Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MODUL PERKULIAHAN SESI 2 JELANG TENGAH SEMESTER (UTS) Dosen : Ir. Agung Wahyudi B., MM (Asisten Ahli 150, UMB Jakarta) BAB 12 PROMOSI : KUNCI SUKSES PEMASARAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MODUL PERKULIAHAN SESI 2 JELANG TENGAH SEMESTER (UTS) Dosen : Ir. Agung Wahyudi B., MM (Asisten Ahli 150, UMB Jakarta) BAB 12 PROMOSI : KUNCI SUKSES PEMASARAN."— Transcript presentasi:

1 MODUL PERKULIAHAN SESI 2 JELANG TENGAH SEMESTER (UTS) Dosen : Ir. Agung Wahyudi B., MM (Asisten Ahli 150, UMB Jakarta) BAB 12 PROMOSI : KUNCI SUKSES PEMASARAN Promosi merupakan kegiatan menyebarluaskan informasi untuk meningkatkan pengertian dan citra produk ataupun perusahaan. Sedangkan Iklan merupakan kegiatan menyebarluaskan informasi yang cenderung untuk meningkatkan dan melakukan penjualan. Apakah Manfaat Iklan itu? Melalui pemasangan iklan/reklame yang gencar, maka pemasang iklan akan memperoleh keuntungan-keuntungan sebagai berikut: 1. Orang-orang yang belum tahu usaha kita akan menjadi tahu dan mengenal produk yang diiklankan. Berapa jumlahnya? Tak terhingga! 2. Orang yang baru tahu akan mencoba-coba, apakah mutunya sesuai dengan yang diiklankan. Berapa jumlahnya? Dapat dihitung dan dicatat berapa orang yang membeli produk usaha Anda. 3. Orang yang mencoba-coba dan ternyata puas, maka mereka akan menjadi langganan tetap. Apakah Iklan perlu secara kontinyu? Mulai sekarang Anda? „jangan lagi“ menganggap iklan sebagai pemborosan. Namun sebaliknya, harus benar-benar memahami bahawa iklan sangat penting. Menyetop iklan berarti Anda sedang mengubur usaha Anda sehingga usaha Anda kemudian mati.

2 mengenai jumlah pendengar, segmen, pasar, acara apa saja yang paling banyak didengarkan. Iklan di radio, bisa disampaikan secara tunggal, bisa dengan gaya dialog, bisa juga dengan lagu (jingle), Pembuatan materi iklan bisa di radio bersangkutan, bisa juga diperusahaan jasa pembuat iklan radio. Tarif iklan tiap-tiap radio punya standar masing-masing Anda pun bisa memperoleh diskon.Pemasangan iklan di radio, sebaiknya Anda monitor apakah jumlah penyiaran dan jam siarnya sesuai dengan kontrak yang telah ditandatangani. Iklan Di Koran Janjikan Langganan Orang yang akan sukses dalam usahanya adalah orang yang berani beriklan di koran, beriklan dikoran betul-betul sangat menguntungkan.Jika beriklan di koran harus terlebih dahulu mempelajari karakteristik media massa cetak tersebut, berapa oplagnya, bagaimana “profil” pembacanya, luas persebarannya. Tiap surat kabar punya tarif ikalan masing-masing anda bisa melihatnya pada daftar tarif iklan. Iklan mini atau iklan baris yang tarifnya dihitung per baris, pun cukup efektif.bisa juga memasang iklan display yang tarifnya dihitung per milimeter kolom Promosi Di Televisi Memang Lebih Bergengsi Berpromosi atau beriklan di televisis memang sangat bagus.Iklan di televisis bisa serentak dinikmati oleh sekian banyak orang dalam suatu ruangan, dengan tayangan gambar yang memikat. Tetapi belum cocok untuk usaha yang sedang dirintis. Apabila Anda mengabaikan Iklan Maka Akibatnya: Langganan tetap Anda berkurang, karena pindah atau meninggal dunia Tidak ada lagi orang yang mencoba-coba barang/produksi Anda Karena iklan tidak berfungsi lagi (tidak ada) maka akan terjadi prasangka dari konsumen bahwa usaha Anda sudah bangkrut/pailit. Sumber : Kiat Sukses : H.M. Ambaldy Djuardi

3  Bagaimana ciri-ciri khusus pelanggan anda? Apakah keistimewaan produk atau jasa anda dari yang dipunyai para pesaing anda? Sampai dimana keefektifan kegiatan promosi anda? Riset pasar menyediakan data dan informasi pasar, yang anda butuhkan pada waktunya untuk:  Mengurangi risiko bisnis; Mengenali persoalan dan problem potensial pada pasar anda yang sekarang; Mengenali peluang pasar yang baru; Memperoleh informasi dan fakta tentang pasar anda untuk membantu anda dalam membuat keputusan yang lebih baik dan membuat rencana tindakan. Melaksanakan Riset Pasar Riset pasar hanya membuat proses ini lebih teratur.Riset pasar hanya menyediakan suatu kerangka, yang memungkinkan anda menilai arti informasi tentang pasar-pasar anda, yang anda kumpulkan secara obyektif. Langkah-langkah berikut melukiskan proses riset pemasaran:  Rumuskan persoalannya; Lakukan penelitian pendahuluan; Rencanakan risetnya? Gunakan sumberdaya anda sendiri; Gunakan sumber-sumber dari luar; Tafsirkanlah data; Buatlah keputusan Terapkan dan tinjaulah kembali keputusan anda. Perumusan Masalah Harus dapat mengidentifikasikan permasalahan umum secara jelas Merumuskan pertanyaan riset Menentukan tipe-tipe pemecahan secara umum Harus mengetahui pertanyaan-pertanyaan apa yang harus diajukan


Download ppt "MODUL PERKULIAHAN SESI 2 JELANG TENGAH SEMESTER (UTS) Dosen : Ir. Agung Wahyudi B., MM (Asisten Ahli 150, UMB Jakarta) BAB 12 PROMOSI : KUNCI SUKSES PEMASARAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google