Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI Oleh: Mista Hadi Permana MATERI PELAJARAN SEMESTER I KELAS X SMAN 1 MAJALENGKA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI Oleh: Mista Hadi Permana MATERI PELAJARAN SEMESTER I KELAS X SMAN 1 MAJALENGKA."— Transcript presentasi:

1

2 TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI Oleh: Mista Hadi Permana MATERI PELAJARAN SEMESTER I KELAS X SMAN 1 MAJALENGKA

3 RIWAYAT HIDUP N a m a : Mista Hadi Permana Tempat/tgl. lahir : Majalengka, 18 April 1975 Pekerjaan : Guru Alamat Kantor : SMA NEGERI 1 MAJALENGKA Alamat Rumah : Jl. KH. Abdul Halim No 97/A Majalengka HP

4 Pendidikan : Magister, Pascasarjana STAIN Cirebon, Sarjana, Fakultas Tarbiyah IAIN “ SGD ” Bandung, 1998 Madrasah Aliyah Assalam, di Maja- Majalengka, 1994 Madrasah Tsanawiayah Al-Amin, di Sangkanhurip-Sukahaji, 1991 Sekolah Dasar Negeri di Garawastu - Sukahaji, Majalengka, 1988.

5 Pengalaman Kerja: Guru 1. Guru Bahasa Inggris di MTs Al-Amin Sangkanhurip, Guru PAI di SMAN 1 Majalengka, - sekarang 3. Dosen Mata Kuliah PAI di FE UNMA, 2002 – sekarang 4. Dosen Luar Biasa di FAI UNMA, sekarang Konsultan 1. Program P2MPD Kabupaten Majalengka, 2001 – Program GN-RHL Kabupaten Majalengka, 2002 – Program PPIP Kabupaten Majalengka, 2005 – 2007 Organisasi : • Ketua Umum HMJ PAI Fak. Tarbiyah IAIN Bandung, • Pengurus HMI Cabang Soreang Bandung, • Ketua Umum IRM Kabupaten Majalengka, • Wakil Sekretaris PD. Muhammadiyah Majalengka, 2000 – 2005 • Sekretaris Umum PD. Muhammadiyah Majalengka, 2005 – 2010 • Wakil Sekretaris DPD KNPI Kabupaten Majalengka, 2008 – 2011

6 Apakah TIK itu? Definisi: yaitu Teknologi yang menyertai proses komunikasi untuk menyampaikan informasi. TIK dalam Bahasa Inggris disebut ICT ICT : Information and Communication Technology

7 Aspek apa saja yang ada di dalam TIK? Dua Aspek! 1. Teknologi Informasi:  Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi dan pengelolaan informasi. 2. Teknologi Komunikasi:  Teknologi komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses penyampaian informasi dan pengirim kepenerima.

8 Kesimpulan: Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi merupakan padanan tak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan proses manipulasi, pengelolaan, dan pemindahan informasi antara pengirim dan penerima.

9 Telematika lstilah telematika yang merupakan singkatan dari telekomunikasi dan informatika, kadang disamakan dengan TIK. Perbedaannya, telematika hanya mengkhususkan pada pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan informasi melalui peralatan telekomunikasi. Telekomunikasi adalah teknik pengiriman pesan jarak jauh, misalnya jaringan komputer dan telepon.

10 Manfaat Belajar TIK? Pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu kita untuk mengenal, menggunakan, dan merawat peralatan TIK, serta menggunakan segala potensi yang ada untuk mengembangkan kemampuan diri. Selain itu, penguasaan TIK akan meningkatkan kualitas kehidupan di berbagai bidang melalui proses pendidikan yang berlaku pada semua tingkatan dan lintas ilmu.

11 Tujuan:  agar kita memahami seluruh peralatan yang digunakan, termasuk komputer (computer literate) dan juga memahami informasi (information literate). Artinya, kita mengenal istilah-istilah yang digunakan pada TIK terutama pada komputer.  mampu menyadari keunggulan serta keterbatasan komputer serta dapat menggunakan komputer secara optimal.  mampu memahami bagaimana dan di mana informasi dapat diperoleh, bagaimana cara mengolah informasi serta bagaimana cara menyampaikannya.

12 Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi 1. Komputer: 2. Faximile (Fax) 3. Radio 4. Televisi 5. LCD (Liquid Crystal Display) Proyektor 6. Internet (Interconnected Network) Peralatan Teknologi Informasi

13 1. Komputer Komputer, yaitu alat untuk memanipulasi dan mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan. Komputer dapat digunakan sebagai pengirim, penerima, pengolah, dan penyimpan informasi. KomputerLabtop/Notebook

14 2. Faksimili (fax) yaitu alat untuk mengirim atau menerima informasi melalui telefoto dengan sistem reproduksi fotografi. Kita dapat mengirimkan salinan isi halaman, baik berupa tulisan maupun gambar ke mesin faksimili lain melalui saluran telepon. 3. Radio yaitu alat penerima informasi berupa suara atau sinyal dengan menggunakan media gelombang elektromagnetik. Saat ini, radio banyak yang dilengkapi dengan pemutar kaset, CD atau perekam suara.

15 4. Televisi yaitu alat penerima informasi berupa gambar dan suara yang dapat menerima transmisi gambar dan suara secara langsung (real-time). Televisi mampu menerima sinyal dari pemancar gelombang/satelit maupun kabel. 5. LCD Proyektor yaitu alat penyampai informasi yang berguna untuk menampilkan informasi berupa gambar atau suara. Alat ini digunakan untuk menayangkan/ mempresen- tasikan suatu informasi yang diperoleh dari CPU komputer/Labtop.

16 6. Internet (Interconnected Network) yaitu suatu jaringan global yang menghubungkan jutaan komputer diseluruh dunia. Interconnected Network: Jaringan Yang Saling Terkoneksi Internet terdiri atas milyaran jaringan milik akademisi, perusahaan, pemerintah, ataupun pribadi. Informasi yang dapat disampaikan sangat beragam, misalnya gambar, suara, dokumen, dan tulisan.

17 Fasilitas di Internet: 1. Electronic mail ( ) 2. Mailing list 3. Newsgroup 4. World wide web (Web) 5. Telnet (telecommunications networking) 6. File transfer protocol (FTP)

18 Peralatan Teknologi Komunikasi 1. Satelit 2. Modem (Modulasi Demodulasi) 3. Telepon 4. Handphone (Telepon Genggam)

19 1. Satelit misalnya satelit televisi. Satelit televisi menerima sinyal dan stasiun televisi kemudian sinyal dipancarkan kembali ke bumi dalam jangkauan yang luas. Sinyal ini diterima dan diubah oleh televisi menjadi gambar dan suara. Contoh lainnya ialah satelit telekomunikasi untuk menerima dan memancarkan sinyal telepon atau hand phone.

20 2. Modem yaitu perangkat hardware yang dipasangkan pada komputer dan berfungsi untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog atau sebaliknya sehingga informasi dapat dialirkan, biasanya melalui saluran telepon. Modem memungkinkan kita mengakses internet.

21 3. Telepon yaitu alat telekomunikasi yang digunakan untuk mengirim dan menerima suara secara langsung (real-time) dari jarak jauh dengan menggunakan jaringan telepon. Saat ini telepon dapat juga digunakan untuk mengirim SMS (Short Message Service).

22 yaitu alat telekomunikasi yang memiliki kemampuan mengirim dan menerima suara secara langsung. Perkembangan terbaru memungkinkan handphone mengirimkan pesan teks (SMS) dan gambar (EMS/MMS) serta mengakses saluran Internet dan televisi. Hand phone terhubung pada jaringan telepon melalui gelombang radio. Jaringan ini terhubung pada satelit telekomunikasi. 4. Handphone


Download ppt "TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI Oleh: Mista Hadi Permana MATERI PELAJARAN SEMESTER I KELAS X SMAN 1 MAJALENGKA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google