Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

B IDANG - BIDANG SPESIALISASI DALAM P SIKOLOGI K LINIS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "B IDANG - BIDANG SPESIALISASI DALAM P SIKOLOGI K LINIS."— Transcript presentasi:

1 B IDANG - BIDANG SPESIALISASI DALAM P SIKOLOGI K LINIS

2 A NTARA LAIN : Psikologi Komunitas Psikologi Kesehatan dan Pengobatan Psikologi Forensik Ilmu Kesehatan Anak dan Psikologi Klinis Anak

3 P SIKOLOGI K OMUNITAS Komunitas : = kepentingan dan perjuangan yang sama = sekolompok orang dari tenpat/lingkungan yang sama (faktor sosial demografis)

4 P OTENSI DALAM DIRI ANAK - ANAK

5 T ANGGUNG JAWAB SOSIAL

6 I NDONESIA : K EBERAGAMAN SukuAgama Ekonomi Latar pendidikan

7 S AYA, K AMI Dia, Mereka

8 S AYA, K AMI Dia, Mereka

9 S AYA, K AMI Dia, Mereka

10 S AYA, K AMI Dia -- Mereka

11 KAMI Benar Pandai Baik Unggul Kalah Salah Buruk MEREKA

12 P ENDIDIKAN M ULTIKULTURAL Konsep pendidikan berparadigma kesetaraan antar ekspresi budaya yang plural.

13 PENDIDIKAN MULTIKULTURAL Pendidikan yang bersifat humanisasi -bukan hanya sosialisasi - dengan cara membantu anak didiknya; bukan hanya untuk menjadi warga negara yang baik tetapi juga manusia yang memiliki integrasi antara kapasitas dan sensibilitas intelektual, moral, dan merasa betah dalam dunia manusia yang kaya dan beranekaragam (Parekh, 2008)

14 P SIKOLOGI K ESEHATAN & P ENGOBATAN Bidang dalam psikologi yang bertujuan memahami pengaruh psikologi terhadap kesehatan manusia, penyebab sakit, dan bagaimana reaksi ketika mereka sakit. Kontribusi thd bidang psikologi dalam hal: Promosi & maintenance, prevensi dan treatmen, etiologi dan korelasi sehat- sakit-dan disfungsi, analisa sistem perawatan kesehatan. DEFINISI PSIKOLOGI KESEHATAN

15 Bidang dalam psikologi yang bertujuan memahami pengaruh psikologi terhadap kesehatan manusia, penyebab sakit, dan bagaimana reaksi ketika mereka sakit. Kontribusi thd bidang psikologi dalam hal: Promosi & maintenance, prevensi dan treatmen, etiologi dan korelasi sehat- sakit-dan disfungsi, analisa sistem perawatan kesehatan.

16 T HE B IOPSYCHOSOCIAL M ODEL : P EMAHAMAN TERHADAP S AKIT

17 M ENGAPA PATAH HATI SANGAT MENYAKITKAN ?!?!

18 S TUDI TENTANG S AKIT K RONIK Seseorang dengan rasa sakit kronik cenderung memiliki kepribadian cemas. Seseorang dengan rasa sakit kronik, menyatakan mereka memiliki dukungan sosial yang rendah.

19 S TUDI E KSPERIMENTAL NYERI Kecemasan dan takut meningkatkan rasa sakit. Memiliki teman menurunkan rasa sakit.

20 K ONSEKUENSI P SIKOLOGIS R ASA S AKIT atrophy pada prefrontal cortex dan juga ….. Gangguan pada penilaian risk-taking task.

21 K ONSEKUENSI S OSIAL RASA SAKIT Pikirkan saat terjadi keadaan sakit…. Apakah sakit berpengaruh pada terpenuhinya kewajiban peran sosial?

22 K ONSEKUENSI S OSIAL RASA SAKIT Pikirkan saat terjadi keadaan sakit…. Apakah sakit berpengaruh pada terpenuhinya kewajiban peran sosial?  Sebagai mahasiswa yg baik?

23 Pikirkan saat terjadi keadaan sakit…. Apakah sakit berpengaruh pada terpenuhinya kewajiban peran sosial?  Sebagai anggota team yg baik?

24 S OCIAL C ONSEQUENCES OF P AIN Pikirkan saat terjadi keadaan sakit…. Apakah sakit berpengaruh pada terpenuhinya kewajiban peran sosial? - sebagai teman yang baik?

25 B ODY I MAGE :

26 MANAGEMEN PENYAKIT KRONIS Epilepsi Kanker Stroke Gangg. Organ Diabetes Dementia

27 UALITY OF LIFE : Multi-komponen Status Psikologis Fungsi Fisik Treatmen terkait simtom

28 E. K UBLER -R OSS Terdapat lima tahap yang dapat diprediksikan saat seseorang harus menghadapi kematian : DENIAL ANGER BARGAINING DEPRESSION ACCEPTANCE

29 S TAGES OF D YING : Denial - “tidak, jangan saya” Anger - “mengapa saya?” Bargaining - “Ya, tapi...” Depression - “Saya! Saya!” Acceptance - “Inilah hidup, saya menjadi bagian dari kehidupan”

30 It is not the end of the physical body that should worry us. Rather, our concern must be to live while we're alive -- to release our inner selves from the spiritual death that comes with living behind a facade designed to conform to external definitions of who and what we are." ~Elisabeth Kubler-Ross " It is not the end of the physical body that should worry us. Rather, our concern must be to live while we're alive -- to release our inner selves from the spiritual death that comes with living behind a facade designed to conform to external definitions of who and what we are." ~Elisabeth Kubler-Ross

31 P SIKOLOGI F ORENSIK Pekerjaan psikologis yang secara langusng membantu pihak pengadilan, pihak-pihak yang terlibat dalam proses hukum, fasilitas kesehatan mental koreksional, badan-badan yang bertindak dalam kapasitas yudisial.

32 P ERTANYAAN YANG DAPAT DIJAWAB OLEH PSIKOLOGI FORENSIK Apakah Billy akan benar-benar melaksanakan ancamannya untuk membunuh teman-teman sekolahnya? Apakah pelecehan seksual telah merusak Mar secara psikologis? Orang seperti apakah yang dicari dalam kasus di TKP? Apa yang dapat diupayakan untuk mengurangi tingkat kriminalitas masyarakat kita?

33 T EMA - TEMA I SI P SIKOLOGI F ORENSIK Hukum Kriminal Investigasi Klinis

34 Profil pelaku kejahatan  Evaluator tidak memiliki akses dengan orang yang dievaluasi. Otopsi psikologis  Analisis latar belakang, rekonstruksi kepribadian dan pola perilaku tipikal, stresor psikososial almarhum  Subjek tidak bisa diwawancara/dites. Wawancara anak dalam kasus traumatis  Penganiayaan seksual  Laporan tidak akurat dapat terjadi jika anak diwawancara dengan teknik yang buruk atau sugestif.

35 Asesmen Kesehatan Mental Pelaku Kejahatan pada saat Kejadian.  Adakah gangguan mental? Asesmen Disabilitas Mental  Misal: klaim asuransi, kompensasi karyawan dari perusahaan, Evaluasi Hak Asuh Anak  Parenting skill, hubungan sebelum perceraian, fungsi emosi-sosial orang tua, sikap anak terhadap masing- masing orang tua, dll.

36 I LMU K ESEHATAN A NAK DAN P SIKOLOGI K LINIS A NAK

37 FAS C HILD

38 AUTISME

39 Ganguan perkembangan yang kompleks yag disebabkan oleh adanya kerusakan pada otak, sehingga mengakibatkan gangguan pada perkembangan komunikasi, perilaku, kemampuan sosialisasi, sensoris dan belajar. Biasanya gejala sudah mulai tampak pada anak berusia di bawah 3 tahun

40 Deteksi Dini: Wawancara dan Kuesioner: CHARS ( Childhood Autism Rating Scale ) CHAT ( Checklist for Autism in Tooddlers ) Screen Pengukuran akademik anak autis : Anak dibawah 5 thn berkaitan dengan aspek perkembangan dan taraf kecerdasan Wawancara & Kuesioner Deteksi Dini ( Screening ) Pengamatan (Observasi )

41


Download ppt "B IDANG - BIDANG SPESIALISASI DALAM P SIKOLOGI K LINIS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google