Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SEPUTAR JURNALISTIK…….. Apa Itu Jurnalistik?  Banyak teori yang muncul. Namun singkatnya, jurnalistik adalah ilmu tentang menulis, khususnya menulis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SEPUTAR JURNALISTIK…….. Apa Itu Jurnalistik?  Banyak teori yang muncul. Namun singkatnya, jurnalistik adalah ilmu tentang menulis, khususnya menulis."— Transcript presentasi:

1 SEPUTAR JURNALISTIK…….

2 Apa Itu Jurnalistik?  Banyak teori yang muncul. Namun singkatnya, jurnalistik adalah ilmu tentang menulis, khususnya menulis informasi/berita.

3 Lingkup Jurnalistik  Media (cetak: koran, majalah, buletin, tabloid dll. Elektronik: radio, TV, online, dll)  Konten (Non fiksi: berita, artikel, feature. Fiksi: novel, cerpen, puisi)  SDM (Pemred, Redaktur, Wartawan, Fotografer, Layoutman)

4 Berita (Selalu Baru)  Berita = news (mengandung info yang baru, info basi bukanlah berita)  Berita berasal dari data-data yang dikumpulkan reporter (’’tukang belanja’’) dan diolah oleh redaktur (’’koki’’), agar penyajian ke khalayak (’’penikmat’’) menjadi enak

5 APA ITU BERITA?  Kejadian luar biasa atas orang biasa (kebanyakan)  Kejadian biasa atas orang luar biasa (tokoh)  Kejadian luar biasa atas orang luar biasa  Peristiwa lain yang memenuhi anggapan orang tentang berita

6 JADI BERITA ADALAH….  Cerita yang diceritakan.  Cerita itu disajikan dalam bentuk tulisan atau visual.  Cerita itu tidak ditambah- tambahi dan dikurangi.  Cerita itu harus seimbang.

7 Reporter, Pencatat Sejarah AAAAsal kata reportare (Latin) membawa pulang dari suatu tempat IIIInformasi (berita) menentukan dalam perkembangan peradaban PPPPeradaban Islam juga mengenal beberapa ’’reporter’’ (peziarah yang mencatat perjalanannya)

8 Menuliskan Reportase Resep klasik tetap berlaku: 5 W + 1 H -what (apa yang terjadi) -when (kapan kejadiannya) -who (siapa yang terlibat) -where (di mana kejadian itu) -why (mengapa sampai terjadi) -how (bagaimana kejadiannya) Hilang salah satu unsur itu berita tidak ’’berbunyi’’ Mana yang didahulukan dalam lead (kepala) berita, tergantung mana yang paling penting di antara kelima unsur itu.

9 Bangunan Berita HHHHard news, spot news, straight news (’’berita keras’’) biasanya berstruktur piramida terbalik (yang terpenting di atas untuk memudahkan editing) SSSStruktur piramida terbalik, setelah judul, disusul lead (kepala berita) dan kemudian tubuh berita (uraian fakta) SSSSoft news, depth news, features, atau berita tokoh biasanya berstruktur lebih bebas, tapi bisa pula dengan piramida terbalik LLLLead harus menarik, agar memancing orang membaca

10 Menggali Ide Membuat Berita Melalui RUKUN IMAN NEWS  Aktualitas  Magnitude  Proximity  Ketokohan  New  Modern  Human Interest  Dramatik  Sensasional  Inovatif  Unik  Situasional

11 MENGGALI DATA BERITA  Wawancara  Pengamatan plus  Angka  Knowledge Asset

12 ANGLE BERITA  Dalam sebuah berita, faktor ketertarikan pembaca adalah angle (sudut pandang) si reporter.  Semakin bagus angle yang diambil, makin kelihatan kecerdasan seorang reporter.  Angle didapat setelah memperhatikan rukun iman membuat berita.

13 CONTOH PENG-ANGEL-AN  Peristiwa pembunuhan sore kemarin terjadi di Universitas Islam Negeri Malang. Dua mahasiswa jadi korban perampokan disertai kekerasan. Mereka Yudha, 19, dan Yudhi, 20. (Angle berdasarkan rukun iman aktualitas)  Putra Bupati Antahberantah Yudha, kemarin sore jadi korban pembunuhan di Universitas Islam Negeri Malang. Lelaki 19 tahun ini terbunuh bersama temannya, Yudhi, 20, setelah dirampok oleh lima orang usai kuliah. (Angle dari sudut ketokohan sang bupati)  Darah bercecer di ruang kelas 10 Universitas Negeri Malang. Sepotong tangan tergeletak di bawah meja. Jerit tangis pun menyelimuti kampus di Jl Surabaya itu. Itu terjadi setelah dua orang mahasiswa ditemukan tak bernyawa dalam kondisi mengenaskan. Keduanya adalah Yudha dan Yudhi. (Ini angle dramatis atau bisa human interes).

14 MACAM FEATURES  Personal Features  Human Interest Features  Adventure Features Features adalah berita yang berisi gambaran/diskripsi tentang objek informasi.

15 Patut Diperhatikan…  Akurasi fakta-fakta (misal, beras beda dengan gabah atau padi, kertas beda dengan koran, orang beda dengan anak- anak, musala beda dengan masjid)  Ejaan yang konsisten (misal, apotik atau apotek, khawatir atau kuatir, praktek atau praktik, salat atau sholat)  Pemakaian tanda baca yang benar  Serius dan gigih sangat dihargai dalam mengumpulkan fakta-fakta (tidak gampang percaya), bila perlu dengan investigasi (Latin: vestigum=jejak kaki)  Banyak membaca, banyak membaca, banyak membaca, banyak membaca…

16 KESIMPULAN  Membuat berita tidak sulit….  Cari sudut pandang yang baik dan paling menarik.  Bingung mau nulis apa, kembalilah pada RUKUN IMAN  Perbanyak Knowledge Asset Anda.  Sering latihan.


Download ppt "SEPUTAR JURNALISTIK…….. Apa Itu Jurnalistik?  Banyak teori yang muncul. Namun singkatnya, jurnalistik adalah ilmu tentang menulis, khususnya menulis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google