Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Media Presentasi Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas IX MENU.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Media Presentasi Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas IX MENU."— Transcript presentasi:

1

2 Media Presentasi Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas IX MENU

3 Kompetensi Dasar 1. Tujuan Pembelajaran 2. Materi Pembelajaran 3. Uji Kompetensi 4.

4 Memahami Dasar – Dasar Sistem Jaringan di Internet (Intranet) Mengenal Ukuran Kecepatan Akses Internet

5 AFEKTIF ( Karakter & Keterampilan Sosial ) PSIKOMOTOR KOGNITIF PROSES KOGNITIF PRODUK

6 Jaringan Komputer Macam – Macam Jaringan Sistem Koneksi Internet (Intranet) Kecepatan Akses Internet Dasar-dasar Sistem Jaringan

7 Jaringan Komputer Jaringan komputer adalah beberapa komputer yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya sehingga memungkinkan untuk saling berkomunikasi dan tukar informasi Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server).

8 GAMBAR: Koneksi ke Internet

9 Macam – Macam Jaringan Jaringan Menurut Cakupan Geografisnya 1 Jaringan Menurut Model Koneksinya 2 Jaringan Dilihat dari Media Penghubungnya 3 Jaringan Dilihat dari Segi Desain / Topologi 4

10 Jaringan Cakupan Geografis GAN WAN LAN MAN

11 LAN ( Local Area Network) Diagram LAN pada sebuah Lab. Computer

12 adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Tempat- tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wifi biasa disebut hotspot.

13 MAN ( Metropolitan Area Network) KANTOR PERPAJAKAN KANTOR KEUANGAN DAERAH KANTOR PEMERINTAHAN

14 MAN Merupakan suatu jaringan komputer yang cakupannya dalam satu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km.

15 AMERIKA CHINA INGGRIS WAN

16 WAN merupakan jaringan komputer yang cakupannya lebih luas daripada MAN dan LAN. WAN biasanya digunakan untuk menghubungkan antar komputer yang satu dengan yang lain yang jaraknya cukup luas, misalnya hubungan antara kota yang satu dengan kota yang lain dalam suatu negara.

17 GAN (Global Area Network)

18 GAN merupakan jaringan komputer yang cakupannya paling luas. Jaringan ini menghubungkan komputer – komputer yang ada di negara – negara di seluruh dunia. Pada saat ini jaringan yang termasuk GAN adalah internet. Dimana internet dapat menghubungkan komputer- komputer yang ada di seluruh dunia.

19 Jaringan Peer to Peer Jaringan Client Server Jaringan Menurut Model Koneksi

20 Jaringan Peer to Peer

21 Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer, terhubung langsung dengan kabel crossover atau wireless atau juga dengan perantara hub/switch. dengan kata lain setiap komputer dapat berfungsi sebagai client maupun server pada periode yang sama.

22 Jaringan Client Server Client Server merupakan model jaringan yang menggunakan satu atau beberapa komputer sebagai server yang memberikan resource-nya kepada komputer lain (client) dalam jaringan, Skema Infrastruktur Jaringan Wireless

23 AAAA Jaringan dengan penghubung kabel BBBB Jaringan tanpa kabel Jaringan Dilihat dari Media Penghubung

24 Jaringan dengan Penghubung Kabel Pada jaringan ini komputer yang satu dengan yang komputer yang lainnya dihubungkan dengan kabel. Kabel memegang peranan yang sangat penting sebagai media transfer antar komputer yang ada dalam jaringan. Kabel yang bisa digunakan dalam jaringan lokal ada 3 yaitu Kabel Fiber Data Distributed Interace (FDDI), Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) dan kabel Co-axial.

25 Jaringan Tanpa Kabel Pada jaringan Wireless, komputer yang satu dengan yang lain yang ada pada jaringan tidak dihubungkan dengan kabel. Jaringan dibangun dengan menggunakan gelombang radio, Microwaves, atau Infrared. Pada jaringan ini siperlukan perangkat keras pendukung jaringan seperti Wireless NIC Card, Acces Point, Wireless Rauter dan Antena Wireless.

26 Jaringan Jaringan Dilihat dari Segi Design/Topologi Jaringan Jaringan Dilihat dari Segi Design/Topologi BUS STAR RING

27 Topologi Bus Topologi bus ini sering juga disebut sebagai topologi backbone, dimana ada sebuah kabel coaxial sebagai sebuah jalur kabel utama yang dibentang kemudian beberapa komputer dihubungkan pada kabel tersebut

28 Topologi Star Disebut topologi star karena bentuknya seperti bintang, sebuah alat yang disebut concentrator bisa berupa hub atau switch menjadi pusat, dimana semua komputer dalam jaringan dihubungkan secara terpusat melalui sebuah concentrator/hubungan.concentrator bisa berupa hubswitch

29 Topologi Ring Topologi ring biasa juga disebut sebagai topologi cincin karena bentuknya seperti cincin yang melingkar. Semua komputer dalam jaringan akan di hubungkan secara melingkar seperti sebuah cincin. Semua komputer yang ada pada jaringan akan saling berkaitan membentuk jaringan yang tidak terputus.

30 Sistem koneksi internet (intranet) Internet sebagai suatu sistem akan berfungsi dengan baik jika komponen-komponen yang ada dapat menjalankan perannya masing-masing dan saling mendukung antara komponen yang satu dengan yang lainnya. Komponen internet terdiri dari : Hardware Software Internet Servis Provider (ISP) Teknisi Komputer

31 Hardware (Perangkat Keras) Yaitu perangkat keras berupa komputer. Komputer yang dapat dipakai untuk internet yaitu Personal Computer atau Notebook. Disamping komputer, diperlukan perangkat keras seperti modem, telepon/HP, microphone, kamera internet, printer, dan sebagainya. Tetapi perlu diingat bahwa perangkat keras selain komputer tidak harus ada, sebab dengan cara koneksi internet yang berbeda akan diperlukan perangkat keras yang berbeda pula.

32 Software (Perangkat Lunak) Perangkat lunak yang diperlukan antara lain software sistem operasi, software router/gateway dan software browser. Software sistem operasi yang dapat digunakan antara lain Microsoft Windows 9x / ME / NT / 2000, XP, Unik dan Linux. Software Router / gateway yang dapat digunakan antara lain : Kerio Winrouter dan Internet connection sharing dari Windows Netscape Navigator, Opera, Neoplanet dan sebagainya. Perangkat lunak aplikasi dapat menggunakan Cute FTP, IRC, Yahoo Messenger, Outlook Express, dan sebagainya.

33 Internet Servis Provider (ISP) Agar komputer dapat terhubung dengan internet maka perlu menghubungi jasa operator internet (ISP) terlebih dahulu. Salah satu ISP yang dapat dimanfaatkan adalah ISP dari Telkom yang disebut Telkomnet Instan.

34 Teknisi Komputer Agar komponen-komponen di atas dapat berfungsi dengan baik maka perlu adanya teknisi komputer untuk mengoperasikannya pertama kalinya

35 Kecepatan Akses Internet Kecepatan akses internet sama dengan kecepatan akses transfer data. Dalam bidang telekomunikasi dan komputer, kecepatan transfer data adalah jumlah data dalam bit yang melewati satu media tertentu dalam satu detik. Umumnya ditulis dalam bit perdetik ( bit per scond) dan disimbolkan dengan bit/s atau bps. Kecepatan akses internet menjadi salah satu pertimbangan di dalam membuat jaringan internet. Kecepatan akses yang tinggi akan menjadi pengguna internet lebih nyaman yang akan berpengaruh pada hasil kerja yang lebih baik.

36 Contoh kecepatan akses internet  Koneksi dengan menggunakan modem LC, kecepatannya beragam mulai dari 14,4 Kbps sampai dengan 2 Mbps.  Koneksi dengan Modem ADSL, kecepatannya mencapai 2 Mbps.  Koneksi Dial Up (melalui saluran telepon langsung) kecepatannya mencapai 56 Kbps.  Koneksi dengan GPRS, kecepatannya mencapai 115 Kbps  Koneksi melalui WiFi, kecepatannya mencapai 11 Mbps  Koneksi internet dengan jaringan TV kabel, kecepatannya mencapai 38 Mbps  Koneksi dengan wireless broad band, kecepatan aksesnya mencapai 512 Kbps.  Koneksi dengan menggunakan Speedy, kecepatan aksesnya mencapai 384 Kbps.

37 LOGO Soal ke – 1 Soal ke – 2 Soal ke – 3 Soal ke – 4 Soal ke – 5 Soal ke – 6 Soal ke – 7 Soal ke – 8 Soal ke – 9 Soal ke – 10 UJI KOMPETENSI Klik

38 LOGO Pilihlah jawaban yang tepat !! Beberapa komputer yang saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya sehingga memungkinkan untuk saling berkomunikasi dan tukar informasi disebut aaaa internet jaringan intranet warnet bbbb cccc dddd Soal ke-2..

39 LOGO Peralatan tambahan yang harus ada untuk membentuk jaringan LAN setelah ada PC dan kabel adalah aaaa modem ethernet hardisk Disk drive bbbbc d Soal ke-3..

40 LOGO Semua komputer yang ada dalam jaringan masing- masing dapat bertindak sebagai client dan dapat pula bertindak sebagai server. Hal ini akan terjadi pada jaringan aaaa WAN Internet client-server peer to peer bbbb cccc dddd Soal ke-4..

41 LOGO Gambar berikut merupakan salah satu contoh desain a star bintang bus ring bbbb ccccd Soal ke-5..

42 LOGO UJI KOMPETENSI Untuk bisa bergabung dengan internet, kita harus mempunyai akses dengan cara berlangganan penyedia jasa internet yang disebut…. 5 aaaa USB LAN ISP Home Page bbbb cccc dddd Soal ke-6..

43 LOGO UJI KOMPETENSI Pada desain berikut antara komputer yang satu dengan komputer yang lain dihubungkan dengan menggunakan... 6 aaaa kabel infra merah gelombang radio gelombang micro bbbb cccc dddd Soal ke-7..

44 LOGO Berikut ini termasuk dalam sistem koneksi internet yang masing-masing harus dapat menjalankan fungsinya dengan baik, kecuali aaaa ISP hardware software Arpanet bbbb cccc dddd Soal ke-8..

45 LOGO Kecepatan akses internet dinyatakan dengan Kbps yang artinya aaaa kabel besar pasang standar kita bisa pasti sukses kilo bit per detik kabel besar per satuan bbbb cccc dddd Soal ke-9..

46 LOGO UJI KOMPETENSI Berikut ini adalah beberapa perangkat lunak yang diperlukan dalam internet, kecuali a bbbb cccc dddd Neoplanet Windows XP IRC Wordstar Soal ke-10..

47 LOGO Jaringan berikut disusun dengan menggunakan topologi aaaa star ring tree bus bbbb cccc dddd Selesai

48 LOGO Jawaban Anda.... BENAR √

49 LOGO Jawaban Anda.... SALAH

50 LOGO Anda yakin ingin keluar ?? Tidak, kembali ke menu Ya, saya ingin keluar

51 LOGO Back MOCH. IZZUDDIN, S. Pd.I, lahir di Brebes, Jawa Tengah pada Tanggal 29 Agustus Pendidikan Terakhir Pendidikan Sarjana (S1) di Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI ) Ma’arif Metro-Lampung. Sekarang Bekerja sebagai guru bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi di MTs MA’ARIF NU 7 Purbolinggo Lampung Timur dari tahun

52 Materi Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas IX EXIT


Download ppt "Media Presentasi Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kelas IX MENU."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google