 3. Pengamatan kualitas/biaya mengidentifikasi biaya terkini perusahaan dan memperlihatkan bidang- bidang yang memiliki potensi penghematan biaya paling besar. Biaya kualitas berkaitan dengan pencarian, perbaikan, atau pencegahan barang dan jasa yang rusak.

76 Itu semua bisa disebabkan karena kegagalan internal (yang terjadi selama produksi dan sebelum produk-produk yang rusak meninggalkan pabrik) atau karena kegagalan eksternal (yang ditemukan setelah produk yang rusak meninggalkan pabrik).

77 4. Tim perbaikan kualitas merupakan kelompok karyawan yang berkolaborasi dari berbagai bidang kerja yang bertemu secara berkala untuk menetapkan, menganalisis, dan menyelesaikan masalah produksi umum. Tujuan mereka adalah memperbaiki metode kerja maupun produk yang mereka buat.

78 Di pabrik Delphi Automotive System, di Courtland, Ohio, yang mem buat tabung plastik untuk penghubung listrik, personel pengecekan kualitas merupakan bagian dari angkatan kerja yang terus mengalami peningkatan. Sejak 1999, Delphi telah meng habiskan $30 juta untuk pembelian peralatan baru, dan sebuah jaringan manufaktur secara elektronik (e-manufacture) yang sangat efisien, sehingga pengawas pabrik dapat bekerja dari rumahnya sendiri menggunakan komputer pribadi. Dan untuk para pekerja pengecekan kualitas, pekerjaan mereka dipermudah dengan tingkat produk cacat yang hanya 14 unit per juta.

79 5. Dengan benchmarking, sebuah perusahaan memperbaiki produk atau prosedur bisnisnya sendiri dengan cara membandingkannya dengan kinerja di masa lalu atau dengan contoh kasus terbaik dari orang lain.

80 6. Menjadi lebih dekat dengan pelanggan adalah sebuah proses agar dapat senantiasa dekat dengan pelanggan dan mencari cara untuk menjamin perusahaan memberikan nilai dan kualitas dari produk yang pelanggan beli.

81 Mengidentifikasi tiga tren manajemen produktivitas dan kualitas, termasuk manajemen rantai pasokan. Tiga tren dalam manajemen kualitas dan produktivitas telah muncul ketika perusahaan belajar berhadapan dengan persaingan yang ketat.

82 1. ISO 9000 (dan ISO 9000:2000) adalah program sertifikasi yang membuktikan bahwa suatu pabrik, laboratorium, atau kantor telah memenuhi persyaratan manajemen-kualitas yang ketat yang ditetapkan oleh International Organization for Standardization.

83 Sertifikat ini memungkinkan perusahaan untuk membuktikan bahwa perusahaan mengikuti prosedur yang terdokumentasi untuk menguji produk, melatih karyawan, mencatat arsip, dan memperbaiki kerusakan produk.

84 ISO memberikan sertifikat dalam perbaikan lingkungan hidup. Dengan memperluas ISO ke dalam wilayah perlindungan lingkungan dan pengelolaan limbah berbahaya, ISO menuntut sebuah perusahaan untuk mengembangkan satu sistem manajemen lingkungan.

85 2. Rekayasa ulang proses bisnis berfokus pada peningkatan produktivitas maupun kualitas proses bisnis—mengkaji ulang setiap langkah operasi sebuah organisasi mulai dari awal. Rekayasa ulang (reengineering) adalah pemikiran ulang fundamental dan perancangan ulang proses untuk mencapai perbaikan dramatis dalam kinerja.

86 Tahapan dalam Proses Rekayasa Ulang

87

88 Sampai beberapa tahun yang lalu, Seagate Technology, sebuah perusahaan pembuat hard drive komputer di California, membuat hampir semua komponennya sendiri. Sayangnya, perusahaan membutuhkan komponen dari pabrik- pabrik di Minnesota sampai Malaysia dan Irlandia, masing-masing dengan pemasok dan persediaannya sendiri. Seagate tidak cukup fleksibel untuk tanggap terhadap perubahan kebutuhan pelanggan. Kemudian perusahaan ini merekayasa ulang dirinya: Sekarang operasi di seluruh perusahaan itu dijalankan oleh sistem perencanaan berbasis komputer, daftar pemasok telah dipangkas, bahkan komponen-komponen penting didatangkan dari luar (outsourced).

89 3. Rantai pasokan mengacu pada kelompok perusahaan dan arus aktivitas yang beroperasi bersama untuk menciptakan suatu produk. Strategi tradisional menganggap bahwa perusahaan dikelola sebagai perusahaan individu dan bukan sebagai anggota dari serangkaian mata rantai pasokan yang terkoordinasi.

90 Manajemen rantai pasokan memandang rantai pasokan secara menyeluruh untuk memperbaiki keseluruhan arus melalui satu sistem yang terdiri dari perusahaan- perusahaan yang bekerja bersama. Karena pelanggan akhirnya mendapatkan nilai yang lebih baik, SCM memberikan anggota rantai pasokan suatu keunggulan kompetitif.

91 Menjelaskan bagaimana strategi rantai pasokan dan strategi tradisional berbeda dalam mengoordinasikan operasi antarperusahaan. Strategi rantai pasokan adalah gagasan di mana para anggota dari rantai pasokan tersebut—aliran semua kegiatan dan perusahaan yang dapat menambah nilai dalam memproduksi sebuah produk— mendapatkan keunggulan kompetitif dengan bekerja sama sebagai suatu sistem yang terkoordinasi dari berbagai unit.

92 Rantai Pasokan untuk Roti Bakar

93 Di tahun 2006, Anda akan dapat mengambil produk apa pun di rak Wal-Mart dan memindainya secara otomatis pada kartu debit Anda, tanpa harus mengantre di kasir. Teknologi yang sama—yang diberi nama radio frequency identifi cation (RFID)—akan memberi tanda ke ruang penyimpanan Wal-Mart agar mengisi kembali rak untuk barang yang telah Anda beli. Sistem ini akanmembantu Wal-mart menghindari kesalahan rantai pasokan dan menghemat biaya hingga $8 miliar per tahun, namun kabar baik ini tidak berlaku bagi semua orang: perusahaan produk konsumen yang ingin bertahan di rak Wal-Mart harus mengeluarkan jutaan dolar untuk memenuhi permintaan peritel raksasa ini.

94 Sebaliknya, strategi tradisional mengasumsikan perusahaan dikelola sebagai sebuah perusahaan individu, yang melakukan kegiatan berdasarkan kebutuhannya masing-masing. Dengan mengelola rantai pasokan sebagai satu kesatuan—dengan menggunakan manajemen rantai pasokan—perusahaan dapat lebih mengoordinasikan kegiatan dalam satu jaringan.

95 Dengan berbagi informasi, biaya total serta biaya persediaan dapat dikurangi, kualitas dapat ditingkatkan, dan pengiriman kepada para pelanggan menjadi lebih cepat.

96 Ketika dilayani dengan pelayanan yang lebih baik serta lebih cepat, pelanggan akan lebih memilih produk dari rantai pasokan. Anggota rantai pasokan juga mendapatkan keunggulan lebih besar dibandingkan pesaingnya yang kurang efektif secara operasional.

97 Membahas empat strategi yang digunakan perusahaan dalam memperbaiki produktivitas dan kualitas Kemampuan yang luas di tingkat perusahaan dalam bersaing dengan meningkatkan produktivitas serta kualitas dapat dilakukan berdasarkan 4 strategi:

98 1. Berinvestasi dalam inovasi serta teknologi telah memungkinkan peningkatan produktivitas serta kualitas, terutama dari pengaplikasian Internet serta teknologi komunikasi. 2. Menerapkan pandangan jangka panjang dengan suatu komitmen untuk melakukan peningkatan yang berkelanjutan telah terbukti berhasil meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

99 2. Penekanan pada kualitas kerja para pegawai dapat meningkatkan kesejahteraan dan keikutsertaan pegawai dalam meningkatkan kinerja perusahaan dan produktivitas nasional. Saat ini banyak perusahaan yang telah mengembangkan lingkungan yang lebih berorientasi pada para pekerjanya yang mengedepankan kesetiaan, kerja sama, serta komitmen.

100 4. Peningkatan yang dilakukan dalam sektor jasa merupakan potensi besar dalam hasil produktivitas dan kualitas yang belum dikelola. Dalam usahanya untuk menyediakan layanan yang lebih memuaskan, perusahaan mengenali 5 kriteria.

101 5 kriteria yang digunakan pelanggan dalam mempertimbangkan kualitas layanan yang diterimanya: (i) keandalan, (ii) cepat tanggap, (iii) kepastian, (iv) empati, dan (v) berwujud.

102

103 Mengapa bisnis harus mengelola informasi dan memperlihatkan cara sistem komputer dan teknologi komunikasi telah merombak manajemen informasi. Karena kegiatan bisnis berhubungan dengan jumlah data serta informasi mengenai pelanggan, pesaing, dan operasi perusahaan dalam jumlah yang sangat besar, kemampuan untuk mengelola sumber daya ini dapat menjadi perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan.

104 data Fakta dan gambaran mentah informasi Interpretasi data yang berarti dan berguna

105 Pengelolaan sistem informasi adalah kegiatan inti karena semua kegiatan bisnis perusahaan berkaitan dengannya. Peran IS (information system/sistem informasi) semakin besar karena pengembangan teknologi elektronik yang memungkinkan arus informasi dan komunikasi yang lebih cepat dan lebih luas.

106 sistem informasi (IS) Sistem untuk mengubah data mentah menjadi informasi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan

107 Evolusi Jangkauan Sistem Informasi

108 Menyatukan Strategi Bisnis dengan Sistem Informasi

109 Dengan meningkatnya persaingan serta berkembangnya operasi global dan e- bussiness, perusahaan membutuhkan jaringan komunikasi data yang lebih maju dan electronic information technologies (EIT).

110 jaringan komunikasi data Teknologi untuk membawa aliran data secara bolak-balik melalui sistem telekomunikasi electronic information technologies (EIT) Aplikasi sistem informasi, berdasarkan teknologi telekomunikasi, yang menggunakan jaringan alat-alat atau perlengkapan untuk menyampaikan informasi dengan alat elektronik

111 EIT menggunakan peralatan jaringan (seperti komputer dan satelit) untuk mengkomunikasikan informasi dan meningkatkan produktivitas dengan melayani dua fungsi: 1. dengan menyediakan koordinasi dan komunikasi di dalam perusahaan; dan 2. dengan mempercepat transaksi dengan perusahaan lain.

112 Mengidentifikasi dan menjabarkan secara ringkas tiga elemen utama dalam data com munication network— Internet, World Wide Web, dan intranet. Data communication network merupakan jaringan global yang menggunakan sistem telekomunikasi untuk membawa arus data digital bolak-balik secara cepat dan ekonomis.

113 Jaringan komunikasi terbesar, Internet (atau “the Net”), merupakan sistem jaringan yang melayani jutaan komputer, yang menawarkan kisaran informasi yang luas, dan menyediakan arus komunikasi di antara lebih dari jaringan terpisah.

114 Internet memungkinkan PC yang sebenarnya berada di mana saja bisa disambungkan dan juga menjadi sistem yang paling penting di dunia. Individu-individu tidak dapat berhubungan secara langsung, namun dengan biaya bulanan memungkinkan mereka untuk berlangganan via Internet service provider (ISP).

115 Internet service provider (ISP) Sebuah perusahaan komersial yang mengelola satu sambungan permanen dengan the Net dan menjual sambungan sementara.

116 World Wide Web Subsistem komputer yang memberikan akses ke Internet dan menawarkan kemampuan berhubungan serta multimedia World Wide Web (www atau “the Web”) memungkinkan para pengguna di seluruh dunia berkomunikasi dengan mudah.

117 Web mendukung standar untuk penyimpanan, penemuan kembali, memformat, dan menayangkan informasi. Web menyediakan “bahasa umum” yang membuat Internet tersedia bagi audiens umum dan tidak hanya kepada pengguna teknis.

118 Larry Page (kiri) dan Sergey Brin memulai mesin pencari (search engine) Google ketika keduanya masih duduk di bangku kuliah pascasarjana pada pertengahan tahun 1990-an. Awalnya mereka memberi nama program mereka “BackRub” karena sangat baik untuk menganalisis “back links” dari satu situs Web ke situs Web lainnya. Dengan dukungan dana terutama dari para penanam modal di Silicon Valley, mereka mendirikan Google di tahun 1998 sebelum pindah ke kantor pusatnya yang sekarang—dikenal sebagai GooglePlex—di Mountain View, CA. Ketika perusahaan berusia 6 tahun go-public di tahun 2004, kedua pendirinya, masing-masing memiliki 38 juta lembar saham senilai $3 miliar.

119 Intranet memungkinkan pengguna melihat- lihat situs internal yang berisi informasi sebuah perusahaan. Hanya karyawan yang bisa masuk melalui firewall elektronik— perangkat keras dan piranti lunak sistem keamanan yang tidak dapat diterobos oleh orang luar.

120 intranet Network pribadi dari situs-situs Web internal dan sumber-sumber informasi lain yang tersedia untuk para karyawan suatu perusahaan. firewall Sistem hardware dan software yang menghalangi pihak luar untuk mengakses jaringan internal suatu perusahaan

121 Menjabarkan lima pilihan baru untuk rancangan organisasi yang tumbuh dari perkembangan teknologi informasi yang pesat. 1. Jaringan informasi sedang mendorong perampingan organisasi—bisnis dengan jumlah pegawai yang lebih sedikit serta struktur organisasi yang lebih sederhana— karena perusahaan yang tergabung dalam sebuah jaringan dapat mempertahankan hubungan informasi elektronik—daripada komunikasi tatap muka atau dengan suara—antarpegawai, pelanggan, dan pemasok.

122 2. Operasi menjadi semakin fleksibel, karena jaringan elektronik memungkinkan bisnis untuk menawarkan variasi yang lebih banyak dan siklus pengiriman yang lebih cepat. 3. Didukung dengan fasilitas intranet serta Internet, kolaborasi lebih besar dimungkinkan, antara unit-unit internal maupun dengan perusahaan luar.

123 4. Lokasi geografis yang terpisah (geographic separation) dari tempat kerja dan kantor pusat sebuah perusahaan menjadi lebih umum karena hubungan elektronik menggantikan kebutuhan pertemuan fisik antara perusahaan dengan stasiun kerja.

124 5. Perbaikan proses manajemen dimungkinkan karena manajer memiliki akses cepat terhadap lebih banyak informasi mengenai status terkini dari aktivitas perusahaan, dan akses yang lebih mudah terhadap peralatan elektronik untuk membuat perencanaan dan pengambilan keputusan.

125 Networking untuk Mass-customization

126 Pada pertengahan tahun 1990, pabrik Navistar yang terletak di Springfield, OH, memerlukan 300 pekerja untuk memotong dan menyambung panel-panel pada sebuah truk berukuran sedang; kini, hanya memerlukan 44 orang. 10 tahun yang lalu, pabrik ini mepekerjakan pekerja; saat ini hanya pekerja. Berkat teknologi baru (dan beberapa konsesi dengan serikat pekerja), produksi terus mengalami peningkatan pada pabrik seperti ini, tetapi sama seperti di tempat lainnya, peningkatan produksi tidak meningkatkan peluang bekerja: Perusahaan seperti Navistar, yang masih melakukan perakitan di AS telah belajar untuk menjaga produksi dan tetap mempertahankan pegawai yang diperkerjakan pada tingkat yang biasa digunakan untuk memberi sinyal aktivitas bisnis yang sedang melambat.

127 Mendiskusikan berbagai program aplikasi sistem informasi yang tersedia bagi pengguna pada berbagai tingkat organisasi. Keperluan sistem untuk staf ahli bervariasi karena perbedaan permasalahan khusus yang dihadapi.

128 staf ahli Karyawan yang menggunakan informasi dan pengetahuan sebagai bahan mentah serta bergantung pada teknologi informasi untuk merancang produk atau sistem bisnis baru

129 Menyesuaikan Pengguna Informasi dan Sistem

130 Menyesuaikan Tingkat Pengguna dengan Bidang Fungsional dan Proses Bisnis

131 Pengaplikasian sistem informasi dalam pembuatan keputusan untuk manajemen tingkat menengah atau tingkat atas harus fleksibel karena keduanya bergantung pada informasi yang sifatnya luas baik yang bersumber dari internal maupun eksternal.

132 Program aplikasi untuk staf ahli dan aplikasi kantor termasuk alat produktivitas pribadi seperti word processing, desktop publishing, dan computer aided design.

133 program aplikasi Piranti lunak (seperti Word for Windows) yang mengolah data sesuai dengan kebutuhan khusus pengguna word processing Program aplikasi yang memungkinkan komputer menyimpan, mengedit, serta mencetak surat dan angka untuk dokumen yang dibuat oleh pengguna

134 desktop publishing Proses menggabungkan kemampuan pengolah kata dan grafik untuk menghasilkan teks berkualitas dari komputer pribadi computer-aided design (CAD) Teknologi elektronik berbasis komputer yang membantu dalam perancangan produk dengan mensimulasikan produk sebenarnya dan memperlihatkannya dalam grafik tiga dimensi

135 Sistem informasi manajemen (Management Information System—MIS) membantu manajer di sebuah organisasi dengan menyediakan laporan, jadwal, rencana, dan anggaran. Manajer tingkat menengah, pengguna terbesar MIS, memerlukan informasi yang terhubung untuk merencanakan aktivitas- aktivitas dan untuk menelusuri aktivitas yang sedang berlangsung.

136 management information systems (MIS) Sistem yang digunakan untuk mengubah data menjadi informasi untuk digunakan dalam proses mengambil keputusan

137 Decision support system (DSS) adalah aplikasi interaktif yang membantu proses pembuatan keputusan bagi manajer tingkat menengah maupun atas. Executive support system (ESS) adalah sebuah program referensi cepat dan mudah diakses untuk membantu manajer tingkat atas. Artificial Intelligence (AI) dan expert systems dirancang untuk meniru perilaku manusia dan menyediakan bantuan secara komputer dalam melaksanakan aktivitas- aktivitas bisnis yang terspesialisasi.

138 Komponen utama dalam sistem informasi adalah computer networks—seluruh alat- alat teknologi dan informasi komputer yang bekerja bersama-sama, menggerakkan aliran informasi digital di seluruh sistemnya. Walaupun merupakan mesin yang kuat, komputer hanyalah satu bagian dari sistem informasi.

139 Setiap sistem memiliki enam komponen:  Perangkat keras adalah komponen fisik dari sistem komputer.  Piranti lunak adalah program-program yang memberi perintah yang harus dilakukan komputer  Pengendalian (Control)  Database  Manusia  Telekomunikasi

140 Komponen Perangkat Keras Sistem Informasi

141 Di kantor Acxiom yang berlokasi di Arkansas, sitem komputer yang dimilikinya menelusuri data konsumen yang disediakan oleh hampir seluruh penerbit kartu kredit, bank ritel, dan perusahaan asuransi di AS. Sejak tanggal , Acxiom telah bekerja sama dengan pemerintah AS mengembangkan sistem untuk berbagi data dan verifi kasi identitas, di mana banyak ahli yang percaya bahwa data milik sektor swasta sangat penting agar program-program keamanan nasional dapat bekerja secara efektif. Saat ini, perusahaan sedang meningkatkan kemampuan model pengamanan komputernya. Namun orang-orang yang mengkhawatirkan kemungkinan terjadinya pelanggaran menunjukkan bahwa Acxiom sendiri telah di-hack dengan sukses lebih dari sekali dalam beberapa tahun belakangan.

142 Menjabarkan secara singkat isi dan peran dari database dan tujuan dari piranti lunak database bagi sistem informasi. Database adalah sebuah koleksi data yang berhubungan secara terpusat dan terorganisasi dalam bentuk digital, dalam sistem komputer.

143 Database adalah gudang data dari semua sistem data yang diklasifikasikan berdasarkan field, record, dan file yang memiliki lokasi penyimpanan berdasarkan angka. Kegunaan database dan piranti lunak database adalah untuk membuat data dapat diakses berdasarkan permintaan pengguna sistem.

144 Program manajemen database adalah sebuah aplikasi piranti lunak yang memungkinkan data dapat disimpan, diambil, dipilih, serta dicari dengan baik. Piranti lunak ini memungkinkan pengguna sistem untuk mengintegrasikan sepotong data ke dalam file yang berbeda dalam sistem sehingga menciptakan informasi yang berguna.

145

146 Menjelaskan peranan akuntansi dan membedakan jenis pekerjaan yang diselesaikan oleh akuntan publik dan akuntan swasta. Akuntansi adalah sistem komprehensif untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengkomunikasikan informasi keuangan.

147 Akuntansi mengukur kinerja bisnis dan menerjemahkan hasil menjadi informasi bagi keputusan manajemen. Akuntansi juga mempersiapkan laporan kinerja bagi pemilik, publik, dan pembuat peraturan, sehingga berguna dalam menyediakan gambaran tepat mengenai kondisi kesehatan keuangan perusahaan.

148 Ada dua bidang utama dalam akuntansi: 1. Akuntansi keuangan berhadapan dengan pengguna informasi eksternal (kelompok konsumen, serikat pekerja, pemegang saham, dan badan pemerintah). Bidang ini mempersiapkan secara teratur laporan laba-rugi, neraca, laporan arus kas dan laporan keuangan lain yang diterbitkan untuk para pemegang saham dan publik.

149 2. Akuntansi manajerial (manajemen) melayani pengguna internal, seperti manajer pada semua tingkatan. Bidang ini memberikan informasi yang membantu dalam pembuatan keputusan departemen, pemonitoran proyek- proyek, dan perencanaan kegiatan- kegiatan di masa mendatang.

150 Membahas CPA Vision Project dan menjelaskan perubahan profesi CPA. Vision Project adalah sebuah evaluasi terhadap profesi untuk melihat masa depan profesi akuntansi. Proyek ini diusulkan karena penurunan jumlah siswa yang mau menjadikan akuntansi sebagai profesi dan juga karena pesatnya perubahan dalam dunia bisnis.

151 Praktisi CPA dan para pemimpin industri mengidentifikasi kekuatan utama yang berdampak pada profesi. Kemudian mereka mengembangkan rekomendasi-rekomendasi untuk perubahan, termasuk sekumpulan core services (jasa inti), yang mesti ditawarkan CPA kepada kliennya dan sekumpulan core compentencies (kompetensi inti) yang mesti dimiliki para CPA. Secara keseluruhan, visi baru ini merefleksikan perubahan dalam budaya dan gaya hidup profesional CPA.

152 Kekuatan Global dalam Perubahan Profesi CPA

153 Core Service dalam Akuntansi

154 Core Competencies dalam Akuntansi

155 Menjelaskan penggunaan konsep-konsep berikut dalam akuntansi: persamaan akuntansi dan akuntansi berpasangan. Akuntan menggunakan persamaan berikut untuk menyeimbangkan data yang berhubungan dengan transaksi keuangan: Aset = Kewajiban + Ekuitas pemilik

156 Kita dapat menulis kembali persamaan akuntansi untuk menunjukkan definisi ini: Aset – Kewajiban = Ekuitas pemilik

157 Jika aset melebihi kewajiban, ekuitas pemiliknya positif; jika perusahaan bangkrut, pemilik akan menerima uang tunai (keuntungan) setelah menjual aset dan melunasi semua kewajibannya. Jika kewajibannya melebih aset, ekuitas pemilik menjadi negatif; aset tidak cukup untuk melunasi kewajiban; jika perusahaan ambruk, pemilik tidak akan mendapatkan uang tunai dan beberapa kreditor malah tidak dibayar.

158 Persediaan pada agen penjualan Ford di San Bernadino, CA, adalah salah satu contoh aset perusahaan: Mobil-mobil tersebut membentuk sumber daya ekonomi karena perusahaan mendapat keuntungan secara finansial ketika menjualnya. Ketika (dan jika) mobil tersebut terjual, pada akhir periode akuntansi perusahaan, agen akan mengkonversikan biaya (cost) mobil menjadi beban (expenses) mobil dan mencatatnya sebagai sebagai cost of goods sold.

159 Karena setiap transaksi mempengaruhi dua akun, akuntan menggunakan sistem akuntansi berpasangan untuk mencatat efek ganda. Karena sistem berpasangan menuntut sekurang-kurangnya dua ayat pembukuan untuk masing-masing transaksi, hal itu menjaga persamaan akuntansi tetap seimbang. Sarana ini berfungsi sebagai pengecekan ganda untuk kesalahan akuntansi.

160 Menjabarkan tiga laporan keuangan dasar dan memperlihatkan cara laporan ini mencerminkan aktivitas dan kondisi keuangan suatu bisnis. Akuntansi merangkum hasil transaksi dan menerbitkan laporan perusahaan untuk membantu manajer mengambil keputusan-keputusan sesuai dengan informasi. Kelompok laporan dikenal sebagai laporan keuangan, dibagi menjadi tiga kategori.

161 1. Neraca (kadang-kadang disebut laporan posisi keuangan) memasok informasi yang rinci tentang faktor-faktor persamaan- akuntansi: aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik pada periode tertentu. 2. Laporan laba-rugi menggambarkan pendapatan dan beban untuk menunjukkan laba atau rugi tahunan perusahaan.

162 3. Sebuah perusahaan yang sudah go-public harus mengeluarkan laporan arus kas, yang menggambarkan penerimaan dan pembayaran uang kasnya setiap tahun. Laporan ini menunjukkan pengaruh uang kas terhadap tiga kegiatan (a) arus kas dari kegiatan operasional, (b) arus kas dari investasi, (c) arus kas dari pembiayaan.

163 Neraca Perfect Posters, Inc.

164 Neraca Laba-Rugi Perfect Posters, Inc.

165 Menjelaskan standar dan prinsip utama untuk menyampaikan laporan keuangan. Akuntan mengikuti praktik dan prinsip laporan standar ketika mempersiapkan laporan keuangan. Jika tidak, para pengguna tidak akan mampu membandingkan informasi dari berbagai perusahaan, dan mereka mungkin salah mengerti—atau dituntun untuk menjadi salah tanggap—tentang status keuangan perusahaan sebenarnya.

166 Ketika Richard A. Grasso dipecat dari jabatannya sebagai direktur dan CEO dari New York Stock Exchange di bulan September tahun 2003, pesangonnya mencapai $139,5 juta—seluruhnya, kecuali $1,1 juta, adalah bonus. Dari sisi akuntansi, bonus yang didapatkan Grasso mirip dengan pilihan yang didapatkan banyak eksekutif. Dalam kasus apapun juga, perusahaan tidak harus mencatatnya sebagai beban kompensasi, dan banyak perusahaan yang menyukai ide tersebut, karena mereka mengkhawatirkan jika melaporkan jumlah yang sangat besar ini sebagai pengeluaran akan menurunkan harga saham. Tentu saja laporannya akan keluar dalam neraca, dan untuk mengurangi dampak negatif yang timbul; banyak perusahaan yang mesti meminjam uang hanya untuk membeli kembali saham mereka.

167 Laporan Arus Kas Perfect Posters, Inc.

168 Anggaran Penjualan Perfect Posters, Inc.

169 Berikut ini ada tiga praktik dan prinsip laporan standar yang paling penting: 1. Pengakuan pendapatan adalah catatan dan laporan formal tentang pendapatan dalam laporan keuangan. Semua perusahaan memperoleh pendapatan secara kontinu ketika mereka melakukan penjualan, namun pendapatan itu tidak dilaporkan sampai siklus laba selesai.

170 Siklus ini berakhir dalam dua kondisi: i. Penjualan selesai dan produk diserahkan; ii. Harga jual telah ditagih atau dapat ditagih. Praktik ini memastikan kepada pihak yang berkepentingan bahwa laporan itu memberikan satu perbandingan yang jujur dari apa yang didapatkan dari sumber daya yang sudah digunakan.

171 2. Prinsip penandingan menyatakan bahwa beban akan ditandingkan dengan pendapatan untuk menentukan laba bersih. Prinsip ini memungkinkan pengguna melihat seberapa banyak keuntungan bersih yang dihasilkan dari aset yang sudah digunakan untuk menghasilkan pendapatan.

172 Prinsip Pengakuan Pendapatan dan Penandingan

173 3. Karena memiliki pengetahuan tentang situasi di dalam perusahaan, manajemen mempersiapkan informasi tambahan yang menjelaskan peristiwa atau transaksi tertentu atau mengungkapkan situasi di balik hasil tertentu. Pengungkapan penuh berarti bahwa laporan keuangan mencakup interpretasi dan penjelasan manajemen untuk membantu pengguna eksternal memahami informasi yang termuat dalam laporan.

174 Menjelaskan cara perhitungan rasio-rasio keuangan utama membantu menganalisis kekuatan keuangan bisnis. Laporan keuangan memberikan data yang dapat diterapkan pada rasio (angka pembanding). Kemudian rasio dapat digunakan untuk menganalisis kesehatan keuangan dari satu atau lebih perusahaan.

175 Rasio dapat membantu kreditor, investor dan manajer menilai keuangan perusahaan. Rasio dapat juga digunakan untuk mengecek kemajuan perusahaan dengan membandingkan laporan sekarang dengan yang lalu.

176 Rasio solvabilitas, seperti rasio lancar (current ratio), memperkirakan risiko dengan mengukur kemampuan sebuah perusahaan untuk memenuhi kewajiban dari aktiva lancar. Rasio solvabilitas jangka panjang, seperti rasio utang atas ekuitas pemilik (atau rasio utang terhadap ekuitas), menggambarkan cakupan di mana perusahaan dibiayai dengan uang dari pinjaman jangka panjang.

177 Tingkat utang yang tinggi berisiko karena membutuhkan pembayaran bunga dan dana yang dipinjam. Rasio profitabilitas—pengembalian atas ekuitas dan laba per saham—mengukur potensi laba.

178 Rasio perputaran persediaan mengukur jumlah waktu rata-rata toko menjual dan mengisi kembali persediaannya dalam setahun. Semakin tinggi rasio, semakin banyak produk yang dijual dan lebih banyak pendapatan yang masuk. Supermarket—bahkan toko-toko kelas atas seperti Whole Foods Market di New York City—harus memiliki rasio perputaran lebih tinggi dari, katakanlah, toko suku cadang mobil atau toko mainan. Di hampir semua toko eceran, produk-produk dengan rasio tertinggi mendapatkan ruang rak yang paling banyak menghasilkan lalu lintas pelanggan.

179 Rasio aktivitas mencerminkan penggunaan aset oleh manajemen dengan mengukur efisiensi penggunaan sumber daya perusahaan. Rasio perputaran persediaan mengukur jumlah waktu rata-rata persediaan dijual dan diisi kembali setiap tahun—yakni, seberapa cepat barang diproduksi dan dijual.

180 Kalau rasio perputaran persediaannya tinggi berarti kegiatan operasionalnya efisien: Karena jumlah investasi yang dikaitkan dengan persediaan lebih kecil, dana perusahaan dapat dimanfaatkan untuk pekerjaan lain guna mendapatkan hasil yang lebih besar.

181 Menjelaskan beberapa permasalahan khusus yang timbul dalam akuntansi internasional. Akuntansi untuk transaksi luar negeri melibatkan beberapa prosedur khusus, seperti mengalihkan nilai mata uang yang berbeda dan melakukan akuntansi untuk efek nilai tukar.

182 Lagipula, mata uang berubah- ubah: Ketika diperdagangkan setiap hari di seluruh dunia, nilainya ditentukan oleh kekuatan pasar—berapa yang mau dibayar pembeli untuk mata uang tersebut. Nilai yang dihasilkannya disebut nilai tukar valuta asing, yang mudah berubah-ubah.

183 Pembelian internasional, penjualan dengan kredit, dan akuntansi untuk cabang- cabang luar negeri semua melibatkan transaksi yang dipengaruhi oleh nilai tukar. Bila sebuah perusahaan AS mengimpor produk Prancis, akuntannya harus yakin bahwa pembukuannya mencerminkan biayanya yang tepat.

184 Jumlah yang harus dibayar kepada penjual Prancis berubah setiap hari dengan nilai tukar antara euro dan dolar. Oleh karena itu akuntan Amerika harus mengidentifikasi nilai aktual pada hari pembayaran dengan euro itu dilakukan sehingga harga dolar AS yang tepat untuk produk itu dicatat.

185 Dengan kelompok akuntansi dari 80 negara, International Accounting Standard Board (IASB) mencoba meniadakan perbedaan- perbedaan nasional dalam pelaporan keuangan.

186 Para bankir, investor, dan manajer menginginkan laporan keuangan yang dapat dibandingkan antarnegara dan di seluruh perusahaan tanpa memandang dari negara mana perusahaan itu berasal. Standardisasi terjadi dalam beberapa bidang namun masih jauh dari universal.

187

188 Menjelaskan definisi uang dan mengidentifikasi berbagai bentuk penawaran uang negara. Benda apa pun yang dapat dipindahkan, dibagi-bagi, bertahan lama, dan stabil, memenuhi empat karakteristik dasar uang. Uang juga memiliki tiga fungsi: Alat tukar, alat penyimpan nilai, dan satuan hitung.

189 Dalam dunia modern, kita terbiasa dengan sistem moneter yang sangat terstruktur. Namun di beberapa tempat, sistem yang sudah berabad-abad usianya masih dipakai. Di Quetta, Pakistan, misalnya, para pedagang seperti Mohammad Essa mentransfer dana melalui jabatan tangan dan suatu akad. Sistem itu disebut hawala, yang berarti “percaya” dalam bahasa Arab. Sistem hawala di seluruh dunia, walaupun ilegal di kebanyakan negara, memindahkan miliaran dolar tanpa sepengetahuan pemerintah setiap tahunnya dan menurut dugaan sebagian orang merupakan sistem yang digunakan para teroris karena tidak meninggalkan jejak birokasi.

190 Penawaran uang negara biasanya diukur dalam dua cara. M-1 terdiri atas bentuk uang yang paling mudah dicairkan (atau dibelanjakan): uang kartal (uang kertas dan logam), demand deposits, dan rekening giro lainnya (rekening ATM).

191 M-2 terdiri atas M-1 ditambah beberapa bentuk uang lain yang tidak dapat dibelanjakan secara langsung, namun dapat ditukarkan secara mudah untuk dapat dibelanjakan: deposito berjangka, dana pasar keuangan, dan tabungan.

192 Pertumbuhan Penawaran Uang

193 Pusat operasi Amazon.com adalah sebuah gudang seluas kaki persegi di Fernel, NV, di mana para pekerja dapat mengirimkan paket dalam sejam. Kunci efi siensi dari fasilitas ini adalah teknologi—semua petunjuk kerja karyawan dikirim dan semua pesanan diproses secara elektronik. Teknologi yang paling penting dari semua hal ini adalah kartu kredit: Jika Anda hanya punya uang tunai saja, Anda akan mengalami kesulitan berbelanja di Internet, dan pengecer Internet yang amat bergantung pada transaksi kartu kredit (seperti Amazon, Dell, dan eBay) tidak bisa bertahan hanya melalui transaksi tunai.

194 Menggambarkan berbagai jenis lembaga keuangan yang membentuk sistem keuangan AS dan menjelaskan jasa yang mereka tawarkan. Sistem keuangan AS terdiri atas bank umum terdaftar milik negara bagian maupun pusat, bank tabungan bersama, koperasi kredit—asosiasi simpan-pinjam, bank tabungan bersama, koperasi kredit—dan lembaga nontabungan seperti dana pensiun dan perusahaan asuransi.

195 Bank komersial menawarkan rekening giro dan menerima deposito yang dapat mereka gunakan untuk memberi pinjaman dan mendapatkan keuntungan bagi para pemegang saham.

196 Tingkat Suku Bunga Pinjaman Utama

197 Asosiasi Simpan Pinjam (S&L) juga menerima deposito dan memberikan pinjaman, terutama untuk hipotek rumah. Pada bank tabungan bersama, koperasi kredit, semua orang yang memiliki deposito adalah pemilik bank, dan semua keuntungan dibagi secara proporsional antarmereka.

198 Koperasi kredit adalah bentuk kerja sama institusi keuangan nirlaba, yang dimiliki dan dijalankan oleh anggotanya. Anggota mengumpulkan dananya untuk dipinjamkan kepada sesama anggota pada tingkat bunga yang wajar.

199 Organisasi lainnya yang jumlahnya banyak, seperti lembaga nontabungan—dana pensiun, perusahaan asuransi, perusahaan keuangan, dan pialang bursa—mengambil uang, menyediakan tingkat bunga atau layanan lainnya, dan memberikan pinjaman.

200 Dalam bisnis keuangan yang kompetitif, kebanyakan bank umum menawarkan layanan khusus yang sangat banyak variasinya: (1) layanan dana pensiun, (2) layanan internasional, (3) layanan penasihat dan perantara investasi, (4) Anjungan tunai mandiri (ATM), dan (5) layanan perbankan elektronik lainnya.

201 Menerangkan cara bank menciptakan uang dan menggambarkan perangkat yang mengatur bank-bank tersebut. Penawaran uang berkembang luas karena bank-bank dapat meminjamkan banyak uang (walaupun tidak semua) yang mereka dapatkan dari deposito.

202 Dari deposito $100, bank dapat menahan $10 untuk cadangan dan meminjamkan 90 persen—$90—kepada peminjam. Depositonya tetap $100, dan peminjam akan juga mendepositokan pinjaman $90 di bank mereka. Sekarang bank peminjam memiliki $81 (90 persen dari $90) tersedia untuk pinjaman baru. Oleh karena itu, bank telah mengubah $100 awal menjadi $271 ($100 + $90 + $81).

203 Bagaimana Bank Menciptakan Uang

204 Pemerintah mengatur bank-bank umum untuk memastikan sistem keuangan yang baik. Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) menjamin deposito dan memberikan garansi, melalui Bank Insurance Fund (BIF)-nya, keselamatan semua deposito sampai maksimum saat ini $ Lembaga ini juga menguji aktivitas dan rekening dari semua bank anggota.

205 Membahas fungsi-fungsi Federal Reserve System dan menjelaskan alat-alat yang digunakan untuk mengendalikan penawaran uang. Federal Reserve System adalah bank sentral AS. Sebagai bank pemerintah, Fed memproduksi uang dan memberi pinjaman kepada pemerintah.

206 Sebagai banknya perbankan, Fed memberi pinjaman (dengan tingkat bunga tertentu) pada bank yang menjadi anggota, menyimpan dana cadangan minimum untuk perbankan, dan melakukan kliring terhadap cek untuk mereka.

207 Mengkliringkan Cek

208 Fed juga diberi wewenang untuk melakukan audit terhadap anggota dan membuat kebijakan moneter AS dengan mengatur jumlah uang yang beredar. Untuk mengendalikan uang beredar, Fed menentukan cadangan minimum (persentase deposito yang harus dimiliki perbankan di Fed).

209 Fed mengatur tingkat diskonto yang digunakan untuk meminjamkan uang ke perbankan, dan melakukan operasi pasar terbuka dengan menjual dan membeli sekuritas. Fed juga melakukan kredit selektif (seperti persyaratan margin yang mengatur kredit yang diberikan kepada pembeli oleh pialang sekuritas).

210 Belakangan ini, the Fed memotong tingkat diskonto hingga sebelas kali lipat dalam usaha untuk menyokong ekonomi AS yang merosot. Walaupun sulit untuk menghitung efeknya terhadap keseluruhan ekonomi, dampak langsung terhadap pasar perumahan semakin hebat. Karena bank dapat menurunkan tarif cicilan rumah, jumlah orang yang dapat membeli rumah naik sebesar tiga juta. “Mereka memperkuat ekonomi dengan menambah $2 triliun sampai $3 triliun pada total kekayaan kepemilikan rumah.

211 Mengidentifikasi tiga cara penting bagaimana industri keuangan berubah. 1. Deregulasi: The Depository Institution Deregulation and Monetary Control Act (DIDMCA) tahun 1980 dan undang-undang lanjutannya berupaya mendorong persaingan dengan menghapuskan banyak batasan pada jasa bank

212 2. Perbankan antarnegara bagian: The Interstate Banking Efficiency Act (1994) memungkinkan bank untuk beroperasi dalam lini negara bagian. Sistem tersebut juga membatasi ukuran perusahaan bank apa pun dan jenis transaksi antara bank-bank yang berafiliasi.

213 3. Dampak teknologi elektronik: Bank semakin banyak melakukan investasi dalam teknologi sebagai cara untuk meningkatkan efisiensi dan layanan pelanggan.

214 i. Kartu debit memungkinkan transfer uang antar rekening dan dapat digunakan untuk melakukan pembelian eceran pada point-of-sale (POS) terminals, yang meneruskan informasi pembelian langsung ke sistem komputer bank untuk transfer otomatis ke rekening toko. ii. Smart card dapat diprogram dengan “electronic money” pada mesin ATM atau bahkan di rumah.

215 iii. E-cash adalah uang yang bergerak sepanjang multi saluran via transmisi elektronik digital. E-cash bergerak di luar jaringan bank yang mapan, cek, dan mata uang kertas yang diawasi oleh the Fed.

216 Mata uang tradisional digunakan untuk membeli dana elektronik, yang di-download lewat saluran telepon ke dalam PC atau “electronic wallet” (dompet elektronik) yang dapat dibawa-bawa untuk menyetor dan mengirimkan e-cash. Pembelanja online membayar dengan mengirimkan uang digital ke dalam dana e-cash penjual, yang dapat diperbarui secara instan.

217 Memahami beberapa konsep dan kegiatan penting dalam perbankan dan keuangan internasional. Kurs mata uang setiap negara mempengaruhi kemampuannya untuk membeli dan menjual secara global.

218 Nilai mata uang mencerminkan penawaran dan permintaan untuk suatu mata uang dan produk yang diciptakan sebuah negara. Bila suatu mata uang dinilai terlalu tinggi, kursnya lebih tinggi daripada yang diperlihatkan oleh kondisi ekonominya.

219 Biayanya yang tinggi membuat produk itu kurang bersaing. Karena produk-produk sebuah negara terlalu mahal untuk dibuat dan dibeli, lebih sedikit yang dibeli oleh negara lain. Sebaliknya, mata uang yang nilainya terlalu rendah berarti biayanya rendah dan harganya rendah, sehingga produk- produknya diminati negara-negara lain.

220 Teknologi elektronik telah memungkinkan transaksi keuangan global yang lebih cepat dan mendukung pertumbuhan keuangan internasional. Transaksi antarnegara dilaksanakan berdasarkan proses pembayaran internasional yang memindahkan uang antara pembeli dan penjual di negara yang berbeda. Proses pembayaran mengenali kurs yang berlaku dari semua negara yang terlibat dalam perdagangan internasional.

221 Proses Pembayaran Internasional

222 Dua perwakilan PBB membantu mendanai perdagangan internasional: 1. Bank Dunia mendanai perbaikan nasional dengan memberikan pinjaman untuk membangun jalan, sekolah, dan lain-lain. Perbaikan memungkinkan para peminjam meningkatkan kapasitas produksi dan perdagangan internasional.

223 2. Dalam Dana Moneter Internasional (IMF), 150 negara telah menggabungkan sumber daya untuk tujuan berikut: i. Meningkatkan stabilitas kurs; ii. Menyediakan pinjaman sementara, jangka pendek, untuk negara anggota; iii. Mendorong kerja sama moneter internasional; dan iv. Mendorong pengembangan sistem pembayaran internasional.

224

225 Menjelaskan perbedaan antara pasar sekuritas primer dan sekunder. Pasar sekuritas primer melibatkan pembelian dan penjualan sekuritas baru, baik melalui penawaran publik atau penawaran terbatas.

226 Bank investasi—mengkhususkan diri dalam menerbitkan sekuritas di pasar primer. Pasar Sekunder melibatkan perdagangan saham dan obligasi melalui institusi- institusi yang telah dikenal seperti New York Stock Exchange, American Stock Exchange, dan pasar Nasdaq.

227 Pertumbuhan Nilai Pasar; Wal-Mart Versus Yahoo!

228 Mendiskusikan nilai saham biasa dan saham preferen bagi para pemegang saham serta menerangkan pasar sekunder untuk setiap tipe sekuritas. Saham biasa memberikan investor prospek keuntungan modal dan/atau pendapatan dividen.

229 Nilai saham biasa diekspresikan dalam tiga cara: 1. nilai pokok (nilai nominal suatu saham ketika diterbitkan), 2. nilai pasar (harga pasar saat ini dari suatu saham), dan 3. nilai buku (nilai ekuitas pemilik dibagi jumlah saham).

230 Yahoo!Japan adalah salah satu dari lusinan perusahaan terkait Internet yang memiiliki portofolio di Japan’s Softbank Corp. yang menghasilkan aliran keutungan sebesar 83% dari transaksi ritel online. Di tahun 2004 nilai Yahoo!Japan meningkat 50%, dan Softbank telah menyimpan keuntungannya dalam Yahoo!BB, sebuah layanan broadband untuk pelanggan yang telah menarik 4,3 juta pengguna dengan tarif $20 hingga $30 per bulannya. Untuk memperkuat posisinya dalam layanan broadband di Jepang, Softbank juga melibatkan dirinya dalam, “perekonomian lama” dengan membeli saham provider telepon sambungan tetap ketiga terbesar di Jepang, Japan Telecom Co.

231 Nilai pasar merupakan nilai yang terpenting bagi investor. Saham preferen tidak begitu berisiko. Saham ini menawarkan pendapatan yang lebih stabil karena pemegang saham preferen harus didahulukan dalam pembayaran dividen daripada pemegang saham biasa.

232 Baik saham biasa maupun preferen diperdagangkan di bursa efek (institusi yang dibentuk melaksanakan perdagangan sekuritas yang ada) termasuk perdagangan di lantai bursa, bursa elektronik, dan di pasar luar bursa (OTC) (organisasi pedagang efek yang dibentuk untuk memperdagangkan sekuritas di luar ketetapan bursa).

233 “Anggota” yang memiliki tempat di bursa pada perdagangan bertindak sebagai pialang—agen yang melaksanakan perintah pembelian atau penjualan—untuk nonanggota. Perdagangan di lantai bursa termasuk bursa efek New York, American, dan regional serta luar negeri. Nasdaq adalah bursa efek elektronik pertama dan terbesar di dunia.

234 Pertumbuhan Perdagangan Online

235 Di tahun 2004, Tehran Stock Exchange

236 Membedakan berbagai tipe obligasi sehubungan dengan penerbit, keamanan, dan pembayarannya. Obligasi adalah IOU (surat utang)—suatu perjanjian yang dikemukakan penerbit untuk membayar kepada pembeli sejumlah uang tertentu pada satu tanggal tertentu di masa mendatang, biasanya dengan bunga pada jangka waktu tertentu.

237 Obligasi berbeda dari segi tanggal jatuh tempo, status pajak, dan tingkat risiko versus hasil potensialnya.

238 Obligasi pemerintah didukung oleh agensi dan institusi pemerintah seperti Bendahara Negara atau Administrasi Federal. Obligasi Kotapraja, yang ditawarkan oleh pemerintah negara bebas dan pemerintah daerah untuk membiayai berbagai proyek, biasanya juga merupakan instrumen yang aman dan bunganya biasanya bebas pajak.

239 Obligasi perusahaan dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan dana jangka-panjang. Obligasi yang secara umum lebih berisiko dibanding obligasi pemerintah dan obligasi jangka pendek ini memiliki beberapa tingkat keamanan.

240 Obligasi ada yang terjamin (didukung oleh aset penerbit), tapi ada juga yang tak terjamin (debenture). Keamanan obligasi dinilai oleh Moody’s dan Standard & Poor’s. Sistem Peringkat Obligasi

241 Menjabarkan peluang-peluang investasi yang ditawarkan reksa dana dan komoditas. Reksa dana menghimpun investasi individual dan organisasi untuk membeli portofolio dari sekuritas. Para investor merupakan pemilik parsial dari portofolio.

242 Para investor dalam dana tanpa beban tidak ditagih komisi penjualan bila mereka membeli atau menjual. Mereka yang memegang dana terbeban membayar komisi sebesar 2 sampai 8 persen.

243 Dana yang berbeda dirancang untuk menarik tujuan investor yang berbeda. Mereka yang menekankan pertumbuhan mencakup reksa dana berimbang— portofolio obligasi dan saham preferen serta saham biasa, khususnya yang berasal dari perusahaan yang sudah mapan.

244 Kontrak futures—kesepakatan untuk membeli jumlah komoditas tertentu dengan harga tertentu pada tanggal yang sudah ditentukan—dibeli dan dijual di pasar komoditas. Kontrak tidak hanya tersedia untuk saham melainkan juga untuk komoditas yang berkisar dari biji kopi dan babi hingga propana dan platinum. Karena harga jual mencerminkan perkiraan peristiwa dan nilai masa depan, harga menjadi mudah berubah-ubah dan perdagangan menjadi riskan.

245 Pedagang di New York Mercantile Exchange memperdagangkan kontrak futures—perjanjian untuk membeli atau menjual komoditas pada harga tertentu di waktu tertentu di masa depan. Hari ini (18 Mei 2004) adalah hari yang menarik. Pembunuhan seseorang pemimpin Irak telah menimbulkan kekhawatiran mengenai pasokan minyak mentah, sehingga harga untuk bulan Juni mencapai rekor $41,55 per barel. Sementara itu, karena investor di bursa efek mengkhawatirkan biaya energi yang meningkat akan menurunkan belanja konsumen dan mengurangi laba perusahaan, indeks Dow Jones turun 1,1% dan Nasdaq turun 1,5%.

246 Para investor biasanya menyeleksi satu bauran, atau portofolio dari investasi. Ada yang lebih mau mengambil risiko dan ada yang lebih konservatif dalam salah satu dari dua cara. 1. Diversifikasi berarti membeli beberapa jenis investasi yang berbeda alih-alih hanya satu jenis.

247 2. Alokasi aset merujuk pada jumlah dana relatif yang diinvestasikan dalam (atau dialokasikan pada) masing-masing alternatif investasi. Ketika tujuan investasi Anda berubah, Anda dapat mengubah alokasi aset Anda sesuai dengannya.

248 Menjelaskan proses jual beli sekuritas. Pertama-tama Anda perlu mencocokkan investasi dengan tujuan investasi Anda. Berikutnya Anda harus memilih seorang pialang dan membuka satu rekening sehingga Anda dapat melakukan transaksi. Perlu juga Anda ketahui cara membaca kuotasi saham, obligasi, dan reksa dana. Transaksi setiap hari dilaporkan dalam surat kabar.

249 Membaca Kuotasi Saham

250 Membaca Kuotasi Reksa Dana

251 Bull dan Bear Market, 1972 – 2000

252 Investor biasanya menggunakan layanan informasi keuangan seperti yang terdapat dalam koran dan kuotasi saham, obligasi, dan OTC (OTC quotation) online untuk mempelajari kemungkinan investasi. Indeks pasar seperti Dow Jones Industrial Average, Standard & Poor’s Composite Index, dan Nasdaq Composite Index, menyediakan rangkuman tren, dalam industri tertentu dan dalam pasar secara keseluruhan.

253 Investor kemudian dapat membuat keputusan terhadap pilihan yang berbeda- beda. Order pasar (market order) adalah pesanan untuk membeli atau menjual pada harga yang sedang berlaku.

254 Bursa Efek: Perbandingan Volume Dolar Perdagangan

255 Jika Anda seorang pedagang saham harian (day trader), apakah pasar yang bergejolak baik atau buruk? Jika pasar tidak stabil, terdapat jarak (spread) yang lebih besar antara bid prices (harga yang dibayarkan pedagang untuk sebuah saham) dengan ask prices (harga yang pedagang tawarkan untuk sebuah saham). Perbedaannya tidak selalu besar, namun jika Anda dapat melakukan sejumlah transaksi dengan cepat selama hari itu, Anda dapat menghasilkan sedikit uang di sini dan banyak uang di sana. Strategi inilah yang dilakukan oleh para pemain saham di perusahaan-perusahaan besar seperti Carl Lemon, yang berdagang di Bright Trading di San Francisco. Investor-investor kecil, akan memilih untuk mendapatkan harga tetap berdasarkan arahan pasar, dan gejolak pasar menyulitkan hal tersebut untuk dilakukan.

256 Karena para investor tidak mengetahui pada tingkat harga berapa pesanan pasar akan dieksekusi, mereka dapat menyatakan order batas (limit order) atau stop order yang akan diberlakukan jika harga naik atau turun di bawah tingkat yang telah ditentukan.

257 Round lot dibeli dalam kelipatan saham 100 lembar. Odd lot dibeli sebagai fraksi dari round lot. Sekuritas dapat dibeli dalam marginnya atau sebagai bagian dari short sale— penjualan di mana investor menjual sekuritas yang dipinjamkan dari pialang dan dikembalikan pada tanggal setelahnya.

258 Menerangkan bagaimana pasar sekuritas diatur. Selain peraturan pemerintah, baik NASD maupun NYSE mengatur dirinya sendiri. Sebagai contoh, satu sebab terjadinya fluktuasi pasar yang tiba-tiba adalah program trading—satu strategi yang melibatkan penjualan atau pembelian satu kelompok saham bernilai $1 juta atau lebih, yang sering dipicu oleh program perdagangan terkomputerisasi tanpa supervisi manusia.

259 Karena perdagangan semacam itu dapat menyebabkan pasar berputar di luar kendali, program tersebut menyebabkan circuit breakers, yaitu aturan perdagangan untuk mengurangi penjualan karena kepanikan, gejolak pasar dan meningkatkan kepercayaan para investor.

260 SEC melindungi para investor dari terbitan palsu dengan mengharuskan semua perusahaan mengajukan prospektus sebelum pengajuan penawaran dimulai. Prospektus memuat informasi tentang sekuritas yang ditawarkan dan perusahaan yang menerbitkan.

261 SEC juga memberlakukan undang-undang melawan perdagangan orang dalam (insider trading) yang dapat menggunakan pengetahuan khusus mereka untuk meraup laba dan keuntungan.

262 Sebetulnya. Martha Stewart tidak dituntut untuk insider trading: dia dituntut atas perbuatannya untuk menghina hukum dan membuat pernyataan-pernyataan palsu selama proses investigasi sehingga menghasilkan kesepakatan yang tidak pasti. Di tahun ia menjadi tersangka, yaitu pada tahun 2002, 8 kasus penghinaan hukum diajukan para penuntut. Sejak 1986 sekitar sepertiga dari kasus pemberian pernyataan palsu yang diajukan menjalani persidangan, dan dari kasus-kasus tersebut, hanya sebesar 17% yang dituntut penjara. Hanya 5% dari yang menjalani investigasi yang kemudian dipenjarakan.

263 Bursa saham membantu menghentikan tindakan orang dalam ini, mendenda perusahaan anggota dan para pejabat, serta menghambat atau menskors mereka. Pemerintah negara bagian memberlakukan apa yang disebut blue sky laws, dan penyalur sekuritas harus diberi lisensi oleh negara bagian tempat mereka melakukan bisnis.

264

265 Menjabarkan tanggung jawab seorang manajer keuangan. Keuangan (atau keuangan perusahaan) mengandung empat tanggung jawab: 1. Menentukan investasi jangka panjang; 2. Mendapatkan dana untuk membayar investasi tersebut; 3. Menyelenggarakan kegiatan finansial setiap hari; dan 4. Membantu mengelola risiko.

266 Manajer keuangan merencanakan dan mengendalikan akuisisi serta menyebarkan sumber daya finansial. Mereka mengumpulkan dana, membayar utang, menetapkan kredit dagang, mendapatkan pinjaman, mengendalikan saldo kas, dan merencanakan kebutuhan keuangan di masa mendatang.

267 Namun tujuan utama manajer keuangan adalah meningkatkan nilai sebuah perusahaan dan kekayaan pemegang saham. Mereka harus memastikan bahwa pendapatan melebihi biayanya—dengan kata lain, menghasilkan laba.

268 Tanggung jawab manajer keuangan dimasukkan ke dalam dua kategori: 1. Manajemen arus kas: Manajer keuangan harus memastikan bahwa perusahaan memiliki cukup dana di tangan untuk membeli sumber daya yang dibutuhkan supaya bisa memproduksi produk. Dana yang tidak diperlukan harus segera diinvestasikan untuk mendapatkan uang.

269 2. Pengendalian keuangan adalah proses memeriksa kinerja aktual terhadap rencana untuk memastikan bahwa hasil finansial yang diinginkan tercapai. Arus kas, utang dan aset secara berkala dibandingkan terhadap jumlah yang dianggarkan. Kesenjangan mengindikasikan kebutuhan untuk penyesuaian.

270 Membedakan antara pengeluaran jangka pendek (operasi) dan jangka panjang (modal) Perusahaan memerlukan dana untuk menutupi pengeluaran jangka pendek (operasional) yang terjadi dalam kegiatan bisnis perusahaan setiap hari dan menentukan tingkat utang, piutang, dan persediaan.

271 Semua hal tersebut akan mempengaruhi modal kerja perusahaan, yaitu selisih antara aset/aktiva lancar dan kewajiban lancar yang merupakan aset likuid yang dapat digunakan untuk membayar utang lancar.

272 Perusahaan juga membutuhkan dana untuk menutup pengeluaran (modal) jangka panjang pada aktiva tetap—barang-barang dengan penggunaan atau nilai jangka panjang, seperti tanah, bangunan, dan mesin.

273 Pengeluaran jangka panjang berbeda dari pengeluaran jangka pendek dalam hal berikut: 1. Biasanya tidak dijual atau dikonversi menjadi uang tunai; 2. Perolehannya menuntut satu investasi yang besar; 3. Mewakili komitmen dana jangka panjang yang mengikat.

274 Mengidentifikasi empat sumber pembiayaan jangka pendek untuk bisnis. 1. Kredit dagang: Sebelum membayar tagihannya, seorang pembeli telah menggunakan baik produk yang dibeli maupun harga belinya. Situasi ini terjadi bila penjual memberikan kredit dagang, yang sesungguhnya merupakan pinjaman jangka pendek dari sebuah perusahaan ke perusahaan lain.

275 2. Pinjaman jangka pendek dengan jaminan: Pinjaman bank biasanya melibatkan surat kesanggupan (promisory note) di mana peminjam berjanji untuk membayar kembali pinjaman ditambah bunga.

276 Pinjaman dengan jaminan memungkinkan peminjam mendapatkan dana bila mereka tidak layak mendapatkan kredit tanpa jaminan. Dalam pinjaman dengan jaminan, bank juga menuntut jaminan: kepentingan hukum dalam aset yang dapat disita jika pembayaran tidak dilakukan seperti dijanjikan.

277 3. Anjak piutang dagang: Sebuah perusahaan dapat mengumpulkan dana secara cepat dengan anjak piutang— menjual piutang dagang perusahaan. Dalam proses ini, pembeli piutang dikenal sebagai factor. Karena factor membayar beberapa persentase dari keseluruhan jumlah yang tersedia kepada perusahaan penjual, penjual mendapatkan uang ini segera.

278 4. Pinjaman jangka pendek tanpa jaminan: Dengan pinjaman tanpa jaminan, peminjam tidak harus mengajukan jaminan. Akan tetapi, bank bisa menuntut peminjam untuk mempertahankan satu saldo kompensasi—satu bagian pinjaman yang tetap disimpan di bank.

279 Sebagai CFO dari majalah Nylon, sebuah majalah yang memfokuskan diri pada model dan budaya pop untuk kaum wanita, Larry Rosenblum bertanggung jawab untuk mengumpulkan uang dari para pengiklan yang berutang. Majalah sangat bergantung pada uang tersebut untuk arus kas, dan untuk mendapatkannya, Rosenblum biasanya akan beralih pada factor (resorts to factors)—peminjam yang membeli hak legal untuk mengumpulkan tagihan perusahaan yang tertunda (dengan imbalan 3% dari jumlah yang ditagih). Kini, para factor telah menghasilkan pendapatan lebih dari $1 triliun dalam bentuk kredit—dan telah berlipat tiga dari nilainya di tahun 1990-an. Dengan pemain- pemain seperti Bank of America, GE Capital, IBM Global Financing, bisnis mengumpulkan tagihan tidak lagi memiliki reputasi buruk yang sebelumnya diembannya.

280 Membedakan berbagai sumber pembiayaan jangka panjang dan menjelaskan masing -masing risikonya. Perusahaan dapat mencari dana jangka panjang untuk membayar aktiva tetap melalui dua saluran: 1. Pinjaman jangka panjang dari sumber di luar perusahaan disebut pembiayaan utang, termasuk pinjaman jangka panjang dari bank dan penerbitan obligasi korporasi.

281 Pinjaman-pinjaman ini menarik bagi peminjam karena bisa diatur dengan cepat, dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan peminjam. Di lain pihak, para peminjam bisa mengalami kesulitan menemukan peminjam yang mau memberikan pinjaman dalam jumlah besar dan mungkin harus memberikan aset jangka panjang sebagai jaminan.

282 Obligasi perusahaan adalah janji yang diberikan penerbit untuk membayar pemegang obligasi sejumlah uang pada tanggal yang telah ditetapkan. Jika perusahaan tidak mampu membuat pembayaran, perusahaan mengalami gagal bayar.

283 Obligasi adalah pilihan yang menarik ketika perusahaan membutuhkan jumlah besar untuk jangka waktu yang lama. Penerbit mendapatkan akses ke sejumlah besar peminjam melalui pasar obligasi dan bursa saham tetapi menghadapi pembayaran bunga yang ketat

284 2. Pembiayaan ekuitas biasanya berarti menerbitkan saham biasa atau menahan laba. Pembiayaan ekuitas melalui saham biasa mungkin saja mahal karena membayar dividen itu lebih mahal daripada membayar bunga obligasi.

285 Jika sebuah perusahaan menahan laba sebagai modal, ia tidak harus meminjam uang dan membayar bunga. Namun karena laba ditahan berarti dividen untuk para pemegang saham menjadi lebih kecil, praktik itu bisa mengurangi permintaan akan—dan dengan demikian harga—saham perusahaan.

286 Ekuitas Pemegang Saham Sunsine Tanning

287 Titik tengah antara pembiayaan utang dan pembiayaan ekuitas adalah penggunaan saham preferen, yang merupakan satu “hibrida” karena memiliki ciri-ciri baik obligasi korporasi maupun saham biasa. Seperti halnya obligasi, pembayaran atas saham preferen berjumlah tetap. Tetapi seperti saham biasa, saham preferen dapat dipegang tanpa batas waktu.

288 Strategi paling konservatif adalah pembiayaan yang serba-ekuitas dan tidak ada utang; strategi yang paling berisiko adalah pembiayaan yang serba-utang. Di antara kedua ekstrem, perencana finansial mencoba untuk menemukan bauran yang akan meningkatkan kekayaan pemegang saham dengan paparan terhadap risiko yang masuk akal.

289 Hubungan Risiko-Pengembalian

290 Membahas beberapa isu penting dalam manajemen keuangan untuk bisnis kecil. Mendapatkan kredit dimulai dengan menemukan bank yang akan mendukung kebutuhan finansial sebuah perusahaan kecil.

291 Begitu lini kredit didapatkan, bisnis kecil dapat mencari kebijakan kredit yang lebih liberal dari bisnis lain. Mendapatkan pinjaman jangka panjang itu lebih sulit bagi bisnis baru dibanding untuk perusahaan yang sudah mapan, dan bisnis yang baru mulai, membayar suku bunga lebih tinggi dari perusahaan yang sudah lebih lama.

292 Untuk menunjukkan bahwa perusahaannya mempunyai risiko kredit yang baik, perusahaan yang baru berdiri biasanya harus menyajikan rencana bisnis: satu dokumen yang menjelaskan alasan uang dibutuhkan, jumlahnya, penggunaannya untuk meningkatkan perusahaan, dan waktu pembayaran kembali.

293 Banyak bisnis yang lebih baru tidak bisa mendapatkan dana yang dibutuhkan melalui pinjaman saja. Mereka bisa berpaling ke modal ventura: pembiayaan di luar ekuitas yang disediakan dengan imbalan atas sebagian kepemilikan. Dengan tingkat kegagalan yang tinggi, para investor tersebut meminta pengembalian yang tinggi.

294 Perencanaan arus kas sangat penting bagi bisnis kecil. Kesuksesan atau kegagalan mungkin tergantung pada antisipasi waktu-waktu ketika arus kas kurang atau berlebih dapat diperkirakan.

295 Dengan mengantisipasi kekurangan, manajer keuangan bisa mencari dana sebelumnya dan meminimalkan biaya. Dengan mengantisipasi arus kas berlebih, manajer dapat menempatkan dana dalam investasi jangka pendek untuk mendapatkan bunga.

296 Proyeksi Arus Kas

297 Menjelaskan pengaruh risiko terhadap operasi bisnis dan mengidentifikasi lima langkah dalam proses manajemen risiko. Manajemen risiko menghemat daya hasil dan aset dengan mengurangi ancaman kerugian yang disebabkan oleh kejadian yang tidak dapat dikendalikan. Sebuah metode sistematis yang telah dibuktikan untuk melakukannya adalah lima langkah Proses Manajemen Risiko.

298 Langkah 1: Analisislah risiko perusahaan dan identifikasikan potensi kerugian. Langkah 2: Ukurlah frekuensi dan parahnya kerugian serta dampaknya: Untuk mengukur frekuensi dan parahnya kerugian, perhatikan sejarah masa lalu dan aktivitas terkini. (Seberapa seringnya perusahaan dapat memperkirakan terjadinya kerugian?)

299 Langkah 3: Evaluasilah alternatif, dan pilihlah teknik yang akan paling baik menangani kerugian. Putuskan penanganan risiko melalui penghindaran risiko, pengendalian risiko, penahanan risiko, atau pengalihan risiko.

300 Langkah 4: Implementasikan program manajemen risiko: Sarana untuk mengimplementasikan keputusan manajemen-risiko tergantung pada teknik yang dipilih dan aktivitas yang dikelola. Langkah 5: Memantau hasil: Manajer harus memantau risiko, mengevaluasi kembali untuk menanganinya, dan merevisinya kalau perlu.

301 Proses Manajemen Risiko

302 Pada bulan Juli, di tahun 2004 National Highway Traffi c Safety Administration memberitahukan General Motors suspensi pada kendaraan SUV Saturn Vue-nya telah gagal melewati uji cuba pemerintah yang baru. Walau kendaraan tersebut dirancang sebelum uji tersebut diberlakukan, CEO GM, Rick Wagoner mencoba untuk melakukan penahanan risiko kecil dengan menangguhkan dan menarik kembali sebanyak SUV yang terjual di AS dan Kanada selama kurun waktu 4 tahun. Pada bulan Agustus, GM telah merancang ulang suspensi belakang kendaraannya dan agen penjualan mobil kemudian melakukan modifi kasi ulang tanpa biaya untuk para pemilik kendaraan tersebut.

303 Menjelaskan perbedaan antara risiko yang dapat diasuransikan dengan risiko yang tidak dapat diasuransikan dan membedakan antara berbagai jenis asuransi yang dibeli oleh berbagai bisnis. Perusahaan asuransi membagi kerugian potensial menjadi risiko yang dapat diasuransikan dan risiko yang tidak dapat diasuransikan, dan risiko yang dapat diasuransikan harus memenuhi empat kriteria:

304 1. Dapat diramalkan: Perusahaan asuransi harus mampu menggunakan alat statistik untuk meramal kemungkinan kerugian. 2. Korban: Kerugian harus ditimbulkan oleh kecelakaan, bukan dari tindakan yang disengaja.

305 3. Tidak berkaitan: Kerugian potensial harus acak dan terjadi tanpa ketergantungan pada kerugian lain. 4. Bisa dibuktikan: Kerugian yang diasuransikan harus dapat dibuktikan sebab, waktu, tempat, dan jumlahnya.

306 Biaya yang harus ditanggung perusahaan asuransi terhadap serangan teroris 9/11 mencapai $50 miliar, membuat kerugian dari kerusakan yang dihasilkan bencana Angin Topan Andrew di tahun 1992, sebesar $15,5 miliar terlihat sangat kecil. Industri asuransi kemudian melirik Karen Clarke, yang perusahaan Boston miliknya, AIR Worldwide, membantu perusahaan asuransi melakukan penghitungan risiko dari bencana alam. Clarke mengembangkan sebuah program yang memungkinkan perusahaan asuransi untuk memasukkan data mengenai properti yang ditanggung dan menentukan kemungkinan kejadian bencana pada tahun tertentu. Ukuran kuantitatif lainnya dari risiko termasuk penilaian kerusakan dari berbagai macam serangan senjata.

307 Ada empat kategori utama dari asuransi bisnis: 1. Asuransi tanggung gugat (liability insurance) menutup kerugian yang disebabkan karena kerusakan pada orang atau harta benda bila pihak tertanggung dinyatakan bertanggung jawab.

308 Hukum menuntut kebanyakan majikan melengkapi karyawan yang mengalami kecelakaan di tempat kerja dengan perlindungan kompensasi karyawan untuk biaya medis, kehilangan upah, dan layanan rehabilitasi.

309 2. Asuransi harta benda menutup kerusakan diri sendiri yang disebabkan karena kerusakan atau kehilangan real estat atau harta benda pribadi. Sebuah perusahaan bisa membeli asuransi gangguan bisnis untuk menutup biaya yang timbul bila perusahaan ditutup dan tidak menghasilkan pendapatan lagi.

310 3. Polis asuransi jiwa membayar ahli waris setelah kematian tertanggung. 4. Asuransi kesehatan menutup kerugian yang disebabkan oleh biaya medis serta rumah sakit. Asuransi pendapatan atas kecacatan memberikan pendapatan yang kontinu bila kecacatan menghambat orang yang diasuransikan untuk bisa bekerja penuh.

311 David Sandoval, seorang teknisi pada University of Southern Colorado, tidak senang dengan kenyataan bahwa premi asuransi kesehatan bulanannya sudah naik dua kali lipat, dari $258 menjadi $549. Karena perawatan kesehatan yang dikelola perusahaan tidak mampu untuk mengendalikan biaya perawatan kesehatan, para pekerja sekarang menghadapi kenaikan terbesar dalam tarif perawatan kesehatan selama 10 tahun, dan walaupun sebagian besar majikan masih menanggung kenaikan itu, kebijakan itu kemungkinan menjadi kurang lazim dalam beberapa tahun ke depan.

312 Dua bentuk asuransi bisnis yang dikenakan pada hilangnya karyawan atau pemilik utama: 1. Asuransi untuk orang utama. 2. Kesepakatan penerusan bisnis, di mana para pemilik membuat rencana untuk mengalihkan kepemilikan rekan yang meninggal.


Download ppt "Jilid 2. Menerangkan pengertian istilah produksi atau operasi. Karena istilah produksi selalu dikaitkan dengan manufaktur, sekarang kita menggunakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google