Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Www.ristek.go.id Jakarta, 7 – 8 November 2013 Seminar Insentif Riset SINas, Kementerian Riset dan Teknologi “Membangun Sinergi Riset Nasional untuk Kemandirian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Www.ristek.go.id Jakarta, 7 – 8 November 2013 Seminar Insentif Riset SINas, Kementerian Riset dan Teknologi “Membangun Sinergi Riset Nasional untuk Kemandirian."— Transcript presentasi:

1 Jakarta, 7 – 8 November 2013 Seminar Insentif Riset SINas, Kementerian Riset dan Teknologi “Membangun Sinergi Riset Nasional untuk Kemandirian Teknologi” INSINAS 2013 “Pengembangan Sistem Informasi Risiko Bencana Alam di Aceh Untuk Mendukung Pusat Unggulan TDMRC- Unsyiah” (RT ) Nasaruddin (TDMRC, Universitas Syiah Kuala) Khairul Munadi (TDMRC, Universitas Syiah Kuala) Ardiansyah (Teknik Elektro, Universitas Syiah Kuala) Yudha Nurdin (Teknik Elektro, Universitas Syiah Kuala) Imam Munandar (TDMRC, Universitas Syiah Kuala) M. Dirhamsyah (TDMRC, Universitas Syiah Kuala)

2 1. LATAR BELAKANG DAN TUJUAN LATAR BELAKANG • Aceh mengalami banyak ancaman alam seperti Tsunami, Banjir, Gempa Bumi, Gunung Merapi dan lain-lain • Pada tahap awal pengurangan risiko bencana, aplikasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kebencanaan adalah sangat penting khususnya fase sebelum terjadi bencana. • Penerapan sistem informasi risiko bencana alam (DRMIS) akan sangat strategis dimana dapat menyediakan peta ancaman, kerentanan dan risiko akan berbagai bencana alam di Aceh TUJUAN • Membangun sistem informasi manajemen risiko bencana alam (DRMIS) di Aceh. • Menyediakan akses secara online untuk sistem informasi manajemen risiko bencana di Aceh.

3 2. PERMASALAHAN DAN PENDEKATAN PEMECAHAN NYA Permasalahan • Kurangnya pemahaman terhadap Ancaman, Kerentanan dan karakteristik Risiko bencana • Kurangnya informasi akan peringatan dan risiko bencana • Perlunya pengelolaan bencana (data spatial) • Belum tersedianya sistem informasi risiko bencana Solusinya: Pengembangan dan implementasi DRMIS merupakan sebuah sistem data spatial untuk aktivitas pengelolaan bencana khususnya program mitigasi dan kesiap- siagaan

4 3. METODE Pendekatan penelitian yang digunakan untuk pengembangan DRMIS adalah Metode Water-fall.

5 4. HASIL DAN PEMBAHASAN KONSEP DRMIS TOPOLOGI JARINGAN

6 4. HASIL DAN PEMBAHASAN IMPLEMENTASI • DRMIS telah diimplementasi menggunakan ArcGIS server dan client (ESRI) • Sudah bisa diakses melalui internet melalui link berikut:

7 4. HASIL DAN PEMBAHASAN Contoh Peta-Peta Gempa Bumi untuk Level Provinsi Aceh pada DRMIS Peta Ancaman Peta Risiko Peta Kerentanan Tooltip

8 5. KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan: 1)DRMIS menyediakan peta ancaman, kerentanan, kapasitas dan risiko dari 10 Jenis bencana alam yang ada di Aceh untuk level propinsi sebagai acuan dalam perencanaan pembangunan yang berbasis pengurangan risiko bencana (PRB). 2)DRMIS sebagai media untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap risiko bencana alam yang mungkin akan terjadi di Aceh. 3)Implementasi DRMIS merupakan langkah strategis sebagai tool pendukung pembuatan keputusan bagi pihak-pihak pemangku jabatan dalam pengurangan risiko bencana di Aceh. Saran: 1)Pengembangan DRMIS untuk level Kabupaten/Kota perlu dilakukan 2)Up-dating data dan penyempurnaan fitur-fitur DRMIS perlu dilakukan secara berkelanjutan

9 6. LAMPIRAN (PHOTO dan LUARAN) Sosialiasi Implementasi DRMIS Presentasi Poster

10 6. LAMPIRAN (PHOTO dan LUARAN) Publikasi: 1.Nasaruddin, K. Munadi, Ardiansyah, Y. Nurdin dan M. Dirhamsyah, “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Risiko Bencana Alam Untuk Level Propinsi Aceh,” Poster pada Kegiatan Step up for disaster reduction indonesia oleh BNBP Ardiansyah, Imam Munandar, Nasaruddin, Khairul Munadi, M. Dirhamsyah, “Concept of Risk Mapping for Disaster Risk Management Information System (DRMIS),” telah diterima untuk dipresentasikan pada seminar Internasional APTECS 2013 Luaran: 1.Produk Sistem Informasi DRMIS Online 2.Publikasi


Download ppt "Www.ristek.go.id Jakarta, 7 – 8 November 2013 Seminar Insentif Riset SINas, Kementerian Riset dan Teknologi “Membangun Sinergi Riset Nasional untuk Kemandirian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google