Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RAHAYU, 3201406005 Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Membaca Peta Studi Di SDN Se-Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RAHAYU, 3201406005 Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Membaca Peta Studi Di SDN Se-Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes."— Transcript presentasi:

1 RAHAYU, Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Membaca Peta Studi Di SDN Se-Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : RAHAYU - NIM : PRODI : Pendidikan Geografi - JURUSAN : Geografi - FAKULTAS : Ilmu Sosial - hayyubanugh pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Satyanta Parman, M.T - PEMBIMBING 2 : Drs. Juhadi, M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Membaca Peta Studi Di SDN Se- Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes

4 Abstrak Membaca peta merupakan salah satu materi yang terdapat pada silabus IPS SD yang diberikan guru di dalam kelas. Namun banyak siswa kurang memahami dan mengerti tentang peta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: sejauh mana kemampuan siswa sekolah dasar dalam membaca peta?. Tujuan penelitian: (1) mengetahui kemampuan dasar peta siswa, (2) mengetahui kemampuan siswa dalam menghitung jarak dengan skala, (3) mengetahui kemampuan siswa dalam memperbesar dan memperkecil skala peta, (4) mengetahui kemampuan siswa dalam menggunakan peta, (5) mengetahui kemampuan siswa dalam membuat peta sederhana. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN di Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik stratiefield random sampling, sampel berstrata diambil berdasarkan akreditasi sekolah, kemudian dirandom atau acak dengan cara diundi setiap sekolah berdasarkan akreditasi sekolah untuk dijadikan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan metode tes, dokumentasi dan observasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif presentase, besarnya nilai yang diperoleh merupakan skor ideal kemudian hasil tersebut dianalisis dengan mendiskripsikanya. Variabel dalam penelitian ini adalah: (1) kemampuan dasar peta siswa, (2) kemampuan siswa dalam menghitung jarak dengan skala peta, (3) kemampuan siswa dalam memperbesar dan memperkecil skala peta, (4) kemampuan siswa dalam menggunakan peta, (5) kemampuan siswa dalam membuat peta sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa SD dalam membaca peta antara lain: (1) kemampuan peta dasar siswa dengan skor rata-rata 81,2% kategori baik, (2) kemampuan siswa dalam menghitung jarak dengan skor rata-rata 40,3% kategori kurang, (3) kemampuan siswa dalam memperbesar dan memperkecil skala dengan skor rata-rata 41,9% kategori kurang, (4) kemampuan siswa dalam menggunakan peta dengan skor rata-rata 78,3% kategori baik, (5) kemampuan siswa dalam membuat peta dengan skor rata-rata 55,9% kategori sedang atau mampu. Skor yang diperoleh siswa dalam kategori kurang adalah menghitung jarak dengan skala dan memperbesar dan memperkecil skala peta, sedangkan dalam kategori baik adalah pengetahuan dasar peta, menggunakan peta dan membuat peta sederhana. Saran yang dapat diberikan penulis adalah (1) guru dapat menujukan sumber bacaan yang baik bagi siswa, (2) mengubah cara pembelajaran IPS yang terkesan hanya materi hafalan yang membosankan, (3) acuan guru yang berkaitan dengan peningkatan pembalajaran IPS pada siswa SD.

5 Kata Kunci kemampuan siswa SD, membaca peta, Geografi

6 Referensi Anni, Catharina Tri, dkk Psikologi Belajar. Semarang: UNNES. Arikunto, Suharsimi Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta. Azwar, Saifuddin Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Bakosurtanal Membaca Rupa Bumi Indonesia. Bogor: Bakosurtanal. BPS Kabupaten Brebes Kecamatan Paguyangan dalam Angka. Brebes: BPS. Djamarah, Syaiful Bahri Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Djiwandono, Sri Esti Wuryani Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo. Fakultas Ilmu Sosial Panduan Bimbingan, Penyusunan, Pelaksanaan Ujian dan Penilaian Skripsi Mahasiswa. Semarang: UNNES FIS. Febriyanto, Fajar Pemanfaatan Media Peta Dalam Pembelajaran Geografi SMP Negeri di Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi. Semarang: UNNES. Juhadi, dan Dewi Liesnoor S Desain dan Komposisi Peta Tematik. Semarang: UNNES. Kraak, Menno- Jan dan Ferjan Omeling Kartografi Visualisasi Data Geospasial. Terjemahan Sukendra Martha dkk. Yogyakarta: UGM Press. Mardapi, Djemari Tehnik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Offset. Purwanto, M. Ngalim Prinsip-Prinsip dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Rahim, Farida Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara. Saidirharjo Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Cakrawala Pengetahuan Sosial 4A Untuk Kelas IV SD dan MI Semester I. http//www.ziddu.com/downloand/ /IPS4.zip.html. (2 Jun.2010). Sandjaja, Soejanto.-. Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau Dari Pendekatan Stres Lingkungan. http//www.unika.ac.id/fakultas/psikologi/artikel/ss-1.pdf. (9 April. 2010). Sandy, I Made Esensi Kartografi. Jakarta : Jurusan Geografi F.M.I.P.A Universitas Indonesia. Saraswati, Endang Kartografi Dasar. Sukwarjono dan Mas Sukoco Pengetahuan Peta. Yogyakarta: UGM. Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Tika, H. Moh. Pabundu Metode Penelitian Geografi. Jakarta: Bumi Aksara.

7 Terima Kasih


Download ppt "RAHAYU, 3201406005 Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Dalam Membaca Peta Studi Di SDN Se-Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google