Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IV. Manajemen Pemasaran  Pengertian rencana pemasaran Pengertian rencana pemasaran  Analisis lingkungan  Bauran pasar  Batasan rencana pemasaran 

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IV. Manajemen Pemasaran  Pengertian rencana pemasaran Pengertian rencana pemasaran  Analisis lingkungan  Bauran pasar  Batasan rencana pemasaran "— Transcript presentasi:

1 IV. Manajemen Pemasaran  Pengertian rencana pemasaran Pengertian rencana pemasaran  Analisis lingkungan  Bauran pasar  Batasan rencana pemasaran  Karateristik rencana pemasaran  Langkah dalam rencana pemasaran

2 IV.1Pengertian rencana pemasaran Penting memahami sistem pemasaran, yaitu mengindentifikasi komponen yang saling berinteraksi secara internal maupun eksternal, bagi perusahaan shg memungkinkan untuk melakukan pemasaran.

3 IV. 2 Komponen sistem pemasaran IV. 2 Komponen sistem pemasaran  Skala ekonomi  Budaya  Teknologi  Permintaan  Hukum  Bahan baku  Persaingan  Sumber daya finansial  Pemasok  Sasaran dan tujuan  Manajemen yg baik umpan balik Keputusan Bauran Pasar  Keputusan Perencanaan pasar  Strategi Pemasaran Diarahkan Kepada Pelanggan wirausaha Kpts membeli dari Pemasok Umpan balik Lingkungan Internal Lingkungan Eksternal

4 IV.3 Perencanaan  Definisi perencanaan, adalah proses penentuan organisasi dalam mencapai tujuannya  Tujuan perencanaan, protective and affirmative dimaklumi sebagai upaya memperkecil resiko dengan faktor ketidak pastian dan konsekwensi tindakan manajeria  Tujuan affirmatif adalah tindakan untuk meningkatkan rating keberhasilan.  Tanpa perencanaan akan menimbulkan tindakan inefisiensi Perencanaan adalah tindakan memberi keuntungan potensial, berorientasi kedepan, koordinasi keputusan, titik tujuan organisasi, tujuan org adalah titik awal perencanaan.

5 IV.4 Analisis Lingkungan Lingkungan eksternal tidak dapat dikendalikan wiwrasaha tetapi dapat diramal sehingga dalam perencanaan pemasaran perlu diperhatikan hal sbb: Skala ekonomi, harus mempertimbangkan GNP, pengangguran menurut daerah geografis, income perkapita, dll. Budaya, terjadi perubahan budaya akibat populasi akan berdampak pada, tuntutan upah minimum, nutrisi, keselamatan kerja, kesehatan. Teknologi, sangat berpengaruh terhadap produk dan pengembangan produk dan kualitas dan kuantitas. Hukum, persoalan hukum merupakan hal yang penting terhadap jaminan asset peralatan, tenaga kerja, bahan baku dan produk. Persaingan, persaingan yang tidak sehat akan menyebabkan mematikan kreatifitas di sektor usaha. Manajemen, manajemen yang baik akan mendukung kesinambungan usaha.

6 IV.5 Bauran Pemasaran Ada empat bauran penting yang perlu diperhatikan pada sektor produk dan jasa. Diversifikasi produk,kemasan, liquid, disain warna. Kualitas, kualitas sangat berperan dalam bauran. Harga produk, saluran unik Distribusi, lokasi market dan iklan.

7 IV.6 Batasan pemasaran Pemasaran sangat tergantung dari informasi : kita telah berada dimana, kita akan kemana, dan bagaimana kita akan kesana. Wirausahawan akan dituntut berpikir untuk mengembangkan rencana pemasaran, bila tidak …. Pengembangan produk, sangat dipengaruhi oleh life cycles produk. Peramalan produk, permalan sangat tergantung dari pengalaman masa lalu dan phenomena yang terjadi disekitar perusahaan Kendala waktu, agar menghasilkan rencana pemasaran yang matang dan strategis. Koordinasi dan implementasi pemasaran : hatus didukung oleh situasi pasar, waktu dan finansial serta persaingan.


Download ppt "IV. Manajemen Pemasaran  Pengertian rencana pemasaran Pengertian rencana pemasaran  Analisis lingkungan  Bauran pasar  Batasan rencana pemasaran "

Presentasi serupa


Iklan oleh Google