Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MK Dasar-dasar Jurnalistik Disajikan Oleh Usman Yatim.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MK Dasar-dasar Jurnalistik Disajikan Oleh Usman Yatim."— Transcript presentasi:

1 MK Dasar-dasar Jurnalistik Disajikan Oleh Usman Yatim

2 Apa itu Berita?  Berita adalah keterangan mengenai peristiwa atau isi pernyataan manusia  Berita bagi seseorang adalah keterangan mengenai peristiwa atau isi pernyataan yang perlu baginya untuk mewujudkan filsafat hidupnya.  Berita bagi suatu suratkabar adalah keterangan mengenai peristiwa atau isi pernyataan yang perlu bagi pembacanya untuk mewujudkan filsafat hidupnya seseorang (AM Hoeta Soehoet)

3  Berita adalah laporan yang baru tentang peristiwa, pendapat atau masalah yang menarik perhatian sebanyak-banyaknya orang (Laurence R Campbell, Rollan E Wolseley)  Berita adalah laporan yang tepat waktu mengenai fakta, opini yang menarik atau penting, atau keduanya yang dibutuhkan sejumlah orang (Mitchell V Charnley)  Berita adalah laporan yang tepat waktu mengenai segala sesuatu yang menarik perhatian orang dan berita yang terbaik adalah yang menarik sebagian besar pembaca (Charles A Dana)

4  Berita adalah sebuah laporan mengenai segala sesuatu (fakta atau opini) yang menarik atau penting bagi pembaca dan disampaikan tepat waktu.  Berita adalah informasi yang sudah diolah oleh wartawan dan dinilai punya keunggulan relatif, kadang bersifat obyektif kadang bersifat subyektif. (Indiwan Seto)

5 Sumber Berita  SB = asal dari keterangan mengenai peristiwa atau isi pernyataan manusia.  Peristiwa, contoh: gempa, pertandingan bola, banjir, sidang kabinet, konperensi pers, pameran, seminar, dll..  Manusia, pendapat mengenai suatu peristiwa yang disaksikan atau yang tidak disaksikan tetapi memiliki persepsi yang diduga dapat dipercaya.

6 Penggolongan Berita  Berdasarkan masalah yang dikandung:  Ekonomi,  Kriminal,  Hukum,  Olahraga,  Pendidikan,  dll

7  Berdasarkan tempat peristiwa terjadi:  Dalam negeri (kota tempat media bersangkutan terbit), luar negeri  Berdasarkan daya pengaruhnya:  Lokal, regional, nasional, internasional.

8  Berdasarkan sumber berita:  Berita peristiwa (reportase pandangan mata)  Berita pendapat (berdasarkan keterangan seseorang)  Berita peristiwa dan pendapat (gabungan keduanya).

9  Penggolongan berita berdasarkan kadar fakta yang dikandungnya:  Fakta : sesuatu sebagaimana adanya.  Suatu berita belum tentu semua mengandung seluruh fakta atau suatu peristiwa tetapi dapat juga hasil persepsi (penilaian)

10 Berita Fakta (Factual news)  Berita yang menampilkan sepenuhnya fakta tanpa ada keterangan tambahan yang bersifat pendapat. Peristiwa dilaporkan secara apa adanya.

11 Contoh  Jenazah aktor senior Sophan Sophian dimakamkan di Jakarta, Sabtu sore, diantar segenap sanak keluarga dan sahabat.  Sophan meninggal dunia akibat jatuh dari sepeda besar motor yang dia kendarai. Dia meninggalkan seorang istri dan dua orang anak.

12 Berita fakta ditambah Penjelasan mengenai fakta (interpreted news):  Berita fakta terkadang tidak cukup bagi pembaca untuk memahami peristiwa yang terjadi sehingga diperlukan penjelasan tentang fakta yang didapat/ditemui reporter.  Berita ini bertujuan:  Memperjelas fakta yang diberikan  Hubungan fakta dengan sebelumnya;  Hubungan dengan kemungkinan yang akan datang,  Hubungannya dengan peristiwa lain yang sedang atau telah terjadi.

13 Contoh  Kebakaran terjadi dan menghanguskan sekitar 40 ruko di Glodok Jakarta Barat, Rabu sore. Api baru dapat dipadamkan setelah mengerahkan petugas sekitar 3 jam.  Menurut Udin, salah seorang pemilik ruko, kebakaran berawal dari ruko no 29, setelah terdengar ledakan dari dapur.

14 Berita fakta bercampur pendapat wartawan (Opinionated news)  Berita fakta bercampur pendapat wartawan sehingga dapat saja mana yang fakta dan mana yang berupa pendapat tidak begitu jelas.  Hal ini banyak terjadi dari sajian infoteinment.

15 Contoh  Seorang kolonel TNI AD yang tidak berperikemanusiaan dengan mobil mercy telah menabrak seorang penjual bakso di depan Kampus UPDM Jakarta, Senin.  Kolonel tersebut karena takut dikeroyok massa telah membawa lari tukang bakso yang berlumuran darah dan mungkin telah menemui ajalnya. Diduga mobil mercinya hasil korupsi karena mana mungkin pejabat mampu mobil mewah tersebut.

16 Berita lanjutan dan berita seimbang  Berita lanjutan (followup story): berita yang dibuat karena melanjutkan pemberian informasi yang pernah diajukan.  Berita yang seimbang: dua sisi pernyataan dari dua orang yang paling menentukan dan saling bertentangan (pro-kontra).


Download ppt "MK Dasar-dasar Jurnalistik Disajikan Oleh Usman Yatim."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google