Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAHASA INDONESIA SURAT KELUARGA DAN SURAT DINAS. A.SURAT KELUARGA Surat keluarga: Surat pribadi yang dikirimkan kepada anggota keluarga. Surat pribadi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAHASA INDONESIA SURAT KELUARGA DAN SURAT DINAS. A.SURAT KELUARGA Surat keluarga: Surat pribadi yang dikirimkan kepada anggota keluarga. Surat pribadi."— Transcript presentasi:

1 BAHASA INDONESIA SURAT KELUARGA DAN SURAT DINAS

2 A.SURAT KELUARGA Surat keluarga: Surat pribadi yang dikirimkan kepada anggota keluarga. Surat pribadi ada pula yang dikirimkan kepada sahabat atau teman. Tujuan: Untuk menjalin hubungan kekeluargaan yang lebih akrab.

3 Kertas yang digunakan beraneka ragam warna dan ukuran. Bentuk suratnya sederhana dan tanpa kepala surat dan nomor surat. Biasanya hanya ditulis tangan.

4 Bahasa surat keluarga biasanya menggunakan kata-kata sapaan kekerabatan yang diikuti dengan klitik “-nda” yang bermakna keakraban/ kedekatan.

5 Misal: Kakenda, Nenenda, Cucunda Ayahanda, Ibunda, Ananda/ Nanda Pamanda, Bibinda, Kemenakanda Kakanda, Adinda/ Dinda Kata sapaan untuk teman atau sahabat dapat menyebutkannya temanku, sahabatku, atau langsung menyebutkan namanya.

6 Bahasa surat untuk keluarga/ kerabat yang lebih tua: - halus dan santun Bahasa surat untuk keluarga/ kerabat yang sangat akrab: - santai dan dihiasi humor.

7 Isi surat keluarga/ kekerabatan menyangkut: - pertanyaan - pemberitahuan - permintaan - perkenalan - ucapan terima kasih - ucapan selamat dan sebagainya.

8 Contoh Surat Keluarga Yts. Adinda Gieta di Jakarta Salam kangen, Apa kabar Dik? Semoga Dik Gieta senantiasa dalam lindungan-Nya. Kabar Kakak di rantau baik-baik saja, sehat lahir batin. Sebelumnya Kakak minta maaf, sudah hampir 2 bulan baru sempat balas surat Adik. Kakak memang sibuk sih, biasalaaah STM (Sibuk Tak Menentu). Tetapi yang penting masih ingat Adik kan? Bagaimana kuliahmu? Lancar kan?

9 Bulan depan teman Kakak akan pulang ke tanah air dan Kakak titipkan beberapa buku bahasa Inggris untuk menunjang studimu. Semoga bermanfaat. Sampaikan salam hormat Kakak untuk Ayah dan Bunda. Semoga akhir tahun ini kita bisa berkumpul. Selamat belajar, selamat berprestasi. Salam sayang, Kakanda di rantau Rano

10 Contoh surat untuk sahabat Salam jumpa, Apa kabar sahabatku? Semoga selalu sehat, tetap ceria seperti saat terakhir kita jumpa. Sudah lama kurasa kita tidak saling berkirim berita setamat SMK tiga tahun lalu. Han, kuharap persahabatan kita tidak putus begitu saja karena tempat dan waktu.

11 Meski dikau sekarang melanjutkan kuliah di kota yang cukup jauh, tetapi daku yakin suatu saat ada kesempatan kita saling melepas rindu. Daku rindu cerita-ceritamu, cemberutmu, dan tawa renyahmu. Kabarku di Malang baik-baik saja. Kalau daku lihat apel, ingatanku langsung tertuju ke dirimu. Dikau pernah promosi bahwa kulitmu halus karena apel yang kausantap setiap hari.

12 Kapan sempat main ke Malang? Akan kusuguhi apel sekeranjang! Pasti kulitmu makin halus dan nyamuk akan terpeleset bila hinggap di tubuhmu. Selamat menuntut ilmu sahabatku, kutunggu suksesmu. Teriring doa dari jauh. Teman sebangkumu di SMK Mayang

13 B. SURAT DINAS/ SURAT RESMI Surat dinas/ surat resmi: surat yang berasal dari pribadi, organisasi, atau lembaga yang ditujukan kepada pribadi, organisasi, atau lembaga lain. Bahasa surat dinas: baku, formal, dan tegas. Isinya: singkat, padat, dan hormat.

14 Kertas yang digunakan: ukuran folio atau kuarto. Surat dinas organisasi atau lembaga terdapat: kepala surat, nomor, hal, lampiran, atau tembusan. Tulisan diketik rapi. Surat dinas pribadi: Tanpa kepala surat dan nomor surat. Tulisan diketik atau ditulis tangan.

15 Surat dinas yang akan kita bahas: 1) Surat Permohonan 2) Surat Pemberitahuan 3) Surat Keterangan 4) Memo dan Nota Dinas

16 1. SURAT PERMOHONAN Surat permohonan: surat yang dibuat oleh seseorang atau lembaga berisi permohonan atau permintaan sesuatu kepada pihak lain.

17 Fungsi surat permohonan: 1) Bagi pihak yang memohon, surat permohonan berfungsi sebagai duta atau utusan untuk menyampaikan sesuatu yang hendak dimohon atau dimintanya.

18 2) Bagi pihak yang menerima, surat permohonan berfungsi sebagai bahan untuk mempertimbangkan perlu tidaknya permohonan dikabulkan. Sekaligus sebagai alat bukti meminta kembali sesuatu yang dipinjamkan jika telah jatuh tempo peminjamannya.

19 Siapapun yang membuat (pribadi atau lembaga), isi surat permohonan yang baik memuat hal-hal berikut: a. identitas pemohon b. tujuan dan alasan memohon c. barang/ sesuatu dan jumlah yang dimohon d. batas waktu meminjam e. pernyataan kesungguhan dalam memohon.

20 Contoh surat permohonan izin Bandung, 21 Mei 2005 Hal: Permohonan izin tidak masuk kerja Lampiran: Sehelai surat keterangan dokter Yth. Kepala BAAK Universitas Negeri Bandung di Bandung

21 Dengan hormat, Bersama ini saya beri tahukan bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan dokter tanggal 20 Mei 2005, saya dinyatakan sakit dan harus istirahat selama 4 hari mulai tanggal 21 Mei s.d. 24 Mei Sehubungan dengan itu saya mohon izin kepada Bapak untuk tidak masuk kerja mulai hari ini sampai dengan tanggal yang telah saya sebutkan di atas. Mulai tanggal 25 Mei, saya akan masuk seperti biasa.

22 Atas perhatian dan izin yang Bapak berikan, saya ucapkan terima kasih. Hormat saya Dra. Nurhasanah

23 2. SURAT PEMBERITAHUAN Surat yang isinya memberitahukan tentang sesuatu hal.Surat pemberitahuan semata- mata bersifat mengirim kabar atau berita.

24 Struktur isi surat pemberitahuan pada umumnya sebagai berikut: (1) bagian pembuka, yaitu bagian pengantar atau pendahuluan yang berisi masalah pokok surat (2) bagian isi, yaitu bagian yang berisi rincian, uraian, keterangan, atau penjelasan dari masalah pokok yang akan diberitahukan. (3) bagian penutup, yaitu bagian yang pada umumnya berisi harapan agar pihak yang dituju memaklumi hal yang disampaikan.

25 Contoh surat pemberitahuan PT HATINDO METAL UTAMA Jln. Kramat VI No. 51 Jakarta Pusat No. : 052 / B / XI / 2004 Hal : Pindah alamat dan perubahan nomor telepon Yth. Para Rekanan PT HATINDO METAL UTAMA di Jakarta

26 Dengan hormat, Kami beri tahukan kepada para rekanan bahwa terhitung mulai tanggal 1 Desember 2004 kantor PT HATINDO METAL UTAMA pindah dari Jln. Kebon Sirih ke Jln. Kramat VI No. 51, Jakarta Pusat Akibat kepindahan tersebut, nomor telepon kami juga berubah. Nomor telepon kami yang baru adalah , , dan

27 Demikianlah pemberitahuan kami, agar para rekanan mengetahuinya. Atas perhatian para rekanan, kami ucapkan terima kasih. Salam hormat, Putra Madya Istimewa Direktur Utama

28 3. SURAT KETERANGAN Surat keterangan: surat yang isinya menerangkan seseorang atau suatu hal. Di dalam surat keterangan, pejabat yang menerangkan menuliskan jabatannya bila perlu data pribadinya.

29 Isi pokok surat keterangan adalah sebagai berikut: (1) data pribadi atau jabatan pihak yang menerangkan (2) data pribadi pihak yang diterangkan (3) isi keterangan (4) penutup, umumnya berisi himbauan atau harapan

30 Contoh surat keterangan PT DAMAI SUKSES Jln. Inpres A No. 26 Jakarta Selatan SURAT KETERANGAN PENGALAMAN BEKERJA No. 75 / KODE. C / VII / 2004 Jakarta, 5 Juni 2005

31 Yang bertanda tangan di bawah ini, Nama : Ir. Gendra Priyadi Jabatan : Direktur PT Damai Sukses ALAMAT : Jln. Inpres A No. 26 Jakarta Selatan menerangkan dengan sesungguhnya bahwa Nama : Dede Sutisna Alamat : Jln. Pakubuwono VI Jakarta Selatan benar telah bekerja pada perusahaan yang kami pimpin sejak tanggal 10 Mei 2000 sampai dengan 21 Mei 2005 dengan jabatan terakhir Asisten Manajer Produksi.

32 Selama menjadi karyawan pada perusahaan kami, Saudara Dede Sutisna telah menunjukkan dedikasi yang tinggi terhadap perusahaan. Ia mengundurkan diri atas kemauannya sendiri. Demikian surat keterangan ini kami buat agar pihak yang berkepentingan memakluminya. Ir. Gendra Priyadi Direktur

33 Memo dan nota dinas: surat khusus yang dipakai antarpejabat di lingkungan suatu lembaga. Pemakaian memo tersebut berbeda dengan memo pribadi. Memo pribadi dipakai oleh perseorangan dan dapat dikirim kepada siapa saja asal orang yang dituju sudah kenal baik dengan pengirim memo pribadi itu. 4. MEMO DAN NOTA DINAS

34 Memo: Memo merupakan singkatan dari kata memorandum yang berasal dari kata memory yang berarti ingatan. Nota: Istilah nota berasal dari kata note yang berarti catatan.

35 Persamaan Memo dan Nota: - digunakan untuk keperluan intern lembaga - tidak perlu dicantumkan identitas lembaga, cukup nama lembaga

36 Memo - vertikal ke atas atau ke bawah, horizontal - Fungsi mengingatkan Nota - Vertikal ke bawah, horizontal - Fungsi menjabarkan secara rinci isi surat keputusan atau surat instruksi yang dianggap perlu ditindaklanjuti Perbedaan Memo dan Nota

37 Contoh memo PT JASA MANDIRI Kepada: Kabag Pemasaran Dari : Direktur Pemasaran Hal : Promosi Sesuai dengan undangan seminar dari panitia pameran buku IKAPI, kami minta agar Saudara mempersiapkan makalah dan brosur yang akan dibagikan. Terima kasih Jakarta, 3 Februari 2005 Jokosumbogo

38 Contoh Nota Dinas PT INDOCETAK No. 21 / INDO / VII / 2005 Kepada: Asisten Manajer Produksi Dari : Manajer Produksi Hal : Penambahan tenaga kerja Sehubungan dengan surat keputusan Direktur No. 12 / Dir / C. XI / 2005, kami minta agar Saudara menyiapkan materi rapat tentang peningkatan mutu produksi. Demikian untuk dimaklumi dan dilaksanakan. Jakarta, 31 Januari 2003 Manajer Produksi Syafrozi

39 SOAL – SOAL DAN PEMBAHASANNYA 1.Yang membedakan surat resmi dengan surat keluarga adalah sebagai berikut, kecuali …. a.Dalam surat keluarga, penulis menggunakan subjek surat kata “saya”. b.Dalam surat resmi, penulisnya mewakili / mengatasnamakan organisasi atau lembaga. c.Surat resmi menggunakan nomor surat. d.Surat keluarga tidak ada penulisan hal dan lampiran surat. e.Surat keluarga menggunakan kepala surat.

40 Jawaban : e Pembahasan : Karena surat keluarga tidak menggunakan kepala surat

41 2. Salah satu ciri surat resmi ditandai dengan adanya …. a.alinea pembuka b.tanggal surat c.alinea penutup d.salam penghormatan e.stempel organisasi / lembaga

42 Jawaban : e Pembahasan : Karena opsi e merupakan salah satu ciri surat resmi.

43 3.Pak Asep bekerja di Jakarta, tetapi istri dan kedua anaknya, Feri dan Wawan, tinggal di Majalengka, Jawa Barat. Besok Sabtu adik Pak Asep, Pak Yunus beserta istrinya, Bu Yanti, dan anak sulungnya, Ranti akan datang ke rumah. Bu Asep berharap Pak Asep pulang pada hari tersebut.

44 Penyampaian berita keluarga di atas oleh Feri kepada Pak Asep yang benar adalah …. a.Ayah dimohon pulang hari Sabtu karena Paman Yunus dan Bibi Yanti serta Dik Ranti akan datang ke rumah. b.Ayah harus pulang hari Sabtu karena Pak Yunus dan Bu Yanti, dan anak sulungnya, Kak Ranti akan datang ke rumah.

45 c. Sudilah kiranya Bapak pulang hari Sabtu karena Paman Yunus dan Tante Yanti, serta Kak Ranti akan dating ke rumah. d.Kami mohon Bapak berkenan pulang karena Pak Yunus, beserta istrinya, Bu Yanti, dan anak sulungnya Ranti akan dating ke rumah. e.Bapak diharap pulang hari Sabtu karena Yunus, Yanti, dan Ranti akan datang ke rumah.

46 Jawaban : a Pembahasan : Karena penyampaian yang santun dan sesuai dengan sebutan panggilan adalah opsi a

47 4. Kalimat surat yang paling santun untuk memberitahukan kepada orang tua bahwa Anda diterima bekerja di Pemda dan sekaligus minta uang karena belum mendapat gaji, ialah ….

48 a.Ayah dan Ibu tercinta, saya diterima di Pemda. Namun karena gaji belum turun, saya mohon Bapak/ Ibu tetap mengirim uang untuk biaya hidup. b.Ayah dan Ibu tercinta, saya diterima di Pemda. Namun karena gaji belum turun, Bapak / Ibu tetap wajib mengirim uang untuk biaya hidup.

49 c.Ayah dan Ibu tercinta, saya diterima di Pemda. Namun karena gaji belum turun Bapak / Ibu tetap harus mengirim uang untuk biaya hidup. d.Ayah dan Ibu tercinta, saya diterima di Pemda. Namun Bapak / Ibu wajib mengirim uang untuk biaya hidup karena gaji belum turun. e.Sebagai kompensasi atas diterimanya saya di Pemda, Bapak / Ibu saya mohon tetap mengirim uang untuk biaya hidup karena gaji belum turun.

50 Jawaban : a Pembahasan : Karena opsi a merupakan kalimat surat yang santun.

51 5. Ayah dan Bunda tercinta, Ananda tidak bisa pulang pada semester ini. Ananda sibuk menghadapi tugas-tugas observasi. Mohon tambahan dana untuk kegiatan tersebut.

52 Penggalan surat tersebut menyatakan bahwa pengirim surat minta …. a.kiriman uang b.tambahan waktu c.berita keluarga d.doa restu e.maaf

53 Jawaban : a Pembahasan : Karena maksud surat di atas, pengirim surat, memohon tambahan dana.

54 6.Kalimat berikut yang berisi pengungkapan rasa terima kasih dalam surat keluarga ialah…. a.Merupakan penghormatan bagi kami sekeluarga apabila Bapak / Ibu berkenan hadir dalam pesta pernikahan anak kami. b.Pada kesempatan ini, perkenankanlah kami menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan pada waktu sakit, wafat, dan pemakaman ayahanda kami.

55 c. Membaca surat ini, saya mohon Anda tidak terheran – heran dan terkejut menerima surat dari seseorang yang belum Anda kenal. d.Akhir kata, saya sampaikan selamat berkenalan, dan terima kasih. e.Oleh sebab itu, kedatangannya di rumah Anda saya harapkan menjadi pembuka pintu perkenalannya dengan Anda.

56 Jawaban : b Pembahasan : Karena opsi b berisi ungkapan rasa terima kasih

57 7. Dengan ini, kami memberitahukan bahwa anak kami, Amal Hayati pada hari ini tidak dapat mengikuti pelajaran karena sakit. Berdasarkan isinya, penggalan surat di atas termasuk surat …. a.resmi b.izin c.dinas d.keluarga e.pemberitahuan

58 Jawaban : e Pembahasan : Karena surat di atas berisi pemberitahuan tentang anak yang sakit dan tidak dapat mengikuti pelajaran.

59 8. Kalimat penutup surat izin yang tepat adalah …. a.Atas kesempatan Anda untuk hadir tepat pada waktunya, kami ucapkan terima kasih. b.Demikian permohonan kami dengan harapan dikabulkan. Kami akan mematuhi semua ketentuan yang berlaku dalam menggunakan gedung tersebut.

60 c.Dengan ini kami mengajukan permohonan agar diberikan izin untuk cuti tiga hari karena ada urusan keluarga yang mendesak. d.Kami haturkan terima kasih atas kedatangan Anda. e. Saya mohon Bapak mengabulkan permohonan izin saya.

61 Jawaban : e Pembahasan : Karena opsi e merupakan kalimat penutup surat izin.

62 9. Karena akan diselenggarakan rapat antarkepala bagian pada tanggal 19 Juli 2005 pukul s.d selesai, seorang direktur di sebuah perusahaan meminta bantuan kepada kepala bagian perlengkapan untuk menyiapkan ruangan.

63 Hal di atas dapat dibuat dalam bentuk memo yang jelas dan ringkas sebagai berikut …. a.Dalam rangka pelaksanaan rapat yang akan diikuti oleh semua kepala bagian, maka dengan memo ini saya meminta bantuan kepada Saudara agar dipersiapkan ruangan untuk keperluan itu. Sebelum dan sesudahnya terima kasih. b.Untuk penyelenggaraan rapat antarkepala bagian (19 Juli 2005, pukul s.d. selesai), harap disiapkan ruangan. Terima kasih.

64 c. Saya mohon Saudara membantu saya untuk menyiapkan ruangan 19 Juli 2005, pukul s.d. selesai) yang akan digunakan untuk rapat antarkepala bagian. Terima kasih. d. Mohon disiapkan ruangan (19 Juli 2005, pukul s.d. selesai) untuk rapat antarkepala bagian. Terima kasih. e. Harap siapkan ruangan (19 Juli 2005, pukul s.d. selesai), karena akan diadakan rapat antarkepala bagian.

65 Jawaban : b Pembahasan : Karena opsi b adalah kalimat memo yang jelas, lengkap, dan logis.

66 10. Yth. Saudara Wijanarko, Berhubung ada tugas yang mendadak, saya terpaksa tidak dapat hadir sebagai juri untuk Pemilihan Pelajar Teladan, Senin, 7 Juli 2003 pukul di Gedung Serbaguna. Oleh karena itu saya harap Saudara dapat mewakili saya. Terima kasih.

67 Surat singkat di atas bila diubah dalam Bentuk kalimat memo adalah …. a.Kehadiran Saudara sangat saya nantikan untuk mewakili saya menjadi juri pada Pemilihan Pelajar Teladan, Senin, 7 Juli 2003 pukul di Gedung Serbaguna. b.Atas kehadian Saudara untuk mewakili saya menjadi juri Pemilihan Pelajar Teladan, Senin, 7 Juli 2003 pukul di Gedung Serbaguna, saya ucapkan terima kasih.

68 c. Mudah–mudahan Saudara bersedia datang ke Gedung Serbaguna, 7 Juli 2003 untuk mewakili saya menjadi juri Pemilihan Pelajar Teladan. d. Saya harap saudara mewakili saya menjadi juri pada Pemilihan Pelajar Teladan, Senin, 7 Juli 2003 pukul di Gedung Serbaguna. e. Saya mohon dengan hormat Saudara mewakili saya sebagai juri pada Pemilihan Pelajar Teladan, Senin, 7 Juli 2003 pukul di Gedung Serbaguna.

69 Jawaban : d Pembahasan : Karena opsi d adalah kalimat memo yang jelas, lengkap, dan logis.

70 11. Kalimat nota yang lengkap dan jelas terdapat pada : a.Dengan surat ini, Kepala sekolah menugaskan Drs. Wijanarko untuk membimbing siswa praktik industri, di Toko Ramai Yogyakarta, 1 Juli – 20 September a.Bersama ini saya tugaskan kepada Drs. Wijanarko untuk membimbing siswa praktik industri di Yogyakarta selama tiga bulan.

71 c. Dengan ini kami tugaskan Drs. Wijanarko untuk membimbing siswa praktik industri di Yogyakarta dari tanggal 1 Juli – 30 September d.Dengan ini kami harap Drs. Wijanarko berkenan membimbing siswa praktik industri di Yogyakarta selama tiga bulan. e.Dengan ini kami tugaskan Drs. Wijanarko untuk membimbing siswa praktik industri di Toko Ramai dari tanggal 1 Juli 2004 samapai selesai.

72 Jawaban : a Pembahasan : Karena opsi a merupakan kalimat nota yang lengkap dan jelas.

73 12. Kalimat yang merupakan bagaian dari nota dinas ialah …. a.Dengan ini diperintahkan agar Saudara segera melakukan akreditasi terhadap SMK–SMK sekabupaten Gunungkidul. b.Dengan ini kami beritahukan bahwa kiriman buku–buku yang kami pesan telah kami terima dalam keadaan baik.

74 c. Dengan ini kami mohon agar Bapak berkenan menjadi pembicara dalam seminar yang akan kami selenggarakan. d. Berkenaan dengan surat dari Bapak Camat Sukamaju No. 18/GK/05 tertanggal 20 Januari 2005, maka kami beritahukan bahwa …. e. Untuk bahan kajian, bersama ini kami lampirkan brosur produk–produk unggulan kami.

75 Jawaban : d Pembahasan : Karena opsi d menjabarkan isi surat yang dianggap perlu ditindaklanjuti (merupakan salah satu fungsi nota dinas).


Download ppt "BAHASA INDONESIA SURAT KELUARGA DAN SURAT DINAS. A.SURAT KELUARGA Surat keluarga: Surat pribadi yang dikirimkan kepada anggota keluarga. Surat pribadi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google