Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PETA, ATLAS, DAN GLOBE PP eta adalah gambaran konvensional permukaan bumi yang diperkecil, seperti kenampakan yang terlihat dari atas bumi. AA tlas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PETA, ATLAS, DAN GLOBE PP eta adalah gambaran konvensional permukaan bumi yang diperkecil, seperti kenampakan yang terlihat dari atas bumi. AA tlas."— Transcript presentasi:

1 PETA, ATLAS, DAN GLOBE PP eta adalah gambaran konvensional permukaan bumi yang diperkecil, seperti kenampakan yang terlihat dari atas bumi. AA tlas adalah kumpulan dari peta-peta yang mempunyai tema sama. GG lobe adalah tiruan bola bumi dalam bentuk kecil.

2 JENIS PETA MM emberikan gambaran keadaan muka bumi yang sesungguhnya. PETA UMUM (PETA TOPOGRAFI) PETA KHUSUS (PETA TEMATIK) MM enggambarkan objek tertentu yang dibuat sesuai kebutuhan. CC ontoh peta umum, antara lain peta dunia, peta Republik Indonesia, dan peta Jawa Tengah. CC ontoh peta tematik, antara lain peta kepadatan penduduk, peta pariwisata, dan peta curah hujan.

3 FUNGSI DAN MANFAAT PETA SSumber data untuk perencanaan dan pelaksanaan pembangunan FUNGSI PETA MANFAAT PETA MMenunjukkan posisi MMenentukan jarak dua tempat MMemperlihatkan bentuk muka bumi MMedia informasi geografis

4 TUJUAN PEMBUATAN PETA MMenggambarkan kenampakan suatu wilayah MMenyampaikan informasi-informasi penting dari suatu wilayah AAnalisis data spasial berdasarkan persebaran bentang alam UUntuk pembuatan desain jalan dan perencanaan pembangunan

5 UNSUR-UNSUR PETA JJudul Peta adalah nama peta yang ingin digambarkan. TTanda Arah (orientasi) merupakan tanda yang berfungsi untuk menunjukkan arah mata angin peta yang bersangkutan. LLegenda merupakan bagian peta yang memuat keterangan simbol- simbol yang digunakan di dalam peta. GGaris Astronomis adalah garis khayal yang mengelilingi bumi, terdiri atas garis lintang (paralel ) dan garis bujur (meridian). IInset Peta adalah peta kecil yang menggambarkan posisi wilayah yang dipetakan dibandingkan wilayah sekitarnya yang lebih luas. TTahun Pembuatan dan Sumber Peta SSimbol Peta berfungsi untuk menyederhanakan kenampakan alami objek-objek di muka bumi. SSkala Peta adalah perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi.

6 MACAM – MACAM ATLAS AAtlas Umum, yaitu atlas yang menggambarkan kenampakan umum yang ada di permukaan bumi. Contoh, atlas dunia, atlas nasional. AAtlas Khusus, yaitu atlas yang menggambarkan kenampakan tertentu dengan tema tertentu. Contoh, atlas sejarah, atlas geologi. AAtlas Semesta, yaitu atlas yang berhubungan dengan tata surya, galaksi, dan perbintangan. UNSUR – UNSUR ATLAS  Judul Atlas  Legenda  Tahun Pembuatan dan Sumber Atlas  Daftar Isi  Indeks


Download ppt "PETA, ATLAS, DAN GLOBE PP eta adalah gambaran konvensional permukaan bumi yang diperkecil, seperti kenampakan yang terlihat dari atas bumi. AA tlas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google