Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tema-Tema Dalam Kegiatan “Peningkatan Pemahaman Guru-Guru IPS Di Kota madya Bogor” di SMP 15 Kota Bogor PetaGlobeAtlas Garis Kontur Mental Map Atmosfer.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tema-Tema Dalam Kegiatan “Peningkatan Pemahaman Guru-Guru IPS Di Kota madya Bogor” di SMP 15 Kota Bogor PetaGlobeAtlas Garis Kontur Mental Map Atmosfer."— Transcript presentasi:

1 Tema-Tema Dalam Kegiatan “Peningkatan Pemahaman Guru-Guru IPS Di Kota madya Bogor” di SMP 15 Kota Bogor PetaGlobeAtlas Garis Kontur Mental Map Atmosfer

2

3 A. Pengertian  Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi

4 B. Peta Berdasarkan Isinya 1. Peta umum adalah peta yang menggambarkan permukaan bumi secara umum. Peta umum ini memuat semua penampakan yang terdapat di suatu daerah, baik kenampakan fisis (alam) maupun kenampakan sosial budaya. Peta umum ada 2 jenis yaitu: peta topografi dan peta chorografi.

5 2. Peta Khusus atau Tematik Peta yang menggambarkan kenampakan- kenampakan (fenomena geosfer) tertentu, baik kondisi fisik maupun sosial budaya. Contoh peta khusus/tertentu: peta curah hujan, peta kepadatan penduduk, peta penyebaran hasil pertanian,peta rawan bencana

6 C.Jenis Peta Berdasarkan Skalanya  Peta kadaster/teknik  Peta skala besar  Peta skala  Peta skala kecil

7 1.Peta kadaster/teknik  Peta yang mempunyai skala antara 1 : 100 sampai 1 : misal : peta tanah atau peta dalam sertifikat tanah

8 2. Peta skala besar 2. Peta skala besar Peta yang mempunyai skala 1 : sampai 1 : misal : peta kelurahan, peta kecamatan, Peta Kotamadya

9 3. Peta skala sedang Peta yang mempunyai skala antara 1 : sampai 1: misalnya peta propinsi

10 4. Peta skala kecil Peta yang mempunyai skala 1 : sampai 1 : atau lebih. Misalnya peta negara, benua bahkan dunia. Peta yang mempunyai skala 1 : sampai 1 : atau lebih. Misalnya peta negara, benua bahkan dunia.

11 D. Fungsi Peta  Menunjukkan posisi atau lokasi suatu tempat di permukaan bumi.  Memperlihatkan ukuran (luas, jarak) dan arah suatu tempat di permukaan bumi.  Menggambarkan bentuk-bentuk di permukaan bumi, seperti benua, negara, gunung, sungai dan bentuk-bentuk lainnya.  Membantu peneliti sebelum melakukan survei untuk mengetahui kondisi daerah yang akan diteliti.  Menyajikan data tentang potensi suatu wilayah.  Alat untuk menjelaskan rencana-rencana yang diajukan.  Alat untuk mempelajari hubungan timbal-balik antara fenomena-fenomena (gejala-gejala) geografi di permukaan bumi.

12 E. Mengubah skala 1. Skala angka ke skala grafik Dalam peta tertulis skala 1 : , ubahlah ke dalamskala grafik/garis.

13 2. Mengubah skala garis menjadi skala angka  Skala garis digambarkan seperti di samping ini, ubahlah menjadi skala angka! Penyelesaian: 2 cm = 2 km 1 cm = 1 km 1 cm = cm Sehingga skala angkanya menjadi 1 :

14 Mengubah skala angka menjadi skala inci - mil  Skala angka 1 : , ubahlah menjadi skala inci-mil! Penyelesaian: Skala 1 : ini berarti tiap 1 inci = inci di lapangan inci dijadikan mil =7,89, yang kemudian dibulatkan menjadi 8 mil.Jadi skala inci-milnya = 1 : 8

15 Peta Topografi (peta Kontur)  Garis Kontur yaitu garis-garis pada peta yang menghubungkan titik-titik yang memiliki ketinggian yang sama dari permukaan air laut.  CI (Contour Interval) adalah selisih ketinggian antara dua garis kontur yang dinyatakan dalam meter.

16  Pada peta Topografi Indonesia yang berskala 1 : , berapakah CI  Suatu peta kontur dengan Ci = 50 meter Berapakah skala peta tersebut!

17 Peta topografi puncak Gunung Merapi (Pemetaan 1986)

18 Atlas, Peta dan Globe

19 MENTAL MAP  Peta Internal individu mengenai dunia atau keadaan alam sekitarnya yang mereka ketahu

20


Download ppt "Tema-Tema Dalam Kegiatan “Peningkatan Pemahaman Guru-Guru IPS Di Kota madya Bogor” di SMP 15 Kota Bogor PetaGlobeAtlas Garis Kontur Mental Map Atmosfer."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google