Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

EKSTERNALITAS (EKSTERNALITY) Adalah kerugian atau keuntungan-keuntungan yang diderita atau dinikmati pelaku ekonomi karena tindakan pelaku ekonomi lain.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "EKSTERNALITAS (EKSTERNALITY) Adalah kerugian atau keuntungan-keuntungan yang diderita atau dinikmati pelaku ekonomi karena tindakan pelaku ekonomi lain."— Transcript presentasi:

1 EKSTERNALITAS (EKSTERNALITY) Adalah kerugian atau keuntungan-keuntungan yang diderita atau dinikmati pelaku ekonomi karena tindakan pelaku ekonomi lain. Diseconomies externality adalah tindakan pelaku ekonomi yang satu merugikan yang lain. Economies externality atau benefit externality adalah tindakan pelaku ekonomi yang satu menguntungkan yang lain. Eksternalitas yang menguntungkan maupun yang merugikan menyebabkan pasar tidak bisa efisien.

2 CONTOH  EKSTERNALITAS NEGATIF: Polusi pabrik aluminium Polusi pabrik akan menyebabkan resiko kesehatan bagi yang menghirup. Polusi pabrik akan menyebabkan resiko kesehatan bagi yang menghirup.  EKSTERNALITAS POSITIP: Pendidikan. Pendidikan akan menguntungkan bagi semua orang. Pendidikan akan meningkatkan produktivitas sehingga akan meningkatkan pendapatan. Pendidikan akan menguntungkan bagi semua orang. Pendidikan akan meningkatkan produktivitas sehingga akan meningkatkan pendapatan.

3 EKSTERNALITAS POSITIF Harga Aluminium Permintaan (nilai pribadi) Qmarket Qoptimum jumlah aluminium ekuilibrium Titik optimum Penawaran (biaya pribadi) Biaya sosial

4 POLUSI DAN TITIK OPTIMALNYA BAGI MASYARAKAT  Dengan adanya eksternalitas negatif, seperti polusi, biaya sosial suatu barang melebihi biaya swastanya. Jumlah yang optimal, Qoptimum lebih kecil daripada jumlah keseimbangannya, Qmarket

5 EKSTERNALITAS NEGATIF Harga Aluminium Biaya sosial Penawaran (biaya pribadi) Permintaan (nilai pribadi) Qoptimum Qmarket jumlah aluminium ekuilibrium Titik optimumBiaya polusi

6 PENDIDIKAN DAN TITIK OPTIMALNYA BAGI MASYARAKAT  Dengan adanya eksternalitas positip, niali sosial suatu barang melebihi nilai swastanya. Jumlah yang optimal, Qoptimum lebih besar dari pada jumlah keseimbangannya, Qmarket.

7 SOLUSI SWASTA UNTUK EKSTERNALITAS •Diselesaikan dengan kode-kode moral dan hukuman-hukuman sosial. •Dengan beramal. •Dengan mengandalkan kepentingan- kepentingan pribadi dari pihak-pihak yang berhubungan. (misal petani apel dan petani lebah)

8 TEOREMA COASE  Adalah suatu pendapat bahwa jika pihak-pihak swasta dapat melakukan tawar-menawar mengenai alokasi sumber-sumber daya tanpa harus mengeluarkan biaya, mereka dapat menyelesaikan masalah eksternalitas mereka sendirinya.  Solusi swasta kadang tidak mampu menyelesaikan masalah akibat eksternalitas karena adanya biaya transaksi.

9 KEBIJAKAN PUBLIK MENGENAI EKSTERNALITAS  Regulasi  Pajak pigovian dan subsidi. Pajak pivogian adalah pajak yang diberlakukan untuk memperbaiki dampak-dampak dari suatu eksternalitas negatif.

10 BAHAN DISKUSI  Jojon suka musik rock, sementara Juwita membenci musik rock. Jojon dan Juwita hidup bersebelahan di sebuah apartemen. a. Apa eksternalitas yang ada di sini? b. Kebijakan apakah yang mungkin diambil oleh pemilik apartemen? Mungkinkah kebijakan tersebut membuahkan hasil yang efisien? c. Seandainya pemilik apartemen mengizinkan kedua penyewa tersebut berbuat sesuka hati mereka, berdasar teorema coase bagaimana Jojon dan Juwita mencapai hasil yang efisien dengan sendirinya? Apa yang bisa mengahmbat usah mereka mencapai hasil yang efisien?


Download ppt "EKSTERNALITAS (EKSTERNALITY) Adalah kerugian atau keuntungan-keuntungan yang diderita atau dinikmati pelaku ekonomi karena tindakan pelaku ekonomi lain."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google