Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Mitos lama  “Good news is no news, bad news is good news”.  Charles A Dana  “Anjing menggigit anjing, itu bukan berita, tetapi jika orang menggigit.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Mitos lama  “Good news is no news, bad news is good news”.  Charles A Dana  “Anjing menggigit anjing, itu bukan berita, tetapi jika orang menggigit."— Transcript presentasi:

1

2

3  Mitos lama  “Good news is no news, bad news is good news”.  Charles A Dana  “Anjing menggigit anjing, itu bukan berita, tetapi jika orang menggigit anjing, itu baru berita”.  Apakah Anda setuju dengan pendapat tersebut?

4 • Johan Galtung and Marie Holmboe Ruge (1965)  (a) Frequency, (b) Negativity, (c) Unexpectedness, (d) Unambiguity, (e) Personalization, (f) Meaningfulness, (g) Reference to elite nations, (h) Reference to elite persons, (i) Conflict, (j) Continuity, (k) Consonance, dan (l) Composition. • Bell A. (1991)  (a) Competition, (b) Co- optation, (c) Prefabrication, (d) Predictability. • Ashadi Siregar (1982)  (a) significance (penting), (b) magnitude (besar), (c) timelines (waktu), (d) proximity (dekat), (e) prominance (tenar), (f) human interest (manusiawi).

5 1. Frekuensi. 2. Negatif. 3. Tak terduga. 4. Tidak Mendua. 5. Personalisasi. 6. Kepenuhartian. 7. Berkaitan dengan pemimpin negara. 8. Berkaitan 9. Prediksi 10. Penting 11. Besar 12. Aktualitas 13. Kedekatan 14. Tenar 15. Human interest.

6  Berkaitan dengan jangka waktu sebuah peristiwa.  Peristiwa yang mempunyai jangka waktu pendek akan mempunyai nilai berita lebih dari pada yang mempunyai jangka waktu panjang.  Ex: perampokan, kecelakaan pesawat terbang yang menewaskan ratusan orang, pembunuhan berantai.  (Kecelakaan pesawat Boeing di Bandar Udara Adisucipto, 7 Maret 2007 di Yogyakarta akan lebih menarik diberitakan dari pada kegiatan partai politik).

7  Berita buruk=nilai berita  Buruk di sini adalah peristiwa yang membuat orang tidak senang mengalaminya. Kelaparan adalah berita buruk.  Ex: kelaparan yang terjadi di NTTkelaparan yang terjadi di NTT

8  Peristiwa yang di luar kebiasaan. Berita hujan adalah sesuatu yang bisa terjadi di Indonesia. Tetapi, hujan es yang terjadi di Yogyakarta akan menjadi berita yang sungguh menarik untuk diberitakan. Contoh berita: Contoh berita:

9  Sebuah peristiwa yang diharapkan mempunyai dampak memperjelas terhadap suatu masalah.  Misalnya, penjelasan PT Lapindo Brantas atas ganti rugi bagi masyarakat yang terkena korban lumpur Lapindo Sidoarjo Mei Segala sesuatu yang berkaitan dengan upaya memperjelas nasib mereka yang terkena korban lumpur akan menarik untuk diberitakan. Paling tidak, bagi masyarakat yang terkena korban itu.

10  Persoalan individu yang terlibat.

11  Ketua Umum DPP-PDIP Megawati Soekarnoputri dalam peringatan HUT ke-35 PDI-Perjuangan di Sumsel, pada 31 Januari 2008 pernah menilai kalau menilai kebijakan pemerintah SBY-Kalla bagai 'tarian poco-poco'. Dalam pidato politiknya, Megawati menyatakan, keberpihakan pemerintah terhadap rakyat miskin dan pemberantasan kemiskinan tidak kuat dan tidak fokus. Pemerintah mudah berjanji dan mudah mengingkari. Pemerintah dinilai maju satu langkah, mundur satu langkah. Maju dua langkah, mundur dua langkah. Tak pernah beranjak dari tempatnya, hanya ingin membuat orang bergembira.  Kiasan yang diucapkan serius itu, disambut Wapres Jusuf Kalla dengan gaya santai sekaligus satir. "Saya kira poco-poco jauh lebih baik dari dansa-dansa yang berputar-putar, sambil jual gas yang murah. Mengerti kan maksudnya," ujar putra Watampone, Sulawesi Selatan itu.  Yang dimaksud Jusuf Kalla adalah kegagalan Megawati Soekarnoputri untuk melobi pemerintah Republik China agar tetap membeli LNG dari Indonesia. Saat berkunjung ke China Maret 2002, Megawati disambut hangat, bahkan diajak berdansa oleh Presiden RRC Jiang Zemin. Tetapi, hasilnya nihil. Pemerintah Negeri Tirai Bambu tetap memilih membeli LNG dengan harga miliaran dolar AS dari Australia.  Dua sudut pandang yang diwakili oleh Ketua Umum PDI-P dengan ketua Umum Partai Golkar itu, tidak saja dipahami rivalitas kedua partai tersebut. Tetapi, juga rivalitas antar pribadi sejak Megawati kalah dari pasangan SBY-Kalla dalam menuju RI-1.

12  Berkaitan dengan cultural proximity (kedekatan budaya).  Seseorang yang mempunyai bahasa sama, atau ciri-ciri fisik sama akan diangggap mempunyai nilai berita.  Seorang wartawan seringkali hanya mau meliput pada mereka yang mempunyai ciri- ciri fisik sama tersebut.

13  Sudah jelas  Contoh soal pulau Sipadan-Ligitan

14  Peristiwa yang berkaitan dengan kekayaan, kekuatan, dan keterkenalan.  Contoh: Sultan BruneiSultan Brunei

15  Konflik di sini berarti perseteruan antara dua atau beberapa pihak yang bertikai. Bisa konflik fisik, urat syaraf atau perang.  Contoh: (1) Konflik Indonesia-Malaysia, (2) Persaingan antara klub sepak bola, bentrokan antar suporter seringkali terjadi mewarnai persaingan sengat antar klub. Pertandingan antara Juventus Vs Liverpool di Heysel, Belgia pada 29 Mei 1985 menewaskan 39 orang yang kebanyakan warga Italia. sangat tinggi.

16  Prediksi yang dimaksud adalah ulasan yang berkaitan kemungkinan dan ketidakmungkinan.  Prediksi banyak dipakai untuk mengulas pertandingan olah raga, terutama sepak bola.  Contoh: Contoh:

17  Penting di sini berarti kejadian yang berkemungkinan mempengaruhi kehidupan orang banyak, atau kejadian yang punya akibat terhadap kehidupan pembaca.  Ex: Berita tentang kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM)

18  Kejadian yang menyangkut angka-angka yang berarti bagi kehidupan orang banyak, atau kejadian yang berakibat yang bila dijumlahkan dalam angka yang menarik pembaca.  Harga gabah kering Indonesia pernah hanya mencapai Rp per kg, sementara harga urea di tingkat petani sudah mencapai Rp per kg.  Pada tahun 1998, kurs rupiah pernah mencapai Rp per 1 US$ dolar.

19  Yaitu kejadian yang menyangkut hal-hal yang baru terjadi atau baru ditemukan (Sudah jelas)

20  Kedekatan adalah kejadian yang dekat dari pembaca, pendengar, pemirsa  kedekatan ini bisa bersifat geografis maupun emosional.

21  Menyangkut orang terkenal (sudah jelas)

22  Human interest atau manusiawi adalah kejadian yang memberikan sentuhan perasaan bagi pembaca, kejadian yang menyangkut orang biasa dalam situasi luar biasa, atau orang besar dalam situasi biasa. Human interest jika diartikan secara harfiah berarti menarik minat orang.

23  Pertandingan olah raga  Kasus politik dan hukum  Terorisme dll

24  Tidak lazim artinya kejadian yang aneh.  Selama ini kita hanya mengenal ayam berkaki 2, bagaimana kalau mempunyai kaki 4? Bukankah sebuah peristiwa yang tidak lazim? Kejadian itu pernah terjadi di Tasikmalaya. Ayam itu tidak hanya punya kaki 4, juga mempunyai 2 anus. Ini jelas mempunyai nilai berita karena tidak lazim. Pemilik ayam aneh itu, Uu (30) warga Jalan Lengkong Barat Kelurahan Lengkong Sari Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Seperti yang diberitakan Pikiran Rakyat, 5 Oktober 2005 lewat judul berita, “Dipelihara Warga Lengkong Kota Tasikmalaya Ayam Berkaki Empat Punya Dua Anus” harian terbesar di Jawa Barat itu menulis, “Kalau disebut binatang berkaki empat, pasti tidak aneh dan orang menganggapnya merupakan hal yang lumrah. Tapi, kalau lebih rinci lagi disebutkan yang berkaki empat itu adalah ayam broiler, hampir dipastikan akan membuat orang heran dan tidak menutup kemungkinan banyak yang penasaran”.

25  Minat pribadi berkaitan dengan hobi seseorang atau minat orang lain akan suatu berita.  Munculnya media massa seperti Bola, F-1, Soccer, Bolavaganza, Ponsel, Selluler, Sedap atau Lezat.

26  Sudah jelas

27  Gempa bumi Yogyakarta  Lapindo dll

28  Penemuan di bidang teknologi.  Misalnya apa yang pernah disiarkan oleh stasiun televisi American Broadcasting Corporations News. Stasiun itu pernah mengungkapkan bahwa sejumlah negara telah membangun sistem radar terbaru yang tak cuma mampu mendeteksi, tapi juga bisa melumpuhkan pesawat siluman US Stealth -- pesawat tercanggih milik AS. Selain itu, sejumlah perusahaan dirgantara di Eropa dan AS dikabarkan pula telah menguasai sistem radar terbaru tersebut. Bila kerja radar standard dapat dideteksi pilot pesawat, radar baru ini sama sekali tak dapat terdeteksi pesawat apa pun. Lembaga intelijen militer AS yang mengkhawatirkan temuan ini, serta merta cemas pula bahwa Cina akan menjual teknologi terbaru itu kepada sejumlah lawan AS, di antaranya Irak. Selain itu, AS juga terpaksa harus menambah anggaran militer dalam jumlah yang lebih besar untuk meningkatkan kecanggihan pesawat siluman yang ada. Padahal, untuk menghasilkan dua pesawat siluman tercanggih yang ternyata bisa dideteksi radar baru, pemerintah AS telah membelanjakan dana masing-masing sebesar US$ 40 triliun untuk US Stealth jenis bomber B2 dan US$ 6 triliun untuk US Stealth jenis F-117.

29  Kasus Bill Clinton dengan Monica Lewinsky, Gennifer Flowers, Paula Corbin Jones, Elizabeth Ward Gracen yang mantan Miss Arkansas, Sally Purdue yang juga mantan Miss Arkansas.  John F Kennedy dengan Marilyn Monroe.

30  Seorang anak kecil yang bisa menghafal Al Qur’an jelas mempunyai nilai berita tinggi.  Manusia tertua di dunia Manusia tertua

31  Tingkah laku binatang juga menarik perhatian manusia. Seekor kucing yang menyelamatkan diri dari gelombang tsunami menjadi daya tarik tersendiri. Dua ekor ikan paus kepala melon (pephonocephala electra) pernah terdampar di pantai Kenjeran Surabaya juga akan menarik untuk diberitakan. Iklan tersebut bahkan diduga telah berusia 50 tahun. Itu bisa diketahui dari giginya yang tidak runcing lagi. Begitu juga ketika seekor gajah bernama Dian di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo melahirkan seekor anak. Proses kelahiran itu adalah yang pertama kali semenjak Kota Solo memiliki kebun binatang. Bayi gajah yang beratnya diperkirakan 80 kg itu dalam kondisi sehat meski tak bisa menyusui induknya, lantaran tubuhnya terlalu mungil dan tak bisa mencapai perut induknya. Ia diberi nama Anggoro (karena lahir pada hari Selasa).

32  Sudah jelas

33


Download ppt " Mitos lama  “Good news is no news, bad news is good news”.  Charles A Dana  “Anjing menggigit anjing, itu bukan berita, tetapi jika orang menggigit."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google