Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ASOSIASI KAWASAN PARIWISATA INDONESIA

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ASOSIASI KAWASAN PARIWISATA INDONESIA"— Transcript presentasi:

1 ASOSIASI KAWASAN PARIWISATA INDONESIA
Presentasi AKPI - Desember 2011

2 AGENDA Latar Belakang Anggota/Peta Susunan Pengurus Program & Kegiatan Kendala dan Permasalahan

3 LATAR BELAKANG PENDIRIAN AKPI VISI & MISI AKPI STRATEGI AKPI
Didirikan Pada 4 November 1996 berdasar Akte Notaris Mudofir Hadi tgl 4 Nov 1996 dan sesuai SK Menteri 10 tanggal 27 Februari 1988 No.M-05-HT Thn 1988). VISI & MISI AKPI Berperan sebagai mitra aktif pemerintah demi kepentingan dan manfaat bagi para anggotannya melalui upaya bersama dan mendudukan sektor Pariwisata Nasional, sehingga menjadi andalan dalam pembangunan nasional. STRATEGI AKPI Membantu pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan usaha kawasan pariwisata nasional. Membantu percepatan usaha kawasan pariwisata melalui penyempurnaan struktur investasi pembiayaan perbankan dalam dan luar negeri. Menjadikan Pariwisata sebagai Public Relation Pemerintah dan dapat menjadi lokomotif pembangunan industri terutama industri kerakyatan.

4 ANGGOTA/ PETA AKPI ANGGOTA PENUH POTENSI ANGGOTA
PT Pengembangan Pariwisata Lombok PT Pecatu Indah Grup PT Banten West Java PT Belitung Indah Resort PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk. PT Andalas Anai Permai International PT Krakatau Lampung Development PT Ciater Permai PT Bintan Resort Corporation PT Caterison Sukses PT Mandara Jasindo Sena PT Kayamas Asri Wisata PT Teluk Makaki Indah PT Polero Pasifik Resort Marina PT Bali Tourism Development Corporation PT Sekar Dian/ Bukit Welirang Indah PT Bali Nirwana Resort PT Batu Raden TDC PT Taman Pariwisata Nongsa PT Manado TDC PT Pangandaran TDC

5 ANGGOTA/ PETA AKPI Ciater Permai Batu Raden TDC Pangandaran TDC
Pecatu Indah Caterison Belitung Indah Resort Manado TDC Palero Pacific Resort Nongsa Resort Anai Resort Bukit Welirang Bintan Resort Krakatau Lampung TDC Lombok TDC Teluk Mekaki Banten West Java Bali TDC Bali Nirwana Resort Gowa Makassar TDC Potensi Anggota Anggota Penuh

6 SUSUNAN PENGURUS 2011 - 2016 Dewan Pembina Jan Arifin Marudi Surachman
Ketua Umum Sekretaris & Bendahara Umum Ida Irawati Ketua Bid. Investasi & Promosi Tjahyadi Rahardja Ketua Bid. Gov. Relation & Perijinan I Made Mandera Ketua Bid. Admintrasi & Kenggotaan Henu Kusdaryono

7 PROGRAM & KEGIATAN AKPI
TAHUN 1996 – 2001 Gagasan AKPI pada tahun 1997 “Indonesia Tourism Development Corporation” (ITDC) berupa presentasi kepada Menparpostel, Departemen Dalam Negeri, Dept. PU, Dept. Pertambangan & Energi. AKPI & MenParpostel pada tahun 1997 berperan serta dalam persiapan World Travel & Tourism Council (WTTC) dalam melakukan studi makro potensi pengembangan industri pariwisata nasional. AKPI mendampingi MenParpostel dalam pertemuan Investor Kawasan Pariwisata dari Kedutaan Inggris-Commercial Section. AKPI bermitra MenParpostel dalam peninjauan Republik Maladewa dalam kunjungan ke kawasan Nusa Dua/BTDC. Wawancara dengan Media USA today dalam Perkembangan Potensi Kawasan Pariwisata Nasional untuk memancing investasi dan awarenes di Amerika.

8 PROGRAM & KEGIATAN AKPI
TAHUN 2001 – 2006 AKPI telah melakukan identifikasi quesioner data kepada seluruh TDC pada bulan Oktober tahun 2002. Bermitra dengan Kementerian Kebudayaan & Pariwisata dalam Penyusunan Standar Usaha Kawasan Pariwisata pada tahun 2002. Bermitra dengan Kementerian Kebudayaan & Pariwisata, Badan Standarisasi Nasional (BSN) dalam Penyusunan Standard Kompetensi SDM Kawasan Pariwisata pada tahun 2003. Bermitra dengan Kementerian Kebudayan & Pariwisata dalam Program Emergency Plan pada tahun 2003 (Saat Bom Bali). Bermitra dengan Kementerian Kebudayan & Pariwisata dalam Pedoman Pengembangan Usaha Pariwisata pada tahun 2004. AKPI dan KADIN dalam mengoptimalkan Tourism Development Corporation (TDC) di masing-masing daerah yang sudah ada dan yang akan dikembangkan.

9 PROGRAM & KEGIATAN AKPI
TAHUN 2006 – 2011 Pengurus AKPI mengadakan pertemuan dengan Menteri Budpar untuk penyusunan program kordinasi industri pariwisata. AKPI berpartisipasi dalam Workshop penyusunan rancangan penetapan pedoman kreteria dan indikator Kawasan Pariwisata. Bermitra dengan Kementerian Kebudayaan & Pariwisata dalam rancangan kreteria dan fasilitasi fiskal Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Bermitra dengan Kementrian Kebudayan & Pariwisata dalam konsinyering pengembangan Kawasan Pariwisata Startegis. Pembahasan & penyusunan pengembangan Kawasan Pariwisata KEK oleh Kementrian Perekonomian. Mendukung program percepatan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia antara Kementrian Kordinator bidangan perekomonian, Dirjen Pengembangan Destiansi Pariwisata, Bapenas & Departemen Pekerjaan Umum.

10 PROGRAM & KEGIATAN AKPI
TAHUN 2011 – 2016 Memaksimalkan recruitmnet jumlah keanggota baru. Mengembangkan pengelolaan organisasi secara profesional yang dapat memberikan keuntungan dan nilai tambah bagi anggota terutama stake holder. Memperkuat kedudukan AKPI sebagai mitra pemerintah khususnya dalam bidangan pengembangan Kawasan Wisata Nasional. Mempercepat pembentukkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Tanjung Lesung Banten. Mamfasilitas percepatan program pengembangan Infrastruktur menuju dan dalam Kawasan Tanah Lot. Kemudahan proses Visa kunjungan, perizinan Transportasi menuju dan dari pulau Bintan, serta pajak dan retribusi daerah.

11 KENDALA & PERMASALAHAN
Masih lemahnya koordinasi lintas sektoral dipihak Pemerintah baik pusat maupun Daerah dalam hal Perijinan, Pembinaan dan pengawasan. Keterbatasan aksesibilitas (infrastruktur) yang berdampak pada kunjungan wisatawan dan kelancaran logistik. Koordinasi antar sesama pelaku usaha kawasan pariwisata yang relatif tanpa sinergi dalam upaya pengembangan kawasan satu dengan lainnya. …… Kuatnya peran spekulan tanah di berbagai propinsi yang memberikan kesan kuat adanya sindikasi.

12 End of presentation


Download ppt "ASOSIASI KAWASAN PARIWISATA INDONESIA"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google